Pengertian Access Point, Jenis – Jenis, Fungsi, Kelebihan, Kekurangan dan Cara Kerja Access Point

Apa itu access point ? access poin adalah sebuah teknologi yang sangat erat hubungannya dengan dunia internet. Saat ini banyak perusahaan besar, atau instansi yang memiliki ruang publik luas seperti diperkantoran, pusat perbelanjaan, rumah sakit, universitas, dan perusahaan lain. Sehingga membutuhkan jaringan internet yang bisa menjangkau seluruh area perusahaan. Oleh karena itu banyak perusahaan yang memanfaatkan access point dalam memecahkan masalahnya.

Tidak banyak diperhatikan, padahal access point memiliki peran penting dalam konektivitas. Fungsi access point sangat penting dalam sebuah konektivitas internet. Dengan access point inilah Wi-Fi dan jaringan internet dapat terhubung keperangkatmu.

Sebagian besar dari kita banyak yang sudah merasakan manfaat dari access point, namun tidak menutup kemungkinan bahwa banyak juga yang masih belum mengetahui apa itu access point. Nah oleh karna itu, untuk memudahkan kita dalam mengakses internet, berikut sudah kami rangkum informasi seputar pengertian, fungsi, cara kerja, juga kekurangan dan kelebihan dari access point.

Pengertian Access Point

Berikut adalah pengertian access point menurut beberapa sumber:

Access point adalah sebuah perangkat jaringan yang berisi transceiver dan antenna untuk transmisi dan menerima sinyal ke dan dari clients remote. Dengan access point clients wireless bisa dengan cepat dan mudah untuk terhubung kepada jaringan LAN kabel secara wireless.

Access point dalam jaringan komputer, sebuah akses nirkabel (wireless access point atau AP) adalah perangkat komunikasi nirkabel yang memungkinkan antara perangkat untuk terhubung ke jaringan nirkabel dengan menggunakan Wi-Fi, Bluetooth atau standar terkait. WAP biasanya yang terhubung kejaringan kabel, dan dapat relay data antara perangkat nirkabel, dan kabel pada perangkat jaringan.

Access point bertindak sebagai hub atau switch yang akan bertindak sebagai perangkat penghubung antara jaringan lokal dan jaringan nirkabel. Kemudian, pada access point ini, koneksi data internet akan dikirim atau dipecahkan dengan menggunakan gelombang radio. Sementara itu juga ukuran kekuatan sinyal tentunya akan mempengaruhi area cakupan yang akan dijangkau nantinya.

Atau agar kita lebih mudah memahaminya maka bisa dibilang access point adalah sebuah alat yang digunakan untuk menghubungkan alat – alat dalam suatu jatingan, dari dan ke jaringan wireless.

Jenis – Jenis Access Point

Berikut ini merupakan jenis-jenis access point, antara lain sebagai berikut:

  1. Access point indoor, yaitu access point yang biasa digunakan di sebuah ruangan dan area jangkauannya tidak terlalu jauh, hanya terbatas di ruangan itu saja (sempit). Biasanya access point indoor dapat ditemukan di kafe, atau tempat – tempat yang biasa digunakan oleh anak muda untuk nongkrong.
  2. Access point outdoor , yaitu access point yang berada di luar ruangan, access point outdoor memiliki ruang lingkup yang cukup luas, access point jenis ini biasanya digunakan di area kampus, dan tempat tempat lain nya.
  3. Access point router, access point jenis ini dapat digunakan seperti access point indoor dan juga outdoor tetapi access point ini sebagian besar digunakan untuk membuat Server-Client

Fungsi Access Point

Fungsi utama access point adalah untuk mengizinkan atau menolak perangkat yang memiliki akses Wi-Fi untuk terhubung ke jaringan lokal yang sama. Berikut ini fungsi – fungsi access point secara terperinci:

  1. untuk menarapkan filtur keamanan, Wired Equivalent privacy atau disingkat WEP dan Wi-Fi Protected Access atau WAP. WEP atau sering disebut Shared Key Authentication, adalah metode pengamanan jaringan nirkabel dengan otentikasi kompatibilitas kunci yang disediakan oleh klien pada titik akses. Sedangkan WAP adalah metode keamanan yang dibuat untuk melengkapi metode WEP dengan menambah deskripsi.
  2. sebagai penyebar sinyal internet kepada perangkat yang terhubung melalui gelombang radio. Semakin baik kekuatan sinyal access point, semakin luas area tersebut. Ukuran sinyal biasanya ditulis dengan satuan dBm atau mW.
  3. sebagai hub, titik akses yang akan menyambungkan jaringan lokal yang memakai jaringan tanpa kabel atau nirkabel.
  4. dapat digunakan untuk mengatur IP address secara otomatis terhadap perangkat yang terhubung.
  5. untuk mengakses apa yang diperoleh dari perangkat. Akses diatur oleh alamat MAC (Media Access Control) yang merupakan perjanjian unik yang dimilik oleh perangkat kartu jaringan.

