15 Aplikasi Yang Wajib Kamu Install di Android

0
308
Aplikasi Walli- HD Wallpapers & Backgrounds
Aplikasi Walli- HD Wallpapers & Backgrounds

Android dengan segala kemampuannya serta fasilitas juga fitur yang lengkap menjadikan Android ini primadona bagi semua orang. Beberapa fitur tambahan yang tidak kalah pentingnya seringkali harus kamu download sendiri lewat Play Store yang tersedia pada devices Android ini. Berikut beberapa aplikasi yang wajib kamu install di Android.

1. Aplikasi Find My Device

Aplikasi Find My Device
Aplikasi Find My Device

Find My Device ini merupakan aplikasi yang gratis. Find My Device adalah aplikasi buatan Google yang wajib di-download dan di-install bagi pengguna smartphone Android yang sering teledor dalam menyimpan smartphone-nya. Apalagi jika kamu adalah pengguna multi-device, yakni seseorang yang menggunakan lebih dari satu smartphone atau tablet. Jika pekerjaan menuntutmu untuk menggunakan dua atau lebih device Android sekaligus, kamu wajib men-download Find My Device. Meski aplikasi ini tidak akan selalu kamu gunakan, tapi ketika kamu kehilangan perangkt androidmu, aplikasi ini akan sangat berguna dan memudahkan mu dalam mencarinya.

2. Aplikasi Any.Do (Gratis, atau Rp.329.000/tahun)

Aplikasi Any.Do
Aplikasi Any.Do

Any.Do akan menjadi aplikasi yang sangat berguna dan penting dalam mencatat seluruh kebutuhan dan keinginan dari segala sisi, dalam bentuk list/daftar. Misalnya untuk membuat daftar belanja, daftar bahan masakan, daftar download mingguan, daftar ide-ide postingan blog, daftar buku yang akan dibeli, dan daftar-daftar lainnya.

Any.Do dapat kamu akses secara gratis dan berbayar sebesar Rp. 329.000/tahun. Fitur yang kamu dapatkan secara gratis dengan fitur yang berbayar tentu berbeda. Kamu hanya dapat mengakses dan menggunakan sedikit fitur yang tersedia bagi pengguna Any.Do gratis. Kamu masih bisa membuat reminder/pengingat, notes/catatan, share ke teman, dan meng-upload file.

Tapi untuk membuat location reminder, automatic to-do review, unlimited sharing, dan kolaborasi tanpa batas dengan pengguna Any.Do lainnya, kamu perlu membayar Rp.329.000 per tahun. Selain untuk perangkat android, Any.Do juga bahkan tersedia di Windows 10 PC/Mobile, iOS pada iPhone/iPad, dan versi Web.

3. Aplikasi Microsoft To-Do

Aplikasi Microsoft To-Do
Aplikasi Microsoft To-Do

Hampir memiliki fungsi yang sama dengan Any.Do, Microsoft To-Do ini berguna untuk kamu yang ingin aplikasi to-do list yang sederhana. Microsoft To-Do diciptakan untuk mengganti aplikasi to-do list lamanya Wunderlist. Microsoft To-Do punya fitur reminder, list tanpa folder list, komentar, share ke teman, dan belum mendukung attachment/upload file. Meski aplikasi ini masih baru, Microsoft To-Do punya fitur AI yang akan me-review to-do yang telah selesai dilakukan, yang juga mungkin akan kamu buat lagi secara otomatis. Selain untuk Android, kamu dapat mengakses aplikasi ini melalui iPhone/iPad dan di Windows 10.

4. Aplikasi Nova Launcher

Aplikasi Nova Launcher
Aplikasi Nova Launcher

Nova Launcher adalah salah satu aplikasi launcher terbaik. Aplikasi launcher ini tak memiliki widget khusus seperti Microsoft Launcher. Namun Nova Launcher memiliki tampilan yang dapat lebih banyak kita ubah, tweak, dan bongkar sesuai yang kita inginkan. Dengan aplikasi launcher ini, kita bisa mengubah app drawer, tampilan dock, folder grup shortcut, icon dan font-nya, hingga mengubah atau menambah gesture tertentu. Lebih bagus lagi,  Nova Launcher ini adalah aplikasi yang sepenuhnya gratis.

Tentu aplikasi Nova Launcher ini sangat cocok untuk kamu yang suka melakukan customize pada sebuah aplikasi.

5. Aplikasi AirDroid (Gratis, atau Rp.263.645/tahun)

Aplikasi AirDroid
Aplikasi AirDroid

AirDroid adalah aplikasi terbaik di Android yang berguna untuk mem-backup semua data di smartphone. Kamu bisa mem-backup file dari Android ke PC atau Mac dengan mudah lewat AirDroid. AirDroid ini aplikasi yang dapat kamu akses secara gratis dan berbayar sebesar Rp. 263.645 / tahun.

AirDroid bukan hanya berfungsi sebagai aplikasi backup, melainkan pula untuk mengendalikan smartphone Android lewat komputer (secara remote), mengetik di smartphone Android lewat komputer, mem-backup SMS dan kontak telepon, merekam layar smartphone, mengekspor file APK, menemukan device/perangkat yang hilang, dan lainnya. Kamu dapat mengakses AirDroid di Android, Windows PC, atau Lihat di Browser.

6. Aplikasi Duolingo

Aplikasi Duolingo
Aplikasi Duolingo

Duolingo mungkin menjadi aplikasi terbaik untuk belajar bahasa asing secara gratis. Mulai dari bahasa Inggris, Spanyol, Prancis, Jerman, Jepang, Itali, Portugis, Belanda, Turki, dan masih banyak bahasa asing lainnya yang dapat kamu pelajari dengan Duolingo. Berbagai latihan dan materi ada di sini. Kata kerja, kata benda, preposisi, kata depan, jamak, dan berdasarkan kategori seperti makanan, hewan, pakaian, tempat, keluarga, pekerjaan, dan lain sebagainya.

7. Aplikasi Google Assistant

Aplikasi Google Assistant
Aplikasi Google Assistant

Google Assistant adalah aplikasi personal assistant kembangan Google yang menggantikan Google Now, aplikasi personal assistant lama yang hanya mampu mencari di Google Search dan membuat sejumlah reminder. Perbedaan Google Assistant dan Google Now adalah dengan menggunakan Google Assistant kamu dapat berbicara dengan aplikasi ini secara dua arah. Suara yang dihasilkan lebih natural, lebih manusiawi dengan algoritma kecerdasan buatan yang juga dapat mengingat informasi pribadi tentang diri kita sebagai pengguna. Jika kamu memberi tahu aplikasi ini tanggal ulang tahun, ia akan mengingatnya. Begitu pun warna favoritmu, atau bahkan tempat favoritmu.

8. Aplikasi Facebook Lite

Aplikasi Facebook Lite
Aplikasi Facebook Lite

Aplikasi Facebook untuk Android memang memakan space yang cukup besar, kamu dapat menggunakan Facebook Lite sebagai aplikasi alternatif. Facebook Lite yang juga dikembangkan oleh Facebook, menyajikan berbagai fitur biasa Facebook ke dalam sebuah aplikasi kecil dan ringan. Di Facebook Lite, kamu juga bisa menggunakan reaction, posting ke grup, share postingan secara public, dan fitur lainnya.

Kamu juga tak perlu meng-install Messenger untuk chatting di Facebook. Tinggal gunakan saja fitur chat di Facebook Lite.

9. Aplikasi Trello (Gratis, atau $9.99/bulan)

Aplikasi Trello
Aplikasi Trello

Trello ini merupakan aplikasi yang dapat kamu nikmati secara gratis dan berbayar sebesar $9.99/bulan. Apabila hidup kamu sudah terlalu rumit dengan banyaknya tugas kuliah atau ide untuk proyek selanjutnya, kamu membutuhkan aplikasi Trello.

Kalau aplikasi Any.do hanya mampu menampung to-do yang sekategori dan tidak beranak , maka Trello mampu menampung seluruh to-do list dalam banyak list yang berada dalam satu board. Trello adalah aplikasi to-do list yang lebih cocok digunakan bagi pengguna yang hidupnya sudah terlalu rumit dengan banyak kegiatan yang membutuhkan kreativitas, ide, atau hal-hal baru.

Setiap to-do, to-do list, dan board juga bahkan dapat kita pindah-pindahkan dengan sistem drag and drop. Trello memiliki fitur yang lengkap untuk mengatur seluruh kebutuhan hidup. Bagusnya, aplikasi to-do list Android terbaik ini juga menyajikan fitur kolaborasi yang memungkinkan kita bekerja dengan pengguna Trello lain dalam waktu yang bersamaan.

Kamu dapat mendowonload aplikasi Trello ini pada Android, iPhone, dan kamu juga dapat mengakses trello ini lewat browser melalui situs webnya.

10. Aplikasi Tiny Scanner

Aplikasi Tiny Scanner
Aplikasi Tiny Scanner

Android dengan fitur kamera yang baik, mengapa tidak dijadikan sebagai scanner saja ? Hal ini tentu akan membuat proses scanning dengan lebih praktis dan simpel. Aplikasi Android yang satu ini adalah aplikasi scanner layaknya perangkat yang men-scan foto, kertas, atau dokumen di dunia nyata. Sehingga bagi pengguna yang tak memiliki scanner, atau malas pergi ke warnet untuk men-scan foto dalam membuat CV atau lamaran kerja aplikasi ini menjadi aplikasi yang wajib kamu download pada perangkatmu.

11. Aplikasi OneNote (Gratis 100%)

Aplikasi OneNote
Aplikasi OneNote

Aplikasi ini dapat berjalan dengan sangat ringan, meski memerlukan RAM minimal 1GB. Aplikasi OneNote juga merupakan aplikasi yang sepenuhnya gratis. OneNote adalah salah satu aplikasi catatan terbaik di Android. Bahkan aplikasi ini dinilai lebih baik dari aplikasi Evernote. OneNote yang merupakan aplikasi catatan kembangan Microsoft, punya cara yang unik untuk mengatur segala catatan pribadimu. Satu hal yang membuat OneNote menjadi aplikasi catatan terbaik adalah karena tersedia secara cross platform di Android, Windows 10, iOS pada iPhone atau iPad – tanpa fitur yang dibatasi, dengan tampilan yang sederhana, serta berjalan sangat ringan.

Kamu bisa menambah gambar, voice note, bullet, checkbox, dan berbagai format menulis seperti bold, italic, underline, dan strikethrough – disertai section dan notebook dengan tampilan yang mudah digunakan.

12. Aplikasi Navigation Gestures

Aplikasi Navigation Gestures
Aplikasi Navigation Gestures

Apabila kamu tak memiliki Android P, namun ingin fitur gesture jari seperti iPhone X, kamu bisa mendapatkannya dengan aplikasi ini. Navigation Gestures akan menambahkan fitur gesture iPhone X ke Android lama dengan memanfaatkan izin-izin tertentu. Kamu bisa men-download aplikasi ini secara gratis.

13. Aplikasi Loop Habit Tracker

Film Loop Habit Tracker
Aplikasi Loop Habit Tracker

Loop Habit Tracker ini akan menjadi aplikasi yang sangat berguna untuk kamu yang sangat ingin mengembangkan kebiasaan baru yang sulit untuk diterapkan dalam hidup sehari-hari, Loop Habit Tracker bisa menjadi solusi terbaik. Aplikasi Android ini sangatlah berguna. Ia mampu mengumpulkan seluruh kebiasaan baru yang positif untuk kamu lakukan setiap harinya. Loop Habit Tracker nantinya akan mengingatkan kamu tentang jadwal kebiasaan itu dengan reminder yang sudah kamu tentukan sebelumnya.

Aplikasi habit tracker yang satu ini menyajikan fitur analytics yang merupakan statistik yang melacak seluruh kebiasaan yang sudah kamu lakukan dalam seminggu terakhir, atau sebulan terakhir.

14. Aplikasi Feedly

Aplikasi Feedly
Aplikasi Feedly

Jika kamu adalah seorang jurnalis atau blogger aplikasi Feedly ini akan menjadi aplikasi yang sangat membantu dan berguna untuk menunjang perkerjaan mu. Feedly mampu mengumpulkan seluruh situs favorit agar kamu bisa membaca keseluruhan berita terbaru dari situs yang berbeda-beda dalam satu aplikasi yang sama. Dengan aplikasi ini, kamu tak perlu lagi membuka satu per satu situs web dan membaca berita atau blog secara bergantian di browser. Tinggal download aplikasi gratis ini, lalu masukkan situs-situs yang akan kamu baca secara bersamaan. Aplikasi Feedly selain dapat diakses melalui Android juga dapat diakses oleh pengguna iPhone.

15. Aplikasi Walli- HD Wallpapers & Backgrounds

Aplikasi Walli- HD Wallpapers & Backgrounds
Aplikasi Walli- HD Wallpapers & Backgrounds

Wallpaper yang disajikan adalah wallpaper terpilih oleh tim Walli. Maka tak heran wallpaper yang tersedia di Walli- HD Wallpapers & Backgrounds ini menyediakan banyak wallpaper yang artsy dan keren.

Aplikasi wallpaper yang satu ini bukan hanya aplikasi penyedia wallpaper cantik, melainkan pula sudah menjadi tempat atau media sosial bagi orang-orang yang suka berbagi foto dan wallpaper, dari seniman pemula hingga profesional ada di sini. Aplikasi ini sangat mudah digunakan, dan ringan untuk pengguna Android.

Itulah 15 Aplikasi yang wajib kamu install untuk memaksimalkan fungsi dari perangkat Android mu. Selain itu aplikasi-aplikasi di atas juga dapat menunjang dan memudahkan urusan sehari-hari dan pekerjaanmu. Dari daftar di atas adakah aplikasi yang sudah familiar untuk mu ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here