12 Universitas Terbaik di Kota Medan 2020

0
2161
Universitas Negeri Medan
Universitas Negeri Medan

“Carilah ilmu sampai ke Negeri China” siapa yang tidak kenal dengan istilah tersebut ? Selama kita masih hidup, selama itu pula kita belajar. Dan tidak ada waktu yang terlambat dalam mencari ilmu. Termasuk melanjutkan sekolah ke jenjang lebih tinggi agar lebih menguasai suatu bidang, yakni dengan masuk suatu Universitas. Nah, Kota Medan yang dikenal sebagai Kota terbesar di Indonesia ini selain mempunyai objek wisata yang indah, Medan juga mempunyai daftar Universitas yang diminati oleh banyak orang, baik dalam maupun luar negeri. Universitas apa aja sih yang termasuk Universitas terbaik di Kota Medan? Ini dia 12 Universitas terbaik di Kota Medan.

1. Universitas Sumatera Utara

Universitas Sumatera Utara
Universitas Sumatera Utara

Universitas Sumatera Utara atau yang biasa disebut USU adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik yang ada di Medan. Universitas ini mempunyai beberapa prestasi yang menjadikannya unggul dibanding Perguruan Tinggi yang lainnya. Berikut merupakan presatasi dari Universitas Sumatera Utara :

  1. Universitas Sumatera Utara memiliki primadona dalam bidang Kedokteran, yang mana Kedokteran USU dilirik oleh banyak mahasiswa asing terutama mahasiswa dari Malaysia.
  2. Dosen Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara sedang mengurus hak paten dari sebuah produk yang dia buat. Dosen ini membuat produk penjernih air (Ferro Filter) dan telah digunakan di berbagai wilayah. USU (Universitas Sumatera Utara) juga memiliki banyak UKM yang telah membawa pulang banyak piala dan penghargaan.

Biaya kuliah di Universitas Sumatera Utara dibagi menjadi 7 golongan. Untuk jurusan sistem komputer misalnya, UKT tiap semester yang perlu dibayarkan berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 500.000.

Universitas Sumatera Utara berada pada peringkat ke 20 Universitas Terbaik dalam negeri dan peringkat 2980 (world) versi webometrics.

Untuk kamu yang berminat menjadi bagian dari mahasiswa/i Universitas Sumatera Utara ini berlokasi di Jalan Abdul Hakim No.1, Padang Bulan, Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara.

Website resmi: usu.ac.id

2. Universitas Negeri Medan

Universitas Negeri Medan
Universitas Negeri Medan

Universitas Negeri Medan ini punya sebuatan UNIMED. Universitas ini mempunyai deretan prestasi yang luar biasa, yang pastinya patut kamu perhitungkan dibanding Universitas yang lainnya. Prestasi dari Universitas Negeri Medan antara lain :

  1. Mahasiswa Tata Boga FT UNIMED Juara 1 dan 2 Lomba Fruit Carving Festival Buah Nusantara 2018
  2. Alumni UNIMED Raih Medali Emas dan Perunggu di Asian Para Games 2018
  3. Mahasiswa FBS UNIMED Juara 2 Debat Bahasa Indonesia Tingkat Mahasiwa Se- Sumatera Utara
  4. Mahasiswa PLS UNIMED Juara 2 Lomba Essay Nasional di UNESA Surabaya

Biaya kuliah di Universitas Negeri Medan dibagi menjadi 5 golongan yang mana berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 1.650.000. Universitas Negeri Medan mempunyai beberapa fakultas, yaitu: Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Bahasa & Seni, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Keolahragaan, dan Fakultas Ekonomi.

Universitas Negeri Medan peringkat 108 (Indonesia) dan 6144 (world) versi webometrics. Alamat UNIMED ini di Jalan Willem Iskandar Pasar V, Medan Estate, Sumatera Utara.

