Pengertian Poster, Ciri – Ciri, Jenis – Jenis, Fungsi dan Tujuan Poster

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Poster diartikan sebagai sebuah plakat yang dipasang ditempat umum, baik berupa pengumuman ataupun iklan. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan juga mndefinisikan poster sebagai suatu media yang terdiri dari lambang kata atau simbol yang sederhana dan mengandung anjuran atau larangan.

Secara umum poster diartikan sebagai media publikasi dimana didalamnya terdapat gambar atau tulisan. Poster bertujuan untuk memberikan sebuah informasi kepada publik yang bersifat ajakan, maka dari itu biasanya poster dipasang ditempat-tempat strategis yang ramai seperti pada fasilitas-fasilitas umum.

Pengertian Poster Menurut Para Ahli

Berikut ini pengertian poster menurut beberapa ahli :

1. Menurut Zanu

Poster merupakan gambar yang telah dirancang sedemikian rupa, semenarik mungkin. Poster tidak hanya gambar, namun juga kata-kata dan dicetak, ditempel pada beberapa tempat tertentu.

2. Menurut Sudjana dan Rivai

Poster merupakan suatu rancangan visual dan teks. Tersusun dari warna dan kata-kata berupa pesan yang digunakan untuk menarik perhatian orang-orang.

3. Menurut Rudi Susilana dan Cepi Riana

Poster adalah sajian kombinasi visual yang jelas, menyolok, dan menarik dengan maksud untuk menarik perhatian orang yang lewat.

4. Menurut Arsyad

Poster adalah suatu media visual dua dimensi berisikan gambar dan pesan tertulis yang singkat untuk menyampaikan pesan-pesan tertentu, serta mampu mempenggaruhi dan memotivasi tingkah laku orang yang melihatnya.

5. Menurut Sri Anitah

Poster adalah suatu gambar yang mengombinasikan unsur-unsur visual seperti garis, gambar dan kata-kata yang bertujuan untuk menarik perhatian serta mengkomunikasikan pesan secara singkat.

Ciri – Ciri Poster

Berikut ini beberapa hal yang menjadi ciri dari poster :

  1. Menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas agar lebih mudah dipahami masyarakat
  2. Mengandung kalimat-kalimat ajakan
  3. Desain yang disajikan pada poster langsung menarik perhatian dari orang-orang sekitar
  4. Terdapat gambar dengan perpaduan warna yang baik
  5. Dipasang di tempat-tempat umum
  6. Berbahan dasar kertas atau kain
  7. Dapat memberikan kesan orang-orang yang melihat

Jenis – Jenis Poster

Poster mungkin sering kita temui di tempat-tempat umum dengan isi dan tentunya tujuan yang berbeda-beda, berikut ini jenis-jenis poster bedasarkan kategorinya :

1. Jenis Poster Berdasarkan Isi

Poster dapat dibedakan berdasarkan isi informasi yang terkandung didalamnya. Berikut ini jenis-jenis poster berdasarkan isinya :

  • Poster pendidikan merupakan poster yang isinya berhubungan dengan dunia pendidikan dan biasanya dipasang di sekolah-sekolah.
  • Poster niaga merupakan sebuah poster yang didalamnya menawarkan barang atau jasa.
  • Poster layanan masyarakat merupakan poster yang memuat informasi untuk mengedukasi masyarakat secara umum tentang suatu hal. Contohnya seperti bahaya merokok.
  • Poster kegiatan merupakan poster yang memberikan informasi mengenai suatu kegiatan yang akan diselenggarakan.

2. Jenis Poster Berdasarkan Tujuan

Selain dari isi informasi, poster juga dapat dibedakan dari tujuan pembuatannya. Berikut ini jenis poster berdasarkan tujuannya :

  • Poster riset merupakan poster yang bertujuan untuk menginformasikan mengenai sebuah kegiatan riset. Dengan tujuan menarik minat para akademisi untuk datang dan meramaikan kegiatan tersebut.
  • Poster kampanye merupakan poster yang paling sering ditemukan menjelang pemilihan umum. Dengan tujuan untuk menarik simpati masyarakat terhadap partai politik serta calon yang akan maju dalam pemilihan umum.
  • Poster ‘cheesecake’ merupakan sebutan untuk poster yang digunakan untuk menarik perhatian dan minat publik. Contohnya seperti ajakan untuk menjadi penyanyi, artis, model, dan sebagainya.
  • Poster film merupakan poster yang dibuat khusus dengan tujuan mempromosikan suatu film yang tengah ditayangkan di bioskop.
  • Poster afirmasi merupakan poster yang bertujuan untuk memberikan motivasi kepada orang-orang yang membaca.
  • Poster komersial merupakan poster yang digunakan untuk mempromosikan suatu produk agar semakin dikenal masyarakat dan meningkatkan angka penjualan.
  • Poster buku atau komik dibuat dengan tujuan untuk mempopulerkan suatu buku atau komik yang dijual di toko buku.
  • Poster dengan judul “Di Cari” merupakan jenis poster memuat informasi mengenai penjahat yang tengah menjadi buronan, orang hilang, atau bahkan mengenai lapangan pekerjaan.
  • Poster propaganda merupakan poster yang berisikan kalimat yang bertentangan dengan pemerintahan berwenang. Saat masa penjajahan jenis poster ini digunakan untuk meningkatkan semangat juang rakyat.

Fungsi Poster

Berikut ini beberapa fungsi poster :

  1. Untuk menyampaikan informasi kepada publik
  2. Untuk membuat orang yang melihat tertarik dengan informasi yang ada pada poster
  3. Sebagai media promosi baik barang ataupun jasa
  4. Sebagai sarana kreatifitas seorang desain grafis

Tujuan Poster

Berikut ini merupakan tujuan dibuatnya poster :

  1. Sebagai sarana untuk menyampaikan informasi.
  2. Sebagai cara untuk mendapatkan perhatian dan simpati dari publik, agar publik peduli dan dapat mengingat pesan dari suatu poster.
  3. Sebagai salah satu cara menyadarkan publik dengan sebuah ajakan yang ada pada poster.

Demikian artikel mengenai Pengertian, fungsi, tujuan, ciri-ciri dan jenis-jenis poster, semoga bermanfaat. Terima kasih.