Pengertian Kewirausahaan, Karakteristik dan Tujuan Kewirausahaan

Berdasarkan Keputusan Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengusaha Kecil Nomor. 961/KEP/M/XI/1995, pengertian kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan serta menerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar. Secara umum, pengertian kewirausahaan adalah suatu proses dalam melakukan atau menciptakan sesuatu yang baru dengan cara kreatif dan penuh inovasi yang memberikan manfaat bagi orang lain dan bernilai tambah.

Kewirausahaan juga dapat diartikan sebagai suatu sikap mental seseorang yang memiliki kreatifitas, aktif, bercipta daya untuk membuat sesuatu yang unik dan baru dan dapat bermanfaat bagi banyak orang. Kewirausahaan memiliki proses yang dinamis untuk menciptakan sesuatu yang disertai tenggang waktu, modal, sumber daya dan juga risiko.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Berikut ini pengertian kewirausahaan menurut para ahli :

1. Menurut Richard Cantillon

Kewirausahaan adalah pekerjaan itu sendiri (wirausaha). Seorang pengusaha membeli barang saat ini pada harga tertentu dan menjualnya pada masa yang akan datang dengan harga tidak menentu.

2. Menurut Eddy Soeryanto Soegoto

Kewirausahaan adalah usaha kreatif yang dilakukan berdasarkan inovasi untuk menghasilkan sesuatu yang baru, memiliki nilai tambah, memberikan manfaat, menciptakan lapangan kerja dan hasilnya berguna bagi orang lain.

3. Menurut Harvey Leibenstein

Kewirausahaan mencakup berbagai kegiatan yang diperlukan untuk melaksanakan dan menciptakan perusahaan pada saat dimana pasar belum terbentuk atau belum teridentifikasi dengan jelas, atau beberapa komponen fungsi produksinya belum teridentifikasi secara penuh.

4. Menurut Andrew J. Dubrin

Kewirausahaan merupakan seseorang yang menjalankan dan mendirikan suatu usaha yang inovatif.

5. Menurut Drs. Joko Untoro

Pengertian kewirausahaan adalah suatu keberanian untuk melakukan berbagai upaya untuk memenuhi kebutuhan hidup yang dilakukan oleh seseorang, berdasarkan kemampuan dengan memanfaatkan segala potensi yang dimiliki untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.

6. Menurut Soeharto Prawiro

Kewirausahaan merupakan suatu nilai yang dibutuhkan untuk memulai usaha dan mengembangkan usaha.

7. Menurut Raymond

Raymond mengartikan kewirausahaan sebagai seseorang yang inovatif, kreatif dan mampu mewujudkanya kreatifitasnya agar meningkatnya kesejahteraan diri baik dalam lingkungan dan juga masyarakat.

8. Menurut Arif F. Hadipranata

Kewirausahaan adalah individu atau personal yang memiliki keinginan untuk mengelola dan mengatur urusan-urusan yang dapat menghasilkan berbagai keuntungan baik berupa finansial ataupun tidak. Seorang yang memiliki jiwa wirausaha, akan selalu memiliki keberanian dalam mengambil berbagai resiko yang mungkin muncul selama menjalankan bisnis.

9. Menurut Robbin dan Coulter

Menurut keduanya kewirausahaan merupakan suatu proses dimana seseorang ataupun suatu kelompok individu menggunakan upaya yang terorganisir dan sarana untuk mencari sebuah peluang dan menciptakan suatu nilai yang tumbuh dengan memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui sebuah inovasi dan keunikan, tidak mempedulikan apapun sumber daya yang digunakan pada saat ini.

10. Menurut Penrose

Kewirausahaan mencakup berbagai peluang yang teridentifikasi di dalam suatu sistem ekonomi. Kemampuan atau kapasitas kewirausahaan berbeda dengan kapasitas manajerial.

11. Menurut Kasmir

Kewirausahaan merupakan seseorang yang berjiwa pemberani yang berani mengambil resiko untuk membuka sebuah usaha di berbagai kesempatan yang ada.

12. Menurut Siswanto Sudomo

Kewirausahaan adalah segala sesuatu yang penting mengenai seorang wirausaha, yakni orang yang memiliki sifat pekerja keras dan mau berkorban, memusatkan segala daya dan berani mengambil risiko untuk mewujudkan gagasannya.

Karakteristik Kewirausahaan

Karakteristik Kewirausahaan

Berikut ini merupakan karakteristik kewirausahaan :

1. Memiliki sifat jujur

Kejujuran tentunya menjadi hal utama dalam memulai usaha serta menjadi seorang wirausahawan yang sukses. Karena kejujuran tersebut sama halnya dengan amanah yang diberikan pada anda sebagai pemimpin dari karyawan maupun konsumen anda. Kejujuran tersebut tentunya akan membawa anda pada keberhasilan yang nyata.

2. Selalu disiplin

Tidak ada orang sukses didunia yang mempunyai sifat lalai. Maka dari itu kedisiplinan adalah hal yang utama dalam pekerjaan anda di bidang wirausaha ini. Disiplin merupakan sifat dasar dalam meningkatkan motivasi serta semangat dalam menjalankan usaha serta pekerjaannya.

3. Kreatif dan inovatif

Kreatifitas adalah kemampuan seseorang dalam menciptakan sesuatu yang berbeda, kalau anda mempunyai kreatifitas yang tinggi maka usaha yang kamu jalankan pasti akan menarik minat masyarakat sehingga menimbulkan keuntungan untuk usaha anda. Sementara inovatif adalah suatu terobosan baru serta seorang wirausaha harus mempunyai terobosan-terobosan baru serta meninggalkan cara-cara lama dalam sebuah pekerjaan.

4. Mempunyai komitmen tinggi

Segala hal tentunya diawali dengan komitmen pada diri anda sendiri dengan memegang teguh prinsip yang jelas dan pasti ketika anda akan memulai menjalankan usaha.

5. Mandiri serta realistis

Menjadi seorang wirausaha mengharuskan anda mengambil keputusan dengan baik dan benar tanpa campur tangan pihak lain. Sikap mandiri dan realistis ini wajib dimiliki oleh seorang wirausaha supaya bisa menjalani setiap usaha yang sedang digelutinya.

6. Mempunyai keterampilan personal

Setiap wirausaha wajib mau dan bisa mencari serta menangkap setiap peluang yang akan menguntungkan usahanya. Wirausahawan wajib memanfaatkan setiap peluang yang ada, ingin berkomunikasi dengan siapapun, serta menangani setiap usaha dengan terencana serta bisa bekerja sama dengan banyak pihak yang akan menguntungkan perusahaan.

Tujuan Kewirausahaan

Tujuan Kewirausahaan

Berikut ini tujuan dari kewirausahaan :

  1. Membuka lapangan pekerjaan baru untuk orang lain serta membantu mereka menjadi pengusaha mandiri.
  2. Menciptakan jaringan bisnis yang baru yang bisa menyerap banyak tenaga kerja di sekitarnya.
  3. Meningkatkan kesejahteraan hidupnya sendiri dan juga masyarakat yang berada dalam usaha yang dijalankan dengan membuka lapangan kerja.
  4. Menularkan serta mengembangkan semangat berwirausaha pada orang lain.
  5. Membantu para pengusaha muda berkreasi dan berinovasi.

Demikian artikel mengenai Kewirausahaan, semoga bermanfaat. Terima kasih.