Cara Daftar Masuk Universitas Negeri Medan (UNIMED) Tahun 2020/2021

Pada bulan Agustus tahun 2019 Universitas Negeri Medan berhasil didaulat oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) sebagai perguruan tinggi terbaik ke-21 dari 4.244 perguruan tinggi negeri dan swasta yang ada di Indonesia. Hal tersebut sejalan dengan peringkat akreditasi yang didapatkan oleh Unimed dari BAN-PT, yakni dengan peringkat A berdasarkan SK Nomor 2988/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016 pada tanggal 28 Desember 2016. Karena hal tersebut Unimed menjadi universitas yang banyak diminati.

Universitas dengan selogan “The Character Building University” ini, berdiri pada 23 Juni 1964. pada awalnya Unimed ini adalah Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Negeri
Medan. Unimed memiliki lokasi kampus yang berada di Jalan Willem Iskandar, Pasar V Medan Estate, Medan Tembung, Kota Medan.

Unimed terdiri dari 7 fakultas, dengan 41 program studi (prodi). Dari sekian banyak prodi itu, ada beberapa prodi yang menjadi favorite pendaftar Unimed, seperti prodi Pendidikan Biologi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah, Pendidikan Matematika, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Geografi, Pendidikan Bimbingan dan Konseling, Manajemen, dan Akutansi.

Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Univesitas Negeri Medan (UNIMED)

Pada TA 2020/2021 Universitas Negeri Medan menyediakan beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru, diantaranya:

1. Jalur SNMPTN

SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) merupakan seleksi masuk Unimed yang ditujukan pada siswa-siswi berprestasi di sekolahnya melalui penyaringan nilai rapor secara nasional. Seleksi ini lebih kita kenal dengan jalur undangan. Nilai rapor yang diseleksi mulai dari semester 1-5 untuk SMA/MA dan semester 1-7 untuk SMK.

SNMPTN hanya dilakukan melalui seleksi administrasi (tanpa ujian tertulis) dan biaya pendaftarannya gratis. Waktu pelaksanaan SNMPTN ini paling awal jika dibandingkan dengan jalur seleksi lainnya. Untuk info selengkapnya mengenai SNMPTN ini bisa diakses melalui laman http://snmptn.ac.id/

Jadwal pelaksanaan SNMPTN

  • Pengisian Data Nomor Pendaftaran KIP Kuliah dilaksanakan tanggal 2 – 31 Maret 2020
  • Finalisasi dan Cetak Kartu Tanda Pesera SNMPTN (bagi siswa yang baru sampai tahap memilih prodi dilaksanakan tanggal 2 – 21 Maret 2020
  • Pendaftaran SNMPTN bagi siswa eligible yang mengajukan KIP Kuliah dan belum pernah mendaftar dilaksanakan tanggal 2 -31 Maret 2020
  • Pengumuman SNMPTN tanggal 08 April 2020

2. Jalur SBMPTN

SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) merupakan kesempatan masuk Unimed melalui seleksi nasional dengan ujian tertulis. Belajar dan mengerjakan latihan soal akan mempermudah Anda sebagai calon mahasiswa baru untuk lulus melalui jalur SBMPTN ini, karena melalui jalur ini Anda perlu mengumpulkan nilai sebanyak-banyaknya. Untuk info selengkapnya tentang SBMPTN teman-teman bisa mengakses laman http://sbmptn.ac.id/

3. Jalur Mandiri

Jalur mandiri adalah cara masuk Unimed melalui ujian tertulis. Panitia penyeleksi ujian berasal dari pihak Unimed sendiri, dan ujian tertulis berupa butir-butir soal pilihan ganda (hampir sama dengan SBMPTN). Untuk info selengkapnya tentang seleksi ini bisa diakses melalui laman http://sm.unimed.ac.id/. Pelaksanaan ujuan tertulis jalur mandiri ini diselenggarakan setelah SNMPTN dan SBMPTN.

3. Jalur Bidikmisi

Jalur Bidikmisi menjadi peluang yang sangat baik untuk mendapatkan bantuan pendidikan dari Pemerintah. Dengan Bidikmisi ini, pemerintah akan menjamin biaya kuliah dan biaya hidup sampai lulus tepat waktu. Untuk info selengkapnya tentang Bidikmisi, Anda dapat mengakses laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/

Jadwal UTBK

Pendaftaran UTBK Tahap Ke-1 dilaksanakan tanggal 30 Maret – April 2020
Tes UTBK Tahap Ke-1 dilaksanakan tanggal 20 – 26 April 2020
Pengumuman Hasil UTBK Tahap Ke-1 dan Tahap Ke-2 akan dilaksanakan pada tanggal 12 Mei 2020

Catatan:

  • Peserta Pemilik Nomor Pendaftaran KIP Kuliah akan dikenakan biaya UTBK untuk keikutsertaan tes yang kedua kalinya, dengan biaya sebesar Rp. 200.00,00 (untuk Kelompok Ujian Saintek atau Soshum) dan Rp. 300.000,00 (untuk Kelompok Ujian Campuran),
  • Peserta Non-KIP Kuliah yang akan mengikuti UTBK, baik Tahap Ke-1 maupun Tahap Ke-2, dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.00,00 (untuk Kelompok Ujian Saintek atau Soshum) dan Rp. 300.000,00 (untuk Kelompok Ujian Campuran),
  • Peserta yang mengikuti Tes UTBK dua kali, Kelompok Ujian yang diambil harus sama antara Tes UTBK Tahap Ke-1 dan Tes UTBK Tahap Ke-2.

Tata Cara Pendaftaran Mahasiswa Baru

Berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk melakukan pendaftaran di Universitas Negeri Medan:

  • Pendaftaran Online
    Buka website https://pmb.uma.ac.id lalu pilih menu DAFTAR lalu pilih Form PendaFtaran dan pilih Mahasiswa Baru, Isi Data diri sesuai dengan ijazah. Setelah mengisi data diri peserta akan mendapatkan formulir pendaftaran yang mencantumkan No Rekening Virtual Account (VA) untuk melakukan pembayaran, Akun TPA, Akun Data Lengkap.
  • Membayar Biaya Pendaftaran
    Peserta diwajibkan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.850.000-. di Bank/ATM BNI di seluruh wilayah Indonesia dengan menggunakan No Registrasi / No Rekening yang ada pada formulir pendaftaran.
  • Tes Potensi Akademik dan Pengisian Biodata
    Setelah peserta melakukan pembayaran maka peserta dapat mengikuti Tes Potensi Akademik dan mengisi Biodata dengan membuka website http://tpa.uma.ac.id.Gunakan User dan Password yang ada pada formulir pendaftaran.
  • Pembayaran Biaya Kuliah
    Setelah Langkah 1 sampai Langkah 3 calon mahasiswa di wajibkan untuk melakukan Pembayaran Biaya Kuliah selambat-lambatnya 7 hari setelah pengisian data dan membawa berkas lengkap untuk melakukan Verifikasi.

Tata Cara Pendaftaran Mahasiswa Pindah / Lanjut

  • Pendaftaran Online
    Buka website https://pmb.uma.ac.id lalu pilih menu DAFTAR lalu pilih Form PendaFtaran dan pilih Mahasiswa Pindah Melanjut, Isi Data diri sesuai dengan ijazah. Setelah mengisi data diri peserta akan mendapatkan formulir pendaftaran dan akun Data Lengkap.
  • Verifikasi Berkas
    Calon mahasiswa di wajibkan untuk membawa berkas lengkap untuk melakukan Verifikasi. Demikian artikel mengenai Cara Daftar Masuk Universitas Negeri Medan (UNIMED). Jangan lupa untuk selalu bersungguh-sungguh dan memberikan yang terbaik untuk setiap apa yang dilakukan. Jadikan setiap perjalanan sebagai bentuk perjuangan, kalau pun tidak sesuai dengan yang diinginkan, bukankah tidak pernah ada hasil yang mengkhinati sebuah proses? Semangat berjuang.