8+ Universitas dengan Jurusan Teknik Informatika Terbaik di Medan

Mahsiswa juruan teknik informatika ini akan dibimbing agar dapat menguasai ilmu dan keterampilan rekaya informasi yang berlandasakan kemampuan untuk memahami, menganalisis dan menilai, menerapkan serta menciptakan software dalam pengolahan data dengan komputer. Secara umum mata kuliah utama yang akan dipelajari oleh mahasiswa jurusan teknik informatika adalah seputar Algoritma, matematika diskrit, Aljabar, Metode Numerik, bahasa pemrrograman, database, jaringan, kecerdasan buatan, Sistem Pendukung Keputusan, Sistem Informasi Manajemen, Arsitektur Komputer, Rekayasa Perangkat Lunak, GIS, Sistem Operasi, dsb.

Kesimpulannya, teknik informatika adalah salah satu jurusan di fakultas teknik yang mempelajari bagaimana penerapan logika matematika dalam pengelolaan informasi yang dapat meliputi transformasi data atau pengolahan fakta-fakta simbolik dengan memanfaatkan teknologi komputer seoptimal mungkin.

Hingga saat ini jurusan teknik informatika sendiri memiliki prospek kerja yang beragam, seperti:

  • Tenaga Pendidik
    Mengingat saat ini tenaga pendidik untuk jurusan teknik informatika ini sangat kurang sedangkan pengetahuan mengenai teknik informatika menjadi hal yang dibutuhkan oleh berbagai sektor. Maka peluang menjadi tenaga pendidik baik untuk Sekolah Menengah Kejurusan maupun setingkat Dosen masih banyak diperlukan.
  • Pegawai Negeri Sipil
    Pada era digital, semua lembaga baik perusahaan atau organisasi tidak dapat terlepas dari bidang infomatika. Termasuk pada instansi pemerintah, semua instansi, lembaga, dan badan pemerintah membutuhkan praktisi teknik informatika. Kementrian Komunikasi dan Informatika menjadi salah satu instansi pemerintahan yang dapat kamu jadikan tujuan, karena tentu saja instansi tersebut menjadi salah satu instansi yang paling membutuhkan lulusan teknik infomatika.
  • BUMN dan Sektor Swasta
    Baik BUMN maupun sektor swasta menjadi instansi yang tidak bisa terlepas dari peran teknologi informasi. Pada BUMN, lulusan jurusan teknik informatika sangat dibutuhkan terutama oleh PLN dan Telkom. Sedangkan pada sektor swasta, sebagaimana yang kita ketahui betapa penting peran internet pada masyarakat modern ini. Lulusan teknik informatika adalah salah satu kelompok orang yang paham mengenai hal tersebut.

Berikut merupakan daftar Universitas dengan Jurusan Teknik Informatika Terbaik di Medan:

1. Universitas Sumatera Utara (USU)

Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara (USU)

Universitas Sumatera Utara atau yang biasa disingkat USU merupakan universitas ternama di Kota Medan, sekaligus menjadi kampus favorit di Pulau Sumatera, termasuk pada jurusan Teknik Informatikanya. Yayasan Universitas Sumatera Utara adalah pengelola USU dari sejak awal berdirinya Universitas Sumatera Utara ini. USU telah terakreditasi BAN-PT dengan peringkat A berdasarkan SK Nomor 23/SK/BAN-PT/Akred/PT/II/2018.

USU memiliki beberapa fasilitas, seperti: Fasilitas Olahraga, Asrama, Layanan Bus, Perpustakaan, Pusat Bahasa, Rumah Sakit, dan Pusat Sistem Informasi yang bisa dinikmati oleh semua mahasiswa. Jika Anda berminat untuk kuliah di USU, Anda bisa datang langsung ke kampus yang beralamat di Jalan Dr. T. Mansyur No. 9, Padang Bulan, Medan Baru, Sekip, Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara. Untuk mendapatkan informasi lainnya Anda juga dapat mengunjungi website resmi USU di http://www.usu.ac.id/

2. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU)

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara merupakan perguruan tinggi swasta milik Yayasan Pendidikan Muhammadiyah di Pulau Sumatera. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara menjadi universitas muhammdiyah terbaik di Pulau Sumatera. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara mendedikasikan diri sebagai tempat untuk mencetak generasi bangsa yang agamis dan cerdas. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara terakreditasi BAN-PT dengan peringkat A (Nomor SK 89/SK/BAN-PT/Akred/PT/III/2019).

