12 Tempat Makan Enak di Kota Medan

0
63
Tempat Makan Enak di Kota Medan
Tempat Makan Enak di Kota Medan

“Beha Baritana Hamuna?” ada yang tahu tidak apa arti kalimat tersebut? Itu bahasa Medan loh yang artinya “Apa kabar semuanya?”. Bagaimana sudah ada destinasi baru yang kalian kunjungi belum di tahun 2019 ini? Atau sudah ada rencana ingin mengunjungi suatu tempat tapi masih bingung mau kemana? Mungkin Kota Medan bisa menjadi jawabannya.

Siapa sih yang tidak tau Indonesia? Negara kepulauan yang tidak hanya mempunyai destinasi wisata alam yang indah, tetapi juga kaya akan ragam kuliner dengan berbagai cita rasa khas daerah, tidak terkecuali kota Medan. Medan merupakan Ibu Kota provinsi Sumatera Utara sekaligus kota terbesar ketiga di Indonesia. Medan menyediakan banyak makanan yang menarik dan enak untuk kamu coba, nah penasaran kan cita rasa seperti apa yang ditawarkan oleh Kota Medan. Ini loh 12 tempat makan enak yang bisa kamu coba saat berlibur di Kota Medan:

1. Kedai Ucok Durian

Ucok Durian
Ucok Durian

Bagi kamu si pencinta durian siap siap untuk dimanjakan dengan cita rasa khas durian Medan yang ada di Kedai Ucok Durian ini. Daging durian yang manis, tebal, juga lembut akan membuatmu tidak bisa berhenti menyantapnya.

“Belum ke Medan kalau belum mampir ke Ucok Durian.” kalimat tersebut merupakan tagline yang memang pas untuk Kedai Ucok Durian. Karena kedai ini sudah terkenal di kalangan artis juga pejabat negara sekelas Presiden Joko Widodo. Tak hanya menyediakan durian kupas, Kedai Ucok Durian juga menyediakan berbagai macam menu olahan durian yang pastinya menarik untuk dicoba, seperti pancake durian, durian beku, serta es krim durian.

Kedai Ucok Durian terletak di Jalan KH Wahid Hasyim No 30-32. Selain akses lokasi yang mudah dijangkau oleh berbagai alat transportasi, kamu juga tidak perlu khawatir akan kesulitan menemukan kedai ini karena siapapun pasti sudah tau tentang lezatnya durian di Kedai Ucok Durian.

2. Soto Kesawan

Soto Kesawan
Soto Kesawan

Karena Indonesia merupakan negara yang kaya akan rempah, maka tak heran soto menjadi menu khas dari banyak daerah yang ada di Indonesia, termasuk Medan.

Saat mengunjungi wisata bersejarah Tjong A Fie Mansion jangan lupa untuk mampir ke Warung Soto Kesawan. Sesuai dengan namanya menu yang ditawarkan di warung ini adalah Soto Kesawan. Soto dengan kuah kuning yang mempunyai cita rasa gurih dengan isian udang, paru kering, daging sapi serta ayam kampung ini memiliki tekstur empuk yang tentunya akan memanjakan mulut saat menyantapnya. Campuran rempahnya yang kuat dan juga khas membuat soto ini menjadi santapan yang pas pada sore hari.

3. Mie Sop Methodist

Mie Sop Methodist
Mie Sop Methodist

Kuliner Medan yang satu ini dulunya berada di samping kampus Universitas Methodist Indonesia, maka dari itu kuliner ini mempunyai nama Mie Sop Methodist atau yang dikenal dengan sebutan Bakso Methodist. Mie Sop Methodist terletak di Jalan T. Cik Ditro.

Satu porsi bakso legendaris ini terdiri dari kuah kaldu yang sedap dengan isian bola daging, mie kuning, bihun, kwetiau, kecambah, jeroan serta irisan daging yang merupakan perpaduan yang pas. Untuk kamu yang tidak suka mengkonsumsi jeroan, tenang saja kamu bebas  meminta isian sesuai dengan apa yang kamu mau kok. Karena porsinya yang memang besar, kamu juga boleh untuk memesan setengah porsi saja. Bicara mengenai bakso memang jadi sajian yang cocok untuk segalal suasana, jadi penasaran kan? Eiiits, masih ada kuliner yang lainnya juga loh.

4. Mie Aceh Titi Bobrok

Mie Aceh Titi Bobrok
Mie Aceh Titi Bobrok

Siapa yang tidak tahu kuliner yang satu ini, mie Aceh. Bahkan karena cita rasa rempah dan tekstur mienya yang khas membuat salah satu instant noodle Indonesia memproduksi kuliner mie aceh ini. Dan siapa sangka kuliner yang satu ini juga menjadi salah satu makanan populer di Medan loh. Mie Aceh Titi Bobrok salah satu yang berhasil mencuri perhatian banyak orang, letaknya di Jalan Setia Budi No. 17D. Perpaduan mie tebal yang kaya akan rempah dengan topping kepiting yang berukuran jumbo menjadi daya tarik lain dan pastinya akan membuatmu puas banget. Mau cita rasa yang baru? mungkin ini bisa jadi pilhanmu.

