Pengertian Tabungan, Jenis – Jenis, Manfaat dan Tujuan Menabung

Siapa disini yang senang menabung ? tidak sedikit dari kita tentu sudah diajarkan untuk menabung sedari kecil. Dengan menabung kita mendapat banyak sekali manfaat positif, salah satunya adalah memiliki simpanan untuk kita pergunakan nantinya, dan kita tidak lagi hidup boros. Tapi ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui secara jelas dari pengertian tabungan itu sendiri. Oleh karena itu kita akan membahas pengertian tabungan beserta manfaat dan jenis – jenis tabungan itu sendiri.

Pengertian Tabungan

Tabungan adalah simpanan berupa uang yang berasal dari pendapatan yang tidak digunakan untuk keperluan sehari – hari maupun kepentingan lainnya. Simpanan uang dapat di gunakan dan diambil kapan saja termasuk lewat ATM (Anjungan Tunai Mandiri).

Salah satu tabungan yang saat ini paling sering digunakan oleh banyak orang adalah di bank. Banyak kemudahan yang ditawarkan oleh bank untuk mereka calon nasabah yang akan menabungkan uang nya di bank, salah satu kemudahannya adalah dapat menarik tunai secara mandiri melaui mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri) yang disebar oleh bank tersebut. Ketika nasabah yang menabung dibank umumnya akan diberikan beberapa fasilitas seperti kartu ATM, buku tabungan, mobile banking, internet banking serta beberapa layanan lainnya tergantung kebijakan masing – masing bank. Uang yang disimpan pun dapat diambil dengan mudah melalui buku tabungan, kartu ATM, mobile banking, dan slip penarikan.

Menurut undang – undang perbankan No.10 tahun 1998 tabungan adalah simpanan yang pada penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat tertentu yang telah disepakati. Namun tidak dapat ditarik dengan cek, bilyet giro, atau alat lainnya yang dipersamakan dengan itu.

Namun ada beberapa hal yang harus kita perhatikan saat akan menabung di bank. Biasanya calon nasabah yang ingin menabung membuka rekening tabungan baru harus melengkapi beberapa persyaratan, yakni dengan menyerahkan beberapa berkas identitas diri seperti KTP, SIM, Paspor, kartu keluarga dan data identitas lainnya. Selain itu juga masing – masing bank memiliki persyaratan setoran awal dengan nominal yang berbeda setiap bank nya dan saldo minimal yang harus disisihkan didalam rekening tabungan.

Jenis – Jenis Tabungan

Di indonesa terdapat beberapa jenis tabungan yang banyak digunakan masyarakat, berikut adalah bebrapa jenis tabungan yang ada di Indonesia.

1. Tabungan Konvensional

Hampir setiap orang pasti sudah memiliki tabungan ini. Dengan tabungan ini kita bisa melakukan penyetoran tunai, tarik tunai, transfer, pembayaran tagihan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tabungan konversional memiiki beberapa fasilitas yang akan memudahkan kita bertansaksi. Fasilitas itu diantaranya, kartu anjungan tunai mandiri atau disigkat menjadi ATM, yang bisa digunakan diberbagai tempat, fasilitas E-Banking diantaranya mobile banking, sms banking yang bisa digunakan diberbagai macam handphone. Selain itu nasabah tabungan konvensional mendapatkan bunga sekitar 0%- kurang dari tiga 3%. Bunga 0% diterapkan pada jumlah tabungan kurang dari 1 juta. Jadi jika tabungan kita kurang dari 1 juta tidak akan diberikan bunga. Kita juga akan dikenakan biaya abministrasi sebesar Rp. 10.000; biaya administrasi tiap bank berbeda – beda sesuai dengan kebijakan bank itu sendiri.

2. Tabungan Berjangka

Salah satu jenis tabungan berjangka adalah deposit. Tabungan berjangka tidak boleh diambil sewaktu – waktu, karena ada jangka waktu yang telah disepakati di awal pembukuan.