Website resmi: unimed.ac.id

3. Politeknik Negeri Medan

Politeknik Negeri Medan
Politeknik Negeri Medan

Siapa yang tidak tahu Politeknik Negeri Medan? Nah Politeknik yang satu ini termasuk ke salah satu Perguruan Tinggi terbaik karena beberapa prestasi yang pernah diraih, seperti:

  1. Mahasiswa Politeknik Negeri Medan Meraih Juara 1 di Ajang Mawapres
  2. Akreditasi program studi di Politeknik Negeri Medan unggul A yang telah bertambah sebanyak 21 prodi dari sebelumnya.
  3. Mahasiswa yang membawa pulang piala di tingkat nasional dan Internasional pada 2017 mencapai 136 kegiatan.

Untuk bisa berkuliah di sini kamu perlu menyiapkan dana yang memang cukup besar. Biaya kuliah di Politeknik Negeri Medan dibagi menjadi 3 golongan yang berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 4.800.000.

Politeknik Negeri Medan ini menduduki peringkat 258 (Indonesia) dan peringkat 11442 (World) versi webometrics. Kampusnya berada di Jalan Almamater No. 1, Padang Bulan, Medan.

Website resmi: polmed.ac.id

4. Institut Teknologi Medan

Institut Teknologi Medan
Institut Teknologi Medan

Selain berprestasi di tingkat nasional, ITM atau Institut Negeri Medan juga pernah, menjuarai beberapa lomba internasional. Sebut saja prestasi terbaru saat ini, tepatnya di acara Indonesia Malaysia Thailand-Growth Triangle (IMT-GT) ke 20. Dilaksanakan pada tanggal 20 hingga 26 juli 2018 lalu di Universiti Teknologi Munara, Malaysia, Institut Teknologi Medan sukses meraih:

  1. Medali emas pada cabang lomba seminar beregu
  2. Medali perak pada cabang lomba badminton

Adapun Fakultas di Institut Teknologi Medan, yaitu: Fakultas Teknik Sipil & Perencanaan, Fakultas Teknologi Industri, dan Fakultas Teknologi Mineral.

Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ini seharusnya akan jadi pilihan tepat untuk kamu yang ingin kuliah di Universitas terbaik dengan lokasi yang juga strategis. ITM Berlokasi di pusat kota tepatnya di Jl. Gedung Arca No.52, Teladan Bar.

Untuk biaya kuliah di ITM sendiri, umumnya berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 9.500.000 (per tahun ajaran 2018/2019) yang disesuaikan dengan golongan dan jurusan yang nanti kamu pilih. ITM menduduki peringkat 107 (nasional) versi webometrics.

Website resmi: itm.ac.id

5. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Terkadang sebagian orang menganggap bahwa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) selalu lebih baik dibanding Perguruan Tinggi Swasta (PTS) padahal tidak selalu begitu. Faktor lain yang mendukung bagus tidaknya suatu Perguruan Tinggi adalah cara belajar dan kegigihan kita sebagai mahasiswa/i yang menuntut ilmu. Contohnya Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara ini, walaupun termasuk ke dalam Perguruan Tinggi Swasta bukan berarti Universiatas ini tidak bagus loh. Buktinya Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara atau yang biasa disingkat sebagai UMSU ini mempunyai prestasi yang banyak, diantaranya sebagai berikut:

  1. Juara I (Emas ) cabang Gastroenteropatologi Regional Medical Olympiad (2017)
  2. Juara II (Perak) cabang Muskulosketelal Regional Medical Olympiad (2017)
  3. Juara I Lomba Karya Tulis Ilmiah Ekonomi Islam dalam ajang temu Ilmiah Regional FoSSEI Sumbagut, Aceh (2017)
  4. Juara III Lomba Video Ekonomi Islam dalam ajang temu Ilmiah Regional FoSSEI Sumbagut, Aceh (2017)

Adapun Fakultas yang tersedia di UMSU, yaitu: Fakultas Agama Islam, Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, dan Fakultas Kedokteran.

