Tempat Wisata di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat yang Wajib Dikunjungi

Indramayu adalah salah satu kabupaten yang terdapat di Provinsi Jawa Barat. Nama Indramayu berasal dari kecantikan putri Raden Arya Wiralodra bernama Nyi Endang Darma Ayu, yaitu salah satu pendiri Indramayu abad 1527 M. Nyi Endang Darma Ayu.

Kabupaten Indramayu memiliki sebutan sebagai kota Mangga, karena daerah ini memang terkenal sebagai daerah penghasil mangga Cengkir yang memiliki rasa manis dan daging mangga yang lezat. Kabupaten Indramayu menyimpan banyak destinasi wisata dengan keindahan wisata alamnya yang akan sangat memanjakan Anda.

Kabupaten Indramayu memiliki destinasi wisata yang sangat variatif, sehingga suasana apapun yang ingin Anda dapatkan saat berlibur bisa Anda cari di kabupaten yang satu ini.

Baik wisata alam ataupun buatan yang ada di Kabupaten Indramayu ini, masing-masing memiliki ciri khas dan keindahan tersendiri. Berikut telah kami rangkum beberapa Tempat Wisata di Kabupaten Indramayu yang wajib Anda kunjungi:

1. Wisata Pohon Randu Gede

Lokasi : Jl. Letnan Sutejo, Margadadi, Kec. Indramayu, Kab. Indramayu, Jawa Barat.

Pohon Randu Gede yang menjadi tempat wisata di Kabupaten Indramayu ini sudah ada sejak ribuan tahun lalu, pohon ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter dengan diameter sekitar 20 meter.

Pohon randu ini memiliki cerita tersendiri yang diyakini oleh masyarakat Indramayu, dan menjadi pohon mistis yang seringkali dijadikan sebagai spot berfoto yang kekinian.

Bagi siapa saja yang sudah melihat Tempat Wisata di Indramayu ini, mereka sering takjub dengan adanya ranting pohon yang tidak pernah jatuh menimpah pohon masyarakat meskipun berukuran sangat besar. Selain pohon randu yang berukuran sangat besar, Anda juga akan dimanjakan dengan pemandangan di sekitar yang memanjakan mata.

2. Pantai Tirtamaya

Lokasi : Juntikedokan, Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Pantai Tirtamaya menyajikan panorma alam berupa pasir dengan beberapa batuan yang ada disekitarnya. Anda bisa berjalan diatas tumpukan bebatuan yang dibuat sebagai jalan untuk lebih dekat dengar air laut yang ada di Panati Tirtamaya. Biasanya cahaya saat matahari naik selalu menjadi moment pergantian hawa dingin ke suasana hangat, yang ditunggu oleh banyak orang.

3. Pantai Karangsong

Lokasi : Lemahabang, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Anda harus mencoba melihat senja di pantai ini. Suasana tenang dihiasi deburan ombak akan sangat menenangkan jiwa dan membuat kita lebih pandai lagi untuk bersyukur atas segala bentuk karunianya.

Pantai selalu jadi pilihan terbaik untuk dijadikan sebagai tempat melepas penat dari segala rutinitas yang ada. Suasana yang dihasilkan dari padu-padan yang disajikan oleh alam, menjadi hal terbaik yang sangat bisa dirasakan di pantai.

4. Pantai Cibugel

Lokasi : Sukahaji, Patrol, Sukahaji, Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Di pantai ini, Anda dapat duduk santai di atas rerumputan yang tumbuh di atas bebetauan, dan pada beberapa sisi terdapat pepohonan yang cukup rindang sehingga Anda dapat bersantai dengan nyaman. Air laut yang cukup bersih, dengan deburan ombak, serta semilir angin akan mampu memanjakan siapapun yang datang ke Pantai Cibugel ini.

5. Jembatan Terusan Indramayu

Lokasi : Jalur Lohbener – Cirebon, Terusan, Sindang, Kab. Indramayu, Jawa Barat.

