Cara Menulis Ceramah dan Contohnya Lengkap 2019

Ceramah merupakan pesan yang bertujuan untuk memberikan nasihan atau petunjuk kepada siapapun yang mendengarnya. Ceramah ini sejenis pidato yang menyampaikan atau menyiarkan ajaran-ajaran agama dalam bentuk nasihat, petuah, petunjuk, ataupun kisah-kisah.

Struktur Teks Ceramah

Untuk membuat ceramah kamu perlu mengetahui hal-hal mendasar dari teks ceramah terlebih dahulu. Berikut merupakan Struktur Teks Ceramah:

  1. Pendahuluan
  2. Pembuka
    Pada bagian pembukaan, teksnya berisi salam pembuka, ucapan penghormatan, dan ucapan syukur.
  3. Pengantar
    Pada bagian pengantar, bagian ini berisi paragraf pengantar yang mengarah pada topik atau tema pembahasan. Biasanya pengantar berasal dari informasi atau berita yang faktual yang masih terkait dengan topik ceramah.
  4. Isi Ceramah
    Pada bagian isi ceramah ini menyampaikan paparan dari penceramah, pandangan umum, ilustrasi dari materi yang disampaikan. Dimana didalamnya terdapat suatu gagasan yang berisi ide besar yang ingin disampaikan kepada pendengar. Ceramah yang baik berisi satu gagasan besar yang kemudian dikembangkan dalam subtopik.
  5. Penutup
    Pada bagian penutup ini, penceramah biasanya menyampaikan kesimpulan dari topik yang disampaikan.
  6. Ucapan permintaan maaf
    Bagian ini menjadi salah satu bagian kecil yang tidak kalah pentingnya, mengingat kita sebagai manusia selalu tidak luput dari kesalaha.
  7. Salam penutup
    Pada bagain ini penceramah menyampaikan salah penutup yang biasanya diiringi dengan berdoa setelahnya.

Langkah-langkah Menulis Pidato

Menulis pidato ada beberapa langkah yang harus diperhatikan. Berikut beberapa langkah menulis pidato, antara lain sebagai berikut.

1. Menentukan Tema
Tema merupakan pokok pikiran atau dasar cerita yang sangat penting dalam sebuah teks atau naskah pidato. Sebelum mulai membuat naskah pidato, tema harus sudah ditentukan terlebih dahulu. Cara-cara untuk menentukan tema sudah dibahas dalam topik sebelumnya.

2. Menuliskan Bagian Pendahuluan
a. Menuliskan salam pembuka
b. Menuliskan sapaan hormat dan ucapan terima kasih
c. Menuliskan ucapan syukur
d. Menuliskan apa yang akan dibahas dalam ceramah

3. Menuliskan bagian isi pidato
a. Menuliskan pembahasan umum dari tema pidato/ceramah/khotbah
b. Menuliskan pembahasan inti atau khusus yang akan berhubungan juga dengan tema utama

4. Menuliskan bagian penutup
a. Menuliskan simpulan dari keseluruhan isi naskah pidato/ceramah/khotbah.
b. Menuliskan permintaan maaf atas kekurangan dalam penyampaian serta isi pidato.
c. Menuliskan salam penutup.

Contoh Ceramah

Contoh Ceramah

Berikut beberapa contoh ceramah dengan topik-topik pembahasan yang berbeda. Semoga contoh ceramah ini dapat membantu teman-teman yang sedang menulis ceramah.

1. Contoh Ceramah dengan Topik “Ikhlas”

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah kita telah diberi kesempatan pada siang hari ini untuk bertemu di masjid besar ini. Alhamdulillah kita diberi nikmat sehat yang tiada tarannya sehingga kita dapat berkumpul untuk saling bersilaturahim

Baiklah para hadirin yang saya cintai, mari kita pnjatkan piji syukur kepada Allah SWT dan solawat kepada nabi Muhammad SAW.Disini saya akan sedikit menjelaskan tentang keutamaan rasa ‘’ikhlas’’ dalam diri dan jiwa kita sebagai manusia.

Sebagaimana kita ketahui bahwa ikhlas dalam setiap ketentuan Allah baik itu baik atau buruk. Karena kita hanyalah manusia yang diri ini sendiri adalah milik Allah, kapanpun kita dan segala yang Allah berikan sebagai nikmat di dunia ini dapat diambil kapanpun dimanapun. Oleh karena itu, menjaga agar diri ini senagtiasa ikhlas dalam setiap ketetapan itu amatlah penting.

