Pengertian Email, Sejarah, Jenis – Jenis, Manfaat dan Etika Menggunakan Email

Email merupakan singkatan dari Electronic Mail atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai surat elektronik. Sederhananya email dapat diartikan sebagai pertukaran pesan antar manusia menggunakan perangkat elektronik baik itu komputer, laptop, ataupun telepon genggam yang terhubung dengan jaringan internet.

Saat ini email menjadi sebuah fasilitas ataupun aplikasi internet yang paling banyak digunakan dalam hal surat menyurat, hal ini dikarenakan email dianggap sebagai alat komunikasi yang cepat, efisien, dan juga murah karena hanya memerlukan biaya untuk akses internet saja. Secara spesifik pengertian email adalah suatu cara pengiriman data, file, teks, foto digital, ataupun file-file audio dan video dari satu perangkat elektronik ke perangkat elektronik lainnya.

Pengertian Email Menurut Para Ahli

Berikut ini pengertian email menurut beberapa ahli:

1. Menurut Happy Chandraleka

Email merupakan surat yang disampaikan melalui perangkat elektronik yang dinamakan komputer.

2. Menurut Tyas Vanneza

Email adalah layanan yang dapat digunakan untuk mengirim pesan instan yang dilakukan secara elektronik.

3. Menurut Darma, Jarot S, Shenia A

Email merupakan singkatan dari electronic mail, memiliki prinsip kurang lebih sama seperti saat kita berkirim surat, hanya saja via internet, bukan lewat pos.

4. Menurut Erima Oneta dan Yosep. S

Email adalah salah satu fasilitas di internet yang begitu populer dan merupakan fasilitas yang paling awal dikembangkan di internet. Dengan e-mail, kita dapat menyusun, mengirimkan, membaca, membalas, dan mengelola pesan secara elektronis dengan mudah, cepat, tepat dan aman.

5. Menurut Indra Kertarajasa Furqon

Email merupakan singkatan dari electronic mail yang dalam bahasa Indonesia adalah surat elektronik. Sesuai dengan namanya, email digunakan untuk melakukan kegiatan surat – menyurat melalui jaringan internet.

6. Menurut Jasmadi dan E-Media Solusindo

Email adalah singkatan dari electronic mail. Singkatnya, e-mail merupakan metode berkirim pesan secara elektronik via internet

7. Menurut Ali Zaki dan Smitdev Community

Email adalah surat elektronik, yang memungkinkan semua orang saling berkirim pesan via jaringan internet

Sejarah Singkat Email

Perjalanan email dimulai pada tahun 1968, ketika tumbuh dan berkembangnya sebuah jaringan sejenis internet bernama ARPANET. Pada awal pembuatannya ARPANET hanyalah sebuah proyek kominikasi yang dibangun untuk institusi militer dan pendidikan. Selanjutnya, seorang insinyur bernama Ray Tomlinson yang ditugaskan membuat suatu sistem komunikasi kemudian membuat sebuah proyek yang diberi nama SNDMSG. SNDMSG sendiri merupakan sebuah program yang mampu membuat orang-orang yang memiliki mesin sama dapat saling berkirim peasan. Cara berpesan pada program ini hampir sama seperti cara mengirim email pada saat ini namun yang berbeda hanya mengenai pengirimannya yang hanya bisa dilakukan kepada mesin yang sama.

Ray Tomlinson terus membuat inovasi-inovasi baru sampai akhirnya Ray berhasil membuat SNDMSG mampu mengirim pesan dalam jaringan ARPANET. Nah inilah yang menjadi bentuk awal dari sebuah email. Surel pertama yang dikirim di dunia ini adalah sebuah pesan yang berisikan teks “QWERTYUIOP”. Pada tahun 1972 Ray kembali berinovasi dan mengenalkan sebuah icon “@” sebagai pemisah antara identitas email dengan domainnya.

Email pun semakin dikenal dan banyak digunakan hingga saat ini. Dimulai dari email berbayar dengan sebuah program terkenal bernama Eudora, hingga kemunculan program baru yang menyediakan layanan email secara gratis yaitu Netscape dan Internet Explorer.

Jenis – Jenis Email

Berikut ini merupakan 3 (tiga) jenis email:

1. POP Mail

POP mail atau Post Office Protocol mail merupakan jenis email yang didapatkan oleh pengguna dari ISP yang menjadi langganan atau alamat email pekerja yang diberikan perusahaan kepada pegawainya.

2. Webmail

Webmail merupakan email yang berbasis website. Dengan kata lain, pengguna email hanya bisa membuka email miliknya dengan cara membuka halaman situs penyedia layanan email tersebut.

3. Forward Mail

Forward mail adalah jenis layanan email yang memforward atau meneruskan email yang diterima pengguna ke alamat email yang lain. Biasanya forward mail hanya digunakan oleh mereka yang sering berganti alamat email.

Manfaat Email

Berikut ini beberapa manfaat email secara umum:

  1. Sebagai media komunikasi, saat ini email menjadi media komunikasi yang biasa dilakukan secara personal ataupun komunitas.
  2. Sebagai media pengiriman, dengan adanya email kita dapat melakukan pengiriman data ke seluruh dunia dan tentunya pengirim dan yang dikirimi data sama-sama menggunakan alamat e-mail, bukan alamat rumah. Tidak hanya itu, dengan menggunakan e-mail anda bisa mengirimkan data ke banyak orang hanya dalam hitung menit bahkan detik.
  3. Sebagai media informasi, melalui e-mail kita bisa mendapatkan informasi-informasi terbaru dari seluruh dunia dengan cara menjadi pelanggan informasi dari media yang anda tentukan.
  4. Sebagai media promosi, saat ini kita dapat mengirimkan promosi produk ke para pelanggan anda dengan memanfaatkan daftar e-mail pelanggan yang ada.
  5. Sebagai identitas di internet ataupun sosial media, dengan e-mail kita dapat mendaftar atau menggunakan sosial media, dengan e-mail juga kita bisa membuat blog dan website.

Etika Menggunakan Email

Sama seperti etika pada penulisan surat biasa, surat eletronik pun memiliki etika yang harus kita gunakan. Berikut ini beberapa poin penting mengenai etika dalam menggunakan surat elektronik:

  1. Jangan mengirim email dengan lampiran yang berukuran terlalu besar (lebih dari 512kB), hal ini dikarenakan tidak semua orang memiliki akses internet yang cepat, dan ukuran lampiran yang terlalu besar bisa saja melebihi kapasitas email dari penerima email tersebut,
  2. Jangan mengirim lanjut (forward) email kepada orang lain tanpa tujuan yang jelas,
  3. Selalu isi kolom subjek,
  4. Dalam menanggapi email dari orang lain jawablah hal yang memang perlu ditanggapi dan jangan menuliskan hal-hal yang tidak perlu,
  5. Jangan gunakan huruf kapital pada penulisan email karena akan menimbulkan kesan seperti anda berteriak,
  6. Pakailah kata yang santun.

Demikian artikel mengenai pengertian email, sejarah, jenis – jenis, manfaat dan etika menggunakan email. Semoga bermanfaat.