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara ini beralamat di Jl. Kapten Mucthar Basri No.3, Glugur Darat II, Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20238.

Biaya kuliah di UMSU, berbeda antara mahasiswa kedokteran, non kedokteran, serta pascasarjana. Untuk mahasiswa non kedokteran sendiri, BPP berkisar antara Rp 6.000.000 hingga Rp 9.000.000 tiap tahun ajarannya. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara berada di posisi 95 (Indonesia) dan posisi 5847 (World) versi webometrics.

Website resmi: umsu.ac.id

6. Universitas Medan Area

Universitas Medan Area
Universitas Medan Area

Setelah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Universitas Medan Area juga wajib masuk opsi alternatif Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang sangat patut diperhitungkan. 6. Universitas Medan Area memiliki beberapa pilihan Fakulatas, yaitu: Fakultas Psikologi, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, Fakultas Biologi, dan Fakultas Pertanian.

Dengan biaya kuliah berkisar antara 2.000.000 (fakultas ekonomi, fakultas pertanian, dan fakultas teknik), serta 1.500.000 untuk fakultas Biologi dan Fisipol.

Universitas Medan Area berlokasi di Jalan Setia Budi No. 79 B, Tanjung Rejo, Medan Sunggal, Tj. Rejo, Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara 20112. Dan menduduki peringkat 4520 (World) serta peringkat ke-29 GreenMetric World University Ranking tingkat Internasional.

7. Universitas Islam Sumatera Utara

Universitas Islam Sumatera Utara
Universitas Islam Sumatera Utara

Berbeda dengan Universitas lainnya, Universitas Islam Sumatera Utara ini memiliki 4 lokasi kampus, yakni:

  1. Karya Bakti No 34, Pangkalan Masyhur, Medan – Sumatera Utara
  2. Sisingamangaraja Teladan, Kelurahan Teladan Barat, Kecamatan Medan Kota, Medan – Sumatera Utara
  3. Sisingamangaraja No. 2A,Gedung Fakultas Kedokteran UISU, Medan – Sumatera Utara
  4. Sisingamangaraja , Gedung Pertanian UISU , Medan – Sumatera Utara

Adapun Fakultas di Universitas Islam Sumatera Utara, yaitu : Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Fakultas Hukum, Fakultas Sastra, Fakultas Pertanian, Fakultas Agama Islam, Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, dan Fakultas Kedokteran.

Biaya kuliah di Universitas Islam Sumatera Utara berkisar antara 4.500.000 sampai 12.500.000 yang ditentukan berdasarkan program studi pendaftar. Universitas Islam Sumatera Utara menduduki peringkat 13.684 (World) versi webometrics.

Website resmi: uisu.ac.id

8. STMIK STIE Mikroskil

STMIK STIE Mikroskil
STMIK STIE Mikroskil

STMIK STIE Mikroskil ini sangat cocok bagi kamu yang ingin mengembangkan diri dalam basis keilmuan teknik informatika, manajeman dan akuntansi di Kota Medan. Dengan prestasi sebagai Juara 1 dan 2 Art Techno di USU pada tahun 2016. Juara III Pekan Olahraga Kampus Swasta Kopertis I Sumatera Utara. Juara 2 IT Innovation Tingkat Nasional tahun 2016. Perguruan Tinggi ini beramalat di Jalan MH Thamrin No. 140, Pusat Ps., Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara.

Adapun Program Studi di STMIK STIE Mikroskil, yaitu: Program Studi Teknik Informatika (S1), Program Studi Sistem Informasi (S1), Program Studi Manajemen (S1), Program Studi Akuntansi (S1), dan Program Studi Manajemen Informatika (D3).

STMIK STIE Mikroskil menduduki peringkat ke-278 di Indonesia dan 12.179 di dunia.