Setiap manusia selalu mengharap diberkahi dengan kenikmata hidup baik itu keluarga, harta, tahta semua adalah karunia yang diberikan Allah dalam wujud nyata dan terlihat. Selain itu masih banyak nikmat tak terlihat yang kadang kita tidak sadari seperti nikmat sehat, bernafas, bahkan ketika kita dapat merasa ikhlas itu juga adalah nikmat yang luar biasa.

Ikhlas itu memang tidak mudah, tetapi ketika daam jiwa ini selalu dipupuk untuk ikhlas karena Allah maka akan bersemayamlah iman yang tak ternilai hargannya. Bahkan keihlasan pada setiap takdir Allah itu tidak dapat dibeli walau serupiahpun hargannya.

Sebagaimana ketika kita memberikan sesuatu baik berwujud materi atau non materi kepada orang lain hendaklah kita bersikap ikhlas tulus hanya mengharap imbalan dari sang Kuasa tanpa menyebut-sebut pemberian yang dapat menyakiti orang yang telah kita beri atau tolong.

Sekian wejangan sedikit dari saya, semoga dapat memberikan segudang manfaat bagi saudara sekalian.

Wasalamualaikum. Warahmatullahi wabarakatuh.

2. Contoh Ceramah dengan Topik “Pergaulan Bebas Pada Kalangan Remaja”

Contoh Ceramah dengan Topik “Pergaulan Bebas Pada Kalangan Remaja”

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Segala puji kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala nikmatnya yang telah diberikan kepada kita semua. Nikmat sehat, nikmat taufik hidayah inayah, dan nikmat yang paling besar adalah nikmat Iman & Islam. Shalawat serta salam tak lupa kita sanjungkan keharibaan nabi besar Muhammad SAW.

Bapak- bapak, ibu-ibu, dan teman-teman sekalian. Sekarang ini, kita berada dizaman kebebasan, yaitu zaman dimana nilai-nilai keagamaan yang kita anut sudah tidak lagi menjadi bingkai kita dalam berperilaku.

Pergaulan bebas merupakan sesuatu yang marak terjadi saat ini. Pergaulan bebas dapat menjangkiti siapapun. Ini merupakan penyakit yang menyerang pribadi-pribadi labil seperti para remaja. Mereka mencoba apapun, tanpa memedulikan batasan yang sudah ditetapkan oleh agama, lingkungan social dan hukum.

Pergaulan bebas sendiri diartikan sebagai suatu pergaulan yang tidak memiliki batasan, mengabaikan norma-norma agama maupun masyarakat. Karena itu, pergaulan bebas cenderung mengarah pada hal-hal yang negative, seperti seks bebas, pemaiakan narkoba, dan lain-lain.

Remaja-remaja kita yang merupakan generasi penerus bangsa telah dibutakan dengan budaya-budaya barat yang bebas. Mereka bergaul tanpa adanya batasan. Tidak lagi mengenal mana yang benar dan mana yang salah. Oleh karena itu, banyak sekali remaja-remaja berseragam yang sudah kehilangan kehormatannya.

Hal ini dikarenakan kurangnya ilmu agama yang diajarkan di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Lemahnya iman dan kurangnya pemahaman agama yang kuat bagi remaja juga dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya pergaulan bebas.

Sesungguhnya Islam telah mengatur etika pergaulan bagi remaja. Perilaku tersebut merupakan batasan-batasan yang dilandasi nilai-nilai agama. Oleh karena itu, sudah seharusnya para remaja memperhatikan dan melaksanakan etika-etika pergaulan dalam pandangan Islam untuk mencegah terjadinya sesuatu yang dilarang Allah SWT. Perilaku yang menjadi batasan dalam pergaulan adalah:

Menutup Aurat

Islam telah mewajibkan laki-laki dan perempuan untuk menutup aurat demi menjaga kebersihan diri dan kehormatan hati. Aurat merupakan anggota tubuh yang harus ditutupi dan tidak boleh diperlihatkan kepada orang yang bukan mahramnya. Disamping menutup aurat, pakaian yang dikenakan juga tidak boleh ketat sehingga memperhatikan lekuk anggota tubuh, dan juga tidak boleh tipis atau transparan.

