Tempat Wisata di Bekasi, Jawa Barat yang Wajib Dikunjungi

Nama Bekasi ini diambil dari nama sungai yang melewati kota ini, yang berasal dari kata bagasasi yang artinya sama dengan candrabaga yang tertulis di dalam Prasasti Tugu era Kerajaan Tarumanegara.

Bekasi banyak menawarkan tempat wisata yang bisa Anda sesuaikan dengan keinginan, dari mulai tempat bermain berupa wahana air, hingga pantainya yang menyuguhkan pesona alam yang akan akan membuat siapa saja yang mengunjunginya ingin kembali lagi.

Indonesia memang memiliki kekayaan alam yang sangat luas, yang tidak dapat ditemui di belahan dunia lainnya. Ditambah perkembangan zaman yang semakin modern, sehingga menambah variasi tempat berlibur yang bisa Anda nikmati bersama keluarga maupun kerabat.

Berikut telah kami rangkum beberapa Tempat Wisata di Bekasi, Jawa Barat yang wajib Anda kunjungi:

1. Go! Wet Waterpark – Grand Wisata

Lokasi : Ciburuy, Padalarang, Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia 40553.

Go! Wet Waterpark adalah wahana bermaian air yang sangat luas, sehingga mampu memberikan pengalaman yang seru dan menyenangkan. Tempat wisata ini cocok untuk Anda kunjungi bersama keluarga.

Dari mulai kolam bermain untuk anak, hingga kolam arus yang sangat luas, serta wahana bermain air berupa seluncuran dengan berbagai rintangannya akan membuat Anda berhasil melepas penat dengan maksimal.

2. Curug Parigi

Lokasi : Cikiwul, Bantargebang, Bekasi City, West Java 17152

Curug Parigi memiliki pemadangan air yang begitu memesona. Anda dapat berfoto dengan berdiri di atas batuan yang berada di sekitar aliran air untuk mengabadikan moment dengan latar belakang curug yang dihiasi dengan pepohonan hijau yang sangat menyejukkan mata.

Aliran air dari curug ini tidak terlalu deras, namun tetap saja Anda harus selalu berhati-hati saat ingin menikmati segarnya air Curug Parigi yang menyentuh tubuh.

3. Columbus Waterpark

Lokasi : Perumahan Mutiara Gading Timur, Kelurahan, Kecamatan, Mustika Jaya, Mustikajaya, Kota Bks, Jawa Barat 17158.

Columbus Waterpark menyediakan wahana permainan air yang seru, dengan kolam yang variatf serta seluncuran yang juga memiliki ketinggian dan bentuk yang beragam akan membuat pengalaman bermain air di Columbus Waterpark menjadi lebih menyenangkan.

4. Snow World International Revo Town (Dunia Salju Bekasi)

Lokasi : Revo Town Lapangan Parkir Utara, Jl. Jend. Ahmad Yani Kav. 1, Pekayon Jaya, Bekasi Selatan, Kota Bks, Jawa Barat 17148.

Jika Anda ingin menikmati bagaimana dinginnya salju, silakan datang saja ke Snow World International Revo Town. Walaupun tentu saja salju yang ada di sini adalah salju buatan, tetapi Anda tetap akan mendapatkan pengalaman yang berbeda.

Karena sensasi dingin saat bermain di arena Snow World ini akan menimbulkan kesan tersendiri. Tempat wisata yang satu ini berada di Lapangan Parkir Utara dari Revo Town.

5. Gedung Juang 45

Lokasi : Lambangjaya, Tambun Sel, Bekasi, Jawa Barat 17510.

Gedung Juang 45 memiliki gedung yang unik, yakni berupa bangunan dengan gaya kolonial Belanda. Gedung Juang 45 dibangun oleh seorang bangsawan dan tuan tanah bernama Khou Tjeng Kee. Setelah kepergian Khou Tjeng Kee, kepengurusan Gedung Juang 45 dilanjutkan oleh anaknya yang bernama Khou Oen Hoei.

Pasca kemerdekaan, Gedung Juang 45 Bekasi sempat dipakai sebagai kantor untuk Kabupaten Jatinegara. Dengan berkunjung ke Gedung Juang 45 ini bisa menjadi pilihan wisata yang menarik dan menambah wawasan Anda mengenai sejarah.