3. Tabungan Anak

Tabungan anak memang ditujukan untuk mendidik anak. Layaknya tabungan pada umumnya nasabah akan diberikan buku tabungan dan juga kartu ATM. Pihak bank menyediakan tabungan khusus untuk anak dengan tampilan yang menarik. Anak – anak yang menabung dengan tampilan buku tabungan dan ATM yang sesuai dengan usia mereka, tentunya akan menambah semangat mereka untuk lebih giat menabung.

4. Tabungan Haji

Nasabah yang ingin melaksanakan ibadah haji memang di anjurkan untuk menabung, agar keberangkatannya ke tanah suci berjalan sesuai rencana. Syarat dan dokumen yang disiapkan biasanya lebih banyak dibandingkan dengan tabungan biasa, tidak hanya nominal dan identitas diri saja, tetapi riwayat kesehatan juga perlu dipersiapkan.

5. Tabungan Giro

Tabungan giro atau lebih sering disebut dengan tabungan bisnis, karena memang fasilitas ditabungan ini ditujukan untuk kebutuhan bisnis seperti, transfer kebeberapa rekening dan transaksinya dapat menggunakan cek atau bilyet. Nasabah tidak akan diberi buku tabungan, hanya sebuah catatan transaksi selama satu bulan yang disebut dengan rekening Koran. Banyak hal positif yang kita dapat dari menabung. Menabung adalah salah satu cara kita menghindari dari sifat boros dan menabung bisa menjadi investasi kita di masa depan.

Manfaat Menabung

Berikut ini merupakan beberapa manfaat menabung:

1. Belajar Hidup Hemat

Jika kita menabung secara rujin, misalnya setelah gajihan. Maka kita akan terbiasa dan berusaha untuk dapat mengisi tabungan dengan cara berhemat. Hemat disini bukan berarti pelit, melainkan belajar untuk dapat membedakan mana yang namanya kebutuhan pokok dan mana yang bukan kebutuhan pokok.

2. Ketersedian Uang ketika Keadaan Mendesak

Salah satu manfaat menabung adalah ketika terjadi sesuatu mendesak, salah satunya sakit, atau kecelakaan. Tentu kondis itu membutuhkan biaya tambahan, dan kita bisa menggunakan uang yang ada di tabungan.

3. Mecegah Berhutang

Keadaan yang mendesak seperti sakit, akan membutuhkan banyak biaya, namun jika kita tidak memiliki ketersediaan dana, salah satu jalan keluarnya adalah berhutang. Tapi jika sebelumnya kita sudah memiliki tabungan maka tidak perlu berhutang.

4. Belajar Disiplin

Manfaat menabung lainnya adalah belajar disiplin, yaitu belajar disiplin dengan menetapkan nominal tertentu setiap hari, minggu, dan juga bulannya yang kita tabungkan secara terus menerus. Itu akan membuat kita lebih disiplin dalam mengelola keuangan.

5. Investasi Jangka Panjang

Menabung merupakan kegiatan yang berorientasi jangka panjang karena hasilnya akan lebih terasa dalam jangka panjang.

6. Belajar untuk Bersabar

Menabung mengajarkan kita untuk bersabar, dan bersedia mengikuti setiap peroses yang ada.

Tujuan Menabung

Menabung memiliki beberapa tujuan, antara lain sebagai berikut.

  1. Penyisihan sebagian hasil pendapatan kita untuk dikumpulkan sebagai cadangan di masa depan.
  2. Menghemat pengeluaran supaya tidak boros.
  3. Mengatur keuangan dengan baik
  4. Menjauhkan diri dari siksp berhutang
  5. Pandai mengarut keuangan
  6. Tersedianya uang untuk digunakan pada saat keadaan darurat

Demikian artikel mengenai pengertian tabungan, jenis – jenis, manfaat dan tujuan menabung. Semoga bermanfaat