5. Bihun Bebek Kumango

Bihun Bebek Kumango
Bihun Bebek Kumango

Kamu pernah mencicipi bihun yang bercampur dengan daging bebek? Menu ini hanya bisa kamu temukan di Medan. Bihun dengan bumbu rempah, ditambah daging bebek berukuran besar yang memiliki tekstur lembut akan menciptakan cita rasa yang nikmat dan tentu akan membuatmu ketagihan. Tak lupa diberikan pelengkap berupa sayuran dan sambal yang menambah kenikmatan saat menyantapnya. Menggiurkan bukan? Kunjungi saja Warung Bihun Bevek Kumango yang terletak di Jalan Kumango, Kesawan.

6. Ci Cong Fan

Ci Cong Fan
Ci Cong Fan

Ci Cong Fan mungkin nama makanan ini masih terdengar asing untuk sebagian orang. Ci Cong Fan merupakan makanan tradisional yang tentunya wajib kamu coba saat liburan di Medan. Ci Cong Fan merupakan hidangan yang mempunyai tekstur seperti kwetiau, terbuat dari tepung beras dan tang mien yang memberikan sensasi lembut dan kenyal, disajikan dengan siraman kecap asin serta taburan bawang goreng yang membuatnya menjadi lebih wangi dan lezat. Cita rasa sederhana seperti ini memang selalu jadi hal yang bisa dinikmati kapanpun. Ci Cong Fan memiliki isi yang beragam, seperti daging sapi, daging babi, serta sayuran. Jadi untuk kamu yang beragama muslim kamu dapat menyesuaikan isi dari Ci Cong Fan yang kamu pesan.

7. Nasi Kentut

Nasi Kentut
Nasi Kentut

Hmmm… Nasih Kentut? Walaupun namanya aneh tetapi kamu dijamin ketagihan setelah mencobanya. Nasi kentut adalah hidangan nasi yang dibungkus dengan daun kentut. Aroma nasi dengan wangi rempahnya yang khas, disajikan bersama dengan ikan pepes, ayam goreng, tahu, serta tempe. Dan untuk sebagian orang Indonesia, rasanya tidak lengkap jika saat menyantap makanan tanpa sambal, nah agar rasanya semakin nikmat kamu dapat menambahkan sambal dengan berbagai pilihan, seperti sambal terasi, sambal hijau, dan sambal goreng.

Siapa yang pernah mendengar istilah “Belum makan kalau belum makan nasi.” ? Hidangan nasi kentut ini tentunya cocok untuk kamu yang menerapkan prinsip tersebut. Yuk langsung saja ke Jalan Wahidin No. 24.

8. Kwetiau Ahong

Kwetiau Ahong
Kwetiau Ahong

Kwetiau goreng menjadi menu yang banyak bisa kamu temukan di berbagai daerah, tidak terkecuali di Kota Medan. Kwetiau Ahong harus menjadi pilihan pertama jika kamu ingin mencoba menu tersebut, Warung Kwetiau Ahong menawarkan kwetiau goreng dengan aroma dan rasa yang terkenal gurih dan lezat. Disajikan dengan campuran udang segar untuk menambah kelezatan rasa dari kwetiau ini. Selain kwetiau goreng, tempat ini juga menyediakan menu kwetiau kuah dan menu-menu lainnya. Kamu juga bisa menambahkan sambal sesuai selera. Sudah terbayang bagaimana lezatnya? Daripada penasaran datang saja ke Jalan Aipda KS Tuban No. 68A, Pandau Hulu I. Atau kamu bisa juga datang ke Cabang Kwetiau Ahong di Jalan Sumatra No. 66, Medan Kota.

9. Sop Sumsum Langsa

Sop Sumsum Langsa
Sop Sumsum Langsa

Ketika mendengar kata sumsum yang pertama terlintas dalam benakmu pasti cita rasa gurihnya. Dikenal sejak tahun 1990, sop sumsum langsa menjadi menu andalah warung yang dimiliki oleh H. Lukmanul Hakim. Hidangan sumsum ini disajikan di atas piring lengkap dengan kuah kaldu hangat yang sedap. Racikan makanan yang masih menggunakan resep turun temurun membuat ciri khas rasa yang tidak dapat tergantikan oleh makanan yang lainnya. Terutama kuah sopnya yang terkenal dengan cita rasa yang begitu lezat. Bagaimana ya nikmatnya sensasi menyeruput sumsum langsa? Kunjungi saja Warung Sop Sumsum Langsa di Jalan Setiabudi No. 17B. Seteleh makanan-makanan berat, belum pas rasanya jika tidak dilengkapi dengan makan ringan yang tentunya tidak kalah nikmat.