UMSU memiliki beberapa fasilitas, seperti: Tempat Ibadah, Gedung Perkuliahan, Kantin, Area Parkir, Wifi, Perpustakaan, dan Sistem Akademik online yan bisa digunakan oleh semua mahasiswa. Jika Anda tertarik untuk mengambil jurusan Farmasi di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Anda dapat datang secara langsung ke Jalan Kapten Mucthar Basri No. 3, Glugur Darat II, Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara. Untuk mengakses informasi lainnya Anda dapt mengunjungi website resmi UMSU di http://www.umsu.ac.id/

3. STMIK STIE Mikroskil

STMIK STIE Mikroskil

STMIK STIE Mikroskil menjadi kampus primadona bagi siapa saja yang ingin memiliki ilmu dan mengembangkan diri di dalam basis keilmuan teknik informatika khususnya di Kota Medan. Dengan peringkat akreditasi B berdasarkan Nomor SK 0576/SK/BAN-PT/Akred/PT/V/2016, menjadikan STIMIK Mikroskil selalu diminati oleh banyak calon mahasiswa.

STMIK STIE Mikroskil memiliki beberapa fasilitas penunjang seperti: Laboratorium Komputer, E-Learning Center, Perpustakaan, Gedung Perkuliahan, Layanan Konseling, Food Court, dan Software IBM. Jika Anda berminat, Anda bisa mengunjungi kampus SMIK STIE Mikroskil di Jalan MH Thamrin No. 140, Pusat Ps., Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara. Anda juga dapat mengakses informasi lainnya melalui alamat website https://www.mikroskil.ac.id/

4. Universitas Potensi Utama

Universitas Potensi Utama

Universitas Potensi Utama merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dibawah naungan Yayasan Potensi Utama Medan. Universitas Potensi Utama bermula dari Kursus Komputer dan Bahasa Inggris pada tahun 1994 dengan nama PLSM (Pendidikan Luar Sekolah Masyarakat) Potensi Utama, dan pada tahun 2003 berdasarkan izin dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (DIKTI), PLSM Potensi Utama meningkatkan status menjadi STMIK (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer) Potensi Utama.

Universitas Potensi Utama memiliki berbagai prestasi yang membanggakan, seperti meraih Juara Game Developer and Animation, Juara Event Polexfest, dan Juara I Kontes Robot Kopertis Wilayah 1 Tahun 2016. UPU terakreditasi BAN-PT dengan peringkat C berdasarkan SK Nomor 216/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/PT/V/2020. Universitas Potensi Utama berlokadi Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No. 3A Tanjung Mulia – Medan 20241 Sumatera Utara, Indonesia Sumatera Utara, Indonesia. Anda dapat mengakses berbagai informasi mengenai Universitas Potensi Utama melalui laman website http://potensi-utama.ac.id/

5. Politeknik Negeri Medan

Politeknik Negeri Medan

Politeknik Negeri Medan ini merupakan salah satu kampus negeri yang memiliki banyak peminat. Politeknik Negeri Medan ini awalnya adalah bagian dari Universias Sumatera Utara yang kemudian beridiri secara mandiri sebagai Politeknik Negeri Medan. Politeknik Negeri Medan ini masuk dalam jajaran 5 politeknik terbaik di Indonesia pada tahun 2013. Sejalan dengan hal tersebut, Politeknik Negeri Medan mendapatkan akreditasi dari BAN-PT dengan peringkat B berdasarkan SK Nomor 632/SK/BAN-PT/Akred/PT/VI/2015.

