Pengertian OrganisasiPengertian Organisasi

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) organisasi diartikan sebagai kesatuan yang terdiri atas bagian-bagian dalam perkumpulan dan sebagainya untuk tujuan tertentu. Secara umum pengertian organisasi adalah tempat atau wadah bagi orang-orang untuk berkumpul, bekerja sama secara rasional dan sistematis, terencana, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya baik dalam bentuk uang, material, mesin, metode, dan lingkungan, sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan organisasi.

Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

Berikut ini pengertian organisasi menurut para ahli :

1. Menurut Janu Murdiyatmoko

Organisasi merupakan satu sistem sosial yang memiliki jati diri kolektif dengan cara yang tegas, program kerja yang pasti, prosedur juga langkah-langkah dalam bekerja.

2. Menurut Chester I. Bernard

Organisasi adalah suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

3. Menurut Drs. H. Malayu S,P, Hasibuan

Organisasi adalah sebagai proses penentuan, pengelompokan, dan pengaturan bermacam-macam aktivitas yang diperlukan untuk mencapai tujuan bersama.

4. Menurut Max Weber

Organisasi adalah suatu kerangka hubungan terstruktur yang didalamnya terdapat wewenang, dan tanggung jawab serta pembagian kerja menjalankan sesuatu fungsi tertentu.

5. Menurut Prof. Dr. Sondang P. Siagian

Organisasi adalah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang saling bekerjasama serta terikat secara formal dalam rangka melakukan pencapaian tujuan yang sudah ditentukan dalam ikatan yang ada pada seseorang atau beberapa orang yang dikenal sebagai atasan dan seorang atau kelompok orang yang dikenal sebagai bawahan.

6. Menurut Victor A. Thompson

Organisasi adalah suatu integrasi dari sejumlah spesialis-spesialis yang bekerja sama dengan sangat rasional dan impersonal untuk mencapai beberapa tujuan spesifik yang telah diumumkan sebelumnya.

7. Menurut Richard Scott

Organisasi adalah suatu kelompok yang sengaja dibentuk untuk mencapai suatu tujuan khusus, yang sedikit banyak didasarkan pada asas kelangsungan.

8. Menurut Philip Slznic

Organisasi adalah suatu peraturan personil berguna dalam mempermudah dalam melakukan pencapaian dari beberapa tujuan yang sudah ditetapkan lewat alokasi tanggung jawab dan fungsi.

9. Menurut Mistiani, S.sos

Organisasi merupakan bentuk formal dari perkumpulan, kelompok, serta sekumpulan individu yang mempunyai tujuan yang bersifat pribadi. Kemudian dari adanya tujuan serta organisasi akan berusaha dalam meraih tujuan yang sebelumnya telah disepakati bersama.

10. Menurut Schein

Organisasi adalah suatu koordinasi yang dijalankan secara rasional di setiap kegiatan oleh beberapa orang untuk mencapai tujuan secara umum dengan memiliki pembagian, fungsi dan pekerjaan melalui hirarki yang mempunyai otoritas dan tanggung jawab.

11. Menurut Kochler

Organisasi adalah suatu sistem yang mempunyai hubungan secara tersistematis, terkoordinasi lewat usaha pada suatu kelompok orang yang sedang bergerak dengan memiliki tujuan tertentu.

12. Menurut M. Dahlan Al Barry

Organisasi adalah suatu pengaturan dan penyusunan pada bagian-bagian hingga menjadi satu kesatuan, aturan dan susunan yang berasal pada bagian hingga menjadi satu kesatuan yang teratur dan bergabung untuk berkerjasama dalam mencapai tujuan bersama.

13. Menurut J. William Schulze

Organisasi merupakan penggabungan dari orang-orang, benda-benda, alat-alat perlengkapan, ruang kerja dan segala sesuatu yang berkaitan dengannya, yang dikumpulkan dalam hubungan yang teratur dan efektif untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

14. Menurut Harleigh Trecker

Organisasi adalah perbuatan atau proses mengumpulkan atau mengatur kelompok-kelompok yang saling berinterkasi dari instansi menjadi suatu keseluruhan yang bekerja.

15. Menurut Ernest Dale

Organisasi merupakan sebuah proses perencanaan. Ini berkaitan dengan hal menyusun, mengembangkan dan memelihara suatu struktur atau motif hubungan-hubungan kerja dari orang-orang dalam suatu badan usaha.

16. Menurut Dwight Waldo

Organisasi yakni struktur hubungan-hubungan di antara orang-orang yang berdasarkan wewenang dan bersifat tetap dalam suatu sistem administrasi.

17. Menurut Dexter Kimball dan Dexter Kimball, Jr.

Organisasi merupakan bantuan bagi manajemen. Ini meliputi kewajiban-kewajiban untuk merancang satuan-satuan organisasi dan pejabat yang harus melaksanakan pekerjaan, memutuskan fungsi-fungsi mereka dan merinci interaksi yang harus ada di antara satuan-satuan dan orang-orang.

18. Menurut Allen

Organisasi merupakan sebuah proses identifikasi dan perwujudan serta pengelompokan kerja, mendefinisikan dan perwakilan wewenang maupun tanggung jawab dan memutuskan komunikasi dengan maksud untuk memungkinkan orang-orang bekerjasama secara positif dalam menuju tujuan yang ditetapkan.

19. Menurut Prof. Dr. Mr Pradjudi Armosudiro

Organisasi merupakan bentuk pembagian kerja dan bentuk tata komunikasi kerja antara sekumpulan orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.

Manfaat dari Organisasi

Manfaat dari Organisasi
Manfaat dari Organisasi

Berikut ini manfaat dari organisasi :

  1. Meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi
  2. Dapat mencapai tujuan dengan lebih mudah karena dilakukan bersama-sama
  3. Menjadi motivasi dalam membangkitkan jiwa pemimpin
  4. Mampu memecahkan masalah yang ada
  5. Memperluas wawasan yang dimiliki
  6. Memperluas pergaulan
  7. Memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi
  8. Memiliki mental yang kuat pada saat menghadapi tekanan

Fungsi Organisasi

Fungsi Organisasi
Fungsi Organisasi

Berikut ini fungsi organisasi :

  • Memberikan arahan dan pemusatan kegiatan organisasi tentang apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak perlu dilakukan.
  • Meningkatkan kemampuan anggota dalam segala hal, terlebih perihal memperluas relasi para anggota organisasi.
  • Memberikan pengetahuan yang baru kepada anggotanya.

Tujuan Organisasi

Berikut ini tujuan organisasi:

  1. Merealisasikan tujuan dari organisasi bersama para anggota.
  2. Mencapai hasil akhir yang diinginkan di waktu yang akan datang.
  3. Mendapat keuntungan baik ilmu dan juga penghasilan bersama-sama.
  4. Mendapatkan pengalaman dan berinteraksi dengan anggota lain.
  5. Mendapatkan pengakuan dan penghargaan bagi anggotanya.

Demikian artikel mengenai Organisasi, semoga dapat bermanfaat. Terima kasih.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *