Pengertian Workshop, Tata Pelaksanaan, Fungsi, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan Workshop

Dalam kehidupan sehari – hari kata workshop sering kali digunakan terutama untuk para pelaku didunia usaha atau di dunia pendidikan. Bagi para lulusan baru atau mereka yang sudah memiliki pengalaman bekerja, workshop bisa memberi manfaat. Tidak hanya ilmu yang bisa didapat dari kegiatan workshop tersebut, melainkan juga bisa menambah teman, networking, hingga mempelajari skill baru yang belum dikuasai sebelumnya.

Pengertian Workshop

Workshop adalah sebuah kegiatan atau acara yang dilakukan oleh banyak orang yang memiliki latar belakang profesi yang sama dan memiliki keahlian dalam bidang yang sama, berkumpul lalu membahas permasalahan tertentu dan memberi pelajaran atau pelatihan kepada para peserta. Pendek kata workshop adalah gabungan pelatihan yang membahas teori dan praktek.

Workshop sedikit berbeda dengan seminar. Jika diseminar biasanya peserta hanya bertugas sebagai pendengar saja, workshop justru lebih bersifat komunikasi dua arah dan melibatkan para peserta secara lebih aktif.

Workshop berasal dari bahasa inggris yang terdiri dari dua kata “work” yang artinya berkerja atau berkegiatan dan “shop” yang artinya toko atau tempat untuk menjajakan dagangan. Yang kemudian kedua kata itu digabungkan menjadi “workshop” . workshop disebut juga dengan lokakarya atau tempat pelatihan.

Workshop diartikan juga dengan training dimana peserta bekerja secara individu ataupun kelompok untuk meyelesaikan pekerjaan yang berkaitan tugas yang sebenarnya untuk mendapatkan pengalaman.

Bentuk dari workshop bermacam – macam, ada workshop untuk pelatihan dan peraktik secara langsung. (misalnya: workshop melukis, workshop makeup, workshop merangkai bunga, menulis, desain, dan yang lainnya). Atau workshop diskusi yang lebih intens, (misalnya: workshop marketing untuk membahas penggunaan media digital sebagai alat pemasaran)

Tata Pelaksanaan Workshop

Berikut ini merupakan Tata pelaksanaan workshop, antara lain sebagai berikut:

  1. Penjelasan tujuan pelaksaan kegiatan yang ingin dicapai
  2. Perumusan masalah pokok yang ingin dibahas dalam acara workshop
  3. Penetuan prosedur teknis pemecahan masalah yang akan digunakan
  4. Pengupasan kulit masalah oleh beberapa orang pemateri atau pembicara
  5. Perjalanan aktifitas diskusi
  6. Menentukan pemecahan masalah yang akan diambil

Fungsi Workshop

Berdasarkan pengertian diatas workshop memiliki beberapa fungsi diantaranya:

  • Untuk memberikan pelatihan kepada peserta terkait dengan bidang profesinya.
  • Untuk memberikan tambahan kualifikasi profesi.
  • Mensosialisasikan sebuah program.
  • Media penyampaian masalah yang diharapkan, mendiskusikan dan merumuskan metode strategis, implementasi pemecahan masalah.
  • Sebagai salah satu wadah dalam membangun kebersamaan, kemitraan, dan kerja sama.

Manfaat Workshop

Workshop biasanya dibuat untuk orang yang mempunyai minat yang sama, atau berkerja dibidang yang sama. Kegiatan workshop diisi oleh para pakar atau orang – orang yang sudah memiliki banyak pengalaman. Sehingga workshop dapat memberikan banyak manfaat.

1. Menambah wawasan dan skill

Saat mengikuti workshop, tentu kita akan mendapatkan skill baru yang sebelumnya belum kita kuasai. Selain itu workshop melatih kita untuk berpikir kritis karena kita akan mendengarkan dan melihat beberapa pendapat dan pandangan baru yang disampaikan selama workshop. Keuntungan mengikuti workshop juga kita bisa belajar secara praktik langsung yang bisa dipelajari dari pemberian materi.

