15 Film Indonesia Terlaris Sepanjang Masa

0
230
Film Ayat-ayat Cinta
Film Ayat-ayat Cinta

Industri perfilman di Indonesia mempunyai perkembangan yang cukup signifikan pada beberapa tahun terakhir. Film Indonesia makin digemari oleh banyak penonton. Setiap tahunnya, beberapa judul film mampu menghasilkan penjualan tiket di atas satu juta tiket. Mulai dari cerita, setting, atau bahkan dialog-dialognya mampu memikat para penonton. Dari puluhan film Indonesia yang telah dirilis dan juga beberapa yang akan dirilis di tahun ini, berikut adalah 15 film Indonesia terlaris hingga saat ini. Yuk intip rangkuman ceritanya, trailernya, dan juga hal menarik dari film tersebut dalam daftar lengkap di bawah ini.

1. Film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1

Film Warkop DKI Reborn Jangkrik Boss Part 1
Film Warkop DKI Reborn Jangkrik Boss Part 1

Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 adalah sebuah film komedi Indonesia 2016 yang disutradarai oleh Anggy Umbara. Film tersebut merupakan adaptasi dari film-film Warkop DKI. Rencana film ini akan dirilis pada tanggal 8 September 2016 di bioskop seluruh Indonesia, film ini diproduksi oleh Falcon Pictures film ini mendapatkan antusias yang luar biasa, hari pertama penayangan nya mendapat penonton 270.000 penonton.dan Menurut akun twiter resmi Falcon Pictures, dalam 16 hari penayangannya di berbagai bioskop di Indonesia, “Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1” telah meraih 5.275.000 penonton. Dalam 22 hari meraih 6,5 juta penonton. Dan pada akhir penayangannya filmm ini meraih jumlah penonton sebanyak 6.858.616.

2. Film Dilan 1990

Film Dilan 1990
Film Dilan 1990

Film yang diangkat dari novel karya Pidi Baiq dengan segala kalimat yang melengkat pada siapapun yang pernah membaca novel maupun menonton filmnya menjadikan siapa pun pensaran dan menjadikan film Dilan 1990 ini menjadi hal yang sangat ditunggu-tunggu. Film yang dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla ini berkisah tentang romantisme cinta remaja, yakni Dilan dan Milea di sebuah SMA Bandung. Menariknya, Dilan adalah anggota geng motor di sekolahnya dan dikenal bengal. Namun Milea justru menemukan sisi unik dari Dilan lewat perkenalannya. Film satu ini hingga saat ini belum ada lawannya hingga penghujung tahun nanti. Dilihat dari perolehan penjualan tiketnya, Dilan 1990 dengan 6.315.664 penonton. Film ini diproduksi oleh Falcon Pictures. Untuk kamu pecinta film Dilan, kamu bisa menonton Dilan 1991 pada Februari 2019 ini.

3. Film Laskar Pelangi

Film Laskar Pelangi
Film Laskar Pelangi

Laskar Pelangi adalah sebuah film garapan sutradara Riri Riza, yang dimana Riri Riza menggunakan pemeran-pemeran lokal dalam pembuatan filmnya. Film ini dirilis pada 26 September 2008. Film Laskar Pelangi merupakan karya adaptasi dari buku Laskar Pelangi yang ditulis oleh Andrea Hirata. Skenarionya ditulis oleh Salman Aristo yang juga menulis naskah film Ayat-Ayat Cinta dibantu oleh Riri Riza dan Mira Lesmana. Hingga Maret 2009, Laskar Pelangi telah ditonton oleh 4.719.453 orang, menjadikannya film terbanyak ditonton di Indonesia ketiga.

4. Film Habibie & Ainun

Film Habibie & Ainun
Film Habibie & Ainun

Film Habibie & Ainun ini merupakan film drama romantis Indonesia yang diadaptasi dari buku yang dirilis pada tahun 2010, kemudian diangkat menjadi film box office pada 2012. Seperti yang kita tahu, film ini terinspirasi dari kisah cinta romantis dan abadi seorang B.J Habibie dan istrinya Ainun. Film ini sukses membuat siapapun yang menontonnya larut dalam suasana suka dan duka yang ditampilkan dalam ceritanya. Film Produksi Mizan Production dan Miles Films ini meraih penonton sebanyak 4.583.641 orang.

5. Film Pengabdi Setan

Film Pengabdi Setan
Film Pengabdi Setan

Film Pengabdi Setan ini berhasil meraih jumlah penonton sebanyak 4.206.103 orang. Film ini diproduksi Rapi Films. Pengabdi Setan mengangkat sebuah kisah keluarga kaya yang jauh dari agama mendapat musibah ketika sang Ibu wafat. Sang Ibu, Mawarti, meninggalkan seorang ayah bernama Munarto yang hanya peduli kehidupan bisnis, serta satu putra yang pendiam bernama Tomi dan putri bernama Rita yang kecanduan pesta, bersama mereka ada satu pembantu bernama Pak Karto yang taat agama dan sudah sakit-sakitan. Pada malam pertama setelah kematian Mawarti, Tomi menjumpai sang ibu kendati tidak berbincang. Keesokan harinya, dari saran temannya Tomi menyambangi seorang peramal yang berkata bahwa seluruh keluarganya terancam bahaya yang sangat besar dan akan menewaskan mereka semua. Lalu sang peramal menyarankannya untuk memperkuat diri dengan ilmu hitam. Sejak saat itu Tomi menjadi aneh dan pendiam karena ia berkonsentrasi mendalami ilmu hitam.

