Tempat Wisata di Gresik yang Wajib Dikunjungi

Gresik yang menjadi salah satu kota di Provinsi Jawa Timur ini memang begitu kental dengan hal-hal religi, hal ini tentu didukung dengan perkembangan Islam zaman dulu di kota ini, terlebih dengan kahadiran dua Walisongo yang memang ada di kota ini.

Tak heran jika Anda akan menemukan beberapa tempat wisata yang kental dengan sejarah perkembangan Islam di Kota Gresik ini. Selain sejarah perkembangan Islamnya, Kota Gresik juga ternyata dikenal sebagai kota yang memiliki berbagai sektor industri lho.

Namun terlepas dari semua itu, Kota Gresik juga menawarkan berbagai keindahan alam yang dapat Anda kunjungi lho. Bagi Anda yang tertarik berwisata ke Kota Gresik, berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata populer di Kota Gresik:

1. Giri Kedaton

Sebuah bangunan yang berada di atas bukit ini merupakan salah satu bangunan bersejarah yang dibangun oleh Sunan Giri ini memiliki keunikan tersendiri, dimana desain arsitekturnya yang unik membuat bangunan ini disebut-sebut telah dibuat pada tahun 1407 Masehi.

Tidak hanya melihat pemandangan rumah warga dengan hamparan rumput hijau disekeliling bangunan Giri Kedaton, bahkan Anda juga akan menemukan beberapa makam, salah satunya adalah makam Mpu Supo sang pembuat senjata khusus untuk Sunan Giri pada masa itu.

Meskipun saat ini bangunan tersebut sudah tidak murni lagi karena sudah dibangun kembali oleh pemerintah, namun tetap saja tempat yang satu ini menjadi salah satu peninggalan sejarah penyebaran agama Islam di Gresik.

2. Makam Sunan Giri

Gresik dan sejarah dibaliknya memang menarik untuk kita cari tahu. Tempat yang memang dikelola dengan baik untuk dijadikan salah satu objek wisata di Gresik ini memang sudah ditata sedemikian mungkin agar Anda dapat dengan mudah mengaksesnya.

Menurut kabar yang beredar di Makam Sunan Giri ini terdapat pohon mengkudu yang menjadi incaran para wisatawan karena disebut-sebut dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Terlepas dari mitos tersebut, selain Anda mengunjungi makan salah seorang Walisongo ini, Anda juga akan menemukan berbagai souvenir menarik lho untuk Anda beli sebagai oleh-oleh.

3. Petilasan Sunan Kalijaga

Salah satu objek wisata yang berada di atas Bukit Surowiti ini disebut-sebut sebagai tempat bertapa Sunan Kalijaga. Meskipun untuk menaiki bukit ini Anda harus melalui banyak anak tangga namun pemandangan hamparan rumput hijau menyejukkan agar membuat Anda senang berada di bukit ini.

Setelah sampai di tempat Petilasan Sunan Kalijaga Anda akan menemukan tulisan “Pasarean Sunan Kalijaga”, tidak hanya itu saja Anda juga dapat mengunjungi Goa Langsi, nah goa inilah yang menjadi tempat berpata Sunan Kalijaga pada waktu itu.

Namun sayangnya Anda hanya dapat mengunjungi Petilasan Sunan Kalijaga ini khusus di hari Kamis saja yaa, sesuai aturan yang memang berlaku.

4. Bayu Biru Lowayu

Di tempat wisata yang satu ini Anda akan disuguhi pemandangan air biru yang menyegarkan mata, selain itu di tepi kolam terdapat pohon besar yang begitu rindang yang biasanya dijadikan tempat berteduh bagi para wisatawan.

Tidak hanya kesejukkan dan pemandangan indahnya saja, air di Bayu Biru Lowayu ini juga ternyata memiliki kandungan belerang yang dapat mengatasi penyakit kulit, tak heran jika banyak wisatawan merendamkan kaki di tempat ini.

5. Bukit Bintang Gresik

Tempat yang sebenarnya merupakan sebuah cafe ini menjadi salah satu destinasi wisata yang seringkali menarik minat para wisatawan karena keunikannya.

Cafe yang berada di ketinggian ini akan memberikan Anda pengalaman baru menyantap makanan sembari menikmati keindahan alam dari ketinggian.

Selain melihat keindahan senja di sore hari Anda juga akan menikmati keindahan cahaya lampu dari pemukiman warga yang terlihat seperti hamparan bintang.

6. Bukit Larangan

Meskipun dinamai Bukit Larangan namun Anda boleh kok berkunjung ke bukit ini. Jika di Bukit Bintang Gresik Anda hanya melihat bintang berupa cahaya lampu dari rumah warga, di Bukit Larangan ini Anda dapat melihat langsung lho hamparan bintang asli yang berada di langit.

Suasana tenang dan sejuk tentu akan membuat Anda senang berkemah di Bukit Larangan. Namun jika Anda berkunjung ke bukit ini pastikan tidak membuang sampah sembarangan yaa.

