Cara Menulis Surat dan 10 Contohnya Lengkap 2019

0
156
Cara Menulis Surat dan 10 Contohnya
Cara Menulis Surat dan 10 Contohnya

Surat adalah sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain dengan tujuan memberitahukan maksud pesan dari si pengirim (sumber: Wikipedia). Surat merupakan suatu dokumen yang digunakan dalam berbagai urusan baik secara personal, instansi atau organisasi.

Fungsi dari surat biasanya mencakup lima hal berikut : sebagai sarana pemberitahuan, buah pemikiran, permintaan, gagasan serta sebagai pedoman kerja. Meski saat ini sudah jarang digunakan dalam komunikasi pribadi karena sudah tergantikan dengan berbagai media lain yang lebih modern. Tetapi untuk kegiatan yang bersifat formal tentu dibutuhkan komunikasi lewat surat, karena bila menggunakan ponsel tentu terlihat tidak profesional. Maka dari itu anda perlu mengetahui bagaimana cara membuat surat. Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Cara Membuat Surat

Setelah mengetahui pengertian dan kegunaan surat resmi sekarang saatnya masuk pada langkah-langkah membuat surat yang baik dan benar. Surat yang baik tentu harus memenuhi persyaratan dan juga ketentuan baku yang telah dibuat. Berikut ciri-ciri dari surat yang baik dan benar :

  1. Jika yang anda buat adalah surat resmi, maka surat resmi yang dikeluarkan oleh suatu organisasi biasanya menggunakan kop surat.
  2. Terdapat nomor pembuatan surat, lampiran dan juga perihal dibuatnya surat tersebut.
  3. Menggunakan ragam bahasa resmi yang berlaku di negara tersebut.
  4. Dibuka dan ditutup dengan menggunakan salam.
  5. Salah satu pertimbangan diakui atau tidaknya surat resmi adalah adanya cap atau stempel dari lembaga yang mengeluarkan surat tersebut. Bila tidak ada cap, maka surat tersebut akan diragukan keasliannya.

Bagian-Bagian Pada Surat

Dalam membuat surat resmi harus mengikuti peraturan baku yang sudah ada. Dengan begitu surat yang telah dibuat bisa diterima oleh semua kalangan. Secara garis besar dalam sebuah surat biasanya memiliki format seperti bagian pembuka, isi surat dan terakhir adalah penutup. Berikut adalah bagian dari surat resmi.

Bagian - bagian Pada Surat
Bagian – bagian Pada Surat

a. Kepala Surat atau Kop Surat

Dalam menulis surat resmi, keberadaan kop surat sangatlah penting. Adanya kop surat menunjukan dari lembaga mana surat tersebut berasal. Keberadaan kop surat merupakan suatu penegasan bahwa surat yang dikeluarkan tersebut merupakan surat resmi dari lembaga atau perusahaan yang mengeluarkan surat. Dalam sebuah kop surat setidaknya harus memiliki 5 bagian agar orang yang menerima surat mengetahui asal surat secara jelas. Kelima bagian kop surat tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Nama lembaga, instansi atau perusahaan.
  2. Alamat Lengkap perusahaan, lembaga atau instansi.
  3. Kontak yang bisa dihubungi seperti nomor telpon, fak atau email.
  4. Kode Pos
  5. Logo dari lembaga, perusahaan, atau instansi.

Tidak semua kop surat menyertakan kelima bagian di atas karena berbagai alasan. Sedangkan untuk penulisannya biasanya menggunakan huruf kapital yang diperbesar dan dipertebal. Untuk penulisan kop surat umumnya menggunakan rata tengah, tetapi terkadang ada juga yang menggunakan rata kiri atau kanan.

b. Tanggal Surat

Tempat dan tanggal surat merupakan keterangan yang menjelaskan lokasi serta kapan ditulisnya surat tersebut. Lokasi penulisan tempat dan tanggal surat biasanya berada di pojok kanan atas sejajar dengan nomor surat. Nama tempat biasanya ditulis mendahului tanggal surat. Penulisan nama tempat dan tanggal dipisah dengan tanda koma. Contoh : Bandung, 08 November 2018

c. Nomor Surat

Nomor surat merupakan salah satu bagian yang memiliki fungsi sangat penting. Pada bagian ini tidak bisa dibuat sembarangan, karena setiap karakter yang ada pada nomor surat resmi memiliki makna dan arti. Orang yang telah lama berkecimpung dalam surat menyurat tentu sudah tahu benar bagaimana tata cara penulisan nomor surat yang baik dan benar.

