Cara Daftar Masuk Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU)Cara Daftar Masuk Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU)

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara merupakan salah satu universitas milik Yayasan Pendidikan Muhammadiyah di Pulau Sumatera. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara mendedikasikan diri sebagai tempat untuk mencetak generasi bangsa yang agamis dan cerdas. Tak heran jika Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara ini menjadi kampus swasta favorit di Kota Medan. UMSU memiliki fasilitas yang bisa dinikmati oleh semua mahasiswa, seperti: Tempat Ibadah, Gedung Perkuliahan, Kantin, Area Parkir, Wifi, Perpustakaan dan Sistem Akademik online.

UMSU menjadi salah satu Universitas di Medan yang berhasil mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT bedasarkan SK Nomor 89/SK/BAN-PT/Akred/PT/III/2019. Jika Anda tertarik untuk kuliah di sini, Anda dapat mengunjungi kampus UMSU yang berlokasi di Jalan Kapten Mucthar Basri No. 3, Glugur Darat II, Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara. Anda juga
dapat mengakses informasi lainnya melalu website resmi UMSU pada http://www.umsu.ac.id/

Cara Pendaftaran Secara UMSU Online

Berikut beberapa langkah yang harus Anda ikuti untuk melakukan pendaftaran secara online

Pendaftaran Online
Daftarkan diri melalui website http://penmaru.umsu.ac.id dengan mengisikan nama lengkap, email dan program studi yang diminati. Setelah melakukan proses pendaftaran, peserta akan mendapatkan bukti pendaftaran yang berisi Username, Pasword dan data lainnya.

Cetak Bukti Pendaftaran
Simpan bukti pendaftaran yang telah dicetak sebelumnya, selanjutnya secara otomatis anda telah dinyatakan lulus seleksi. Pergi ke halaman menu download laman pengisian data calon mahasiswa atau Klik Panduan Pendaftaran dan Pengisian Form Biodata PMB Online Form Pendaftaran Secara Online ini akan meminta Anda untuk:
1. Memilih jalur pendaftaran
2. Mengisi nama lengkap
3. Nama Ibu
4. Mencantumkan No. Telp./HP yang dapat dihubungi
5. No. WhatsApp yang aktif
6. Email yang masih aktif
7. Kelompok pilihan
8. Jurusan sekolah
9. Pilih program studi pilihan 1
10. Pilih waktu kuliah pilihan 1
11. Pilih program studi pilihan 2
12. Pilih waktu kuliah pilihan 2
13. Pilih program studi pilihan 3
14. Pilih waktu kuliah pilihan 3
15. Cantumkan tahun lulus sekolah
16. Pilih tanggal ujian
17. Pilih waktu ujian

Catatan:

  • Email dan nomor HP wajib untuk diisi. Pastikan bahwa email anda masih aktif, karena bukti pendaftaran dan link cetak ulang akan dikirim ke alamat email dan sms anda.
  • Penentuan waktu kuliah berdasarkan hasil peringkat ujian dan kuota kelas yang tersedia.
  • Isilah form pendaftaran sesuai urutan dimulai dari atas ke bawah.
  • Kelas Daring saat ini hanya untuk Fakultas Agama Islam.
  • Kelas Daring diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang sudah bekerja dengan melampirkan Surat Keterangan Bekerja datau Surat Keterangan Mengajar dari Institusi/Perusahaan/Lembaga tempat bekerja.
  • Tahun Tamat
    a). Untuk Kelompok Pilihan Non Kedokteran diisi dengan Tahun Tamat SMTA/Sederajat
    b). Untuk Kelompok Pilihan Kedokteran diisi dengan Tahun Tamat SMTA Khusus Jurusan IPA
    c). Untuk Kelompok Pilihan Pascasarjana diisi dengan Tahun Lulus S1

Jadwal Pendaftaran UMSU

Fakultas Non Kedokteran (Bebas Ujian Masuk)
Pendaftaran : 16 Maret – 17 Oktober 2020
Batas Akhir Pengisian Formulir : 17 Oktober 2020
Daftar Ulang : 16 Maret – 17 Oktober 2020
PKKMB & MASTA IMM : 12 – 15 Oktober 2020
Kuliah Perdana : 19 Oktober 2020

