Cara Menulis Pidato dan 10 Contohnya Lengkap 2020

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, pidato berarti pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yg ditujukan kepada orang banyak; atau wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak.

Berpidato atau berceramah merupakan salah satu aktivitas yang sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan sejenis yang juga sering dilakukan oleh orang-orang tertentu adalah berkotbah.

Pidato merupakan penyampaian gagasan, pikiran, informasi dari pembicara kepada khalayak ramai. Salah satu tujuan berpidato adalah meyakinkan pendengar tentang isi pidato yang disampaikan.

Agar pidato yang disampaikan dapat berjalan dengan lancar dan runtut, sebelumnya perlu disiapkan naskah pidato. Secara garis besar, naskah pidato terdiri atas tiga bagian, yaitu pembukaan, isi, dan penutup.

Cara Membuat Teks Pidato

Dalam membuat contoh teks pidato yang baik dan benar, tentunya harus memperhatikan rambu-rambu atau acuan. Berikut ini merupakan struktur teks pidato yang dapat dijadikan sebagai acuan dalam membuat contoh teks pidato.

Struktur Teks Pidato

Teks pidato memiliki struktur sebagai berikut.

1. Pembukaan

Pembukaan teks pidato berisi:

a. Salam pembuka

Contoh:

Assalammualaikum warahmatullaahi wa barakatuh, salam sejahtera bagi kita semua.

b. Ucapan penghormatan

Ucapan penghormatan, biasanya dimulai dari penghormatan terhadap seseorang yang dianggap paling penting.

Contoh:

Yang saya hormati Bapak Kepala Sekolah
Yang saya hormati Bapak/Ibu guru.
Yang saya hormati para tamu undangan,
Yang berbahagia teman-teman kelas IX
Adik-adik kelas VII dan VIII yang saya cintai dan saya banggakan.

c. Ucapan syukur

Ucapan syukur kepada Tuhan atas limpahan rahmat dan karunia yang telah diberikan kepada kita semua.

Contoh:

“Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa karena sampai pada detik ini kita masih diberi nikmat yang tiada tara. Salah satu nikmat itu adalah nikmat sehat dan nikmat sempat sehingga kita semua dapat hadir di sini dalam keadaan sehat wal afiat tidak kurang suatu apapun.”

2. Isi Pidato

Bagian isi adalah bagian inti dari suatu pidato. Pada bagian ini, paparan dari pembicara menduduki persentase yang paling banyak. Pembicara akan menguraikan secara rinci dan panjang lebar inti materi yang akan disampaikan kepada hadirin. Agar isi pidato dapat dengan mudah ditangkap isinya oleh pendengar, pembicara dapat menggunakan penanda, “pertama…. , ” “kedua …..”, ketiga …..” dan seterusnya. Penanda-penanda seperti itu juga akan memudahkan penulis dalam menyusun gagasan teks pidato.

3. Penutup Pidato

Penutup pidato yang baik akan menimbulkan rasa simpati dari pendengar. Penutup pidato dapat diisi dengan:

  1. Simpulan pendek dari uraian sebelumnya.
  2. Permintaan maaf kepada hadirin atas kekhilafan dan kesalahan yang mungkin terjadi, baik disengaja maupun yang tidak disengaja.
  3. Salam penutup.

Dalam penutup dapat juga diisi dengan mengutip pendapat atau katakata mutiara dari tokoh-tokoh besar, atau pantun yang sesuai dengan situasi saat itu.

Contoh:

Hadirin yang saya hormati,

Demikianlah sambutan saya, apabila ada kata-kata yang kurang berkenan dan ada tutur kata yang salah, saya mohon maaf. Kalau ada sumur di ladang bolehlah kita menumpang mandi. Kalau ada umur yang panjang semoga kita berjumpa lagi. Sekian. Terima kasih atas perhatian hadirin.

Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

1. Contoh Pidato Singkat Tentang Pentingnya Pendidikan Bagi Masa Depan

Yth. Bapak/Ibu… (berisi nama pejabat, orang yang dituakan atau dihormati)

Yth. Para hadirin yang berbahagia

Puji syukur kepada Allah SWT, pada hari ini kita diberikan rahmat dan karuania-Nya sehingga kita bisa berkumpul pada kesempatan yang baik ini dalam keadaan sehat wal’afiyat. Pada hari ini kita akan membahas tentang makna pendidikan dan pentingnya pendidikan bagi masa depan. Pendidikan merupakan proses belajar untuk meningkatkan pengetahuan.

Pendidikan bukan hanya proses mentransfer ilmu dari pendidik kepada peserta didik. Lebih dari itu, pendidikan bertujuan meningkatkan sumber daya manusia dan mencetak generasi bangsa yang cerdas. Pendidikan memegang peranan penting di dalam suatu kehidupan berbangsa dan bernegara karena di sinilah cita-cita dan masa depan generasi penerus bangsa diletakkan.

Hadirin yang berbahagia

Kita tahu pendidikan merupakan hal yang sangat penting, baik bagi kehidupan pribadi maupun kehidupan berbangsa dan bernegara. Sayangnya tidak semua orang berkesempatan untuk mengeyam pendidikan hingga tingkat pendidikan yang tinggi.

Keterbatasan ekonomi dan keterbatasan akses membuat pendidikan sangat sulit untuk didapatkan oleh saudara-saudara kita di wilayah lain yang terpencil. Masih ingatkah Anda ada sebagian kecil saudara kita di daerah lain yang harus menyeberang sungai bertaruh nyawa demi bisa sampai di sekolah? Hal ini tentu membuat kita terenyuh.

Di saat mereka ingin mendapatkan pendidikan yang baik, mereka terkendala akses menuju sekolah yang sulit dicapai. Oleh karena itu, bagi kita yang mendapatkan kemudahan untuk mengenyam pendidikan, maka mari gunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk mencapai prestasi yang setinggi-tingginya.

Pendidikan merupakan salah satu cara untuk mencapai cita-cita. Anda bercita-cita ingin menjadi apa? Dokter? Insinyur? Diplomat? Presiden? Semuanya tidak akan tercapai tanpa pendidikan yang memadai. Pendidikan juga menjadi jalan termudah untuk memutus mata rantai kemiskinan karena kemiskinan erat kaitannya dengan kebodohan.

Pendidikan yang cukup membuat orang lebih terdidik, lebih mudah mendapatkan informasi, dan lebih pintar. Hal ini membuat orang berpendidikan mendapatkan kesempatan lebih luas untuk mendapatkan posisi karier yang lebih tinggi dan kesempatan kerja yang lebih luas sehingga kesejahteraannya juga lebih baik daripada orang yang tidak berpendidikan.

Hadirin sekalian yang saya hormati.

Mengingat pentingnya pendidikan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara maupun kehidupan pribadi, maka mari siapkan diri untuk meraih pendidikan setinggi mungkin agar tercapai cita-cita yang diimpikan. Demikian apa yang bisa saya sampaikan pada pagi hari ini. Semoga memberikan manfaat bagi kita semua.

2. Contoh Pidato Tentang Pendidikan – Mencari Ilmu

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah, Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan kita kesempatan untuk dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal’afiyat.

Shalawat serta salam semoga tetap tercurah limpah kepada Nabi Muhammad SAW, kepada keluarganya, sahabatnya serta para pengikutnya sampai akhir jaman.

Hadirin yang berbahagia.

Mencari ilmu kewajiban kita sebagai umat manusia. Dengan ilmu kita dapat menjadi lebih pintar, dengan ilmu kita dapat mempunyai keahlian dan pengetahuan tentang segala jenis hal. Dengan ilmu kita menjadi tahu lebih dan lebih tahu tentang cara mengatasi suatu persoalan.

Ilmu tidak hanya terbatas hal-hal yang diajarkan di bangku sekolah. banyak ilmu-ilmu lain yang dapat kita pelajari untuk menunjang kehidupan kita, Contohnya ilmu memasak, ilmu bertanam dan lain sebagainya.