Politeknik Negeri Medan memiliki fasilitas seperti: Lapangan Olahraga, Workshop, Laboratorium, Hall, IT Center, Cafetarian, dan Tempat Ibadah yang dapat dinikmati oleh setiap mahasiswaJika Anda berminat untuk mengetahui informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi kampus yang berlokasi di Jalan Almamater No. 1, Padang Bulan, Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara. Atau Anda juga dapat mengakses informasi secara online melalui website resmi pada alamat http://www.polmed.ac.id/

6. Universitas Medan Area (UMA)

Universitas Medan Area (UMA)

Universitas Medan Area merupakan universitas yang memiliki nama dengan filosofi perjuangan rakyat Medan ketika melawan penjajah. Universitas Medan Area ini menjadi salah satu ikon dari peristiwa perjuangan Medan Area. Berkat usaha dan inovasinya, Universitas Medan Area kini menjadi salah satu universtias swasta terfavorit di Kota Medan. Tak heran jika sistem seleksi masuk perguruan tinggi digelar, Universitas Medan Area juga dipadati oleh banyak calon mahasiswa yang ingin berkuliah disini, tidak terkecuali untuk jurusan Teknik Informatika. Terlebih Universitas Medan Area telah mendapatkan akreditasi dari BAN-PT dengan peringkat B berdasarkan SK Nomor 414/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018.

Universitas Medan Area memiliki beberapa fasilitas pendukung, seperti: Klinik Kesehatan, Asrama Mahasiswa, Masjid, Café, Wifi, Mini Market, Parkir Plus CCTV, dan Gelanggang Olahraga. Jika Anda tertarik untuk mengetahui informasi lebih lengkap, Anda dapat berkunjung secara langsung ke Jalan Setia Budi No. 79 B, Tj. Rejo, Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara. Anda juga dapat mengakses informasi secara online melalui website resmi di alamat http://uma.ac.id/

7. Universitas Prima Indonesia (UNPRI)

Universitas Prima Indonesia (UNPRI)

Cikal Bakal Universitas Prima Indonesia bermula dari Akademi Keperawatan dan Akademi Kebidanan Prima Medan yang didirikan pada tahun 2001 oleh oleh dr.I.Nyoman Ehrich Lister, M.Kes, AIFM (Lie Eng Kun)., kemudian pada tahun 2002 berkembang menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Prima Husada Medan. Pada tahun 2005, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Prima Husada Medan berkembang menjadi Universitas Prima Indonesia. Secara institusi, UNPRI sudah mendapatkan akreditasi B dari BAN-PT dengan SK Nomor 3606/SK/BAN-PT/Akred/PT/X/2017. Anda dapat mengaskes informasi mengenai Universitas Prima Indonesia pada situs resminya di laman http://unprimdn.ac.id/

8. Universitas Methodist Indonesia

Universitas Methodist Indonesia

Universitas Methodist Indonesia ini awalnya dikenal dengan Perguruan Tinggi Methodist Indonesia Medan yang disingkat dengan PTMI. PTMI didirikan pada tanggal 1 Agustus 1965. Pendirian perguruan tinggi tersebut didasari karena pesatnya minat masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi. Setelah melihat banyaknya dukungan dari masyarakat maka pihak pengelola PTMI terus berupaya memacu pengembangan fisik berupa fasilitas pendidikan dan peningkatan status.

Maka sesuai undang-undang nomor 22 tahun 1961 tentang perguruan tinggi yang dikelola pihak PTMI dengan persyaratan 2 fakultas eksakta dan 2 fakultas non eksakta maka Perguruan Tinggi Methodist Indonesia (PTMI) berubah menjadi Universitas Methodist Indonesia Medan yang disingkat dengan UMI Medan pada tanggal 4 September 1969. Universitas Methodist Indonesia memiliki akreditasi dengan peringkat B berdasarkan Nomor SK 3767/SK/BAN-PT/Akred/PT/X/2017 dari BAN-PT.

Sebagaimana yang telah dijabarkan sebelumnya, lulusan teknik informatika ini memiliki prospek kerja yang sangat luas, hal tersebut hanya satu dari beberapa keuntungan jika Anda memilih untuk kuliah di jurusan teknik informatika yang bisa Anda rasakan nanti setelah lulus kuliah. Namun, teknik informatikan ini bukan sebuah jurusan yang bisa dianggap enteng, Anda harus dapat mempelajari setiap hal dengan serius agar Anda memiliki nilai diri dan skill yang dapat diperhitungkan.

Demikian artikel mengenai Universitas dengan Jurusan Teknik Informatika Terbaik di Medan. Semoga informasi yang dimuat dalam artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.