Pada pembuatan surat resmi terdapat beberapa bagian seperti nomor surat keluar, kode surat serta bulan dan tahun pembuatan. Semua bagian tersebut memiliki fungsi yang sangat penting untuk bagian kearsipan. Setiap lembaga bebas untuk membuat kode sendiri dalam nomor surat. Berikut contoh nomor surat dan pembahasannya.

Nomor: A.015/Pan-Pel/AKB/V/2019

A = Merupakan kode surat internal (bisa digunakan untuk undangan anggota, atau surat apapun yang berkaitan dengan lembaga atau perusahaan) Sedangkan kode “B” bisa digunakan untuk pihak luar lembaga.

015 = Nomor ini merupakan nomor seri surat yang telah dikeluarkan atau nomor urut surat keluar. 015 ini berarti surat tersebut merupakan surat ke-15 yang dikeluarkan oleh suatu lembaga atau perusahaan, sedangkan untuk surat selanjutnya dapat mencantumkan nomo 016.

Pan-Pel = Artinya Panitia Pelaksana (jika surat itu khusus untuk sebuah kepanitiaan acara / kegiatan. Bila bagian yang ini bisa ada dan bisa ditiadakan. Kode jenis ini umumnya ada: Kongres; Musda; Rapat; Prop; dan sebagainya

AKB = Identitas organisasi / institusi

V = Angka romawi yang berarti angka 5 ini menunjukan bulan dibuatnya surat, dalam hal ini berarti bulan Mei.

2019 = Tahun surat itu di keluarkan.

d. Lampiran Surat

Lampiran surat merupakan suatu dokumen tambahan yang di lampirkan sebagai pendukung yang menguatkan dokumen utama seperti foto kegiatan, laporan keuangan lebih mendetail, daftar harga barang, dan lain sebagainya.

e. Perihal Surat

Perihal pada surat memberikan informasi inti atau tujuan dari pengiriman surat tersebut. Penulisannya akan lebih baik jika diberikan highlight berupa font dengan tampilan italic/bold/underline atau menggabungkan dua diantaranya maupun semuanya.

f. Alamat Tujuan

Banyak yang tidak terlalu memperhatikan penulisan alamat surat, sehingga banyak terjadi kekeliruan dalam penulisannya, khususnya dalam menulis alamat dalam surat resmi. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam menulis alamat surat.

  1. Alamat surat biasa terdapat pada dua tempat yaitu di bagian sampul dan di awal surat.
  2. Alamat surat yang ditulis pada bagian sampul harus berisi alamat lengkap, sedangkan untuk alamat yang ditulis pada bagian surat biasanya tidak selengkap alamat yang ditulis di sampul.
  3. Penggunaan kata “Kepada” hanya dicantumkan pada bagian sampul/amplop surat saja.
  4. Kalimat “Yang Terhormat” bisa disingkat dengan “Yth”, dan hanya dipakai saat surat tersebut ditujukan langsung kepada satu orang atau suatu jabatan tertentu.
  5. Penulisan sebutan seperti ibu, bapak atau Sdr/Sdri wajib digunakan bila diikuti dengan nama orang.
  6. Kata “Jalan” tidak perlu disingkat, dan penulisan alamat tidak perlu diakhiri dengan tanda titik.

g. Salam Pembuka

Penulisan salam sebaiknya menggunakan kata-kata umum yang biasa digunakan dalam surat resmi yakni, “Dengan Hormat, atau kalau satu keyakinan bisa menggunakan salam yang diajarkan oleh agama masing-masing. Penulisan salam pembuka berupa Dengan Hormat, harus ditulis menggunakan huruf kapital pada huruf awal disetiap kata dan diakhiri dengan koma.