Jembatan Terusan Indramayu menjadi salah satu tempat favorit untuk berfoto. Anda bisa menikmati pemandangan Indramayu dari atas jembatan ini. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 153 meter dan menjadi icon kabupaten Indramayu. Jembatan terusan Indramayu memiliki warna cerah yang disukai oleh banyak masyarakat Indramayu.

6. Science Center Mutiara Bangsa

Lokasi : Komplek Waduk Bojongsari, Sindang, Bojongsari, Kec. Indramayu, Kab. Indramayu, Jawa Barat.

Science Center Mutiara Bangsa merupakan tempat wisata yang dibuka sejak bulan Oktober 2017. Science Center Mutiara Bangsa ini adalah destinasi wisata berupa taman bermain yang dirancang serta didirikan khusus dengan adanya program edukasi untuk anak-anak.

Terdapat 48 wahana yang dilengkapi dengan IPTEk, menjadikan Science Center Mutiara Bangsa menjadi pusat edukasi terbesar di Indonesia.

7. Pulau Biawak Indramayu

Lokasi : Kec. Indramayu, Kab. Indramayu, Jawa Barat.

Pulau ini tidak hanya menampilkan pesona dan keindahan pantai saja, tetapi juga adanya sejarah yang menarik dibaliknya. Di Pulau Biawak Indramayu Anda dapat melihat keindahan bawah laut dengan snorkeling atau diving.

Pulau Biawak Indramayu juga memiliki menara mercusuar yang menjadi spot menarik untuk para wisatawan yang ingin mengabadikan moment dengan berfoto.

8. Waduk Cipancuh Indramayu

Lokasi : Situraja, Kec. Gantar, Kab. Indramayu, Jawa Barat.

Waduk Cipancuh Indramayu ini memiliki luas sekitar 70 hektar yang menawarkan pemandangan yang begitu indah dengan hamparan rerumputan hijau yang meneduhkan pandangan. Memiliki konsep layaknya taman rekreasi membuat tempat wisata yang satu ini cocok untuk dijadikan tempat berlibur bersama keluarga.

9. Taman Tjimanoek

Lokasi : Jl. Cimanuk, Margadadi, Kec. Indramayu, Kab. Indramayu, Jawa Barat.

Taman tjimanoek ini merupakan tempat favorit untuk para wisatawan yang ingin bersantai, menyajikan area terbuka hijau membuat taman ini memberikan ketenangan dan kesejukan kepada siapapun yang berkunjung, ditambah dengan adanya pepohonan rindang membuat taman ini menjadi sangat asri dan menjadikan udara menjadi segar.

10. Hutan Mangrove Karangsong

Lokasi : Karangsong, Kec. Indramayu, Kab. Indramayu, Jawa Barat.

Hutan Mangrove Karangsong menyuguhkan kesan sejuk, asri, dan udara yang segar. Sehingga membuat siapapun yang berkunjung akan merasa tenang, damai, dan membuat pikiran menjadi kembali fresh.

Tempat wisata ini memiliki luas 25 hektar dengan pemandangan yang sungguh akan sangat memanjakan mata. Anda bisa mengelilingi hutan mangrove ini dengan menyewea perahu.

11. Water Boom Tirta Djaya

Lokasi : Jalan Jendral Sudirman No.09, Cipancuh, Haurgeulis, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Water Boom Tirta Djaya memiliki beberapa wahana permainan air, dan beberapa kolam dengan tingkat kedalaman yang berbeda. Water Boom Tirta Djaya dapat Anda jadikan pilihan destinasi bersama keluarga yang sangat nyaman, dan akan memberikan pengalaman yang seru dan juga menyenangkan.

12. Waduk Cipancuh

Lokasi : Situraja, Gantar, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Waduk Cipancuh menyuguhkan pemandangan danau dengan air yang tenang dan bukit hijau yang sangat menyejukkan mata. Cobalah Anda datang ke tempat ini saat matahari mulai terbenam, sehingga Anda akan melihat lukisan alam yang sangat indah. Pantulan cahaya langit akan mampu menambah keindahan dari Waduk Cipancuh.