Mencari ilmu tidak hanya terbatas pada kegiatan belajar mengajar di kelas. Ilmu bisa kita dapatkan dari media lain. Semisal buku, koran, internet atau majalah. Luangkanlah waktu kita untuk membaca-baca buku, Mengulang kembali pelajaran ketika menunggu kendaraan umum atau ketika waktu Istirahat.

Itu lebih baik daripada kita memboroskan waktu untuk membuka hal-hal yang bersifat tidak terlalu urgent (penting) di hp atau smartphone kita.

Selain dari buku, Ilmu bisa juga kita dapatkan dari sebuah diskusi bersama kerabat, teman ataupun orang tua. Dari obrolan dengan mereka kita dapat mengambil suatu pelajaran yang luar biasa. Dari pengetahuan atau kisah-kisah mereka di masa lalu.

Hadirin yang saya homati.

Manfaatkanlah waktu kita dengan sebaik-baiknya. Janga sia-siakan waktumu. Ilmu itu luas, galilah sedalam-dalamnya.

Sekian pidato singkat dari saya, kurang lebihnya mohon maaf. Saya tutup dengan ucapan ..

Wassalamu ‘alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

3. Contoh Pidato Singkat tentang Pergaulan Bebas

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yang saya hormati Ibu hartini, selaku guru Bahasa Indonesia .

Dan tak lupa teman-teman semua yang aku sayangi.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT atas rahmat-Nya yang diberikan kepada kita semua. Atas rahmatnya kita semua dapat berkumpul pada kesempatan ini dalam kondisi yang sehat tanpa suatu halangan apapun. Tak lupa sholawat dan salam tetap tercurah kepada junjungan Nabi akhir zaman Nabi Muhammad SAW dan untuk mendapatkan syfaatnya di yaumul kiyamah nanti. Amiin.

Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan pidato singkat tentang pergaulan bebas. Di zaman modern yang serba teknologi seperti sekarang ini, banyak orang terjerumus ke pergaulan bebas.

Pergaulan bebas adalah pergaulan yang sudah menyalahi norma-norma yang ada dalam masyarakat seperti mabuk-mabukkan, merokok, balap liar bahkan sampai hamil di luar nikah. Pergaulan bebas dapat disebakan karena beberapa faktor antara lain kurang mendapat ilmu keagamaan, kurangnya kesadaran bahkan bisa karena terpengaruh temannya yang nakal.

Selain itu, pergaulan bebas bisa terjadi karena kurangnya perhatian dan pengawasan dari orang tua. Sehingga anak mencari perhatian di luar rumah, atau bisa jadi karena orang tua terlalu mengekang terhadap anak jadi merasa tertekan dan akhirnya terjerumus ke dalam pergaulan bebas.

Jadi pergaulan bebas adalah perbuatan yang sudah menyalahi norma, perbuatan yang tidak terpuji dan merugikan diri sendiri dan masyarakat. Jadi membentengi anak-anak dengan ilmu agama itu sangat penting dilakukan.

Demikian pidato yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. Apabila ada salah kata yang tidak berkenan di hati para hadirin, saya mohon maaf.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

4. Contoh Pidato Singkat tentang Bahaya Narkoba

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmatnya. Sehingga kita dapat berkumpul pada kesempatan yang baik ini dalam keadaan sehat dan tanpa suatu halangan apapun.

Shalawat serta salam tetap tercurahkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW, karena beliaulah yang selalu memberikan suri tauladan yang terbaik kepada umatnya.

Pada kesempatan ini, saya akan menyampaikan pidato singkat tentang bahayanya narkoba untuk generasi penerus bangsa ini.

Saat ini, pengguna narkoba di Indonesia jumlahnya semakin meningkat. Hal ini terjadi karena lemahnya penegakan hukum di Indonesia. Bahkan para pengedar dari luar negeri justru memanfaatkan orang Indonesia untuk membantu dalam aksinya demi meraup keuntungan yang lebih besar.