h. Isi Surat Resmi

Inilah bagian pokok dari sebuah surat. Isi surat biasanya di taruh pada tengah surat yang berisi tentang penjelasan maksud dan tujuan dari sebuah surat. Surat yang baik adalah yang menggunakan bahasa baku serta kalimat yang ringkas dan mudah untuk dimengerti oleh penerima surat. Pemilihan kalimat serta kata yang digunakan juga merupakan faktor penting dari isi surat.

i. Salam Penutup

Tidak jauh berbeda dengan salam pembuka, penulisan salam  sebaiknya menggunakan kata-kata umum yang biasa digunakan dalam surat resmi yakni, “Hormat kami,” atau “Hormat saya,” atau kalau satu keyakinan bisa menggunakan salam yang diajarkan oleh agama masing-masing. Penulisan salam penutup berbeda dengan salam pembuka, huruf kapital hanya digunakan pada huruf pertama di awal kata saja agar memberi kesan bahwa sebagai pengirim  kamu lebih menghormati penerima, tak lupa untuk diakhiri dengan tanda koma.

j. Penutup Surat

Penutup surat harus menggunakan kalimat yang baik dan benar. Berikut beberapa contoh kalimat penutup yang biasanya digunakan dalam surat resmi.

  1. Demikian agar menjadi maklum, atas perhatian serta kerja samanya kami haturkan terima kasih.
  2. Demikian agar menjadi maklum, atas perhatian serta kerja samanya kami ucapkan terima kasih.
  3. Demikian agar menjadi maklum, atas perhatian serta kerja sama Saudara kami ucapkan terima kasih.
  4. Demikian yang dapat kami sampaikan, atas perhatiannya kamu ucapkan terima kasih.
  5. Demikian agar menjadi maklum, atas perhatian Saudara kami ucapkan terima kasih.

Dan lainnya yang dapat Anda sesuaikan dengan jenis surat yang Anda buat.

k. Identitas Pengirim (Pihak yang bertanggung jawab atas surat tersebut)

Pada bagian penutup biasanya juga di lengkapi dengan jabatan, nama dan NIK, dan juga tanda tangan orang yang membuat surat (yang bertanggung jawab atas surat tersebut).

l. Tembusan

Tembusan merupakan bagian surat yang menunjukkan pihak atau orang lain yang juga berhak mendapatkan surat tersebut.

Contoh:

Tembusan :

  1. Arsip
  2. Kepala SMK Negeri 118 Bandung
  3. Pembina Osis SMK Negeri 118 Bandung

Contoh Surat

Contoh Surat

Berikut merupakan contoh surat yang dapat anda jadikan sebagai referensi dalam menulis surat:

1. Contoh Surat Undangan Resmi Untuk Keperluan Acara Sekolah

ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH
SMK NEGERI 118 BANDUNG
Jalan Siliwangi No. 41 – Bandung 811893
Telp/Fax : (022) 1234567 email: smkn118bandung@gmail.com
www.smkn811bandung.sch.id

Bandung, 27 Maret 2019

Nomor             : 071/UndEx/SP/III/2019
Lampiran        : –
Perihal             : Undangan Pekan Olahraga dan Seni

SMK Negeri 88 Bandung
Jl. Papintaran Kuring No. 12
Bandung

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan akan berakhirnya masa kegiatan belajar mengajar tahun ajaran 2014/2015 ini, kami selaku pengurus OSIS SMA Negeri 3 Bandung memohon kehadiran dari perwakilan sekolah untuk mengikuti beberapa perlombaan menarik yang sudah kami rancang yang akan diselenggarakan pada :

Hari                 : Sabtu, 13 April 2019 – Rabu, 17 April 2019
Waktu             : Pukul 08.00 WIB s/d selesai
Tempat           : Lapangan Gasibu Bandung
Acara               : PORSENI (Pekan Olahraga dan Seni)

Kehadiran serta partisipasi dari semua pihak dengan tepat waktu merupakan suatu kehormatan bagi kami. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
Osis SMK Negeri 118 Bandung,

Fajar M Sukmawijaya
Ketua

2. Contoh Surat Undangan Resmi

DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA BARAT
SMP NEGERI 118 BANDUNG
Jalan Siliwangi No. 41 – Bandung 811893
Telp/Fax : (022) 1234567 email: smkn118bandung@gmail.com
www.smkn811bandung.sch.id

