Pengertian Ekonomi, Prinsip – Prinsip, Motif dan Kegiatan Ekonomi di Indonesia

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ekonomi diartikan sebagai ilmu mengenai asas-asas produksi, distribusi, dan pemakaian barang-barang serta kekayaan seperti keuangan, perindustrian, dan perdagangan. Secara etimologis kata “ekonomi” berasal dari bahasa Yunani oikos yang berarti keluarga rumah tangga dan nomos yang berarti peraturan, aturan, dan hukum. Secara umum pengertian ekonomi adalah salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa.

Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli

Berikut ini pengertian ekonomi menurut beberapa ahli :

1. Menurut Alfred Marshall

Ekonomi adalah studi tentang manusia sebagaimana mereka menjalani hidup, bergerak dan berpikir dalam konteks keseharian.

2. Menurut Aristoteles

Ekonomi adalah suatu cabang yang dapat digunakan dengan dua jalan yakni mungkin bisa dipakai dan mungkin untuk ditukar dengan barang, sehingga ekonomi mempunyai nilai pertukaran dan nilai penggunaan.

3. Menurut Adam Smith

Ekonomi adalah sebuah penyelidikan tentang suatu keadaan dan sebab adanya kekayaan negara.

4. Menurut M. Manullang

Ekonomi merupakan suatu studi yang membahas mengenai aktivitas masyarakat dalam upaya untuk mencapai segala kemakmuran dimana kemakmuran tersebut suatu keadaan dimana manusia dapat memenuhi segala kebutuhannya, baik berupa barang atau jasa.

5. Menurut Case dan Fair

Ekonomi adalah suatu studi tentang bagaimana masyarakat dan individu itu mengambil pilihan untuk menggunakan segala sumber daya yang langkap ada apa yang sudah disediakan oleh alam dan generasi yang sudah ada sebelumnya.

6. Menurut Robbins

Ekonomi merupakan sebuah studi tentang perilaku manusia sebagai hubungan antara tujuannya dihadapkan dengan ketersediaan sumber daya untuk mencapai tujuannya.

7. Menurut Abraham Maslow

Ekonomi adalah suatu bidang keilmuan yang dapat menyelesaikan permasalahan kehidupan manusia lewat penggemblengan seluruh sumber ekonomi yang tersedia berdasarkan pada teori dan prinsip dalam suatu sistem ekonomi yang memang dianggap efisien dan efektif.

8. Menurut Von Neumann dan Mogenstern

Ekonomi merupakan suatu cabang ilmu yang sayang sekali jika tak diperlakukan secara tidak ilmiah karena semua tokohnya sudah sibuk mengurusi berbagai macam solusi supaya dapat menghadapi segala permasalahan mendesak pada zaman itu.

9. Menurut Jack Hirshleifer

Ekonomi adalah studi mengenai keputusan untuk memilih dalam setiap tindakan yang akan mungkin diambil atau ilmu ekonomi mempelajari juga mengenai segala apa yang terjadi jika terdapat keputusan bermacam-macam pada orang yang berupaya saling mempengaruhi antara satu dengan yang lainnya.

10. Menurut Paul Anthony Samuelson

Ekonomi merupakan suatu cara yang dipakai oleh seseorang atau kumpulan orang dalam memanfaatkan sumber-sumber yang terbatas untuk memperoleh berbagai macam komoditi dan produk serta menyalurkannya supaya dapat dikonsumi oleh masyarakat banyak.

11. Menurut John Stuart Mill

Ekonomi adalah ilmu yang konsen pada penciptaan nilai tukar barang dan jasa yang dapat meningkatkan kekayaan dan kemakmuran suatu negara.

12. Menurut Hermawan Kartajaya

Ekonomi merupakan suatu wadah dimana sektor industri melekat di atasnya.

13. Menurut Amwal

Ekonomi adalah suatu cabang ilmu yang mempelajari tentang bagaimana menentukan keputusan yang efektif untuk mengelola semua sumber daya yang tersedia dalam rangka untuk melakukan pemenuhan kebutuhan pada individu atau masyarakat.

14. Menurut Lipsey

Ekonomi adalah suatu studi tentang pemanfaatan segala sumber daya yang langka untuk memenuhi segala kebutuhan manusia yang tak pernah berujung atau tidak terbatas.

15. Menurut M. Akram Khan

Ekonomi adalah suatu ilmu yang memiliki tujuan dalam mempelajari mengenai kesejahteraan manusia yang dicapai dengan mengorganisir segala sumber daya yang ada di bumi atas partisipasi dan kerjasama.

Prinsip – Prinsip Ekonomi

Berikut ini prinsip-prinsip yang mendasari ekonomi :

1. Prinsip Produksi

Prinsip produksi dalam ekonomi artinya perekonomian memiliki peran dalam pengadaan produk, baik itu barang ataupun jasa.

2. Prinsip Distribusi

Prinsip distribusi dalam ekonomi adalah kegiatan penyaluran atau distribusi suatu produk kepada para konsumen.

3. Prinsip Konsumsi

Prinsip konsumsi dalam ekonomi adalah segala aktivitas penggunaan suatu produk yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhannya.

Motif Ekonomi

Motif ekonomi adalah segala hal yang menjadi dorongan atau alasan yang membuat seseorang melakukan tindakan ekonomi. Berikut ini 2 (dua) jenis motif ekonomi :

1. Berdasarkan Asalnya

Berdasarkan asalnya motif ekonomi dibagi menjadi 2 (dua), sebagai berikut :

  • Motif Intrinsik
    Motif intrinsik merupakan dorongan dari dalam diri manusia untuk melakukan kegiatan ekonomi. Contohnya ketika manusia lapar maka ia akan mencari cara agar mendapatkan makanan.
  • Motif Ekstrinsik
    Motif ekstrinsik merupakan dorongan atau pengaruh yang berasal dari luar terhadap manusia untuk melakukan kegiatan ekonomi. Contohnya ketika melihat orang lain membeli rumah mungkin anda juga akan tertarik untuk memiliki rumah.

2. Berdasarkan Pertimbangan Ekonomi

Berdasarkan pertimbangan motif ekonomi dibagi menjadi 3 (tiga) bagian, sebagai berikut :

  • Motif untuk Bertahan Hidup
    Motif untuk bertahan hidup merupakan dorongan dalam diri manusia untuk mempertahankan hidupnya sehingga berusaha melakukan berbagai hal.
  • Motif untuk Mendapatkan Keuntungan
    Motif untuk mendapatkan keuntungan merupakan keinginan manusia untuk mendapatkan keuntungan dari kegiatan ekonomi. Pada umumnya motif ini dimiliki oleh para produsen atau pedagang.
  • Motif untuk Mendapatkan Penghargaan
    Motif untuk mendapatkan penghargaan merupakan dorongan yang ada dalam diri manusia untuk melakukan kegiatan ekonomi karena ingin mendapatkan penghargaan, baik karena keahlian yang dimiliki maupun karena jasa yang dilakukan.

Kegiatan Ekonomi di Indonesia

Berikut ini jenis-jenis kegiatan ekonomi yang umum dilakukan oleh masyarakat di Indonesia :

1. Kegiatan Ekonomi Agraris

Kegiatan ekonomi agraris merupakan kegiatan ekonomi yang dilakukan dengan memanfaatkan keadaan alam. Berikut ini contoh kegiatan ekonomi agraris :

  • Pertanian
    Pertanian merupakan kegiatan ekonomi agraris yang melakukan kegiatan produksi dengan menggunakan tanah sebagai faktor utama. Hasil pertanian ini menghasilkan bahan pangan.
  • Peternakan
    Peternakan merupakan kegiatan memelihara atau mengembangbiakkan berbagai hewan ternak untuk diambil manfaatnya dari hasil kegiatan beternak.
  • Perkebunan
    Perkebunan merupakan kegiatan penanaman lahan ataupun membudidayakan berbagai tanaman. kegiatan perkebunan meliputi budidaya kelapa, kelapa sawit, kopi, dan lain-lain.
  • Perikanan
    Perikanan merupakan suatu kegiatan pembudidayaan ikan. Kegiatan ekonomi perikanan dibedakan menjadi perikanan air tawar dan juga perikanan air laut. Budidaya perikanan ini dapat dijadikan sebagai bahan pangan ataupun sebagai hiasan.

2. Kegiatan Ekonomi Nonagraris

Kegiatan ekonomi nonagraris berkembang di daerah perkotaan karena kegiatan yang dilakukan seperti perdagangan, perindustrian, dan juga berbagai jasa banyak terjadi di perkotaan. Berikut ini contoh kegiatan ekonomi nonagraris :

  • Perdagangan
    Perdagangan merupakan kegiatan transaksi jual beli antara produsen kepada konsumen, kegiatan ekonomi perdagangan menyediakan dan mendistribusi berbagai barang yang dibutuhkan oleh masyarakat.
  • Perindustrian
    Industri merupakan suatu kegiatan pengolahan bahan mentah menjadi bahan setengah jadi ataupun menjadi barang konsumsi dengan menggunakan berbagai fasilitas dan juga peralatan yang canggih.
  • Pertambangan
    Indonesia sangat kaya akan sumber daya alamnya oleh karena itu di Indonesia banyak sekali kegiatan pertambangan. Hasil utama dari pertambangan di Indonesia yaitu migas dan juga batu bara.
  • Jasa
    Kegiatan ekonomi jasa merupakan kegiatan yang dilakukan sebagai pemberi layanan suatu jasa. Contohnya yang paling sering digunakan adalah jasa transportasi baik itu transportasi darat, laut ataupun udara.

Demikian artikel mengenai Pengertian Ekonomi, Prinsip Ekonomi, Motif Ekonomi, dan Kegiatan Ekonomi di Indonesia. Semoga bermanfaat. Terima kasih.