Tata Cara Mengajukan Surat Aktif Kuliah dan Contohnya

Bagi mahasiswa Surat Aktif Kuliah ini bukan lagi hal asing tentunya, surat ini merupakan sebuah surat pernyataan dari universitas yang bersangkutan yang menyatakan anda masih berstatus sebagai mahasiswa aktif pada jurusan yang anda ambil. Surat keterangan aktif kuliah ini biasanya diperlukan mahasiswa untuk pengurusan beasiswa, menarik gaji ataupun tunjangan pendidikan dari orang tua, pengajuan cuti kuliah, atau bahkan melakukan studi banding baik itu ke luar kota atau ke luar negeri. Tidak jarang surat keterangan mahasiswa aktif ini juga digunakan bagi para mahasiswa yang terancam drop out karena terlalu lama tidak menyelesaikan studi, surat ini dibutuhkan untuk melanjutkan pendidikan bagi mahasiswa yang bersangkutan.

Fungsi Surat Aktif Kuliah

Surat keterangan tanda aktif kuliah diperlukan untuk beberapa hal, diantaranya:

  • Mengurus beasiswa
  • Menarik gaji atau tunjangan pendidikan orang tua, mendapatkan beasiswa dari pemerintah dan lain sebagainya.
  • Pengajuan cuti
  • Melakukan studi banding ke luar kota atau luar negeri

Surat keterangan mahasiswa aktif ini juga biasanya dibutuhkan orang-orang yang terancam drop out karena terlalu lama tidak menyelesaikan studinya. Jika ia ingin melanjutkan studi dan dia butuh surat ini. Nah, yang berhak mengeluarkan surat tanda mahasiswa aktif adalah dekan fakultas.

Contoh Surat Aktif Kuliah

Contoh Surat Aktif Kuliah

Cara Mengajukan Surat Keterangan Aktif Kuliah

Setiap perguruan tinggi memiliki prosedur yang berbeda dalam cara pengajuan surat keterangan aktif kuliah ini, pada beberapa perguruan tinggi mereka hanya akan memberikan format surat keterangan aktif kuliah kepada mahasiswanya yang selanjutnya harus dibuat dan diisi sendiri oleh mahasiswa yang bersangkutan. Biasanya pada surat tersebut terdapat data Dekan sebagai orang yang nantinya menandatangani surat tersebut diikuti dengan data mahasiswa dan juga data orang tua dari mahasiswa tersebut, juga tidak lupa ditulis perihal keperluan dibuatnya surat tersebut. Setelah anda membuat surat tersebut anda harus membawa hasil cetakan surat keterangan aktif kuliah ke Tata Usaha Jurusan yang anda ambil untuk mendapat persetujuan dengan cara menunjukan kartu mahasiswa yang berlaku sebagai bukti bahwa anda memanglah mahasiswa aktif di universitas tersebut. Selanjutnya hasil cetakan surat tersebut akan mendapatkan nomor surat dan juga tanda tangan dari Dekan Fakultas.

Selain itu beberapa universitas menyediakan permohonan surat keterangan aktif kuliah ini secara online, biasanya dalam website yang mereka punya mereka menyiapkan formulir permohonan surat keterangan aktif kuliah yang didalamnya berisi data diri anda sebagai mahasiswa dan juga tidak lupa menuliskan tujuan dibuatnya surat tersebut, setelah anda mengisi formulir itu dengan benar maka anda tinggal menunggu proses pembuatan surat tersebut, didalam website tersebut anda dapat melihat status permohonan surat aktif kuliah yang anda ajukan, jika status pada website menerangkan bahwa “Surat Telah Selesai” langkah selanjutnya adalah anda perlu mencetak bukti pengambilan surat yang nantinya harus anda lampirkan ke bagian akademik fakultas anda untuk pengambilan Surat Keterangan Aktif Kuliah.

Kembali lagi bahwa setiap perguruan tinggi memiliki prosedur yang berbeda, anda mungkin dapat mengakses website universitas terlebih dahulu untuk mengetahui apakah surat ini bisa diurus secara online atau tidak di universitas anda, karena tentunya pembuatan surat secara online ini lebih mudah dan tidak memakan banyak waktu anda. Jika memang tidak ditemukan pada website universitas maka anda bisa bertanya pada bagian akademik fakultas mengenai prosedur pembuatan surat keterangan aktif kuliah ini.

Demikian artikel mengenai Tata Cara Pembuatan Surat Keterangan Aktif Kuliah, semoga dapat bermanfaat dan membantu teman-teman semua. Terima kasih.