Profil Dana Tarigan, Penyanyi Pendatang Baru yang Rilis Lagu ‘Ku Bayangmu’

Untuk meramaikan industri musik lokal terkhusus di kota Medan, musisi yang satu ini berani unjuk gigi untuk mempersembahkan hasil karyanya yang berjudul KU BAYANGMU dan memberikan warna musik baru di kota Medan.

Dialah Dana Tarigan, pria kelahiran Deli Tua ini meberanikan diri untuk menjadi penyanyi solo dan juga seorang arranger lagu-lagu yang dirilisnya.

Lagu bergenre pop jazz ini menceritakan tentang seorang pria yang berusaha mengejar cinta seorang wanita pujaanya, dibalut dengan warna musik konsep fun ini menjadikan suasana lagu ini menjadi perjalanan cinta yang seru.

Sebelum kenal lebih dekat dengan Dana Tarigan, yuk kita cari tau dulu perjalanan seorang Dana Tarigan ini dalam dunia musik.

Musisi yang satu ini adalah seorang musisi yang bisa dibilang otodidak dalam bermain musik, dengan basic bermain piano yang dia pelajari dari sekolah dasar dengan teknik otodidak hingga sekarang menjadikan dia musisi yang serba bisa.

Di tahun 2004 memasuki sekolah menengah pertama (SMP) Dana dan teman-teman pun membentuk sebuah grub band yang pada saat itu Dana sendiri menjadi gitaris, setelah SMP kemudian beranjak ke SMA di tahun 2007, Dana juga mencari teman baru untuk membentuk sebuah band baru yang personilnya sendiri berasal dari teman-teman sekelasnya, dengan posisi gitar dan vocal Dana pun mengikuti kegiatan festival musik yang diadakan sekolahnya dan mengundang sekolah-sekolah lain untuk bertarung dalam festivalan band yang diadakan di sekolahnya.

Dan pada saat itu Band yang dibentuk Dana dan teman-temannya berhasil meraih juara harapan 1, sebuah prestasi yang bisa dibilang cukup bagus untuk awal berkarir di dunia festivalan band.

Hingga tamat SMA, Dana melanjutkan kuliah di Universitas Prima Indonesia pada tahun 2010, Dana pun bertemu seorang drummer di kampusnya untuk membentuk Band baru di kampusnya, namun pada saat itu mereka Cuma berdua yang kebetulan punya bakat dibidang musik.

Tak patah semangat, mereka pun mencari personil lain dengan kenalan-kenalan temannya. Dan pada akhirnya mereka membentuk sebuah band yang pada saat itu Dana sendiri menjadi keyboardist di Bandnya. Mereka pun membentuk band dengan genre Pop dan Jazz.

Hingga akhirnya mereka pun mengikuti event-event jazz lokal seperti Youth Jazz Community (YJZ) pada saat itu dan juga tampil dalam acara International Jazz day yang diadakan di hotel santika dyandra. Hingga pada saat itu band yang dibentuk Dana dan temannya juga bermain di café-café dengan genre pop jazz.

Karena kepiawaian Dana dalam bermain keyboard, hingga akhirnya salah satu pentolan basskomed ( bass komunitas medan) mengajak Dana untuk membentuk Band baru lagi dengan 3 vokalis sekaligus untuk bermain di club-club yang ada di Medan.

Setelah akhirnya puas bermain di club-club kota Medan, Dana pun di rekrut kembali oleh band Nightstars untuk bermain di luar kota atau dalam istilah anak band yaitu LONG TRIP yang kebetulan pada saat itu untuk mengisi di salah satu club yang ada di Lombok NTB. Dana pun berangkat dengan teman-teman Band barunya ke Lombok selama 6 bulan untuk bermain disana.

Kembali ke Medan dan Dana memutuskan untuk vakum dari dunia Band di tahun 2015 hingga tahun 2019. Dana melanjutkan dunia musiknya untuk beralih menjadi composer/arranger lagu hingga sekarang.

Hingga rilis lagu Ku Bayangmu yang diciptakannya pada zaman kuliah dulu dan menjadikannya sebuah lagu utuh dalam bentuk musik pop jazz di tahun 2022. Dia memutuskan untuk bersolo karir untuk menunjukan bakatnya yang tidak hanya bermain piano/keyboard tapi bisa juga dalam dunia Tarik suara.

Nah, itulah perjalanan karir seorang Dana Tarigan dalam bermusik yang tadinya menjadi keyboardist hingga saat ini berani berubah haluan untuk menjadi vocalist dan composer musik.

Lagu Ku Bayangmu milik Dana Tarigan sendiri sudah rilis di platform musik Spotify, Apple music, Soundon tik-tok, Youtube dan juga Joox.