Penyalahgunaan zat adiktif dan narkotika lainnya dapat memberikan efek buruk terhadap masyarakat. Sehingga dapat memberikan kerugian yang besar seperti gangguan kesehatan, tindak kekerasan, kriminalitas, perubahan perilaku, menurunnya produktifitas kerja dan lain-lain.

Agar terhindar dari penggunaan narkoba, dapat diadakan penyuluhan-penyulahan di setiap daerah baik di lingkungan sekolah ataupun di masyarakat. Memberikan pengetahuan yang cukup tentang bahayanya narkoba jika sampai meracuni tubuh kita. Dan yang lebih miris lagi, bahwa pengguna narkoba lebih banyak terjadi pada anak-anak remaja dan sekolah.

Untuk menghindari masuknya narkoba ke lingkungan sekolah, maka pihak sekolah juga harus mengadakan program waspada narkotika dan mengidentifikasi bagai mana cir-ciri anak yang sudah mengkonsumsi narkoba.

Seringkali para pengguna atau pengedar narkoba sudah tahu tentang program-program sekolah untuk mencegah masuknya narkoba ke lingkungan sekolah. Jadi mereka dapat dengan mudah untuk mengatasi hal itu.

Tetapi, sepandai apapun yang dapat dilakukan oleh pengguna dan pengedar narkoba, kita harus tetap optimis untuk melakukan pencegahan. Kita harus bisa memberantas kasus narkoba. Setidaknya dengan cara meminimalisir kasus narkoba dengan cara apapun.

Tentunya cara- cara tersebut dapat memberikan manfaat yang sangat luar biasa untuk siswa. Selain itu, juga dapat meningkatkan karakter siswa agar mereka merasa nyaman dalam proses kegiatan belajar mengajar.

Demikian sedikit pidato tentang bahaya narkoba untuk remaja Indonesia yang dapat saya sampaikan. Jika ada salah kata dalam penyampaiannya, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Dan atas perhatiannya, saya ucapkan banyak terima kasih

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

5. Contoh Pidato tentang Perpisahan Sekolah

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Kepada yang terhormat Bapak Kepala Sekolah.

Kepada yang terhormat segenap Guru dan Staf.

Dan tidak lupa untuk para hadirin semua.

Marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua. Sehingga kita dapat berkumpul bersama pada acara perpisahan sekolah ini dalam keadaan sehat dan bahagia tentunya.

Sholawat dan salam tetap tercurah kepada junjungan Nabi besar kita Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya, sahabatnya dan juga para pengikutnya. Semoga kita semua mendapatkan syafa’atnya kelak pada hari kiamat.

Banyak hal yang ingin saya sampaikan pada kesempatan ini. Kami sangat bersyukur bisa jadi bagian dari keluarga besar SMP Negri 118 Bandung.

Dari saya pribadi, mengucapkan banyak terima kasih atas jasa guru-guru yang telah mengajarkan banyak ilmu kepada kami. Bukan hanya ilmu akademik yang kita dapatkan, tetapi lebih banyak mengajarkan kepada kami tentang kehidupan bermasyarakat.

Untuk teman-temanku semua, tidak terasa kita selama tiga tahun sudah melewati bersama dalam belajar, berorganisasi dan juga kegiatan-kegiatan lain yang diadakan oleh sekolah. Selama tiga tahun ini, banyak sekali kenangan-kenangan yang tidak akan pernah bisa saya lupakan.

Saya berpesan untuk teman-teman yang saya cintai dan saya sayangi, perpisahan ini bukan akhir dari perjuangan kita selama ini, bahwa kita bisa lulus dengan peringkat terbaik. Tetapi sebenarnya perjuangan ini baru akan kita mulai. Saya yakin kalau teman-teman pasti memiliki impian yang lebih tinggi agar menjadi manusia yang lebih sukses dan dapat menjadi kebanggaan orang tua. Oleh karena itu, marilah kita berjuang bersama-sama untuk mewujudkan cita-cita kita.