2. Bertemu dengan ahli di bidangnya

Pemateri atau orang yang memberikan materi dalam acara workshop tentu bukanlah orang yang sembarangan. Mereka biasanya pakar dan profesional dibidang yang berkaitan dangan topik workshop tersebut

3. Sebagai ajang memperluas Networking

Manfaat dari workshop berikutnya adalah kita bisa memperluas jaringan pertemanan (Networking). Kapan lagi kita bisa bertemu dan mendapatkan kenalan baru diluar tempat kerja. Workshop adalah tempat untuk mendapatkan komunitas baru. Dangan jaringan pertemanan kita yang semakin luas, bukan tidak mungkin peluang karir kita juga semakin terbuka. Siapa tahu kita mendapatkan tawaran pekerjan lebih baik dari orang – orang yang berada di workshop tersebut.

4. Membuka kesempatan usaha baru

Untuk yang tertarik memulai bisnis baru juga bisa belajar di workshop. Tidak hanya topik – topik bisnis saja yang dijadikan pembahasan di workshop. Ada banyak juga materi yang mungkin salah satunya bisa menjadi ide untuk menghasilkan uang. Seperti workshop dekorasi, workshop memasak, workshop makeup, workshop menjahit dan masih banyak lagi.

5. Belajar bidang baru

Tidak ada salahnya untuk mengikuti workshop dibidang yang bukan spesialismu. Seperti workshop menjahit, melukis, atau memasak. Yang dapat membuatmu memiliki keahlian baru bahkan hobi baru. Selama itu masih positif.

6. Menambah ilmu ketika ingin pindah kerja

Tidak semua orang memiliki karir dan jurusan kuliah sesuai dengan minat kerja. Mengikuti workshop bisa menjadi salah satu hal yang harus kamu lakukan sebelum memutuskan untuk banting setir dari satu bidang kebidang yang lain. Workshop bisa membantu menambah skill baru sesuai minat kerja. Bahkan beberapa workshop memberikan sertifikat kepada peserta yang bisa digunakan saat akan melamar pekerjaan.

7. Mengisi waktu luang dangan kegiatan yang positif

Saat akhir pekat biasanya dihabiskan untuk bermalas – malasan, tentu akan lebih bermanfaat jika mengisinya dengan mengikuti workshop. Workshop menjadi alternatif untuk mengisi akhir pekan mu, disana kita akan banyak berinteraksi dengan orang – orang.

Biasanya workshop dibuat lebih menarik sehingga peserta merasa nyaman, itu dikarenakan jumlah peserta yang sedikit sehingga kegiatan lebih menyenagkan. Seluruh peserta juga bisa belajar dangan santai dan rilek. Jadi waktu luang tidak akan habis dengan hal – hal yang kurang bermanfaat.

Kelebihan dan Kekurangan Workshop

Workshop memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan, antara lain sebagai berikut.

Kelebihan Workshop

  • Peserta workshop dapat memperoleh informasi atau keterangan teoritis yang mendalam mengenai permasalahan tertentu.
  • Peserta workshop memperoleh berbagai petunjuk praktis dalam melaksanakan tugas.
  • Peserta workshop dilatih untuk berpikir kritis dan berpikir secara ilmiah.
  • Peserta workshop dilatih untuk mampuh bekerjasama dengan orang lain.

Kekurangan Workshop

  • Membutuhkan persiapan yang relatif lama untuk melakukan kegiatan workshop.
  • Memerlukan tenaga dan biaya yang cukup besar.
  • Bisa mengakibatkan perselisihan pendapat (pro dan kontra).

Demikian pembahasan mengenai pengertian workshop, tata pelaksanaan, fungsi, manfaat, kelebihan dan kekurangan workshop. Semoga informasi ini bermanfaat.