6. Danau Marakas

Lokasi : Jl. Sejahtera No. 53, Babelan, Bekasi, Jawa Barat.

Danau Marakas menyuguhkan nuansa alam yang tenang, maka jika Anda ingin melepas penat dari berbagai rutinitas dan keramaian kota danau yang satu ini dapat Anda jadikan sebagai destinasi wisata.

Di sini Anda dapat menikmati pemandangan yang asri, dengan semilir angin yang sangat menyejukkan. Dan Anda dapat menikmati keindahan danau ini secara gratis, dari pukul 08:00 pagi sampai 05:00 sore WIB.

7. Pantai Mekar

Lokasi : Kecamatan Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat.

Pantai selalu menjadi pilihan yang sangat tepat untuk berlibur, selain menyajikan panorama alam yang tiada habisnya sejauh mata memandang, suanasa pantai selalu membuat banyak orang sangat betah untuk berlama-lama menikmati terik juga sejuknya.

Deburan ombak, serta landscape alam yang begitu indah sangat memanjakan siapapun yang mengunjunginya. Pantai Mekar juga menyuguhkan pemandangan para nelayan, dimana Anda bisa mengitari pantai dengan menumpang kapal para nelayan tersebut. Setelah puas berkeliling Anda bisa menikmati hidangan laut yang lezat dari penjual-penjual makanan yang ada di sekitar pantai.

8. Pantai Muara Beting

Lokasi : Pantai Bahagia, Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat.

Pantai Muara Beting menampilkan pemandangan yang sangat elok, dari mulai bias cahaya, hamparan pasir, dan lautnya yang begitu indah akan mampu menghipnotis Anda.

Pantai ini cocok untuk Anda jadikan sebagai salah satu cara melepas penat dari segala hiruk-pikuk keramaian. Ditemani dengan pohon-pohon mangrove dan palem, pengalaman Anda akan lebih berkesan lagi.

9. Danau Elysium

Lokasi : Cibatu, Cikarang Selatan, Bekasi, Jawa Barat.

Danau Elysium merupakan danau buatan yang terletak di Lippo, Cikarang Selatan, Bekasi. Jika Anda ingin mencari tempat instagrammable di Bekasi yang tidak jauh dari kota, Danau Elysium adalah jawabannya. Walaupun danau buatan, namun pemandangan yang disajikan danau ini tidak kalah indah dari danau lainnya.

10. Transera Waterpark Harapan Indah

Lokasi : Harapan Indah Boulevard Kavling V, Kota Harapan Indah, RT.1, Pusaka Rakyat, Tarumajaya

Transera Waterpark Harapan Indah merupakan waterpark terbesar yang ada di Bekasi, bisa dibayangkan bagaimana luasnya waterpark ini? Transera Waterpark Harapan Indah menyediakan berbagai wahana permainan air yang akan membuat liburan Anda menjadi sangat menyenangkan.

Ditambah lokasinya yang strategis, Transera Waterpark Harapan Indah menjadi salah satu destinasi wisata pilihan untuk keluarga. Untuk dapat menikmati berbagai wahana di Transera Waterpark Harapan Indah ini, Anda cukup membayar tiket seharga Rp 85.000, dan khusus di akhir pekan seharga 125.000 saja.

11. Bumi Perkemahan Karang Kitri

Lokasi : Jalan Desa Karang Mulya RT. 001 RW. 001, Kecamatan Bojongmangu, Kampung Karang Kitri

Kalau mendengar bumi perkemahan, yang langsung terbayang dalam benak pasti suasana hijau nan sejuknya. Bumi Perkemahan Karang Kitri menjadi pilihan yang tempat untuk camping dan menikmati alam yang ada di Kabupaten Bekasi.

Saat malam tiba, Bumi Perkemahan Karang Kitri menyeguhkan pemandangan yang indah, dan Anda juga bisa menikmati hangatnya api unggun ditambah gemerlap lampu kota Bekasi. Jika Anda tidak memiliki perlengkapan berkemah, Anda dapat menyewa perlengkapan perkemahan yang lengkap, yang disertai instruktur yang selalu siap untuk membantu.

