10 Cara Menjadi Youtuber Dari Nol Hingga Sukses

0
87
Cara Menjadi Youtuber
Cara Menjadi Youtuber

Youtuber menjadi salah satu cita-cita yang mulai pantas untuk dipertimbangkan dan masuk daftar list pencapaian hidup anak anak Gen-Z. Dibalik popularitas, Youtuber juga mendapatkan penghasilan yang besar. Namun perlu beberapa hal yang harus terus-menerus diperbaiki dan diperjuangkan untuk membuat orang lain tertarik pada konten yang diupload. Penasaran kan bagaimana Atta Halilintar dan Ria Ricis bisa terkenal dan mendapatkan banyak uang dari Youtube ? Berikut adalah cara menjadi Youtuber dari nol hingga sukses:

1. Membuat Akun Youtube

Membuat Akun Youtube

Membuat akun YouTube tentu menjadi langkah pertama yang harus kamu lakukan. Setelah kamu masuk menggunakan account gmail, buat channel dengan mengklik “My Channel”. Buatlah username atau nama channel yang menarik, mudah diingat, dan relevan dengan konten yang akan kamu buat.

2. Tentukan Target Penonton

Tentukan Target Penonton

Setelah itu, tentukan target penonton dengan benar. Kalau sasaranmu kebanyakan adalah perempuan berusia 17-35 tahun, kamu bisa lebih banyak mengupload video tentang tutorial, baik itu tutorial memasak atau make up. Target penonton juga akan menentukan gaya bahasa yang kamu gunakan.

3. Membuat Konten

Membuat Konten

Pikirkan dengan baik mengenai konten apa yang akan kamu buat untuk channel YouTube mu. Konten adalah hal penting yang akan membuat viewer menyukai channel mu, tertarik untuk menonton lagi, hingga sampai tidak mau ketinggalan update video terbaru yang kamu buat. Konten merupakan salah satu hal yang pada akhirnya akan berdampak pada jumlah subscriber dan viewer dari channel yang kamu punya. Maka dari itu buatlah konten yang menarik dan bermanfaat.

Kamu bisa mulai membuat video yang kamu inginkan dengan durasi sekitar 5-20 menit saja agar penonton tidak merasa bosan. Kamu bisa merekam video dengan menggunakan kamera ponsel. Ada beberapa tipe video yang biasanya sering ditonton orang lewat YouTube seperti, video tutorial, video list, video unboxing, video mukbang, video parodi, vlog, belanja haul dan lainnya.

4. Cara Upload Video

Cara Upload Video

Konten video yang menarik dan berkualitas akan menjadi hal yang sia-sia kalau kamu tidak memperhatikan hal-hal di bawah ini saat menguploadnya:

  • Judul Video
    Gunakan judul yang mengandung keyword karena bagaimanapun juga kamu harus menggunakan SEO (Search Engine Optimization). Jangan menggunakan judul clickbait, mungkin judul tersebut akan membuat penasaran tetapi akan membuat viewer kecewa dan tidak ingin menontonnya lagi.
  • Thumbnail
    Thumbnail adalah image di bagian depan yang muncul ketika orang menemukan video milikmu. Jadi usahakan untuk menggunakan thumbnail yang menarik dan bisa mewakiliki keseluruhan isi video. Hindari untuk menggunakan thumbnail palsu, artinya tidak mewakili konten yang sebenarnya.
  • Deskripsi
    Buat deskripsi video yang jelas, padat, tidak kaku, dan pastinya memiliki keyword di dalamnya. Kamu juga bisa menambahkan link keluar yang masih relevan dengan videomu, seperti akun instagram
  • Cantumkan tag yang relevan
    Selalu cantumkan tag yang relevan dengan video karena tag merupakan semacam pengkategorian video sehingga tag yang bagus bisa membawa banyak penonton

5. Aktif Berkomunikasi

Aktif Berkomunikasi

Setelah video mu ditonton, akan ada beberapa orang yang meninggalkan komentar. Baik memberikan pujian, masukan yang membangun, atau komentar yang menjelek-jelekkan. Itu adalah sebuah resiko yang harus kamu terima sebagai YouTuber yang berinteraksi dengan orang banyak. Kamu harus dapat menerima semua komentar dengan baik. Meski ada yang memberi komentar jelek, kamu bisa menanggapinya dengan berusaha untuk memberikan video yang lebih baik lagi. Adanya komentar positif atau negatif menandakan kalau mereka peduli dengan karya-karyamu.