Fakultas Kedokteran
Pendaftaran : 06 April – 19 Juni 2020
Batas Akhir Pengisian Formulir : 19 Juni 2020
Tes Kesehatan : Dijadwalkan sebelum CBT
CBT : 20 Juni 2020
Pengumuman Hasil Tes : 21 Juni 2020
Registrasi Ulang : 22 – 30 Juni 2020
PKKMB & MASTA IMM : 12 – 15 Oktober 2020
Kuliah Perdana : 19 Oktober 2020

Program Pascasarjana
Pendaftaran : 02 Maret – 07 Agustus 2020
Batas Akhir Pengisian Formulir : 07 Agustus 2020
Ujian / Seleksi : 08 Agustus 2020
Pengumuman : 01 Mei 2020
Registrasi Ulang : 27 April 2020 s/d 12 September 2020

Jadwal dan Syarat Pendaftaran Ulang Peserta Lulus Ujian Tahun TA 2020/2021

  1. Pengumuman hasil ujian Gelombang I dapat dilihat pada Website penmaru.umsu.ac.id pada hari Kamis, 7 Mei 2020 (Pukul 00.00 WIB) dan pada papan publikasi UMSU hari Kamis (Pukul 10.00 WIB).
  2. Peserta lulus ujian Gelombang I melakukan registrasi berdasarkan ketetapan kelulusan (baik program studi maupun jadwal perkuliahan)
  3. Calon mahasiswa tidak dibenarkan pindah Fakultas dan Program Studi setelah kelulusan.
  4. Calon Mahasiswa yang tidak melakukan registrasi sampai dengan batas waktu yang ditetapkan di atas, maka yang bersangkutan dinyatakan mengundurkan diri.
  5. Pendaftaran Ulang dilaksanakan pada tanggal 18 April 2020 s.d 17 Oktober 2020 pukul 08.00 s.d. 16.00 WIB, bertempat di Auditorium Kampus III UMSU Jl. Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan 20238, dengan:
    a). Menunjukkan Kartu Tanda Peserta Ujian (Asli).
    b). Membayar BPP minimal tahap I. Bagi yang membayar lunas BPP discount 10%, (non fakultas kedokteran)
    c). Membayar biaya Dana Pengembangan Pendidikan (DPP).
    d). Membaca Peraturan Rektor No. 1891/Kep/II.3-AU-UMSU-A/2012. Tentang Peraturan Disiplin Mahasiswa. (file dapat dilihat dan didownload di Peraturan Rektor UMSU
    Tahun 2012)
    e). Menyertakan Surat Pernyataan Kesanggupan Menjadi Mahasiswa Baru UMSU yang diketahui dan ditanda tangani Orangtua/Wali. (surat dapat di download di Berkas Surat Pernyataan Mahasiswa Baru UMSU).
    f). Menyediakan 3 (tiga) lembar materai 6000.
    g). Melengkapi data dan dokumen:
     Fotocopy Ijazah SLTA sederajat yang dilegalisir masing-masing 3 (tiga) set.
     Fotocopy Kartu Keluarga (KK)
     Fotocopy Akte Kelahiran
     Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) mahasiswa dan Orangtua
     Bagi Calon Mahasiswa yang sudah mendaftarkan diri sebagai calon penerima beasiswa Bidikmisi PTS UMSU di DIKTI.

Calon Mahasiswa wajib melaporkan diri ke Biro Kemahasiswaan dan Alumni UMSU
dengan membawa dokumen sebagai berikut:

  • Kartu peserta dan formulir pendaftaran program Bidikmisi yang dicetak dari sistem Bidikmisi.
  • Surat keterangan lulus dari Kepala Sekolah
  • Fotokopi rapor semester 1 (satu) s.d 6 (enam) yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah.
  • Fotokopi Ijazah yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah.
  • Fotokopi Nilai Ujian Akhir Nasional yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah.
  • Surat Keterangan tentang prestasi/peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lain di bidang ko-kurikuler dan ekstrakurikuler yang disahkan (legalisasi) oleh Kepala Sekolah.
  • Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Beasiswa Siswa Miskin (BSM);
  • Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/wali atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya.
  • Fotocopy Kartu Keluarga.
  • Fotocopy Rekening Listrik Bulan terakhir atau bukti pembayaran PBB.