9. Universitas Al – Washliyah Medan

Universitas Al – Washliyah Medan
Universitas Al – Washliyah Medan

Universitas Al – Washliyah Medan dikenal sebagai salah satu perguruan tinggi di Kota Medan yang juga menggunakan pendalaman karakter, budi pekerti, dan juga nilai – nilai agama lainnya yang diajarkan kepada para mahasiswa agar mereka bisa menjadi generasi bangsa yang sempurna kedepannya. Tidak heran jika Universitas Al – Washliyah Medan ini menjadi salah satu favorit untuk kategori kampus swasta islam di Kota Medan.

Adapun Fakultas di Universitas Al – Washliyah Medan, yaitu: Fakultas Agama Islam, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan. Beralamat di Jalan Sisingamangaraja No. 10 – Km 5,5, Medan Amplas, Harjosari I, Medan Amplas, Kota Medan, Sumatera Utara.

Universitas Al – Washliyah Medan menduduki peringkat ke-429 di Indonesia dan 24.185 di dunia berdasarkan Webometrics.

Website resmi: univamedan.ac.id

10. Universitas Dian Nusantara

Universitas Dian Nusantara
Universitas Dian Nusantara

Meski tergolong sebagai kampus swasta, fasilitas pendidikan yang ada disini tak kalah menariknya dengan kampus – kampus yang lainnya di Kota Medan. Universitas Dian Nusantara memang bisa menjadi pilihan kamu untuk berkuliah di Kota Medan. Rangking dari Universitas Dian Nusantara kini terus naik meski pelan. Universitas Dian Nusantara pernah menjadi Pembina dalam Program Mahasiswa Kewirausahaan DIKTI tahun 2010.

Adapun Fakultas di Universitas Dian Nusantara, yaitu: Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Komunikasi, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknik, dan Fakultas Sastra. Beralamt di Jalan Jamin Ginting, Kwala Bekala, Medan Johor, Kota Medan, Sumatera Utara

Universitas Dian Nusantara menduduki peringkat ke-465 di Indonesia dan 25.830 di dunia berdasarkan Webometrics.

Website resmi: untara.ac.id

11. Politeknik Kesehatan Medan

Politeknik Kesehatan Medan
Politeknik Kesehatan Medan

Untuk kamu yang ingin menjadi akademi Kesehatan yang bernaung di bawah Departemen Kesehatan Kota Medan, Politeknik Kesehatan Medan ini tentu harus menjadi pilihanmu. Saat ini Poltekkes Medan memiliki beberapa jurusan, yaitu : Analis Kesehatan, Farmasi, Gizi, Keperawatan, Keperawatan gigi, Kesehatan Lingkungan, dan Kebidanan. Politeknik Kesehatan Medan ini beralamat di Jalan Jamin Ginting KM 13,5 Kel. Lau Kec. Medan Tuntungan, Sumatera Utara 20137.

Website resmi: poltekkes-medan.ac.id

12. Universitas Methodist Indonesia

Universitas Methodist Indonesia
Universitas Methodist Indonesia

Nah ini universitas terakhir yang menjadi rekomendasi, yaitu Universitas Methodist  Indonesia yang beralamat di Jalan Hang Tuah No. 8, Madras Hulu, Medan Polonia 20152.

Adapun Program Studi yang ditawarkan oleh Universitas ini, yaitu: Agribisnis, Agroteknologi, Akuntansi, Komputerisasi Akuntansi, Manajemen, Manajemen Informatika, Pendidikan Dokter, Profesi Dokter, Sastra Inggris, Sistem Informasi, dan Teknik Informatika.

Website resmi: methodist.ac.id

Itu dia 12 Universitas Terbaik di Kota Medan. Dari daftar di atas Universitas yang mana nih yang akan kamu pilih ? Apapun pilihannya jangan lupa untuk selalu memaksimalkan semuanya ya, agar kamu dapat expert dalam suatu bidang dan menjadikan Indonesia semakin maju lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here