Bandung, 04 Februari 2018

Nomor               : 198/SU/SMP/II/2018
Lampiran          : –
Perihal               : Diskusi Kegiatan 17 Agustus

Yth. Orang Tua / Wali Murid
SMP Negeri 118 Bandung
di
Tempat

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Dalam rangka memperingati hari ulang tahun kemerdekaan ke 56, kami sebagai pengurus OSIS akan merencanakan diskusi dalam rangka memperingati kegiatan 17 Agustus dan kami mohon kepada orang tua / wali murid dapat berpartisipasi dalam memberikan masukan dalam kehadirannya pada :

Hari / tanggal            : Senin / 12 Agustus 2018
Tempat                        : Aula Serba Guna SMP Negeri 2
Acara                           : Diskusi 17 Agustus

Mengingat pentingnya acara tersebut, dimohon kehadirannya tepat waktu, demikian undangan surat ini, atas kehadiran dan partisipasinya kami mengucapkan banyak terimakasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Mengetahui,
Kepada Sekolah SMP Negeri 11 Bandung

Galih Purnama

3. Contoh Surat Undangan Resmi Dinas Pemerintahan

PEMERINTAH DAERAH KOTA SURAKARTA
DINAS PERTAMANAN DAN TATA KOTA
Jl. Slamet Riadi No. 7 – Bandung 811893
Telp/Fax : (022) 1234567

Bandung, 12 November 2018

Nomor                 : 008/PK/60/X/2016
Lampiran            : –
Perihal                 : Undangan Syukuran

Dinas Pertamanan dan Tata Kota
Kota Bandung
Di tempat

Dengan Hormat,

Kami dari dinas pemerintah akan mengundang bapak/ibu/saudara untuk menghadiri syukuran dalam rangka berdirinya organisasi budi pekerti yang ke 12 sebagai organisasi yang tetap solid mewadai pemikiran anak muda dalam pengambilan keputusan dan berkarya yang baik dan berdasarkan etika yang berlaku. yang akan dilaksanakan pada :

Hari, Tanggal      : Selasa, 14 April 2018
Waktu                  : 08.00 WIB s.d selesai
Tempat                : Masjid Agung Pertamanan Bandung
Acara                   : Syukuran Berdirinya Organisasi Budi Pekerti Ke-12

Mengingat pentingnya acara ini, kami mohon kepada Bapak/ Ibu/ Saudara/i agar dapat hadir tepat waktu.

Demikian surat undangan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kehadiran Bapak/ Ibu kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami,

Dinas Pertamanan dan Tata Kota
Pemerintah Kota Bandung

Ir. Puji, MBA
Kepala Dinas

Tembusan:

  1. Kepala Bagian Pengelola Teknis Proyek Dinas Tata Ruang
  2. Kepala Bagian Arsip

4. Contoh Surat Undangan Resmi Dinas

PT. MANDIRI SANTOSA
Jl. Maritim Timur – Bandung 811893
Telp/Fax : (022) 1234567
www.mandirigroup.co.id

Bandung, 23 Maret 2018

Nomor               : 012/SU/MS/III/2018
Lampiran          : –
Perihal               : Undangan Sosialisasi

Yth,
Pimpinan PT. Mandiri Sentosa
Jl. Maritim Utara No.11
Bandung – 34567

Dengan Hormat,

Berhubungan dengan pergantian kedudukan beberapa jabatan dalam periode ke 4 di PT Mandiri Santosa, maka dengan ini kami mengundang perwakilan dari perusahaan untuk melakukan penyematan serah terima jabatan yang akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal       : Senin, 02 April 2018
Waktu                    : 08.00 – 10.00 WIB
Tempat                  : Ruang Meeting PT. Mandiri Santosa

Demikian surat undangan ini, kami sampaikan Mohon kedirannya tepat waktu. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami,

Fanndy SE

5. Contoh Surat Permohonan Bantuan

PONDOK PESANTREN AL MUKHLISIN
Jalan Siliwangi No. 76 Tlp. (022) 8478887

Bandung, 21 September 2018

Nomor                 : 768/RE/YJM/DFG-IK-LOJMIO/XI/16
Lampiran            : 1 Proposal
Perihal                 : Permohonan Bantuan Dana

Yth,
CEO PT Amarta Jaya
Di tempat

Asalamualaikum wr. Wb.

