Tahun Baru Islam, Ratusan Warga Dusun IX Desa Sei Rotan Gelar Pawai Obor

Teropong.id – Ratusan warga Dusun IX, Desa Sei Rotan Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut) merayakan Tahun Baru Islam 1444 Hijriah dengan menggelar pawai obor mengelilingi Jalan Sugeng dan Jalan Pendidikan, Sabtu (30/7/2022) malam.

Pawai obor ini dilepas Kepala Desa Sei Rotan diwakili Ketua BPD Desa Sei Rotan, Irwansyah dan Kepala Dusun IX Desa Sei Rotan, M Syawal Hadi Syahputra. Irwansyah mengatakan sangat menyambut pawai obor yang dibuat warga Dusun IX Desa Sei Rotan.

Menurutnya, perayaan ini untuk memberitahu dan menginformasikan bahwa tahun baru Islam sudah memasuki 1444 Hijriah. “Ini harus tetap dilakukan. Siapa lagi yang mau merayakan kalau bukan kita Umat Islam,” katanya saat melepas pawai obor tersebut.

Kepala Dusun IX Desa Sei Rotan, M Syawal Hadi Syahputra mengatakan selama 3 tahun tidak ada kegiatan yang dibuat meriah secara umum. Dengan dilaksanakan pawai obor ini, tentunya memberikan pemahaman kepada anak-anak tentang tahun baru Islam.

“Mulai sejak usia dini kita tanamkan ke mereka untuk lebih mencintai Islam. Kita sebagai perangkat Desa Sei Rotan sangat menyambut baik dan kedepan lebih disemarakkan lagi,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua Keluarga Besar Kompleks Griya Sei Rotan Syakinah, Mahyudin Siregar didampingi Koordinator PHBI, Dedi Syahputra menuturkan pawai obor ini sangat baik dan mendapat sambutan warga Dusun IX Desa Sei Rotan yang juga warga kompleks.

Mereka menambahkan dalam memeriahkan diadakan perayaan tepat malam Muharram dengan Ustaz Muhammad Sumitra Nurjaya. (ar)