Menjauhi Perbuatan Zina

Pergaulan antara laki-laki dengan perempuan diperbolehkan selama masih ada batas dan tidak membuka peluang terjadinya perbuatan dosa. Islam adalah agama yang menjaga kesucian, pergaulan didalam Islam adalah pergaulan yang dilandasi oleh nilai-nilai kesucian. Dalam pergaulan dengan lawan jenis harus dijaga jarak sehingga tidak ada kesempatan terjadinya kejahatan seksual yang dapat merugikan diri pelaku, keluarga dan masyarakat sekitar. Allah SWT berfirman dalam Qur’an Surah Al-Isra ayat 32 yang berbunyi:

“Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk”

Dalam rangka menjaga kesucian pergaulan remaja agar terhindar dari perbuatan zina,

Islam telah membuat batasan-batasan sebagai berikut:

Laki-laki tidak boleh berdua-duaan dengan perempuan yang bukan mahramnya. Jika laki-laki dan perempuan ditempat sepi maka yang ketiga adalah setan. Mula-mula saling berpandangan, lalu berpegangan, dan akhirnya menjurus pada perzinaan, itu semua adalah bujuk rayu setan.

Laki-laki dan perempuan yang bukan muhrim tidak boleh bersentuhan secara fisik. Saling bersentuhan yang dilarang dalam Islam adalah sentuhan yang disengaja dan disertai nafsu birahi. Tetapi bersentuhan yang tidak disengaja tanpa disertai nafsu birahi tidaklah dilarang.

Allah SWT memerintahkan kaum laki-laki dan perempuan untuk menahan pandangan, sebagaimana Firman Allah dalam QS An-Nuur 30-31:

“katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman, “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memlihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah maha mengetahui apa yang mereka perbuat.” Katakanlah kepada perempuan yang beriman, “Hendaklah mereka menahan pandangannya(daripada memandang yang haram)…”

Ayat diatas mengisyaratkan bahwa Allah memerintahkan agar laki-laki dan perempuan menjaga pandangannya. Hakikat perintah ini mengandung hukum wajib. Lalu Allah menjelaskan bahwa yang demikian itu lebih suci dan lebih bersih bagi kehidupan mereka.

Allah memerintahkan untuk menahan pandangan karena memandang kepada orang yang diharamkan termasuk bagian dari zina, sebagaimana sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam:

“Setiap anak Adam pasti mendapat bagian dari zina yang tidak terelakkan, kedua mata berzina dan zinanya adalah memandang, kedua telinga berzina dan zinanya adalah mendengar, lisan berzina dan zinanya adalah berbicara, tangan berzina dan zinanya adalah memegang, kaki berzina dan zinanya adalah berjalan dan hati yang menarik dan berangan-angan lalu kemaluan membenarkan atau mendustakan itu.” (Muttafaqun ‘alaih dan lafazh hadits dari riwayat Muslim).

Disebut zina karena laki-laki merasakan nikmatnya memandang keindahan tubuh wanita. Pandangan itu masuk ke dalam hati orang yang memandang sehingga hati seorang laki-laki terpikat dan membayangkannya. Maka timbul keinginan dan berusaha untuk melampiaskan keinginan syahwat kepadanya. Oleh karena itu Allah melarang seorang laki-laki memandang wanita karena hal tersebut menimbulkan bahaya dan kerusakan sebagai dampak pergaulan bebas dan pergaulan bebas dilarang karena menyebabkan terjadinya perbuatan yang tidak terpuji bahkan akan berakhir dengan suatu yang lebih buruk.

Oleh karena itu, sebagai orang yang beragama kita harus menjauhi perbuatan zina, dan membatasi pergaulan terhadap orang yang bukan mahramnya.

Demikian saya akhiri kurang lebihnya mohon maaf. Wabilahi taufik wal hidayah, wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

3. Contoh Ceramah dengan Topik “Syukur”

Contoh Ceramah dengan Topik “Syukur”

Assalamu’alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh

Marilah kita panjatkan segala puji dan puji syukur atas semua anugrah yang di berikan tuhan kepada kita. karna dengan kita bersyukur kita akan mengetahui betapa besar anugrah yang harus kita syukuri. Solawat dan salam kita haturkan pada Nabi Muhammad SAW sebagai ungkapan rasa syukur atas semua yang nabi ajakan kepada kita.

“Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.”(Qur’an Surat. Fathir:30).

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah nikmat kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku),maka pasti azab-Ku sangat berat.”(Qur’an Surat. ibrahim [14]:)

Pada kesmpatan ini, melalui contoh pidato agama islam ini akan sedikit menjelaskan tentang bentuk dari perwujudan rasa syukur kita.

Syukur itu diwujudkan dalam tiga aspek:

  1. Syukur dengan hati, yaitu menyadari dan menyakini bahwa semua nikmat dan karunia yang diperoleh merupakan anugerah Allah dan berasal dari-Nya.
  2. Syukur dengan lisan, yaitu dengan memuji Allah sebanyak-banyaknya.
  3. Syukur dengan perbuatan, yaitu taat beribada kepada-Nya dan menggunakan karunia itu untuk kebaikan.

Mari kita renungkan, tentang semua yang kita miliki tentang semua yang kita imikan, tentang semua kekurangan yang kita miliki, dan bersyukurlah. Bersyukur itu adalah bagaimana kita merasa bersyukur atas semua anugrah yang di anugrahkan kepada kita. Bersyukur itu mengungkapkan rasa terima kasih atas semua yang yang di miliki.

Para pelopor, Bersyukurlah atas semua kelebihan, bersyukurlah atas semua kekurangan yang kita miliki, dan bersyukurlah atas semua penderitaan yang tersa, dan bersyukurlah atas semua airmata yang membuat kita berduka. Dan bersyukurlah Karena ada rahasia di balik rahasia, Maha sempurna tuhan beserta rencananya. Bersyukurlah.

Wassalamualaukum Warahmatullahi Wabarakatuh

4. Contoh Ceramah dengan Topik “Sabar”

Contoh Ceramah dengan Topik “Sabar”

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah kita telah diberi kesempatan pada siang hari ini untuk bertemu di masjid besar ini. Alhamdulillah kita diberi nikmat sehat yang tiada tarannya sehingga kita dapat berkumpul untuk saling bersilaturahim. Pada kali ini saya akan sedikit menjelaskan tentang sifat dan keutamaan dari ‘’sabar’’. Sabar berasal dari kata sobaro yasbiru yang artinnya menahan.

Menahan disini pengertiannya luas bisa saja kita sedang berpuasa menahan nafsu untuk ini dan itu, kita menahan lapar berarti kita harus bersabar dari rasa ingin makan sampai adzan maghrib yaitu waktu untuk berbuka, kita harus bersabar menghadapi perilaku seseorang yang buruk pada kita berarti kita harus sabar dari kezaliman.

Sekali lagi tidak semua orang bisa memperoleh kemenangan dan kenikmatan dari rasa sabar tersebut karena dari awalnya memang tidak dapat menahan, oleh karena itu saudara-saudara perlunnya kita selalu mendekatkan diri kepada Allah agar selalu diberi kesabaran yang tiada batasnya. Agar kita dapat memperoleh pahala yang seluas-luasnya.

Sebagai mana firman Allah Q.S Albaqarah 153 yang Artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”

Dari penjelasan ayat tersebut bahwa kita sudah ketahui jka Allah selalu memberikan pertolongan pada setiap hambannya yang mau menjalankan perintahnya, didalah ayat tersebut dijelaskan bahwa jika kita mengerjakan sholat wajib dan dapat menahan diri dengan rasa sabar maka Allah menjanjikan pertolongan bagi hambannya yang sedang dalam kesusahan.

Sabar memang tidak mudah, sabar adalah ujian, justru karena ketidakmudahan itulah Allah menguji hambannya seberapa hambannya dapat lolos dari ujian sabar. Jika kita lolos, kita selalu beristigfar dan berfikir positif terhadap segala ketentuan Allah niscaya kita akan mendapat beribu kemuliaan dan keberntungan yang datang dari pintu manapun.

Begitulah gambaran tentang sifat sabar dan keutamaannya di sisi Allah. Sekian sepatah kata dari saya, semoga memberi manfaat bagi kebidupan para jamaan semuannya.

Wasalamualaikum, warahmatullahi wabarakatuh.

