Cara Ampuh Mencegah Jamur Ganoderma pada Pohon Sawit

Hama adalah organisme yang tidak diinginkan karena dianggap merugikan, dalam pertanian hama adalah organisme pengganggu tanaman yang menimbulkan kerusakan atau kerugian dalam pertanian. Jamur Ganoderma dapat dikategorikan salah satu jenis hama, walau pada sisi lain jamur ini juga memiliki sifat menguntungkan bagi tumbuhan. Sebagai patogen tumbuhan, Jamur Ganoderma dapat menyebabkan busuk akar dan batang pada tumbuhan tahunan tropika di perkebunan (sawit) maupun kehutanan, sehingga menyebabkan kerugian. Sebagai saprofit di alam, Jamur Ganoderma bermanfaat sebagai bahan pengurai batang tanaman yang sudah mati. Ada jenis Ganoderma lain yang telah lama digunakan sebagai bahan obat bagi kesehatan manusia, namun tidak Ganoderma pada sawit ini.

Karena jamur ganoderma yang memiliki dampak buruk ini, banyak produsen pupuk dan lembaga berbagai negara yang melakukan penelitian untuk membasmi jamur ganoderma si fungi sejati ini. Walau hingga saat ini masih banyak orang mengira bahwa belum ditemukan cara membasmi salah satu patogen tumbuhan ini, namun Anda tetap dapat melakukan langkah-langkah berikut untuk mencegah serangan jamur ganoderma dengan langkah-langkah berikut :

1. Melakukan Deteksi Dini Ganoderma

Deteksi dini dapat dilakukan saat Anda mendapati penampakan daun tombak yang ganda, hal tersebut menandakan adanya basidiokarp Ganoderma tahap awal pada pangkal batang. Jika sudah terdapat basidiokarp Ganoderma di pohon maka dapat dipastikan pohon tersebut telah memasuki stadium 3 & 4 dan pastinya sekelilingnya juga sudah terinfeksi Ganoderma sehingga harus segera dilakukan sensus tingkat keparahan.

2. Memusnahkan Sumber Inokulum Ganoderma

Sumber inokulum Ganoderma ini dapat berupa sisa-sisa kayu land clearing, ditandai dengan adanya pohon sawit yang mati, serta masih terdapatnya padang pengembalaan ternak di areal kebun. Jika sumber dari inokulum Ganoderma ini dapat dimusnahkan maka penyebaran hama tersebut tidak akan merambat atau berdampak pada tanaman lainnya. Karena daerah endemik Ganoderma dapat terjadi karena inokulum telah menyebar dan bertahan di kebun, sehingga tanaman yang sehat pun akan terserang juga.

3. Hindari Penggunaan Bahan Kimia secara Berlebihan

Penggunaan bahan kimia secara berlebihan akan menimbulkan kerusakan agroekosistem pada tanah perkebunan. Sedangkan musuh alami dari Ganoderma adalah tanah yang bagus, sehingga ketika tanah perkebunan rusak membuat Ganoderma lebih cepat berkembang. Tanah perkebunan yang rusak disebabkan adanya tekanan lingkungan seperti penggunaan bahan kimia yang berlebihan. Maka penggunaan bahan kimia secara bijaksana, akan mampu mengatasi penyakit Ganoderma pada sawit.

4. Perawatan yang Sesuai Standar Perkebunan

Perawatan pada pohon sawit dapat dilakukan dengan melakukan pruning pelepah kering, bunga busuk dan buah busuk (dikumpulkan, dicincang dan dimusnahkan) serta garuk pinggiran. Perawatan dilakukan agar kondisi pohon tetap sehat sehingga pohon sawit dapat terhindari atau dapat meminimalisir untuk terkena Ganoderma.

5. Penggunaan Pupuk yang Tepat

Pupuk merupakan material yang ditambahkan pada media tanam atau tanaman untuk mencukupi kebutuhan hara yang diperlukan tanaman sehingga membuat tanaman dapat berproduksi dengan baik. Pemberian pupuk dengan tepat atau sesuai akan mampu diserap oleh tanaman secara maksimal dan tidak menyebabkan kerusakan tanah serta membantu perkembangan mikroorganisme tanah, seperti dilakukan PKT (Plantation Key Technology) dalam formulasi pupuk MOAF® yang sangat sesuai dalam pengendalian Ganoderma. Jangan pernah menggunakan pupuk sembarangan, karena pemakaian yang tidak tepat akan memperkuat daya tahan Ganoderma sehingga masalah tersebut tidak akan pernah terselesaikan.

6. Gunakan Vaksin Ganoderma

Ganoderma dapat menyerang masa pertumbuhan sawit, apabila sudah terjadi kerusakan maka biaya yang dikeluarkan untuk mengendalikannya akan sangat tinggi. Sehingga melakukan pencegahan dengan vaksin Ganoderma adalah langkah yang tepat. CHIPS® merupakan vaksin Ganoderma yang ramah lingkungan yang berfungsi untuk menekan laju perkembangan Ganoderma baik pada pohon maupun serangan infeksi dari luar pohon di areal kebun, sehingga pohon sawit tetap sehat dan berproduksi secara maksimal.

Bagi perusahaan perkebunan yang memiliki kendala menghadapi hama Ganoderma ini, maka disarankan sebelum terlambat, agar segera mencari ahli nya yaitu Plantation Key Technology, yang merupakan perusahaan riset dan juga memiliki unit produksi pupuk dan pestisida, dimana perusahaan ini juga sudah banyak mendapatkan penghargaan di bidang nya. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunjungi website www.pkt-group.com atau menghubungi whatsapp 0821-2000-6888.