7. Bukit Kapur Suci

Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan dengan menenangkan diri, Bukit Kapur Suci ini cocok untuk Anda jadikan pilihan. Tidak perlu khawatir, meskipun tempat ini menenangkan, tapi lokasinya tidak jauh dari sekitaran kota kok.

Selain ketenangannya, keindahan Bukit Kapur Suci ini juga seringkali dijadikan tempat untuk berfoto lho.

8. Banyu Urip Mangrove Center

Hutan mangrove memang menjadi salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi. Suasana alam yang sejuk tentu membuat siapa saja yang mengunjunginya akan jatuh cinta.

Menariknya, di Banyu Urip Mangrove Center ini Anda dapat jogging lho sambil menikmati sejuknya suasana hutan mangrove.

Bagi Anda yang tidak senang berolahraga dan hanya ingin bersantai, tenang saja karena di tempat ini juga terdapat spot foto yang cukup instagramable.

9. Tanjung Ga’ang Gresik

Tempat wisata yang satu ini wajib Anda kunjungi jika berada di Gresik. Tidak hanya satu lokasi saja, Anda bahkan dapat mengunjungi dua lokasi sekaligus jika datang ke Tanjung Ga’ang Gresik.

Ada hamparan tebing karang laut yang mempesona dan juga hamparan laut luas yang memanjakan mata. Pemandangan eksotis ini tentu seringkali dijadikan tempat ber-swafoto para wisatawan.

10. Pantai Mombhul

Tempat wisata yang masih terbilang baru ini berada di Pulau Bawean. Selain keindahan pantainya, Anda juga dapat menggunakan beberapa spot foto yang telah disediakan untuk ber-swafoto. Tidak hanya itu saja di pantai ini juga terdapat beberapa wahana yang wajib Anda coba lho.

11. Pantai Delegan

Pantai-pantai di Gresik juga memang begitu mempesona. Pantai Delegan yang memiliki hamparan pasir putih dan air yang cukup tenang sangat cocok untuk Anda nikmati keindahannya, sembari bersantai di pinggir pantai Anda juga dapat menyantap makanan dari para penjual makanan yang ada disana.

12. Danau Kastoba

Sama seperti Pantai Mombhul, Danau Kastoba juga berada di Pulau Bawean. Kealamian alam yang masih terjaga di danau ini begitu mengagumkan. Air yang jernih dan bebatuan yang ada di tepinya.

Pepohonan yang cukup rimbun juga menambah kesejukan Danau Kastoba ini. Tidak hanya memandangi keindahan alamnya saja, Anda dapat merasakan sensasi berenang di danau yang satu ini.

13. Prasasti Butulan

Sebuah prasati yang berada di Goa Butulan ini merupakan sebuah prasasti yang diukir ini disebut-sebut berkaitan dengan Kerajaan Majapahit di zaman pemerintahan Raja Hayam Wuruk.

Selain cerita dibalik prasasti ini yang cukup menarik, Anda juga akan disuguhi oleh pemandangan yang akan membuat Anda terpesona. Jadi jangan lupa berkunjung ke Prasasti Butulan ini ya jika Anda datang ke Gresik.

14. Makam Siti Fatimah Binti Maimun

Tidak seperti makam pada umumnya, tempat yang disebut-sebut sebagai kawasan tertua yang berada di Indonesia ini memiliki batu nisan yang cukup unik dimana batu nisan ini telah ada sejak 1042 masehi di tahun wafatnya Fatimah binti Maimun.

Meskipun dulunya merupakan pemakaman umum, namun saat ini tempat Makam Siti Fatimah Binti Maimun ini dikelola oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala, karena dianggap sebagai situs purbakala yang harus dijaga.

15. Wisata Alam Gosari

Bagi Anda yang ingin berwisata ke tempat dengan banyak pilihan spot foto instagramable, Wisata Alam Gosari cocok untuk Anda jadikan pilihan.

Tidak hanya spot foto instagramablenya saja, Anda juga dapat merasakan wahana outbound yang ada di Wisata Alam Gosari ini. Selain itu keindahan alam dan juga kuliner khas yang ada di tempat wisata ini juga tentu akan membuat Anda senang mengunjunginya.

16. Makam Sunan Maulana Ibrahim

Salah satu makam dari sunan tertua dalam sejarah wali songo ini menjadi tempat yang tidak pernah sepi dari wisatawan. Banyak wisatawan yang mengirimkan doa untuk Sunan Maulana Ibrahim di tempat ini. Jika Anda tertarik mengunjungi Makam Sunan Maulana Ibrahim, disarankan untuk tidak mengunjunginya pada musim liburan ya.

Sejarah memang sepatutnya tetap dijaga sama seperti tradisi yang ada. Jika Anda mengunjungi Gresik jangan lupa untuk tetap mentaati setiap peraturan yang berlaku ya. Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Gresik. Semoga dapat dijadikan sebagai referensi berwisata Anda. Terima kasih.