5. Contoh Ceramah dengan Topik “Shalat”

Contoh Ceramah dengan Topik “Shalat”

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah kita telah diberi kesempatan pada siang hari ini untuk bertemu di masjid besar ini. Alhamdulillah kita diberi nikmat sehat yang tiada tarannya sehingga kita dapat berkumpul untuk saling bersilaturahim.

Pada hari yang berbahagia ini saya akan sedikit menjelaskan tentang ibadah yang selalu dan wajib dikerjakan bagi setiap muslimin dan muslimah sekalian. Iya ’’ibadah sholat’’. Kita sudah tau saudara-saudara bahwa sholat adalah tiang agama, sholat dapat mencegah perbuatan keji dan munkar.

Disitu diartikan bahwa dengan sholat, dengan sholat yang benar dan khusu berarti kita sudah menjalankan satu yang menjadi tiang kehidupan, jika tiang itu tidak benar maka akan roboh seluruh bangunan dan pondasi kehidupan itu sendiri. Banyak orang mengatakan jika ingin melihat bagaimana seseorang lihatlah dari solatnnya.

Jika solat kita baik, InsyaAllah baiklah seluruh amalan kita, karena apabila kita sudah mengerjalan solat itu dengan benar, khusyu dan sepenuh hati karena Allah berarti kita sudah totalitas menjalankan segala yang diperintahkan dan dilarang Allah sebagai bukti ketaqwaan kita.

Tapi jika kita selalu seenaknya dalam mengerjakan sholat baik itu tidak tepat waktu atau seenaknya bacaannya sudah bisa dipastikan amalan yang lain juga tidak jauh berbeda.

Selain itu ada hadis yang mengatakan bahwa sholat dapat mencegah dari perbuatan keji dan mungkar, hal itu berarti dengan sholat yang baik dan benar secara otomatis daopat mempengaruhi keseluruhan jiwa nurani kita. Jiwa kita akan selalu dilindungi dari beragam penyakit hati dan perbuatan tercela yang dapat merugikan orang lain.

Sekian wejangan sedikit dari saya, semoga dapat memberikan segudang manfaat bagi saudara sekalian.

Wasalamualaikum. Warahmatullahi wabarakatuh.

6. Contoh Ceramah dengan Topik “Ibu”

Contoh Ceramah dengan Topik “Ibu”

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah kita telah diberi kesempatan pada siang hari ini untuk bertemu di masjid besar ini. Alhamdulillah kita diberi nikmat sehat yang tiada tarannya sehingga kita dapat berkumpul untuk saling bersilaturahim.

Saudara –saudara seklian yang saya cintai, disini saya akan sedikit memberikan wejangan tentang ‘’ibu’’. Seperti firman Allah dalam surat Al-Isra’ itu berbunyi seperti ini:“Dan tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu-bapak.

jika salah seorang diantara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka jangan sekali-kali mengatakan ‘Ah’ dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapankanlah kepada keduanya perkataan yang baik.”

Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa kita sebagai anak harus menghormati kedua orang tua terutama adalah ibu. Bahkan kita sampai tidak boleh berkata ‘’Ah’’ apalagi sampai membentaknya. Karena karena orang tualah kita dapat berada di dunia ini, Allah memberi amanat berupa kita melalui mereka.

Apalagi seorang ibu, seorang yang telah mengandung kita selama sembilan bulan denan bersusah-susah, melahirkan kita dengan rasa sakit yang luar biasa dan ketika kita lahir, kita hanya mendapat kasih sayang yang tak terhingga seperti kata pepatah yang mengatakan ‘’kasih ibu sepanjang masa’’

Hal tersebut berarti bahwa kasih sayang seorang ibu memang tak terhingga memberi tanpa pamrih dan mengharap imbalan kembali. Ada juga yang mengatakan bahwa surga berada di bawah telapak kaki ibu. Hal tersebut berarti begitu berjasannya seorang ibu kepada kita sampai kita wajib berbuat baik kepada ibu kita sampai akhir hayat nanti.

Sekian wejangan sedikit dari saya, semoga dapat memberikan segudang manfaat bagi saudara sekalian.

Wasalamualaikum. Warahmatullahi wabarakatuh.

Nah itulah penjelsan mengenai cara menulis ceramah dengan memperhatikan struktur teks dan juga langkah-langkahnya serta beberapa contohnya agar mempermudah kamu dalam pembuatan teks ceramah. Semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *