Universitas dengan Jurusan Farmasi Terbaik di Medan

Hal yang pertama kali terlintas saat mendengar kata Farmasi, tentu adalah obat-obatan. Program studi Farmasi sendiri memang mempelajari seputar cara mencampur, meracik, melakukan formulasi, mengidentifikasi, mengombinasi, menganalisis, dan menghasilkan obat yang memenuhi standar kualitas. Farmasi merupakan gabungan antara ilmu kesehatan dan ilmu kimia.

Jika Anda memiliki minat di bidang kesehatan dan pelajaran Kimia, besar kemungkinan Anda akan cocok masuk jurusan Farmasi ini. Umumnya, mahasiswa Farmasi akan menemukan peminatan Farmasi Klinik dan Komunitas, Farmasi Sains dan Teknologi, Farmasi Industri, serta Farmasi Bahan Organik. Namun setiap universtias memiliki pilihan peminatan yang berbeda-beda.

Setelah Anda menyelesaikan program studi S1 Farmasi, bukan berarti Anda bisa menjadi seorang apoteker. Karena untuk menjadi seorang apoteker Anda perlu mengambil program profesi Apoteker selama satu tahun (dua semester). Program profesi Apoteker juga dibagi menjadi lebih spesifik, seperti program Apoteker Rumah Sakit, Apoteker Industri, Produksi dan Pengawasan Mutu dan Pelayanan Farmasi dan lainnya.

Spesifikasi program tersebut bisa jadi berbeda pada setiap kampus. Namun jika Anda tidak ingin mengambil program profesi Apoteker, sebagai lulusan S1 Farmasi Anda tetap memiliki prospek karier yang lainnya, seperti bekerja di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Departemen Kesehatan, apotek, perusahaan farmasi, rumah sakit, hingga industri obat-obatan.

Indonesia memiliki banyak sekali Universitas yang menyediakan jurusan Farmasi, termasuk di Kota Medan. Jika kamu berminat untuk masuk jurusan Farmasi, berikut daftar kampus dengan jurusan farmasi terbaik di Medan:

1. Universitas Sumatera Utara (USU)

Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara (USU)

Siapa yang tidak tahu kampus yang satu ini, Universitas Sumatera Utara atau yang biasa disingkat USU merupakan universitas ternama di Kota Medan, sekaligus menjadi kampus favorit di Pulau Sumatera. Kehadiran Yayasan Universitas Sumatera Utara menjadi hal yang tidak bisa dilepaskan dari sejarah awal berdirinya Universitas Sumatera Utara ini. USU telah terakreditasi BAN-PT dengan peringkat A (Nomor SK 23/SK/BAN-PT/Akred/PT/II/2018).

USU memiliki beberapa fasilitas, seperti: Fasilitas Olahraga, Asrama, Layanan Bus, Perpustakaan, Pusat Bahasa, Rumah Sakit, dan Pusat Sistem Informasi yang bisa dinikmati oleh semua mahasiswa. Jika Anda berminat untuk kuliah di USU, Anda bisa datang langsung ke kampus yang beralamat di Jalan Dr. T. Mansyur No. 9, Padang Bulan, Medan Baru, Sekip, Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara. Untuk mendapatkan informasi lainnya Anda juga dapat mengunjungi website resmi USU di http://www.usu.ac.id/

2. Universitas Audi Indonesia

Universitas Audi Indonesia

Universitas Audi Indonesia adalah sebuah universitas swasta di Medan, Sumatera Utara yang berdiri sejak 10 November 2008 yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Audi Husada. Sebelumnya kampus ini berbentuk Akademi Kebidanan(AKBID) Audi Husada Medan dan sempat menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Audi Husada.

Universitas Audi Indonesia setiap tahunnya menerima pendaftaran mahasiswa baru. Untuk informasi tentang pendaftaran PMB dan biaya kuliah silahkan menghubungi kampus Universitas Audi Indonesia yang beralamat di: Jl. Bunga NCole Raya No.83, Kemenangan Tani, Kec. Medan Tuntungan, Kota Medan, Sumatera Utara 20136 Telp. (061) 8361656. Website: https://universitasaudi.ac.id

3. Institut Kesehatan Helvetia

Institut Kesehatan Helvetia

Institut Kesehatan Helvetia beralamt di Jalan Kapten Sumarsono No.107, Kota Medan, Sumatera Utara, merupakan perguran tinggi swasta yang memiliki akreditasi B. Institut Kesehatan Helvetia ini berhasil meraih predikat World Class University, maka karena haltersebut Institur Kesehatan Helvetia juga patut Anda pertimbangkan. Institut Kesehatan Helvetia mendapatkan akreditasi dengan peringkat B (Nomor SK 421/SK/BAN-PT/Ak-PNB/PT/XII/2019).

Institut Kesehatan Helvetia adalah sebuah perguruan tinggi swasta sekaligus satu satunya institusi kesehatan yang ada di kota Medan, Sumatera Utara. Perguruan tinggi ini dulunya adalah bagian dari akbid Helvetia yang kemudian berkembang menjadi STIKES Helvetia, seiring berjalannya waktu STIKES tersebut dikembangkan menjadi sebuah institut dengan membawa semua program studi yang ada di dalamya. Untuk program studinya sendiri, pada saat ini Institut Kesehatan Helvetia Medan tercatat telah memiliki 8 Program studi yang terdiri dari jenjang diploma, program S1 dan program Magister / S2. Semua proses belajar mengajar institusi dilakukan pada gedung kampus yang berlokasi di Jalan Kapten Sumarsono No.107, Kecamatan Medan Helvetia, Kelurahan Helvetia, Medan, Sumatera Utara 20124.

4. Universitas Sari Mutiara Indonesia

Universitas Sari Mutiara Indonesia

Universitas Sari Mutiara Indonesia ini beralamat di Jalan Kapten Muslim No. 79 Medan, Provinsi Sumatera Utara Indonesia. Universitas Sari Mutiara Indonesia adalah perguruan tinggi swasta yang berdiri pada tahun 1982. Universitas Sari Mutiara Indonesia ini semakin berkembang, hingga menjadi universias yang mempunyai keunggulan dan prestasi yang membanggakan, baik dari sisi jumlah Mahasiswa, maupun prestasi Akademi dosen dan mahasiswanya. Universias Sari Mutiara memiliki core values yang yaitu: Spritualisme, Intelektualisme, profesionalisme, nasionalisme dan globalisme. Universitas Sari Mutiara Indonesia telah terakreditasi BAN-PT dengan peringkat B (Nomor SK 271/SK/BAN-PT/Akred/PT/IV/2019).

Demikian daftar Universitas dengan Jurusan Farmasi Terbaik di Medan yang bisa Anda pertimbangkan. Semoga informasi yang dimuat dalam artikel ini bermanfaat. Terima kasih.