6. Promosikan Video

Promosikan Video

Berhubung kamu masih youtuber pemula, video yang sudah dibuat dan diupload tidak akan langsung dilihat banyak orang karena kamu pasti belum memiliki subscriber. Waktu yang dibutuhkan untuk menjadi mendapatkan banyak subscriber dan menaikkan traffic secara alami adalah kurang lebih satu tahun. Cara lain untuk mempromosikan video adalah dengan cara berkolaborasi dengan youtuber lain. Hal ini sudah terbukti mampu mendongkrak traffic dan mendatangkan subscriber baru secara otomatis. Sudah banyak juga Youtuber dengan subscriber tinggi yang dengan suka rela berkolaborasi dengan subscriber yang baru.

7. Melakukan Live Speaking untuk Meningkatkan Customer Engangement

Melakukan Live Speaking untuk Meningkatkan Customer Engangement

Nantinya, jika kamu sudah memiliki fanbase atau fans yang cukup banyak, kamu dapat mengadakan meeting dan greeting. Anda mungkin saja membuat jadwal yang rutin agar komunitasnya dapat tumbuh. Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan engangement kamu dengan para subscribers atau penonton setia Anda. Nantinya, Anda juga dapat menjual produk atau mempromosikan konten-konten lainnya pada saat acara berlangsung dan manfaatkan juga kesempatan ini untuk lebih mengenal siapa niche market Anda.

8. Berpikir Out of The Box

Berpikir Out of The Box

Kamu perlu berpikir di luar kebiasaan jika ingin menghasilkan video yang menarik untuk ditonton dari awal hingga akhir tayangan, lalu dibagikan kembali oleh orang-orang sampai akhirnya menjadi konten yang viral. Hal ini  juga tentu akan memunculkan banyak konten baru, namun kamu harus memastikan konten yang kamu buat tetap konten positif. Bukan berarti ketika kamu berpikir out of the box, kamu bebas menciptakan konten urakan.

9. Monetisasi YouTube Channel

Monetisasi YouTube Channel

Coba sign in ke akun YouTube dengan pilih menu “account information” yang terletak di sebelah kanan atas dan klik “Creator Studio”. Kemudian, pada menu di sebelah kiri, pilih “Channel” dan klik “Status and features”. Lalu, pilih “Enable Monetisation”. Kemudian setujui agreement yang ada. Untuk mengoptimalkan YouTube channel yang kamu buat, berikut beberapa kriteria yang perlu kamu penuhi atau ikuti:

  1. Video harus user-friendly
  2. Kontennya harus merupakan karya orisinil agar dapat di-promote
  3. Copyrighted videos yang kamu plagiasi dari internet tidak akan menghasilkan apa-apa jadi lebih baik urungkan niat untuk melakukan plagiasi
  4. Video harus memerhatikan Terms of Service dan Community Guidelines yang telah dibuat oleh pihak YouTube
  5. Ketika kamu mengaktifkan fungsi monetisasinya, beberapa iklan akan muncul di video kamu yang berikutnya

Untuk memaksimalkan fitur monetisasi ini kamu harus membuat akun Google AdSense yang akan menyalurkan iklan-iklan di videomu. Kamu hanya dibolehkan memiliki satu akun AdSense untuk memudahkan pembayaran nantinya. Sedangkan untuk mengaitkan video dengan AdSense ini, kamu hanya membutuhkan minimal tiga video original yang telah diupload.

10. Menarik Sponsorship

Menarik Sponsorship

Coba kamu perhatikan para YouTuber yang sudah terkenal, beberpa dari mereka selalu menampilkan video dengan unsur sponsorship dengan teknik marketing yang sangat epic, contohnya Youtuber Arief Muhammad yang selalu mempromosikan suatu produk dengan cara yang tidak membosankan atau bahkan membuat penontonnya tidak menyadari bahwa video tersebut adalah konten sponsorhip. Ilmu atau teknik marketing yang seperti itulah  yang harus bisa kamu tiru, agar sponsorship dan advertisment berdatangan melirik channel YouTube mu.

Menjadi seorang Youtuber dengan subscriber dan penghasilan yang banyak memang bukan hal yang dapat diraih dengan singkat, kecuali untuk para kalangan artis yang memang sudah terkenal dan mempunyai banyak fans. Kamu perlu kerja keras dalam membuat konten, merajut cerita untuk video yang dibuat, serta konsistensi dalam membuat video. Konsep yang kamu terapkan dalam setiap kontenmu juga akan menambah nilai plus untuk channel YouTube mu agar tidak terkesan asal-asalan. Dan cobalah untuk mengupload video dengan jadwal  yang beraturan. Itu dia cara menjadi Youtuber dari nol hingga sukses. Ayo terus berusaha menampilkan dan memberikan konten-konten yang positif dan menarik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here