Pengertian Teknologi, Sejarah, Jenis – Jenis dan Manfaat Teknologi

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Teknologi diartikan sebagai keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Teknologi juga dapat diartikan sebagai metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis atau ilmu pengetahuan terapan.

Secara umum pengertian teknologi adalah sebuah alat, mesin, cara, proses, kegiatan ataupun gagasan yang dibuat untuk mempermudah aktifitas manusia dalam kehidupan sehari hari.

Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli

Berikut ini pengertian teknologi menurut para ahli :

1. Menurut M. Maryono

Teknologi adalah pengembangan dan penerapan berbagai peralatan atau sistem untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi manusia dalam kehidupan sehari-hari.

2. Menurut Jacques Ellil

Teknologi adalah keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap kegiatan manusia.

3. Menurut Gary J. Anglin

Teknologi adalah penerapan ilmu-ilmu, perilaku, dan alam serta pengetahuan lain secara bersistem dan mensistem untuk memecahkan masalah.

4. Menurut Read Bain

Teknologi mencakup semua alat, mesin, peralatan, perlengkapan, senjata, perumahan, pakaian, transportasi dan komunikasi perangkat dan juga keterampilan yang akan memungkinkan kita sebagai manusia bisa memproduksinya.

5. Menurut Miarso

Teknologi adalah suatu bentuk proses yang meningkatkan nilai tambah. Proses yang berjalan dapat menggunakan atau menghasilkan produk tertentu, dimana produk yang tidak terpisah dari produk lain yang sudah ada. Hal itu juga menyatakan bahwa teknologi merupakan bagian integral dari yang terkandung dalam sistem tertentu.

6. Menurut Ursula Franklin

Teknologi merupakan sebuah cara praktis untuk menggambarkan bagaimana kita semua sebagai manusia membuat hal-hal di suatu tempat di sini.

7. Menurut Capra

Teknologi adalah salah satu pembahasan sistematis seni terapan atau pertukangan yang mengacu pada literatur Yunani yang menyebutkan tentang technologia.

8. Menurut Djoyohadikusumo

Teknologi berkaitan erat dengan ilmu pengetahuan dan ilmu teknik atau rekayasa. Pada dasarnya dapat disimpulkan bahwa teknologi dapat dikatakan memiliki dua dimensi, yaitu dimensi teknik dan ilmu pengetahuan dimensi.

9. Menurut Sardar

Teknologi adalah sarana untuk memecahkan masalah mendasar dari peradaban manusia. Tanpa penggunaan teknologi, maka akan banyak menyebabkan masalah yang tidak dapat diselesaikan dengan baik dan sempurna.

10. Menurut Rogers

Teknologi adalah desain langkah-langkah penting untuk meminimalkan keraguan tentang hubungan sebab akibat dalam mencapai hasil yang diharapkan.

11. Menurut Poerbahawadja Harahap

Kata “Teknologi” pada dasarnya mengacu pada ilmu yang meneliti bagaimana bekerja di bidang teknik, serta mengacu juga pada ilmu yang digunakan di pabrik-pabrik atau industri.

12. Menurut Toynbee

Teknologi adalah karakteristik dari keberadaan kemuliaan manusia, di mana ia membuktikan bahwa manusia tidak bisa hidup hanya untuk makan, tetapi membutuhkan lebih dari itu. Teknologi dapat mengaktifkan konstituen non-materi dari kehidupan manusia, perasaan, ide-ide, pikiran, intuisi, dan juga ideal.

13. Menurut Manuel Castells

Teknologi adalah kumpulan alat, aturan dan prosedur penerapan pengetahuan ilmiah untuk pekerjaan tertentu dalam kondisi yang dapat memungkinkan pengulangan.

14. Menurut Elul

Teknologi adalah pemimpin secara keseluruhan dan memiliki metode rasional, karakteristik khas efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia.

15. Menurut Sudarsono

Teknologi merupakan suatu ilmu pengetahuan dan perkembangan dalam sebuah industri.

16. Menurut Merriam Webster

Teknologi adalah sebuah aplikasi atau implementasi ilmu pengetahuan praktis. Aplikasi praktis kadang-kadang diarahkan juga untuk ruang lingkup tertentu.

Sejarah Teknologi

Sejarah Teknologi

Teknologi bermula dari pemikiran manusia untuk mempermudah pekerjaannya. Selama beri-ribu tahun lalu teknologi sudah dikenal oleh manusia, hanya saja bentuk- bentuknya tidak secanggih dengan apa yang kita temukan di masa kini. Berikut penjelasan perkembangan teknologi berdasarkan eranya.