13. Pantai Dadap

Lokasi : Desa Juntinyat, Kab. Indramayu, Jawa Barat.

Tempat wisata Pantai Dadap menyajikan panorama alam yang sangat indah. Perpaduan desiran pasir, deburan ombak, dengan sayup angin pantai membuat siapapun yang berkunjung menjadi sangat betah untuk berlama-lama di tempat ini.

Pantai Dadap belum memiliki banyak fasilitas seperti pantai lainnya, namun keindahan alam yang tersaji di pantai ini sudah tidak perlu Anda pertanyakan lagi.

14. Agung Fantasi Waterpark

Lokasi : Jl. Bangkaloa Ilir – Widasari No. 58, Bangkaloa Ilir, Kec. Widasari, Kab. Indramayu, Jawa Barat.

Agung Fantasi Waterpark menyediakan beragam wahana permaian air yang akan memberikan pengalaman yang seru dan menyenangkan. Tidak hanya wahana permaian air untuk orang dewasa, wahana permaian air untuk anak-anak juga teresedia di Agung Fantasi Waterpark, hal tersebut yang membuat Agung Fantasi Waterpark menjadi tempat wisata pilihan keluarga.

15. Alun-Alun Indramayu

Lokasi : Jl. Mayjen Sutoyo, Margadadi, Kec. Indramayu, Kab. Indramayu, Jawa Barat.

Hampir semua daerah memiliki alun-alun, termasuk kabupaten Indramayu. Lokasi alun-alun yang sangat mudah diakses menjadikan tempat ini banyak diminati baik oleh warga sekitar, maupun wisatawan.

Terdapat banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di Alun-Alun Indramayu ini, seperti jogging, bermain dengan anak atau sekadar duduk bersantai. Lokasi ini memang sangat ramah untuk anak-anak. Taman kota ini sangat ramai dikunjungi terutama di hari Minggu pagi, dan seringkali dijadikan tempat beraktivitas untuk keluarga.

16. Situs Buyut Banjar

Lokasi : Jl. Raya Jatibarang – Karangampel, Bulak, Kec. Jatibarang, Kab. Indramayu, Jawa Barat.

Situs Buyut Banjar merupakan tempat wisata sejarah yang akan memberikan Anda informasi mengenai cerita masa lalu, yang tentunya akan membuat wawasan Anda menjadi bertambah.

Situs ini seringkali digunakan para pengunjung untuk berziarah pada Buyut Banjar atau yang juga disebut Pangeran Surya Negara. Di Situs Buyut Banjar terdapat 41 ekor monyet yang dipercaya warga setempat sebagai prajurit dari Kerajaan Kerang Kendal yang dikutuk.

Banyak wisatawan yang datang untuk mengetahui bagaimana kondisi alam di sekitarnya, serta karena rasa penasaran terhadap keyakinan warga setempat terkait adanya 41 ekor monyet di tempat ini.

17. Situ Bolang

Lokasi : Desa Jatisura, Kec. Cikedung, Kab. Indramayu, Jawa Barat.

Situ Bolang merupakan sebuah danau dengan luas sekitar 74 hektare. Situ Bolang menyuguhkan keindahan danau dan hamparan sawah yang begitu asri, yang juga memberikan suasana khas pedesaan yang sangat tenang dan sejuk. Situ Bolang dapat Anda jadikan destinasi wisata untuk melepas segala penat dari rutinitas setiap hari yang sangat melelahkan.

Indonesia sangat kaya akan keindahan alam dan budayanya, yuk sama-sama menjaga kelestariannya. Dan alam adalah sebuah bentuk dari kebesaran Tuhan, jangan lupa untuk selalu bersyukur atas segala bentuk karunianya. Selamat mengunjungi destinasi wisata yang telah kami rekomendasikan.