6. Film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part II

Film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part II
Film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part II

Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 2 adalah sebuah film komedi Indonesia 2017 yang disutradarai oleh Anggy Umbara. Film tersebut merupakan adaptasi dari film-film Warkop DKI dan sequel dari film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 yang dirilis tahun 2016. Pada film part II ini Warkop DKI Reborn hanya berhasil meraih penonton sebanyak  4.083.190. Film yang diproduksi falcon pictures ini tidak meriah jumlah penonton sebanyak Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part I.

7. Film Ayat-ayat Cinta

Film Ayat-ayat Cinta
Film Ayat-ayat Cinta

Ayat-Ayat Cinta adalah sebuah film Indonesia karya Hanung Bramantyo, produksi MD Entertainment. Film Ayat-Ayat Cinta ini menceritakan sebuah kisah cinta dengan latar belakang agama, terutama Islam, dalam kehidupan. Fahri bin Abdillah adalah pelajar Indonesia yang berusaha menggapai gelar masternya di Al-Azhar. Ia harus berkutat dengan berbagai macam impiannya dan kesederhanaan hidup di Mesir. Ia bertahan dengan menjadi penerjemah buku-buku agama. Semua impian dijalani Fahri dengan penuh antusias kecuali satu: menikah. Film ini meraih penonton sebanyak 3.676.135 orang.

8. Film Ada Apa Dengan Cinta? 2

Film Ada Apa Dengan Cinta? 2
Film Ada Apa Dengan Cinta? 2

Ada Apa dengan Cinta? 2 adalah sebuah film Indonesia produksi Miles Productions yang merupakan sekuel dari Ada Apa dengan Cinta? yang rilis tahun 2002. Film ini tayang di Indonesia pada 28 April 2016. Film ini masih dibintangi oleh pemeran film sebelumnya, termasuk Dian Sastrowardoyo sebagai Cinta dan Nicholas Saputra sebagai Rangga. Film ini berhasil meraih 3,6 juta penonton dan menjadi film Indonesia terlaris kedua tahun 2016. Selain itu kesuksesan ini juga melampaui pencapaian film pertamanya. Ada Apa dengan Cinta? 2 berhasil menarik penonton sebanyak 3.665.509 orang.

9. Film My Stupid Boss

Film My Stupid Boss
Film My Stupid Boss

My Stupid Boss merupakan sebuah film komedi Indonesia yang dirilis pada 19 Mei 2016 dan disutradarai oleh Upi Avianto dan diproduksi oleh Falcon Pictures. Film ini diadaptasikan dari sebuah novel dengan judul yang sama. My Stupid Boss ini menjalani proses syuting di Indonesia dan Malaysia. Film ini mengisahkan tentang hubungan antara seorang karyawan dan bossnya yang berkelakuan super ngeselin karena kebodohannya. Diana tinggal di Kuala Lumpur mengikuti Dika, suaminya yang bekerja di sana. Diana lalu melamar bekerja di satu perusahaan. Bossnya kebetulan adalah teman kuliah Dika sewaktu di Amerika. Film ini sangat lucu dan bikin kesal. My Stupid Boss ditonton oleh 3.052.657 orang.

10. Film Ayat Ayat Cinta 2

Film Ayat Ayat Cinta 2
Film Ayat Ayat Cinta 2

Ayat-Ayat Cinta 2 merupakan film drama Indonesia yang dirilis pada 21 Desember 2017.  Yang juga dirilis pada 11 Januari 2018 di Malaysia dan Brunei Darussalam. Film ini disutradarai oleh Guntur Soehardjanto, yang sebelumnya pernah meraih sembilan penghargaan dalam Festival Film Indonesia 2005 berkat film televisi Juli di Bulan Juni. Film ini adalah film kedua Ayat Ayat Cinta yang menuai sukses pada 2008 silam. Kali ini Ayat Ayat Cinta 2 berhasil meraih jumlah penonton sebanyak 2.840.159 orang. Film ini diproduksi oleh MD Entertainment.

11. Film Danur 2 : Maddah

Film Danur 2 : Maddah
Film Danur 2 : Maddah

DANUR 2: MADDAH merupakan film yang disutradarai oleh Awi Suryadi ini diangkat berdasarkan dari kisah nyata sang penulis Risa Saraswati. Dengan mengusung genre horor, MADDAH masih memikat penonton mengingat film ini adalah kelanjutan dari film DANUR yang menjadi film laris di tahun 2017. Bedanya, saat ini settingnya tidak lagi berada di rumah neneknya Risa yang diperankan oleh wanita mudah multitalenta yakni Prilly Latuconsina, kini setting tempatnya berada di rumah tantenya. Sampai saat ini film MADDAH telah ditonton sebanyak 2.736.157 penonton. Film horor memang menjadi film yang sampai kapanpun akan mampu membuat setiap orang penasaran, apalagi film horor yang satu ini memang telah mengembalikan paradigma film horor di Indonesia yang beberapa waktu lalu pernah selalu diwarnai dengan tampilan seksi dari pemerannya.