10. Martabak Gapa

Martabak Gapa
Martabak Gapa

Martabak bukan suatu hidangan yang asing untuk kita sebagai orang Indonesia. Namun martabak gapa ini sedikit berbeda dengan martabak lainnya. Martabak gapa adalah martabak khas Melayu. Dikarenakan letak geografis Kota Medan yang berdekatan dengan Malaysia, secara tidak langsung membuat Medan dipengaruhi oleh Budaya Melayu. Tidak heran jika kamu juga menemukan hidangan roti cane di kota Medan. Selain martabak gapa, ada juga martabak mesir, martabak telur, hingga roti tissue yang akhir-akhir ini menjadi menu yang populer. Penasaran ingin mencoba menu khas Melayu ini? Datang saja ke Jalan Letjend S. Parman, Patisah Tengah. Untuk kamu pencinta seafood terutama kerang, hidangan ini pasti akan menjadi pilihanmu.

11. Kerang Rebus Kapuas

Kerang Rebus Kapuas
Kerang Rebus Kapuas

Seperti namanya, sajian utama pada warung ini adalah kerang rebus yang terdiri dari dua macam jenis kerang, yaitu kerang bulu dan kerang batu. Rasa kerang yang masih segar dengan tingkat kematangan yang bisa kamu pesan sesuai selera menjadi kelebihan Warung Kerang Rebus Kapuas. Mau kamu santap dengan tingkat kematangan setengah matang atau matang kerang rebus ini akan tetap nikmat untuk disantap, ditambah dengan sambal kacang khas Medan enjadikan tempat makan ini ramai pembeli. Warung kerang rebus kapuas terletak di Jalan Kapuas, letaknya tidak jauh dari lokasi Martabak Piring Murni yang juga menjadi rekomendasi tempat makan enak di Medan yang terakhir.

12. Martabak Piring Murni

Martabak Piring Murni
Martabak Piring Murni

Martabak piring ini menjadi salah satu makanan yang legendaris di Kota Medan, yang buka dari pukul 7 malam. Martabak piring murni berbeda dengan martabak biasanya, camilan ini dicetak menggunakan piring di atas tungku arang yang tentunya memberikan cita rasa dan aroma khas. Kamu juga dapat memesan martabak dengan tingkat ketebalan sesuai seleramu, bisa tebal atau tipis. Saat kamu memesan martabak yang tebal, kamu akan mendapatkan tekstur martabak yang lembut di dalam dan crunchy di luar. Dan jika kamu memesan martabak tipis, kamu akan mendaptkan tekstur crunchy dan rasa topping yang lebih mendominasi. Martabak piring murni menyediakan berbagai macam topping seperti keju, meses, serta coklat. Martabak ini dibungkus dengan daun pisang yang membuat aromanya semakin nikmat.

Kamu bisa membeli martabak piring murni ini selain di Jalan Kapuas, juga terdapat di Jalan Setia Budi No. 159-157, Tj. Rejo Medan Sunggal dan di Jalan Selat Panjang. Martabak piring murni ini semakin melebarkan sayapnya setelah ditayangkan di beberapa stasiun televisi swasta. Tak heran kamu biasanya perlu waktu yang extra untuk bisa mencicipi martabak ini.

Itulah 12 tempat makan enak dan punya cita rasa khas Medan yang tidak bisa kamu temukan di kota lainnya. Selain dapat memanjakan perut dan lidah, masakan tersebut juga bisa jadi signature negara Indonesia yang kaya akan rempah sehingga menciptakan perpaduan rasa yang luar biasa nikmatnya.

Sudahkah kamu menjelajahi destinasi wisata alam dan mencicipi kuliner Indonesia? Perjalanan tidak selalu tentang memori yang tercipta, banyak pelajaran yang bisa didapat darinya. Keragaman budaya yang ada di bumi pertiwi Indonesia adalah hal yang harus kita pelihara bersama. Jadilah satu bagian kecil yang melestarikan apa yang telah ada di Indonesia.

Nikmati keindahan alam Indonesia dengan menjelajahi dan menjaganya. Kunjungi berbagai tempat yang masih syarat akan budaya untuk ikut andil dalam melestarikannya. Dan cicipi berbagai macam kulinernya, agar kamu mengerti bahwa dalam setiap perbedaan cita rasa itu  ada kenikmatan yang tidak dapat ditemui pada tempat yang lainnya.

Banggalah karena telah menjadi saksi dari keragaman dan keramah-tamahan Negara Indonesia. Adakah tempat makan yang sudah pernah kamu kunjungi dari 12 tempat makan enak di atas? Atau punya daftar tempat makan enak yang lain? Destinasi kuliner dari mana lagi nih yang menurutmu punya cita rasa enak? Coba bagikan pengalamanmu di sini ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here