  • Masa pra-Sejarah
    Pada masa pra sejarah ini, teknologi yang digunakan terbuat dari batu, perunggu dan besi. Teknologi yang dikenal di zaman pra-sejarah contohnya adalah Pedang, kapak genggam dan bejana perunggu.
  • Teknologi Zaman Kuno
    Sesudah masa prasejarah, masa selanjutnya adalah zaman kuno. Pada masa ini teknologi sudah berkembang ke arah kontruksi, maritim, pertanian dan alat- alat tulis. Manusia sudah mengenal bagaimana membangun sebuah kontruksi bangunan sampai pada tahap rumit. Contohnya Piramid, Kapal, Mercusuar dan jam matahari.
  • Abad Pertengahan – Era Modern
    Di abad pertengahan, teknologi yang digunakan sudah mulai mengalami kemajuan, hal ini ditandai dengan adanya berbagai penemuan, seperti di bidang astronomi, medis, matematika, militer hingga ilmu kartografi. Contohnya busur silang, mesin cetak, aljabar dan navigasi kapal.
  • Era Revolusi Industri
    Sementara, di era revolusi industri, perkembangan teknologi mulai terlihat semakin jelas di masa ini. Berbagai jenis mesin berhasil dibuat yang kemudian menggantikan tenaga manusia menjadi tenaga mesin. Masa ini adalah cikal bakal perkembangan teknologi di masa kini. Contohnya Mobil generasi awal, telegrap, telepon, mesin tenun, mesin uap dan sepeda.
  • Abad 20
    Pada abad ke 20, teknologi dalam bidang lain pun berkembang pesat. Dalam bidang militer, bom atom berhasil diciptakan. Transistor yang menjadi cikal bakal ukuran komputer kecil seperti sekarang ini juga ditemukan. Pada akhir abad ini Internet mulai diperkenalkan untuk umum dan komersil.
  • Abad 21
    Pada masa ini, berbagai teknologi sudah mulai dikembangkan. Mulai dari teknologi yang dibutuhkan untuk rumah tangga, pendidikan, sosial, teknologi informasi, dan hal lainnya.

Jenis – Jenis Teknologi

Jenis – Jenis Teknologi

Berikut ini jenis-jenis teknologi yang ada dalam kehidupan sehari-hari :

1. Teknologi di Bidang Ekonomi

Kemajuan teknologi pada bidang ekonomi dapat dilihat dari sistem keuangan yang digunakan oleh banyak orang saat ini. Seperti pembayaran yang kini lebih sering menggunakan e-money dibanding uang cash, selain itu transaksi jual beli kini dapat dilakukan secara online dimana penjual dan pembeli tidak perlu bertatap muka secara langsung untuk melakukan transaksi tersebut.

2. Teknologi di Bidang Informasi

Kemajuan teknologi di bidang informasi dapat dilihat dari semakin mudahnya setiap orang mengakses informasi terbaru dari seluruh dunia, salah satunya melalui jaringan internet dan dari peralatan elektronik seperti gawai.

3. Teknologi di Bidang Pangan

Sistem pertanian atau metode di bidang pertanian yang dugunakaan saat ini sudah canggih, dimulai dari proses menanam, memilih bibit, hingga hal lainnya saat ini sudah melibatkan teknologi untuh mempermudah prosesnya.

4. Teknologi di Bidang Komunikasi

Kemajuan komunikasi dapat dilihat secara langsung dari semakin mudahnya cara manusia berkomunikasi bahkan jika jarak manusia satu dengan yang satunya sangat jauh sekalipun. Hal ini tentu didukung dengan penemuan-penemuan teknologi terbaru seperti banyaknya aplikasi chatting dan juga sosial media yang telah disediakan seiring berkembangnya teknologi.

5. Teknologi Transportasi

Salah satu kemajuan dalam bidang transportasi ini adalah adanya berbagai macam alat transportasi modern, yang mempermudah seseorang untuk mengangkut barang atau bepergian dari 1 temat ke tempat lain dengan mudah.

6. Teknologi Medis

Salah satu kemajuan dalam dunia medis ini adalah ditemukannya berbagai macam vaksin guna mencegah berbagai macam penyakit berbahaya.

7. Teknologi Pendidikan

Adapun teknologi yang turut berkembang dalam dunia pendidikan adalah, berkembangnya sistem pendidikan jadi lebih baik, tenaga pendidik serta murid mudah memahami berbagai pelajaran yang diberikan, dll.

Manfaat Teknologi

Manfaat Teknologi

Kehadiran teknologi bukan semata-mata berkembangnya zaman, namun kehadiran teknologi tentunya diharapkan dapat memudahkan kehidupan manusia. Berikut ini manfaat adanya teknologi dalam kehidupan sehari-hari :

  1. Membantu pekerjaan manusia menjadi lebih mudah.
  2. Akses informasi yang cepat.
  3. Akses komunikasi yang mudah tanpa menghiraukan jarak dan waktu.
  4. Akses transportasi yang cepat dan mudah meski dengan jarak yang jauh.
  5. Mempermudah sistem keuangan dan pembayaran secara digital.
  6. Menyediakan alat-alat bantu pada dunia medis dan kedokteran yang penting untuk membantu kelangsungan hidup manusia.
  7. Meningkatkan kualitas pendidikan secara umum.

Demikian artikel mengenai Teknologi, semoga dapat bermanfaat. Terima kasih.