Router, merupakan perangkat yang berfungsi untuk meneruskan paket dari satu jaringan kejaringan lain. Kondisi yang disebut router adalah setidaknya ada 2 antarmuka kartu LAN (Ethernet) yang diinstal.

Fungsi dari router sendiri sebagai perangkat sambungan antara perangkat yang berbeda. Jika ada paket yang dikirim, maka fungsi router akan melaksanakan beberapa proses penting seperti, membuat terjemahan – terjemahan protokol, menghantar paket, paket pembungkusan, dan peket pembukaan. Router juga bertanggung jawab untuk menapis sebuah trafik dengan membenarkan paket – paket data tertentu.

Switch dan hub, merupakan salah satu perangkat computer yang digunakan dalam pembinaan rangkaian komputer yang umum nya terdiri dari 2 atau lebih komputer.

Hub, merupakan perangkat keras komputer dalam rangkaian yang secara konseptual dikendalikan dalam satu lapisan. Cara kerja dari perangkat ini adalah untuk menghantarkan isyarat paket data kepada semua hub supaya semua peralatan yang berkaitan menerima paket data, kecuali peralatan sebagai penghantar.

Switch, merupakan rangkaian yang secara konseptual dalam lapisan dua. Pada masa menghantarkan data switch mengikuti alamat MAC di NIC (Network interface card), ini dimaksud agar switch mengetahui siapa yang akan menerima data.

Kelebihan dan Kekurangan Access Point

Berikut ini kelebihan dan kekurangan access point, antara lain sebagai berikut.

Keuntungan dari Access point:

  • Pengaturan mudah
  • Bila menggunakan hardware khusus, maka tidak perlukan sebuah pc berjalan 24 jam untuk melayani jaringan.
  • Keuntungan terakhir yang dimiliki oleh access point adalah system keamanan nya lebih terjamin.

Kekurangan dari Access point:

  • Lemahnya konfigurasi
  • Masih menggunakan tipe enkripsi WEP (Wired Equivalent Privacy)

Cara Kerja Access Point

Seperti yang sudah jelaskan sebelumnya, bahwa access point merupakan gerbang penghubung perangkat nirkabel dengan jaringan lokal. Access point bekerja dengan menyediakan koneksi antara jalur data sinyal RF yang dibentuk oleh wi-fi dengan jalur data elektrik yang dibentuk oleh kabel Ethernet. Selain itu, access point juga melakukan pengontrolan akses, enkripsi data, serta manajemen jaringan.

Ketika ada perangkat klien yang mencoba mengakses jaringan, access point lah yang akan menentukan untuk mengizinkan atau tidak pertangkat untuk terhubung ke jaringan. kemudian filtur keamanan titik akses akan berfungsi. Access point akan mengenkripsi sandi, memeriksa kecocokan sandi pada access point dengan sandi yang diberikan perangkat. Perangkat tersebut akan di izinkan terhubung apabila sandi yang di masukan cocok. Kemudian access point akan berfungsi sebagai DHCP yang memberikan alamat IP untuk perangkat tersebut. Contohnya anda mengakses internes disebuah kafe melalui jaringan wireless di kafe tersebu, maka sirkuit jaringan nirkabel pada perangkat mobile anda akan mengoneksikan diri dengan access point di kafe tersebut.

Setelah terhubung ke acces point, jendela browser yang anda buka selanjutnya akan menampilkan sebuah kolom untuk mengimput kata sandi, sehingga anda dapat terhubung ke jaringan. Jika kata sandi yang anda masukan benar, access point akan mengizinkan untuk terhubung dengan jaringan. Access point akan memberikan alamat IP kepada perangkat anda sehingga perangkat dapat berkomunikasi dengan perangkat lain dalam jaringan lokal.

Demikian penjelasan tentang pengertian access point, jenis – jenis, fungsi, kelebihan, kekurangan dan cara kerja access point. Semoga dapat bermanfaat bagi anda semua.