Alur Pendaftaran Program Pascasarjana UMSU

1. Jalur Paper Based Test (PBT)
Prosedur Pendaftaran:

  • Lulusan Sarjana S1 (Khusus Magister Kenotariatan harus S1 Ilmu Hukum)
  • Mengisi formulir yang disediakan
  • Menyerahkan Fotocopy ijazah & transkrip nilai yang dilegalisir sebanyak 3 (tiga) lembar
  • Menyerahkan pas photo ukuran 2×3, 3×4, 4×6 masing-masing sebanyak 5 (lima) lembar
  • Membayar biaya pendaftaran

Syarat Pendaftaran:

  • Program studi pilihan sesuai dengan ketentuan bidang studi S1 yang diizinkan
  • Membayar formulir/pendaftaran sebesar Rp. 1.000.000,- (satu juta rupiah)
  • Mengisi formulir pendaftaran dengan melampirkan :
    a. Fotocopy Ijazah dan Transkrip Nilai S1 yang dilegalisir oleh Pejabat yang berwenang masing-masing rangkap 3 (tiga)
    b. Rekomendasi dari 2 (dua) orang Dosen
    c. Pasfoto ukuran 2×3 dan 3×4 berwarna, masing-masing 5 (lima) lembar
    d. Surat izin belajar dari instansi/lembaga tempat bekerja
    e. Surat keterangan Berbadan Sehat dari Dokter
  • Mengikuti seleksi/ujian masuk

Seleksi dan Keputusan Penerimaan
Calon peserta yang akan diterima ditentukan melalui seleksi/ujian masuk oleh Tim yang dihunjuk/ditetapkan oleh Pimpinan Program Pascasarjana UMSU, setelah melakukan penilaian terhadap hal-hal sebagai berikut:

2. Computer Based Test (CBT)
Prosedur Pendaftaran:

  • Lulusan Sarjana S1 (Khusus Magister Kenotariatan harus S1 Ilmu Hukum)
  • Mengisi formulir yang disediakan
  • Menyerahkan Fotocopy ijazah & transkrip nilai yang dilegalisir sebanyak 3 (tiga) lembar
  • Menyerahkan pas photo ukuran 2×3, 3×4, 4×6 masing-masing sebanyak 5 (lima) lembar
  • Membayar biaya pendaftaran

Syarat Pendaftaran:

  • Program studi pilihan sesuai dengan ketentuan bidang studi S1 yang diizinkan
  • Membayar formulir/pendaftaran sebesar Rp. 1.000.000,- (satu juta rupiah)
  • Mengisi formulir pendaftaran dengan melampirkan :
    a. Fotocopy Ijazah dan Transkrip Nilai S1 yang dilegalisir oleh Pejabat yang berwenang masing-masing rangkap 3 (tiga)
    b. Rekomendasi dari 2 (dua) orang Dosen
    c. Pasfoto ukuran 2×3 dan 3×4 berwarna, masing-masing 5 (lima) lembar
    d. Surat izin belajar dari instansi/lembaga tempat bekerja
    e. Surat keterangan Berbadan Sehat dari Dokter
  • Mengikuti seleksi/ujian masuk

3. Jalur Prestasi
Prosedur Pendaftaran:

  • Lulusan Sarjana S1 (Khusus Magister Kenotariatan harus S1 Ilmu Hukum)
  • Mengisi formulir yang disediakan
  • Menyerahkan Fotocopy ijazah & transkrip nilai yang dilegalisir sebanyak 3 (tiga) lembar
  • Menyerahkan pas photo ukuran 2×3, 3×4, 4×6 masing-masing sebanyak 5 (lima) lembar
  • Membayar biaya pendaftaran

Syarat Pendaftaran:

  • Program studi pilihan sesuai dengan ketentuan bidang studi S1 yang diizinkan
  • Membayar formulir/pendaftaran sebesar Rp. 1.000.000,- (satu juta rupiah)
  • Mengisi formulir pendaftaran dengan melampirkan :
    a. Fotocopy Ijazah dan Transkrip Nilai S1 yang dilegalisir oleh Pejabat yang berwenang masing-masing rangkap 3 (tiga)
    b. Rekomendasi dari 2 (dua) orang Dosen
    c. Pasfoto ukuran 2×3 dan 3×4 berwarna, masing-masing 5 (lima) lembar
    d. Surat izin belajar dari instansi/lembaga tempat bekerja
    e. Surat keterangan Berbadan Sehat dari Dokter
  • Mengikuti seleksi/ujian masuk

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *