Tempat Wisata di Kabupaten Pandeglang, Banten yang Wajib Dikunjungi

Banten memiliki destinasi wisata alam yang sangat beragam dan indah, mulai dari pantai hingga curugnya. Kabupaten Pandeglang yang terletak di Provinsi Banten menyuguhkan keindahan alam yang begitu menakjubkan, yang akan memberikan Anda pengalaman yang tidak mudah dilupakan, bahkan akan mampu mengundang Anda untuk ingin kembali menikmati berbagai destinasi wisata lainnya.

Kabupaten Pandeglang ini berbatasan dengan Kabupaten Serang di utara, Kabupaten Lebak di Timur, serta Samudra Indonesia di barat dan selatan. Jadi jika Anda ingin menikmati panorama di sudut yang berbeda, Anda mungkin dapat mengunjungi destinasi wisata yang ada di sekitarnya.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Tempat Wisata di Kabupaten Pandeglang Banten, berikut telah kami rangkum rekomendasi yang adai di Kabupaten Pandeglang:

1. Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon

Lokasi : Kec. Sumur dan Kec. Cimanggu, Kab. Pandeglang, Banten.

Destinasi wisata yang satu ini tentu menjadi salah satu taman nasional yang tidak asing Anda dengar bukan? Taman Nasional Ujung Kulon yang merupakan tempat penangkaran untuk spesies Badak Jawa, selalu berhasil membuat banyak orang berkunjung karena ingin melihat rupa dari Badak Jawa tersebut.

Dengan lahan seluas hampir 123.000 hektare penangkaran ini menampung Badak Jawa sebanyak 67 ekor. Dan karena merupakan tempat konservasi untuk badak jawa tempat ini sangat dijaga keamanannya oleh pemerintah setempat.

2. Pantai Badul

Pantai Badul

Lokasi : Kec. Sumur, Kab. Pandeglang, Banten.

Bergeser sedikit dari Taman Nasional Ujung Kulon, Anda dapat menemukan Pantai Badul yang menyuguhkan pemandangan pasir putih dan air laut yang begitu indah.

Ombaknya yang tidak terlalu besar membuat Anda dapat berenang di sekitaran pantai Badul. Untuk bisa sampai di pantai ini Anda perlu menyewa kapal yang akan mengantarkan sampai ke Pulau Badul.

3. Surga di Pulau Peucang

Surga di Pulau Peucang

Lokasi : Ujungjaya, Sumur, Kab. Pandeglang, Banten.

Dari namanya saja, sudah terbayang bagaimana indahnya suguhan alam di destinasi wisata yang satu ini, yakni Surga di Pulau Peucang. Keindahan yang disuguhkan di pulau ini dapat membuat siapapun yang berkunjung akan betah untuk berlama-lama.

Di sini Anda akan disuguhi pemandangan yang indah disertai air yang jernih, dan Anda juga dapat melihat fauna yang hidup disekitar pulau, seperti monyet ekor panjang dan juga rusa.

4. Cikoromoy

Cikoromoy

Lokasi : Jl. Batu Tulis, Lebak, Munjul, Kab. Pandeglang, Banten.

Cikoromoy merupakan sebuah pemandian, dimana airnya bersumber dari mata air murni. Tempat ini mulai dibuka pada tahun 2015 dan berhasil menarik banyak minat masyarakat. Dengan berendam di pemandian Cikoromoy akan mampu membuat tubuh Anda sangar rileks dan menjadi segar kembali.

Untuk bisa menikmati pemandian ini Anda perlu merogoh kocek dengan tarif sebesar Rp5.000 untuk setiap orang. Jika hendak datang kesini pilihlah waktu yang tepat agar tidak terlalu ramai pengunjung.

5. Pulau Panaitan

Pulau Panaitan

Lokasi : Ujungjaya, Sumur, Kab. Pandeglang, Banten.

Pulau Panaitan terkenal dengan jembatan panjangnya yang membentang sampai ke pantai, sehingga mampu menyuguhkan pemandangan yang sangat indah saat Anda mencoba menapakinya. Di sini juga terdapat kumpulan batu karang yang membentang luas di sekitar pesisir pantai.

6. Pantai Tanjung Lesung

Pantai Tanjung Lesung

Lokasi : Tanjung Jaya, Kec. Panimbang, Kab. Pandeglang, Banten.

Pantai Tanjung Lengsung menyuguhkan panorama alam yang sangat cantik dengan pasir putih dan biru air laut yang akan memanjakan mata. Ditambah Terdapat beberapa spot foto di area pantai ini yang sangat instagramable, yang tentu menarik pengunjung untuk datang ke Pantai Tanjung Lesung ini.

7. Pantai Batu Hideung

Pantai Batu Hideung

Lokasi : Panimbang-Tj Jaya, Mekarsari, Panimbang, Mekarsari, Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Pantai Batu Hideung menawarkan keindahan air laut yang jernih, pasir yang bersih, dengan dilengkapi batuan karang yang mampu membuat Anda betah untuk berlama-lama di tempat ini.

8. Curug Kembar Ciajeng

Curug Kembar Ciajeng

Lokasi : Cinoyong, Carita, Kab. Pandeglang, Banten.