12. Situ Gede

Lokasi : Jalan Kampung Bojong Menteng, Bojong Menteng, Rawalumbu

Situ Gede terletak di tepi Hutan Dramaga ini memiliki luas sekitar 6 hektar. Untuk dapat menikmati keindahan di sini, Anda dapat menyewa perahu. Juga terdapat spot khusus untuk memancing jika Anda mau.

Pemandangan Situ Gede yang indah membuat banyak orang tertarik untuk datang ke sini, dan danau ini sudah sangat sering digunakan sebagai lokasi pembuatan film.

13. Klenteng Hok Lay Kiong

Lokasi : Jalan Kenari I, Margahayu, Bekasi Timur, Margahayu, Bekasi Timur.

Klenteng Hok Lay Kiong merupakan bahasa Cina, yang memiliki arti pembawa berkah. Klenteng Hok Lay Kiong diperkirakan berdiri pada abad ke-18. Dan sampai saat ini, Klenteng Hok Lay Kiong masih digunakan oleh etnis Tionghoa yang ada di Bekasi bahkan ada beberapa turis yang datang ke tempat ini untuk beribadah.

Selain penganut ajaran Tao dan Kong Hu chu, klenteng ini juga memiliki altar untuk agama Budha. Meski demikian Klenteng Hok Lay Kiong juga banyak dikunjungi dari berbagai kepercayaan lainnya untuk sekedar berwisata, dan menikmati kultur khas yang tersaji di sini.

14. Rimba Kota

Lokasi : Desa Margahayu, Bekasi Selatan

Rimba Kota berlokasi di Desa Margahayu daerah wilayah Bekasi Selatan ini diresmikan pada tahun 2012, yang memiliki luas tanah sekitar 2 hektar.

Selain tempat wisata, Rima Kota ini merupakan paru-paru dari kota Bekasi, sehingga tempat ini memang dihiasi oleh banyak pohon rindang. Di tempat ini Anda bisa bersepeda, joging serta melihat beraneka ragam flora dan fauna yang akan membuat kagum akan keindahan alam.

15. Danau Alamanda Regency

Lokasi : Jalan Alamanda Regency Raya No.24, Karangsatria, Tambun Utara.

Taman dan danau yang berada di kawasan perumahan Alamanda ini menyajikan pemandangan yang hijau nan asri. Terdapat beberapa fasilitas yang bisa Anda nikmati, seperti permainan outbond, flying fox, lompat tali dan beberapa permain anak lainnya yang akan memanjakan para pengunjung.

Saat Anda merasa lapar, terdapat banyak pilihan makanan yang bisa Anda santap untuk mengisi perut Anda, dari mulai makanan berat hingga makanan ringan.

16. Summarecon Mall Bekasi

Lokasi : Jalan Boulevard Ahmad Yani Blok M, Marga Mulya, Kabupaten Bekasi Utara, Jawa Barat.

Luas lahan yang ditempati Summarecon Mall Bekasi adalah 60.000 m2 dan di dalamnya diisi 160 lebih pertokoan. Summarecon Mall Bekasi akan memanjakan Anda dengan beragam brand high-end.

Mall ini berada dekat dengan apartemen The Springlake Summarecon. Yang menarik di Summarecon Mall Bekasi adalah Anda dapat berwisata kuliner di Downtown Walk yang berkonsep Alfresco Dining. Segala masakan dan makanan disediakan lengkap di sana.

17. Saung Wulan

Lokasi : Jalan Abu Bakar No.60, Setiadarma, Tambun Selatan.

Selain tempat wisata alam, Bekasi juga memiliki tempat untuk berwisata kuliner. Saung Wulan memiliki banyak pilihan menu khas Sunda, dengan mengusung konsep suasana perkampungan.

Saung Wulan akan membuat Anda merasakan sensasi makan di atas saung dan kolam ikan tentu saja memiliki kepuasan tersendiri. Saung Wulan juga menyediakan fasilitas lain yang bisa Anda dapatkan, yaitu memancing ikan sepuasnya. Dan terdapat kolam ikan patin yang hanya dibandrol harga Rp 35.000 saja per kilogram.

Indonesia sangat kaya akan keindahan alam dan budayanya, yuk sama-sama menjaga kelestariannya. Dan alam adalah sebuah bentuk dari kebesaran Tuhan, jangan lupa untuk selalu bersyukur atas segala bentuk karunianya. Selamat mengunjungi destinasi wisata yang telah kami rekomendasikan.