Sehubungan dengan adannya kegiatan seminar keagamaan yang diadakan di pondok pesantren Mukhlisin Bina Bandung, yang diadakan pada :

Hari/tanggal      : Sabtu, 11 Februari 2018
Waktu                  : 07.30 s/d selesai
Tempat                : Aula Ponpes Al-Mukhlisin

Untuk ini kami mewakili dari perwakilan pondok pesantren untuk bantuan dana guna acaa seminar keagamaan yang diadakan setahun sekali. Sebagai pertimbangan kami lampirkan satu berkas proposal mengenai seminar yang akan dilakukan.

Demikian surat permohonan dari kami, atas partisipasinya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Ali Mukharam
Wali Ponpes

6. Contoh Surat Undangan Rapat Pemerintahan

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 5 KOTA BANDUNG
Jl. Kasamura No. 96 Bandung, Jawa Barat
Telp. (022) 2003978 – Fax. (022) 2463938

Bandung, 08 Oktober 2018

Nomor                 : 008/PK/650/X/2018
Lampiran            : –
Perihal                 : Rapat

Seluruh Guru Kelas XII
SMA Negeri 5 Kota Surabaya

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Berdasarkan surat keputusan dari kepala sekolah tentang peraturan dab pembiayaan baru pada tahun ini maka kami dari pihak sekolah berniat untuk mengundang bapak/ibu guru untuk hadir dalam rapat tersebut, yang akan dilaksanakan pada:

Hari, tanggal        : Jumat, 12 Oktober 2018
Waktu                    : 13.00 WIB – selesai
Tempat                  : Aula SMA Negeri 5 Kota Bandung

Untuk demikian, mengingat pentingnya kegiatan ini, kami mohon kepada seluruh undangan rapat, agar dapat hadir mengikuti acara tersebut di atas tepat waktu.

Demikian surat undangan ini kami buat dan sampaikan, atas perhatian dan kerjasama Bapak/ Ibu kami ucapkan terimakasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Hormat kami,

Drs. Mahendra Wijaya, MM.Pd
Kepala SMA Negeri 5

7. Contoh Surat Undangan Rapat

PT. Jaya Sentosa
Jl. Pangeran Diponegoro No. 26 Bandung
Telp/Fax : (022) 234567
www.jayasentosa.co.id

Bandung, 10 Juli 2018

Nomer : 11/12/XII/2018
Hal       : Penawaran Barang
Lamp   : 1 lembar brosur AP/DG

Kepada
Manager PT Surya Abadi

Jl. Pattimura No. 21, Bandung

Dengan hormat,

Berdasarkan pengamatan kami, perusahaan Saudara saat ini semakin berkembang dan tentunya semakin maju beberapa tahun terakhir ini. Dengan perkembangan tersebut maka harus didukung dengan peralatan kantor yang mencukupi dan memadai sesuai dengan masa kini.

Dalam kesempatan ini, perusahaan kami bersedia untuk menawarkan beberapa produk alat kantor yang menjadi unggulan di perusahaan kami. Bersama surat ini kami lampirkan 1 lembar brosur sebagai bahan pertimbangan Saudara. Jika Anda menggunakan produk kantor unggulan yang diproduksi oleh perusahaan kami, kami yakin pegawai Anda dapat bekerja secara efisien dan efektif sehingga akan meningkatkan prospek dari perusahaan.

Kami juga menawarkan promo spesial untuk perusahaan Saudara yaitu berupa pemberian diskon sebesar 10 % jika Saudara membeli produk kami sebelum tanggal 20 September 2018. Garansi yang kami berikan adalah selama 2 tahun dari setiap produknya. Pembayaran bisa dilakukan dengan membayar uang muka hanya sebesar 40 % dari harga total dan cicilannya dapat di angsur sebanyak 3 kali setelah barang sampai di tempat Anda.

Besar harapan kami untuk menerima pesanan dari Saudara. Kami yakin jika Saudara memakai produk yang kami tawarkan, akan memberikan keuntungan untuk kedua belah pihak. Atas perhatian dan kerjasama kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
PT. Jaya Sentosa

Jhonatan
Direktur

8. Contoh Surat Edaran

PEMERINTAHAN KOTA BANDUNG
DINAS KESEHATAN
PUSKESMAS CIMINDI
Jalan Gabus Raya No. 21 Tlp. (0243) 66564, E-Mail : puskesmascimindi@gmail.com

Bandung, 08 Desember 2018

Nomor                 : 450 /6151/ KD. D/XII/2018
Lampiran            : –
Perihal                 : Pemberitahuan Pelayanan Kesehatan

 Yth. Seluruh Pimpinan Puskesmas
Kota Bandung
di
Tempat

Sehubungan dengan penetapan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Jawa Barat pada tanggal 09 Januari 2019 sebagai hari libur nasional, bersama ini kami beritahukan kepada seluruh Saudara Pimpinan Puskesmas agar tetap memberikan pelayananan kesehatan terhadap masyarakat. Untuk penjadwalan piket tenaga kesehatan disesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat.

Demikian surat edaran ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan banyak terima kasih.

Hormat kami,
Dinas Kesehatan Kota Bandung

drg. KARTINI .M.Kes
Kepala Dinas
NIP. 19680824200302

Tembusan:

  1. Walikota Pekanbaru di Rumbai
  2. Inspektur kota Pekanbaru di Rumbai
  3. Pertinggal.

9. Contoh Surat Undangan Peresmian

PT. SUMBER TANI MAKMUR
Perumahan Permai Indah Blok K No. 02 Jl Raya Agus Salim Km. 5 Surabaya 60112
Telp 022 223888 Fax 022443477 Mobile : 085775432765
Website: www.sumbertanimakmur.com Email: sumbertani.m@gmail.com

Bandung, 21 Maret 2018

Nomor                 : 022/UR/STM/III/2018
Lampiran            : –
Hal                        : Undangan Rapat

Yth.
Bapak Gusrizal, Manager Marketing, PT. SUMBER TANI MAKMUR
Di Tempat

Dengan Hormat

Sehubungan dengan diadakannya acara peresmian perusahaan, maka bersama dengan ini kami mengundang seluruh Manager PT. SUMBER TANI MAKMUR untuk hadir dalam acara rapat persiapan yang akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal        : Sabtu, 26 Maret 2018
Waktu                     : 09.00 – 11.30 WIB.
Tempat                   : Ruang Pertemuan

Demikian surat undangan ini kami sampaikan, mengingat acara tersebut maka di mohon kehadirannya tepat pada waktunya. Atas perhatiannya, kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat kami,
PT. Berkah Mandiri

Ikhwanda Prasetyo
Manager Jaringan Kerja

10. Contoh Surat Panggilan Test Tulis dan Wawancara

PT. Asia Makmur
Jln. SM. Amin No. 22 Bandung
Telp (021) 77552525

Bandung, 21 Maret 2018

Nomor      : 19/IB/AM/III/2018
Lampiran : –
Perihal      : Panggilan Tes Tulis dan Wawancara

Yth. Sdr. Galih Riswanto
Desa Pondok Kelapa Baru Kec. Lebak Jaya
Bandung

Menanggapi surat lamaran kerja yang saudara kirimkan, maka dengan ini kami mengharap kedatangan Saudara pada:

Hari, Tanggal      : Rabu, 29 Mei 2018
Waktu                   : Pukul 08.00 s/d Selesai
Keperluan            : Tes Tulis dan Tes Wawancara
Tempat                 : PT. Maju Bangkit, Jln. SM. Amin No. 22

Pada kesempatan tersebut, kami mengharap Saudara melengkapi:

  1. Ijazah sarjana yang asli;
  2. Transkrip Nilai asli dan salinannya;
  3. pensil 2B dan penghapus;
  4. Berpakaian rapi dan formal.

Demikian surat panggilan ini dibuat. Atas perhatian Saudara, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
PT Asia Makmur

Andina putra, S.Psi
Manager Personalia

Itulah beberapa contoh surat yang baik dan benar yang dapat Anda gunakan sebagai referensi. Anda dapat menyesuaikannya berdasarkan kebutuhan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here