Sebagai penutup, sekali lagi mewakili teman-teman semua mengucapkan banyak terima kasih kepada guru-guru yang telah mengajarkan banyak sekali ilmu yang sangat bermanfaat kami. Kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada semua staf dan jajarannya atas jasa-jasanya yang telah diberikan kepada kami. Kami sadar, bahwa kami tidak akan mampu untuk membalas jasa-jasa kalian, yang dapat kami lakukan yaitu berdoa, semoga semua guru-guru dan staf selalu diberi kesehatan, panjang umur dan selalu diberi kemudahan dalam menjalani hidup.

Kami juga mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada semua guru dan staf. Jika selama tiga tahun ini kami melakukan banyak kesalahan baik disengaja atau tidak. Maafkanlah segala kenakalan yang telah kami perbuat dan telah membuat kalian marah.

Akhir kata,

Saat ini, semua cerita yang ada di sekolah sudah berakhir dan hanya akan jadi kenangan. Canda, tawa, senyum, marah dan semua cerita bahagia atau yang menyedihkan akan terukir dalam hati kita semua. Tetapi, saya sangat bersyukur bisa memiliki waktu untuk mengenal guru-guru di sini, teman-teman dan seluruh keluarga besar SMP Negeri 118 Candiroto. Terima kasih sudah membuat saya menjadi sosok manusia yang sebenarnya, tentunya manusia yang lebih baik.

Sekian sedikit pidato yang saya sampaikan, Terima kasih atas perhatiannya dan saya mohon maaf jika ada kata yang salah atau menyinggung perasaan.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

6. Contoh Pidato tentang Kenakalan Remaja

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Kepada Yth. Bapak Sekolah SMA Negeri 118 Bandung.

Yang Terhormat Bapak/Ibu guru dan seluruh staff.

Dan tidak lupa untuk teman-teman yang saya cintai dan saya banggakan.

Pertama-tama marilah kita ucapkan syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmatnya. Sehingga kita dapat berkumpul pada kesempatan ini tanpa suatu halangan apapun.

Kita semua tahu, bahwa sekarang ini banyak sekali terjadi kenakalan remaja, hal itu disebabkan banyaknya perbuatan negative yang terjadi di masyarakat. Misalnya saja perbuatan orang tua seperti merokok dapat ditiru oleh anaknya. Yang pada awalnya merokok hanya mencoba, tetapi lama kelamaan jadi kecanduan dan menjadi suatu kebiasaan.

Kebanyakan penyebab kenakalan remaja karena dari orang tua mereka sibuk bekerja di luar rumah. Jadi anak- anak kurang mendapat perhatian dari orang tua sendiri. Selain itu, salah pergaulan juga bisa menyebabkan kenakalan pada remaja. Ketika anak- anak bergaul dengan teman- teman yang berada di lingkungan negative maka perilakunya juga dapat ikut negatif.

Pergaulan yang salah seperti geng motor, tawuran pelajar dan mabuk-mabukkan sangat merugikan. Karena efek buruknya bukan hanya pada yang melakukan tetapi terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar.

Maka dari itu, marilah kita gunakan masa remaja kita untuk hal- hal yang posistif, agar Anda dapat bermanfaat untuk diri sendiri, orang tua, masyarakat dan juga bangsa ini.

Demikian pidato singkat yang dapat saya sampaikan, apabila ada salah kata yang tidak berkesan saya mohon maaf yang sebesar- besarnya.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

7. Contoh Pidato tentang Pentingnya Pendidikan Karakter Moral

Assalamualaikum Wr. Wb.

Puji syukur ke hadirat Tuhan yang Maha Esa yang telah memberikan rahmatnya kepada kita semua. Sehingga kita dapat berkumpul pada kesempatan ini dalam keadaan sehat sehingga kita mengikuti acara untuk bimbingan karakter ini.

Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada para orang tua dan remaja-remaja yang sudah menyempatkan waktunya untuk belajar bersama di sini. Dengan Adik- adik dapat hadir di sini, maka akan mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat.

Hadirin yang saya hormati dan adik-adik yang saya cintai

Usia remaja merupakan usia yang sangat berpengaruh dan menentukan masa depan bangsa ini. Di mana pada saat usia remaja, kita harus selektif dalam menentukan pendidikan dan teman bermain. Selain itu, kita juga harus hati-hati dalam bergaul, karena pergaulan yang buruk juga dapat menyeret kita ke lingkungan yang buruk juga.

Jadi, jangan sampai menyia-nyiakan usia remaja tanpa menggunakan waktu untuk hal- hal positif yang bermanfaat. Gunakan waktu remaja untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat untuk masa depan.

Hadirin yang saya hormati dan adik-adik yang saya cintai

Dari sekian banyak pendidikan untuk remaja yang tepat adalah dengan mengikuti pendidikan berkarakter. Pendidikan karakter dapat membantu remaja agar memiliki keahlian khusus ataupun pengembangan yang ada pada dirinya. Sehingga pada usia dewasa nanti, pendidikan tersebut dapat bermanfaat untuk kehidupannya dalam bermasyarakat di masa depan.

Hadiri yang saya hormati

Demikianlah pidato singkat tentang pentingnya pendidikan berkarakter yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Semoga pidato yang saya sampaikan bermanfaat. Akhir kata saya ucapkan banyak terima kasih, saya mohon maaf apabila dalam penyampaiannya ada salah kata yang tidak disengaja.

Wasslamu’alaikum Wr. Wb.

8. Contoh Pidato tentang Kesehatan

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT, karena telah melimpahkan rahmatnya. Sehingga kita dapat berkumpul pada kesempatan ini dalam keadaan sehat wal’afiyat.

Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan pidato tentang pentingnya menjaga kesehatan. Perlu kita ketahui bahwa kesehatan itu harganya sangat mahal. Bayangkan saja, jika kita dalam kondisi sehat terus tiba- tiba terserang penyakit jantung. Anda dapat membayangkan, berapa banyak biaya yang harus di keluarkan, sudah pasti biayanya sangat mahal.

Maka dari itu, menjaga kesehatan adalah hal yang paling penting. Apabila kesehatan kita terjaga dengan baik. Maka kita dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan lancar dan dapat meraih prestasi lebih banyak lagi di masa depan.

Dinamakan sebuah bangsa yang kuat, apabila mempunyai rakyat yang sehat. Apabila rakyatnya sehat, maka masa depan Negara akan menjadi kuat dan begitupun sebaliknya. Nah, kita sebagai pelajar harus bisa menjaga kesehatan dengan baik dari hal yang sederhana. Misalnya menjaga pola hidup yang sehat, makan- makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, melakukan olahraga teratur, menjaga kebersihan dan lain-lain.

Masih banyak lagi hal- hal yang dapat di lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Yang paling penting adalah selalu peduli untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga terdekat. Jika semua orang sadar seperti itu, maka bangsa ini akan memiliki rakyat yang sehat.

Demikianlah pidato singkat yang dapat saya sampaikan. Apabila ada tutur kata yang tidak berkesan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Atas perhatiannya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

9. Contoh Pidato tentang Pendidikan Masa Depan

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Yth. Bapak/Ibu ….(nama pejabat, nama orang yang dihormati)

Yth. Para hadirin yang berbahagia

Puji syukur ke hadirat Allah SWT karena pada hari ini kita telah diberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga kita dapat berkumpul pada kesempatan yang baik ini dalam kondisi yang sehat.

Pada kesempatan ini, saya akan menyampaikan sedikit informasi tentang makna pendidikan dan pentingnya pendidikan untuk masa depan.

Pendidikan itu tidak hanya proses untuk mentransfer ilmu dari seorang pendidik kepada peserta didik. Tetapi pendidikan itu maknanya luas dan bukan hanya sebatas itu. Pendidikan itu bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia yang lebih baik dan mencetak generasi bangsa yang cerdas. Pendidikan berperan penting untuk masa depan bangsa dan Negara, karena di situlah cita-cita dan masa depan bangsa.

Para hadirin yang berbahagia

Kita semua tahu, bahwa pendidikan merupakan hal yang sangat penting. Baik untuk kehidupan pribadi maupun kehidupan berbangsa dan bernegara. Tetapi sayangnya tidak semua orang mendapat kesempatan untuk mendapatkan pendidikan hingga tingkat tinggi.

Karena keterbatasan ekonomi masyarakat dan akses yang membuat pendidikan sangat sulit diperoleh oleh saudara- saudara kita yang tinggal di daerah terpencil. Anda mungkin bisa tahu bahwa banyak saudara- saudara kita harus menyeberang sungai dan bertaruh nyawa untuk bisa sampai sekolah.

Pada saat mereka ingin mendapatkan pendidikan yang terbaik, namun mereka terkendala akses untuk bisa sampai sekolah. Oleh karena itu, bagi teman-teman yang dapat mengenyam pendidikan dengan mudah, mari manfaatkan waktunya dengan sebaik-baiknya agar dapat mencapai prestasi yang setinggi-tingginya.

Pendidikan yang cukup, membuat orang menjadi lebih pintar, lebih terdidik dan lebih mudah mendapatkan informasi. Orang yang berpendidikan akan mendapatkan kesempatan kerja lebih luas dan mendapatkan posisi karier yang lebih baik. Sehingga kesejahteraan orang yang berpendidikan akan lebih baik dari pada orang yang tidak berpendidikan.

Hadirin yang saya hormati

Pentingnya pendidikan untuk kehidupan pribadi, berbangsa dan bernegara, maka kita siapkan diri kita untuk mendapatkan pendidikan yang terbaik. dan raihlah cita- cita kita setinggi mungkin. Demikian yang bisa saya sampaikan. Apabila ada tutur kata yang tidak berkenan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

10. Contoh Pidato Memperingati Hari Kartini

Assalamulaiakum Wr. Wb.

Yang terhormat, Kepala Sekolah SMP Negri 118 Bandung, Ketua Panitia Penyelenggara Hari Kartini, guru-guru, seluruh staf dan jajarannya. Tidak lupa teman-teman yang saya cintai dan saya banggakan.

Pertama-tama mari kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT. Karena atas rahmat dan hidayah-Nya. Sehingga kita dapat berkumpul bersama dalam keadaan yang baik ini.

Sholawat serta salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita, Nabi Besar Muhammad SAW, kepada keluarganya, sahabatnya dan semua umatnya.

Pada hari ini tanggal 21 April, kita memperingati hari Kartini. R.A Kartini adalah seorang Pahlawan Nasional Indonesia yang memperjuangkan hak asasi manusia. Beliau telah membawa perubahan kaum wanita di Indonesia. Karena atas perjuangannya, bangsa ini khususnya wanita Indonesia meraih kebebasan dan kemerdekaan. Kehadiran kartini membuat perubahan para wanita Indonesia pada zaman penjajahan.

Kartini adalah sosok yang mengagumkan, kita tidak akan menemukan sosok seperti kartini pada zaman sekarang. Zaman yang serba keras dan cepat, sosok seperti beliau lah yang dibutuhkan saat ini. Sebab perempuan-perempuan Indonesia saat ini sudah mulai terjajah lagi.

Nah, saat ini kita hanya mampu mengenang jasa-jasa beliau. Dengan mengenang Kartini, semoga kita bisa belajar banyak tentang beliau untuk meningkatkan derajat wanita.

Sekian pidato yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. Apabila ada kekurangan ataupun salah kata saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Nah itulah beberapa contoh dan cara menulis pidato. Pada dasarnya pembuatan pidato memang cenderung sama hanya saja inti atau isi dari pidato itulah yang membedakannya.