Tempat Wisata di Kabupaten Karawang, Jawa Barat yang Wajib Dikunjungi

Karawang merupakan sebuah Kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Purwakarta dan Bogor. Meski memiliki luas wilayah yang tidak terlalu besar, tetapi kabupaten Karawang memiliki banyak destinasi wisata yang indah, dan juga menawarkan pengalaman yang menenangkan, menyenangkan, dan juga seru.

Dan jika Anda ingin mengisi perut, Karawang juga memiliki beberapa kuliner khas yang bisa Anda temui di banyak tempat, mungkin salah satunya ada di tempat yang akan Anda kunjungi.

Kabupaten Karawang memiliki destinasi wisata alam yang sangat variatif, sehingga suasana apapun yang ingin Anda dapatkan saat berlibur bisa Anda cari di kabupaten yang satu ini.

Berikut telah kami rangkum beberapa Tempat Wisata di Kabupaten Karawang, Jawa Barat yang wajib Anda kunjungi:

1. Curug Bandung

Lokasi : Mekarbuana, Tegalwaru, Kab. Karawang, Jawa Barat.

Curug Bandung memiliki pemandangan yang indah, yang siap untuk memanjakan siapa saja yang datang mengunjunginya. Tak heran, jika Curug Bandung menjadi air terjun yang cukup terkenal di Karawang.

Di kawasan Curug Bandung ini terdapat 7 buah air terjun, yang jaraknya terbilang tidak terlampau jauh. Untuk dapat menikmati suasana alam di Curug Bandung ini, Anda perlu berjalan sejauh 3 kilometer dari dari Dusun Jayanti yang merupakan salah satu dusun di Desa Mekarbuana.

Curug ini memang terbilang susah untuk diakses, karena berada di kaki gunung Sanggabuana. Namun segala lelah yang terasa akan mampu terbalaskan dengan keindahan curug dan pemandangan disekitarnya.

2. Danau Cipule

Lokasi : Jl. Demang, Mulyasari, Kec. Ciampel, Kab. Karawang, Jawa Barat.

Danau Cipule adalah danau yang terbentuk karena hasil dari penambangan pasir yang akhirnya dikembangkan oleh pemerintah setempat, sehingga menjadi tempat wisata yang memiliki pemadangan yang indah.

Saat Anda berkunjung ke Danau Cipule, Anda akan melihat pemandangan gunung yang berada di tengah danau. Untuk dapat menikmati keindahan dari Danau Cipule, Anda dapat menaiki perahu yang menggunakan kabel baja yang terbentang dari tepi danau ke tepi pulau.

3. Candi Jiwa

Lokasi : Desa Segaran, Kec. Batujaya, Kab. Karawang, Jawa Barat.

Candi Jiwa memiliki bentuk seperti padma atau bunga teratai, dimana pada bagian tengahnya terdapat denah struktur melingkar seperti bekas stupa atau lapik patung Buddha.

Anda dapat mengunjungi destinasi wisata yang satu ini dengan mudah, karena lokasi Candi Jiwa ini yang berada tidak jauh dari garis pantai utara Jawa Barat. Dan jika Anda ingin pergi ke Candi Jiwa, sebaiknya berkunjung pada sore hari karena pemandangan sekitar juga terlihat indah.

4. Green Canyon

Lokasi : Kampung Tonjong Roke, Desa Medal Sari, Kec. Pangkalan, Loji, Kab. Karawang, Jawa Barat.

Green Canyon merupakan sebuah ngarai yang terbentuk dari erosi tanah. Erosi ini berasal dari adanya aliran sungai yang mengalir selama kurang lebih ratusan tahun di dalam gua. Untuk sampai di lokasi ini, Anda perlu menempuh jarak sekitar 1 kilometer dari perkampungan di Dusun Cipaga dengan cara berjalan kaki.

5. Vihara Sian Djin Ku Po

Lokasi : Jl. Muhamad Toha, Tanjungmekar, Kec. Karawang Barat, Kab. Karawang, Jawa Barat.

Vihara Sian Djin Ku Po didirkan pada 1770 yang memiliki marga Tjiong, Khouw dan juga Lauw. Dahulunya Wihara ini merupakan tempat rombongan Tionghoa yang mendarat dari Teluk Ujung Karawang. Kemudian rombongan tersebut menuju Muara Cabangbungin, Bekasi dan menyusuri sungai Citarum.

Rombongan sendiri juga membawa abu luhur mereka yang disebut Sian Djin Ku Poh dimana nama ini dijadikan nama Vihara. Pihak pengelola juga sering mengadakan acara besar seperti hari ulang tahun vihara, upacara pergantian tahun baru hingga atraksi barongsai.

Letak dari Vihara Sian Djin Ku Po ini adalah di Desa Tanjung Pura Kecamatan Karawang. Letaknya sekitar 4 KM dari Kota Karawang.

6. Taruma Leisure Waterpark

Lokasi : Perumahan Grand Taruma Jl. Raya Tol, Sukamakmur, Kec. Telukjambe Timur, Kab. Karawang, Jawa Barat.

Taruma Leisure Waterpark dapat Anda jadikan sebagai opsi destinasi wisata yang lainnya. Waterpark yang satu ini berada di tengah kota di sebuah kawasan hunian terpadu, yang membuat atmosfir di Taruma Leisure Waterpark menjadi sejuk dan juga menyegarkan.

Dengan beragam pilihan wahana permainan baik untuk anak-anak maupun dewasa, seperti water slide, kiddy pool, wave pool hingga leisure pool menjadikan Taruma Leisure Waterpark cocok dijadikan destinasi wisata bersama keluarga.

Untuk bisa mengunjungi tempat wisata ini, Anda cukup membayar tiket seharga Rp. 50.000 per orang di hari Senin sampai Jumat dan pada akhir pekan atau hari libur seharga Rp. 65.000.

7. Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok

Lokasi : Jl. Raya Rengasdengklok, Rengasdengklok Selatan, Rengasdengklok, Kab. Karawang, Jawa Barat.

Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok merupakan wisata sejarah yang berdiri di area yang cukup luas, dengan bagian luar yang dikelilingi besi dengan jalan semen di bagian tengahnya. Adapun monumen yang ada di Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok ini berupa tugu dengan teks proklamasi dibagian dinding depannya.

8. Wonderland Adventure Water Park

Lokasi : Jalan Galuh MAS Raya No.1, Sukaharja, Telukjambe Timur, Sukaharja, Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41361.

Wonderland Adventure Water Park menjadi tempat wisata yang menyediakan beragam pilihan wahana permainan air yang selalu berhasil memberikan keseruan dan keceriaan.

Dengan beragam wahana serta kedalaman kolam yang variatif, membuat siapa saja dapat menikmati serunya bermain air. Tempat wisata ini dapat Anda jadikan pilihan untuk berlibur bersama.

9. Waterboom Kampung Wisata Curug Cigentis

Lokasi : Desa Mekar Buana, Tegal Waru, Kec. Karawang Barat, Kab. Karawang, Jawa Barat.

Waterboom Kampung Wisata Curug Cigentis mengusung konsep back to nature yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Dengan mengunjungi Waterboom Kampung Wisata Curug Cigentis Anda bisa menikmati indahnya pegunungan, sekaligus suasana hutan yang rindang dan menyejukan, sekaligus menenangkan.

Selain menyuguhkan konsep dengan pemandangan dan nuansa yang membuat nyaman, Anda juga dapat menikmati beragam wahana permainan air yang ada di sini dengan membeli tiket masuk sebesar Rp. 15.000 di hari Senin sampai Jumat sementara di akhir pekan dan hari libur sebesar Rp. 20.000 per orang.

10. Pantai Tanjung Pakis

Lokasi : Tanjungpakis, Pakisjaya, Kab. Karawang, Jawa Barat.

Pantai Tanjung Pakis memiliki hamparan pasir putih dan ombaknya yang cukup tenang, ditambah dengan semilir angin pantai, sehingga membuat siapapun yang mengunjunginya akan sangat bisa menikmati suasana yang ada di sini.

Anda juga bisa menyewa ban untuk bermain air. Saat perut mulai terasa lapar, Anda bisa mengisi perut dengan menyantap makanan dari penjual yang berada disekitar pantai. Akses jalan yang mudah membuat tempat ini seringkali ramai dikunjungi para wisatawan.

11. Curug Cipanundaan

Lokasi : Desa Kutamaneuh, Kec. Tegalwaru, Kab. Karawang, Jawa Barat.

Curug Cipanundaan memiliki curahan air dari atas masuk ke kolam satu kemudian turun lagi ke kolam kedua dan ketiga. Kondisi dari curug ini memang masih alami dan memiliki dua curug lagi, yakni Curug Cikarapyak dan Curug Cikoleangkak.

Untuk dapat menikmati keindahan alam yang tersaji di Curug Cipanundaan ini, Anda perlu melewati jalan yang cukup jauh dengan rintangan yang tidak mudah. Tempat wisata yang satu ini cocok bagi Anda yang memiliki jiwa penjelajah yang suka tantangan.

12. Danau Kalimati

Lokasi : Desa Walahar, Kec. Klari, Kab. Karawang, Jawa Barat.

Danau Kalimati ini menyajikan pemandangan danau yang indah, disekitaran danau juga tedapat banyak warung makan sederhana yang menyajikan menu yang variatif, mulai dari sate maranggi hingga jajanan umum yang juga disukai pengunjung. Juga terdapat warung makan lesehan degan posisi menghadap ke arah danau, sehingga Anda bisa menyantap makanan sambil menikmati panorama alam yang indah.

13. Situ Kamojing

Lokasi : Desa Kamojing, Kec. Cikampek, Kab. Karawang, Jawa Barat.

Situ Kamojing merupakan daerah resapan air yang telah menjadi destinasi wisata di Karawang. Destinasi wisata ini cocok untuk dijadikan tujuan berlibur keluarga.

Di sekitaran danau terdapat restoran dengan gaya klasik modern yang akan memanjakan perut Anda saat Anda membuthkan asupan makanan. Juga terdapat hotel dengan fasilitas bintang tiga yang menjadi solusi untuk mereka yang ingin menginap.

14. Monumen Rawagede

Lokasi : Desa Balongsari, Kec. Rawamerta, Kab. Karawang, Jawa Barat.

Monumen Rawagede dibangun untuk mengenang tewasnya 200 orang warga sipil yang mempertahankan tempat persembunyian para pejuang kemerdekaan. Digambarkan pula kebiadaban dan kekejaman tentara Belanda yang membantai rakyat termasuk anak-anak dan perempuan.

Dengan mengunjungi destinasi wisata ini, Anda akan mendapatkan wawasan baru mengenai sejarah terutama mengenai perjuangan masyarakat kabupaten Karawang pada masa penjajahan Belanda.

15. Pantai Samudera Baru

Lokasi : Sungaibuntu, Pedes, Kab. Karawang, Jawa Barat.

Pantai Samudera Baru memiliki ombak yang cukup tenang, sehingga Anda dapat bermain di area pantai sepuaasnya. Namun tetap saja harus berhati-hati, karena alam tidak pernah bisa ditebak maupun diterka. Pantai Samudera Baru biasanya selalu ramai pengunjung, apalagi pada saat akhir pekan.

16. Curug Cikarapyak

Lokasi : Desa Kutamaneuh, Kec. Tegalwaru, Kab. Karawang, Jawa Barat.

Curug Cikarapyak ini berada di atas Curug Cipanundaan. Pastikan Anda memiliki kondisi tubuh yang fit saat akan berkunjung ke air terjun yang satu ini, karena mengingat tempatnya yang harus ditempuh melalui jalan yang cukup jauh dengan brebagai rintangannya. Namun tentu saja rasa lelah itu akan terbayar saat Anda melihat panorama alam yang tersaji di Curug Cikarapyak ini.

17. Puncak Sempur

Lokasi : Puncak Sempur, Cintalaksana, Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41362.

Jika Anda ingin menikmati indahnya kabupaten Karawang dari ketinggian, maka Puncak Sempur adalah apa yang Anda cari. Dengan menaiki puncak ini, Anda akan melihat hamparan pemandangan yang begitu elok dan menakjubkan.

Sejauh mata memandang, dan sesering apapun Anda mengalihkan pandangan, Anda akan bisa menikmati setiap sudut dunia yang tersaji melalui Puncak Sempur.

18. Sentra Kerajinan Boneka Cikampek

Untuk Anda pecinta boneka, Anda akan sangat senang untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Sentra Kerajinan Boneka Cikampek menyediakan beragam jenis boneka dari ukuran kecil hingga ukuran yang sangat besar, semuanya bisa Anda beli dengan harga yang cukup terjangkau.

Indonesia sangat kaya akan keindahan alam dan budayanya, yuk sama-sama menjaga kelestariannya. Dan alam adalah sebuah bentuk dari kebesaran Tuhan, jangan lupa untuk selalu bersyukur atas segala bentuk karunianya. Selamat mengunjungi destinasi wisata yang telah kami rekomendasikan.