Tempat Wisata di Kabupaten Bandung Barat yang Wajib Dikunjungi

Bandung menyuguhkan destinasi wisata yang tiada habisnya, dari mulai tempat wisata dengan konsep modern hingga beragam keindahan alamnya yang masih asri dan sejuk.

Pengembangan wisata di daerah ini terbilang sangat pesat, karena peran pemerintah serta didukung kesadaran masyarakatnya membuat banyak destinasi wisata di Bandung menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi, tidak terekecuali di Kabupaten Bandung Barat.

Kabupaten Bandung Barat memiliki destinasi wisata alam yang sangat variatif, sehingga suasana apapun yang ingin Anda dapatkan saat berlibur bisa Anda cari di kabupaten yang satu ini.

Berikut telah kami rangkum beberapa Tempat Wisata di Kabupaten Bandung Barat yang wajib Anda kunjungi:

1. Situ Ciburuy

Lokasi : Ciburuy, Padalarang, Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia, 40553.

Situ Ciburuy merupakan danau alami yang letaknya tak jauh dari Kota Padalarang , tepatnya di Bandung Barat. Keindahan panorama alam di Situ Ciburuy membuat banyak wisatawan yang datang ke tempat wisata ini entah untuk sekedar duduk santai, ataupun mengitari danau dengan menaiki perahu yang beraneka warna dengan biaya Rp15.000 perorang.

Terlebih saat ini Situ Ciburuy sudah ditata lebih rapi, antara lain dengan memperbaiki jalan masuk ke tepi danau, dan melengkapi dengan kedai-kedai makanan dan minuman, buah-buahan, cenderamata, pentas kesenian, rumah makan dan fasilitas untuk berperahu.

2. Curug Malela

Lokasi : Sindangjaya, Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Curug Malela memiliki memiliki ketinggian sekitar 60-70 m dan lebar 50 m dengan hulu sungai berasal dari lereng utara Gunung Kendeng yang mengalir membentuk jaringan sungai Cidadap dan bermuara ke Cisokan.

Air di curug ini terbilang sangat deras, di sini Anda dapat menyaksikan ratusan ekor monyet ekor panjang yang sedang minum air di bawah Curug Malela.

Desa Cidadas memiliki banyak curug dengan pemandangannya yang menyejukkan sekaligus menyegarkan, dan Curug Malela menjadi merupakan air terjun paling atas dari rangkaian tujuh air yang ada di sektiarnya.

3. Curug Cimahi

Lokasi : Kertawangi, Kec. Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40551.

Curug Cimahi memiliki memiliki ketinggian sekitar 87 m dan menjadi salah satu curug yang tertinggi di wilayah Bandung dan sekitarnya. Curug ini berada di ketinggian 1050 m dpl dengan suhu di kawasan ini berkisar 18-22 derajat Celsius.

Gemuruh air yang jatuh, dengan suasana alam yang asri, akan membuat siapapun yang mengunjunginya betah untuk berlama-lama menikmati segala bentuk keindahan yang tersaji di Curug Cimahi.

4. Taman Bunga Cihideung

Lokasi : Jl. Kolonel Masturi No.223, Cihideung, Kec. Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40559.

Sebelum menjadi tempat wisata, daerah ini hanyalah sebuah tempat bercocok tanam ala kadarnya saja, hingga akhirnya kini telah berkembang menjadi “Kawasan Wisata Bunga”. Sepanjang perjalanan, Anda akan dimanjakan dengan berbagai tanaman bunga yang cantik dengan warna-warninya yang sangat memesona.

Desa wisata bunga Cihideung yang merupakan tempat wisata persinggahan ini terletak sekitar 20 km dari kota Bandung, dan jika Anda menempuh jalan melalui jalan Cihanjuang, Anda akan menikmati indahnya perkebunan disepanjang jalan menuju desa Cihideung. Kesegaran dan kesejukan tersaji di sepanjang perjalanan menuju lokasi.

5. Puspa Iptek Kota Baru Parahyangan

Lokasi : Jl. Raya Padalarang No.427, Kertajaya, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40553.

Nama Puspa Iptek sendiri merupakan sebuah singkatan dari Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, sedangkan Sundial berarti jam matahari. Nama Sundial kemudian diambil karena pada bangunan Puspa Iptek terdapat jam matahari.

Jam matahari tersebut berada tepat di bagian depan dan atas gedung. Pada bagian depan, jam matahari tersebut berbentuk vertikal, sedangkan pada bagian atas jam tersebut berbentuk horisontal. Untuk masuk ke Puspa Iptek Sundial, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 15.000 saja.

Puspa Iptek Kota Baru Parahyangan menjadi tempat wisata pendidikan yang interaktif, di sini terdapat lebih dari 150 buah alat peraga yang masing-masing dapat dicoba langsung oleh pengunjung.

6. Goa Pawon

Lokasi : Alamat: Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Goa Pawon yang dianggap sebagai sebuah gua biasa oleh masyarakat sekitar, ternyata menyimpan menyimpan misteri kehidupan masa lalu. Dimana di dalam gua ditemukan 20.250 tulang belulang dan 4.050 serpihan batu yang diperkirakan berusia sekira 10 ribu tahun.

Temuan tulang belulang dan serpihan batu itu diyakini mengindikasikan adanya kehidupan manusia purba dikawasan Gua Pawon. Bahkan dikawasan tersebut dipastikan pernah tumbuh kebudayaan manusia pada jaman dulu.

Tempat wisata di Kabupaten Bandung Barat ini cocok untuk Anda yang suka mempelajari sejarah dan peninggalan yang dihasilkan dari peradaban masa lalu.

7. Kampung Gajah

Lokasi : Jl. Sersan Bajuri KM. 3,8 Cihideung Parongpong, Cihideung, Bandung Barat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40559.

Kampung Gajah adalah sebuah kawasan wisata terpadu yang sangat cocok untuk anak-anak dan orang dewasa. Di sini Anda dapat menikmati pemandangan bukit kecil hijau, juga mencoba berbagai jenis wahana permainan yang menyenangkan.

Tempat ini juga menyediakan beberapa tempat belanja berupa factory outlet, hingga 4 jenis restoran yang menyajikan berbagai hidangan yang sangat menggugah selera.

8. Observatorium Bosscha

Lokasi : Jl. Peneropongan Bintang No.45, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391.

Observatorium Bosscha (dahulu bernama Bosscha Sterrenwacht) dibangun oleh Nederlandsch-Indische Sterrenkundige Vereeniging (NISV) atau Perhimpunan Bintang Hindia Belanda, tempat ini merupakan salah satu tempat peneropongan bintang tertua di Indonesia. Observatorium Bosscha ini berdiri di atas tanah seluas 6 hektare.

9. Ciwangun Indah Camp (CIC)

Lokasi : Jl. Kp. Ciwangun Indah Camp No.9Cihanjuang Rahayu, Kec. Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40559.

Dari namanya saja Anda pasti sudah bisa membayangkan bagaimana suasana alam yang ada di Ciwangun Indah Camp (CIC). Ciwangun Indah Camp(CIC) merupakan sebuah area wisata alam yang lengkap dan menarik.

Di sini tersedia berbagai macam arena permainan outbound, dengan dua jalur flying fox berjarak 70 meter dan 250 meter. Juga tersedia two line bridge, elvis bridge, V-bridge, spider web, rock dan wall climbing, soft dan hardtrekking / hikking, serta fasilitator untuk fun games maupun teambuilding games.

CIC juga menyediakan area camping berkapasitas 400 orang, arena bermain anak-anak, wisata berkuda, mini ATV serta area paintball yang berada di area hutan pinus yang menyejukkan, serta berbagai fasilitas lainnya.

Nuansa alam yang ada di Ciwangun Indah Camp ini dapat dinikmati oleh berbagai kalangan usia, sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat wisata bersama sahabat maupun keluarga.

10. Grafika Cikole

Lokasi : Jl. Raya Tangkuban Parahu No.Km. 23, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391.

Grafika Cikole merupakan salah satu penginapan di Lembang Bandung yang ada di Terminal Wisata Grafika Cikole. Dimana penginapan ini terletak di atas bukit, di hamparan rumput yang terletak disela pepohonan pinus dengan udara sejuk dan terdapat di kaki gunung Tangkuban Perahu. Dengan interior dan eksterior yang terbuat dari kayu, menimbulkan atmosfer rumah pedesaan yang akan memberikan Anda pengalaman yang berkesan dan juga menyenangkan.

11. De’ranch

Lokasi : Jl. Maribaya No.17, Kayuambon, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

De’Ranch ini bisa dibilang sebagai objek wisata baru yang menyediakan arena untuk berkuda. Dan wisata menunggang kuda ala cowboy ini menjadi hiburan yang utama dari objek wisata ini. Dan terdapat olahraga lainnya, seperti flying fox dan rock climbing. Di sini tersaji pemandangan alam yang indah dan melalui bebragai aktivitas yang ada akan menimbulkan suasana perternakan yang sebenarnya.

12. Rumah Bunga Rizal

Lokasi : Km. 2,4, Kec. Bandung, Jalan Maribaya, Kayuambon, Lembang, Kayuambon, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391.

Bagi Anda pecinta bunga, tempat wisata di Bandung Barat yang satu ini dapat Anda jadikan sebagai opsi lainnya. Rumah Bunga Rizal adalah sebuah kebun produksi yang berlokasi di daerah Lembang, Jawa Barat.

Tempat ini telah berdiri sejak 33 Tahun lalu, bermula dari hobi yang akhirnya mengantarkan Rumah Bunga Rizal untuk membudidayakan berbagai macam jenis anggrek, kaktus, serta tanaman hias lain.

Rumah Bunga Rizal menawarkan suasana kebun yang nyaman dan bersih, ditambah juga dengan menyediakan aneka makanan, minuman, dan es krim yang dapat dipesan oleh pengunjung. Di tempat ini Anda akan merasa sedang di rumah yang sangat nyaman untuk ditinggali bersama keluarga.

13. Natural Hill

Lokasi : jl. Kolonel Masturi Km 7 Cisarua Lembang, Kertawangi, Kec. Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40551.

Natural Hill adalah sebuah kawasan yang memiliki beberapa spot rekreasi keluarga. Dengan pemandangan air terjun tinggi setinggi 50 meter yang menyajikan pesona alam yang asri, ditambah air yang jernih akan membawa kesegaran sekaligus hawa sejuk yang membuat siapapun yang pernah berkunjung akan merindukan suasananya. Untuk mencapai air terjun Natural Hill ini, Anda perlu menembuh perjalanan selama 45 menit hingga 1,5 jam.

14. Cikole Jayagiri & Tree Top

Lokasi : Jalan Tangkuban Perahu KM 28, Cikole, Lembang, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391.

Cikole Resort menyuguhkan suasana pegunungan yang dikelilingi dengan pepohonan rindang, yang membuat hawa dingin nan nyaman serta menimbulkan suasana kebersamaan yang erat.

Lokasi yang berada di bawah naungan Perhutani ini memang diperuntukan sebagai salah satu alternative tempat wisata untuk tujuan rekreasi keluarga.

Salah satu resort yang ada di lembang ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang lengkap, sehingga akan membuat Anda memiliki pengalaman yang menyenangkan selama berada di sini. Selain itu terdapat pula tempat untuk camping bagi orang – orang yang lebih suka menginap dengan alam bebas dan udara terbuka.

15. Puncak Eurad Pingping

Lokasi : Jalan Cibodas – Ciater, Wangunharja, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Puncak Eurad Pingping Lembang menawarkan udara yang sejuk dan pemandangan hijau yang indah. Selama perjalanan menuju Puncak Eurad Pingping, Anda akan melewati perkebunan teh dan hutan pinus.

Dengan panorama alam yang sangat menyejukkan, serta udaranya yang dingin membuat tempat ini cocok untuk dijadikan destinasi wisata bersama pasangan.

16. Curug Ngebul

Lokasi : Kampung Cisitu, Desa Sindangjaya, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat.

Curug Ngebul menjadi salah satu curug yang belum banyak dijamah oleh manusia, sehingga suasana alam yang begitu asri akan sangat bisa Anda rasakan saat berada di curug ini. Hal tersebut karena memang curug ini berada di Lokasi yang relatif terpencil dan cenderung susah diakses.

Namun saat Anda sampai, segala lelah yang dirasakan akan terbayar dengan keindahan alam yang tersaji di Curug Ngebul ini. Curug Ngebul memiliki ketinggian kurang lebih 20 meter, dengan lebar lima meter dan air terjun yang terdiri dari dua tingkat.

17. Sanghyang Heuleut

Lokasi : Kampung Cipanas, Desa Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.

Sanghyang Heuleut menyajikan pemandangan berupa danau dengan air berwarna biru kehijauan serta suasana yang sejuk dan damai. Secara geologis, Sanghyang Heuleut tercipta akibat letusan Gunung Purba Sunda.

Sumber air yang mengalir ke danau ini pun berasal dari aliran Sungai Citarum Purba. Danau kecil yang dikelilingi batu-batu raksasa ini memang terlihat sangat unik sehingga banyak menarik wisatawan untuk berkunjung menikmati keindahannya.

18. Stone Garden

Lokasi : Gunung Masigit, Citatah, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.

Stone Garden adalah batuan yang tercecer secara alami yang terlihat artistik. Susunan batu ini terletak di atas bukit, sehingga Anda dapat menikmati keindahan alam yang ada di sekitarnya dari atas ketinggian. Pemandangan alam yang disuguhkan di Stone Garden ini menjadi sebuah spot foto yang sangat mengagumkan.

Indonesia sangat kaya akan keindahan alam dan budayanya, yuk sama-sama menjaga kelestariannya. Dan alam adalah sebuah bentuk dari kebesaran Tuhan, jangan lupa untuk selalu bersyukur atas segala bentuk karunianya. Selamat mengunjungi destinasi wisata yang telah kami rekomendasikan.