Curug Kembar Ciajeng ini merupakan dua air terjun yang berjajar dan bersebalahan dengan ketinggian yang hampir sama. Akses jalan menuju tempat ini memang tidaklah mudah, Anda perlu melewati jalan setapak yang mungkin akan membuat Anda lelah.

Namun lelahnya perjalanan akan mampu terobati dengan pemandangan dan kesejukan alam yang terhampar di Curug Kembar Ciajeng ini.

9. Gunung Karang

Gunung Karang

Lokasi : Saninten, Kec. Kaduhejo, Kab. Pandeglang, Banten.

Puncak Gunung Karang sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata untuk Anda yang hobi mendaki. Gunung Karang memiliki ketinggian 1778 mdpl dengan trek yang bisa dibilang akan sangat menguras tenaga Anda.

Gunung ini memang terbilang tidak terlalu tinggi, namun pemandangan puncaknya tetaplah indah dan menakjubkan.

10. Waterpark Cikole

Waterpark Cikole

Lokasi : Jl. AMD Lintas Timur Cikole, Sukaratu, Kec. Majasari, Kab. Pandeglang, Banten.

Wahana bermain biasanya menjadi salah satu desitnasi wisata favorit. Waterpark Cikole memiliki berbagai wahana bermain yang cukup variatif, yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang sudah cukup untuk menemani aktivitas Anda disana. Letaknya yang tidak jauh dari pusat kota membuat waterpark ini cukup mudah untuk ditemukan.

11. Pulau Handeuleum

Pulau Handeuleum

Lokasi : Ujungjaya, Kec. Sumur, Kab. Pandeglang, Banten.

Pulau Handeuleum memiliki luas sekitar 220 hektare dan dikelilingi oleh tanaman bakau. Anda dapat berkeliling di sekitar pulai ini menggunakan perahu sampan, yang tentunya akan memberikan akan pengalaman yang mengesankan. Pulau Handeuleum ini berada di kawasan konservasi Taman Nasional Ujung Kulon.

12. Pantai Cipenyu

Pantai Cipenyu

Lokasi : Tanjungjaya, Panimbang, Kab. Pandeglang, Banten.

Dengan berkunjung ke pantai ini, Anda dapat menyaksikan Gunung Krakatau dari kawasan Pantai Cipenyu. Disana Anda juga dapat menikmati pasir putih dan alam yang masih sangat asri, beberapa bagian pantai ini nampak belum terjamah oleh manusia karenanya cukup dijaga kelestariannya. Untuk bisa sampai di pantai ini Anda perlu menempuh perjalanan selama 3-4 jam dari pusat kota.

13. Kadujangkung Pandeglang

Kadujangkung Pandeglang

Lokasi : Kadujangkung, Kec. Mekarjaya, Kab. Pandeglang, Banten.

Kadujangkung Pandeglang menyediakan banyak spot foto yang dapat Anda coba, dilengkapi dengan pemadangan yang sangat cantik akan membuat foto yang Anda abadikan menjadi sangat menarik.

Kumpulan pohon-pohon berbaris rapi akan mampu memikat setiap mata yang melihatnya. Namun destinasi wisata yang satu ini masih sepi pengunjung, padahal Anda dapat menikmati suguhan alam yang ada di sini secara gratis.

14. Curug Leuwi Bumi

Curug Leuwi Bumi

Lokasi : Ramea, Kec. Mandalawangi, Kab. Pandeglang, Banten.

Curug Leuwi Bumi menjadi salah satu curug yang masih sangat terjaga. Anda dapat menikmati keindahan alam sekaligus udara yang sejuk di curug ini dengan hanya membayar tiket seharga Rp 10.000 saja.

Curug Leuwi Bumi memiliki keunikan, yakni bentuk curugnya yang hampir mirip dengan sungai namun memiliki sumber mata air yang berbeda-beda dan cukup deras.

15. Coconut Island Carita

Coconut Island Carita

Lokasi : Jalan Raya Carita Labuan KM 3.8, Caringin, Labuan, Caringin, Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Coconut Island Carita akan memberikan Anda pengalaman wisata yang sangat menyenangkan dan nyaman. Suguhan pemandangan berupa pantai akan membuat siapapun betah untuk berlama-lama di sini. Di pulau ini Anda dapat bermalam dengan menyewa sebuah penginapan dengan view yang sangat menakjubkan.

16. Gunung Pulosari

Gunung Pulosari

Lokasi : Desa Cilentung, kecamatan Pulosari, kabupaten Pandeglang, Banten.

Gunung Pulosari akan menyuguhkan pemandangan yang begitu hijau dan memanjakan mata. Hawa sejuk di sini membuat Anda tidak akan berkeringat selama melakukan pendakian, namun jangan pernah lupa untuk minum agar tidak terjadi dehidrasi yang akan membahayakan kondisi fisik Anda.

Indonesia sangat kaya akan keindahan alam dan budayanya, yuk sama-sama menjaga kelestariannya. Dan alam adalah sebuah bentuk dari kebesaran Tuhan, jangan lupa untuk selalu bersyukur atas segala bentuk karunianya. Selamat mengunjungi destinasi wisata yang telah kami rekomendasikan.