12. Film Ada Apa dengan Cinta?

Film Ada Apa dengan Cinta?
Film Ada Apa dengan Cinta?

Ada Apa dengan Cinta? adalah sebuah film romantis Indonesia karya Rudi Soedjarwo yang dirilis pertama kali pada tanggal 7 Februari 2002 dan dibintangi Nicholas Saputra dan Dian Sastrowardoyo. Ada Apa dengan Cinta bertemakan cinta di masa-masa SMA dan menampilkan tokoh utama Cinta (Dian Sastrowardoyo) sebagai seorang gadis yang cantik, pintar, dan periang. Ia merupakan langganan juara lomba puisi di sekolahnya yang rutin diadakan tiap tahun. Cinta memiliki sebuah geng yang sangat kompak bersama empat temannya yang lain, yaitu Alya (Ladya Cherill), Carmen (Adinia Wirasti), Maura (Titi Kamal), dan Milly (Sissy Priscillia). Ada Apa Dengan Cinta berhasil meraih penonton sebanyak 2.700.000 orang. Film ini merupakan produksi dari Miles Films.

13. Film Cek Toko Sebelah

Film Cek Toko Sebelah
Film Cek Toko Sebelah

Cek Toko Sebelah adalah film komedi Indonesia produksi Kharisma Starvision Plus yang dirilis pada 28 Desember 2016 dan disutradari oleh Ernest Prakasa. Ide cerita film ini dibuat berdasarkan pada realitas etnis Tionghoa saat anak beranjak dewasa, kuliah yang tinggi, mirisnya ujung-ujungnya bekerja di toko orang tuanya sendiri. Film ini ditulis oleh Ernest Prakasa dan Jenny Jusuf dengan pengembangan cerita dari Meira Anastasia.

Cek Toko Sebelah mendapatkan reaksi yang sangat positif dari penonton dan kritikus film, terutama untuk skenario film. Dalam Festival Film Indonesia 2017, film ini mendapatkan sembilan nominasi, termasuk Film Terbaik serta Sutradara Terbaik dan Aktor Terbaik untuk Ernest Prakasa, memenangkan satu untuk Skenario Asli Terbaik. Cek Toko Sebelah lebih berhasil pada ajang Festival Film Bandung 2017 dimana film ini memenangkan dua penghargaan (Film Terpuji dan Aktor Terpuji).  Film Cek Toko Sebelah berhasil meraih jumlah penonton sebanyak 2.642.957 orang.

14. Film Eiffel I’m In Love

Film Eiffel I’m In Love
Film Eiffel I’m In Love

Masih berkutat dengan cinta Tita dan Adit, kali ini mereka harus menghadapi konflik yang muncul akibat 14 tahun LDR. Suguhan dialog gaya polos-polos gemes ala Tita serta sikap cool sedingin kulkas ala Adit terbukti mengobati rindu para pecinta film pertamanya. Nggak heran kalau film yang disutradarai oleh Rizal Mantovani ini sukses ditonton 2.632.300 orang. Film dengan genre seperti ini memang selalu berhasil menarik minat anak remaja dengan kisahnya yang sangat sederhana dan cerita yang dibuat mengalir.

15. Film Hangout

Film Hangout
Film Hangout

Hangout adalah film komedi horror seru Indonesia tahun 2016. Film Ini tayang pada tanggal 22 Desember 2016. Film Hongout ini disutradarai oleh Raditya Dika. Hangout menceritakan mengenai seorang pria misterius bernama Toni Sacalu, dengan inisial P. Toni Sacalu mengundang 9 publik figur untuk ‘Hangout’ di villa di sebuah pulau terpencil, Hangout ini bertujuan untuk membicarakan sebuah proyek dengan sejumlah uang besar. Mereka pun berangkat memenuhi undangan tersebut.

Setibanya di sana, masalah muncul sejak malam pertama ketika Mathias Muchus mati diracun di hadapan mereka. Kendala berikutnya, mereka tidak bisa segera kembali karena perahu penjemput mereka, akan tiba lima hari kemudian. Mereka pun terjebak dalam pulau tersebut. Mereka berusaha untuk bertahan hidup, tapi satu persatu malah mati. Film horor komedi ini berhasil meraih penonton sebanyak 2.620.644  orang.

Wah dari penjelasan film diatas, film Indonesia nggak kalah keren dengan film barat kok, nah film terfavorit kalian masuk di urutan berapa nih? Tetap dukung perfilman di Indonesia ya. Banyaknya film yang hadir dengan berbagai genre membuat penonton menjadi tidak bosan dan seringnya malah membuat penasaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here