10 Universitas dengan Biaya Kuliah Murah di Medan

0
690
Universitas Prima Indonesia Medan (UNPRI)
Universitas Prima Indonesia Medan (UNPRI)

Melanjutkan pendidikan menuju bangku kuliah memang perlu banyak pertimbangan selorang ain dari fakultas dan kualitas Universitas, biaya yang perlu kamu keluarkan semasa kuliah juga jadi hal yang krusial. Seringkali beberapa orang menunda kuliahnya karena masalah biaya kuliah yang sangat mahal.

Namun kamu perlu tahu bahwa tidak semua Universitas itu mahal loh, karena ada beberapa kampus yang membuat kebijakan tentang besaran biaya SPP terjangkau sehingga dapat mempermudah masyarakat dalam mengenyam pendidikan level perguruan tinggi secara lebih baik dan terjangkau.

Berikut merupakan daftar 10 Universitas dengan biaya perkuliahan murah, yang telah kami susun berdasarkan range harga biaya perkuliahan dari yang paling murah. Universitas mana saja yang masuk daftar Universitas dengan biaya perkuliahan yang murah, yuk simak penjelasannya di bawah ini:

1. Universitas Panca Budi

Universitas Panca Budi
Universitas Panca Budi

Universitas Panca Budi adalah Universitas dengan akreditasi B. Selain menyediakan kelas umum, Universitas ini juga menyediakan kelas khusus karyawan. Universitas ini bisa kamu jadikan pilihan untuk mencapai karier sambil mengenyam pendidikan tinggi. Universitas Panca Budi menyediakan berbagai fakultas dengan beberapa program studi dari mulai D3,SI, sampai S2.

Adapun fakultas yang terdapat di Universitas Panca Budi, yaitu : Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Filsafat, Fakultas Agama Islam

Keunggulan dari kelas karyawan universitas panca budi medan ini adalah:

  1. Program Studi Terakreditasi BAN-PT: B
  2. Unpab telah berpengalaman sejak Tahun 1961
  3. Tidak ada batasan umur mahasiswa
  4. Biaya studi bisa dibayar bulanan sebesar Rp.625.000
  5. Fasilitas mendukung dalam proses perkuliahan dan pembelajaran
  6. Tersedia Career Center untuk membantu Lulusan mencari pekerjaan

Untuk kamu yang akan berkuliah di sini, kamu dapat memilih lokasi kampus sebagai berikut:

  1. Kampus I: Jl. Jend. Gatot Subroto Sei Siskambing Km. 4,5 Medan
  2. Kampus II: Jl. Timor ?27D Perintis Kemerdekaan Medan

Website resmi: pancabudi.ac.id

2. STIKOM Medan

STIKOM Medan
STIKOM Medan

Stikom menawarkan uang kuliah terjangkau dengan cicilan hanya Rp. 400.000 sebulan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Walaupun uang kuliah murah, tidak pula murahan alias minim fasilitas dan kegiatan mahasiswa.

Karena Stikom menyediakan ruang praktik komputer dengan peralatan lengkap guna mendukung praktik mahasiswa. Kemudian banyak kegiatan mahasiswa seperti pada Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Community IT STIKOM Medan, Pascal (Pecinta Alam), Persekutuan Mahasiswa Kristen (PMK), Ikatan Mahasiswa Islam (IMI), Programming Club, Ikatan Mahasiswa Karo (IMKa), Amisty Voice (Paduan Suara), dan futsal club.

Kampus ini juga menggelar kegiatan pembekalan budi pekerti untuk mahasiswa baru dengan mengundang Gerakan Anti Narkoba, psikolog, dan membawa mahasiswa baru dalam kegiatan Pembekalan Mahasiswa Baru ke Sibolangit.

Kampus STIKOM Medan memperoleh akreditasi B, yang menandapakan kualitas dosen dan fasilitas yang memang sudah baik. Dalam pelaksanaan operasional, Sekolah Tinggi Ilmu Komputer STIKOM Medan berpedoman pada visi menjadi institusi pendidikan tinggi yang unggul dalam pendidikan akademik berbasis teknologi informasi dan komputer di tingkat nasional.

3. Al-Azhar Medan

Al-Azhar Medan
Al-Azhar Medan

Dengan biaya pendidikan yang telah diperhitungkan dengan proses pemikiran yang matang serta komitmen yang tinggi agar meringankan calon mahasiswa baru, selain dibantu dalam bentuk subsidi silang, juga dengan diterapkannya fasilitas pinjaman biaya pendidikan tanpa jaminan serta tanpa adanya bunga, sehingga bisa diangsur per bulan berdasarkan kesanggupan mahasiswa. Menjadikan Universitas Al-Azhar Medan ini mempunyai banyak peminat. Universitas ini juga menyediakan kelas khusus karyawan agar dapat belajar sambil bekerja.

Dalam rangka menunaikan amanat Undang-Undang Sisdiknas tersebut Al-Azhar Medan menyelenggarakan Program Kuliah Karyawan ini, beserta menjalankan Komitmen Pendidikan & Komitmen Sosial. Yaitu dgn memberi kesempatan masyarakat lulusan SMA/SMK, D3/Politeknik/Akademi, D1, D2, Sarjana / S1 / setingkat, dan sebagainya, baik yg mempunyai keterbatasan waktu luang maupun mempunyai keterbatasan kesanggupan finansial / uang, utk meningkatkan studi (atau pindah jurusan) ke program Sarjana (S-1) pada jurusan yg disenangi, secara patut serta berbobot / mutu disesuaikan dgn keunggulan Al-Azhar Medan.

Adapun Fakultas di Al-Azhar Medan, yaitu: Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Teknik.

4. Politeknik LP3I Medan

Politeknik LP3I Medan
Politeknik LP3I Medan

LP3I terkenal dengan kampusnya para pekerja dan yang ingin kuliah dan langsung kerja setelah tamat. Kampus ini menjamin ketersediaan lapangan kerja dan pengalaman kerja selama 2 tahun yang akan menjadi bekal mahasiswa setelah tamat. Kampus lP3I memang telah banyak cabang di seluruh indonesia, bahkan di kota medan sendiri lebih dari 1 kampus.

Adapun fakultas yang dapat kamu pilih di Politeknik LP3I Medan ini, yaitu : Fakultas Ekonomi dan Fakultas Teknik.

Website resmi: plm.ac.id

5. Universitas Prima Indonesia Medan (UNPRI)

Universitas Prima Indonesia Medan (UNPRI)
Universitas Prima Indonesia Medan (UNPRI)

Universitas Prima Indonesia ini mempunyai visi yang sangat keren, yakni bertekad untuk terus konsisten mencerdaskan anak bangsa, dengan menerapkan sistem perkuliahan yang baik agar menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berintegritas. Komitmen unpri juga termasuk pada peningkatan skill karyawan yang bekerja di kota medan, dengan menyediakan fasilitas kuliah khusus karyawan.

Visi tersebut tentu menjadikan Universitas Prima Indonesia selalu berupaya untuk dapat meningkatkan kualias tenaga pendidik serta terus berusaha melengkapi fasilitas yang dapat menjadi pendukung agar visi tersebut dapat terlealisasi. Dengan menjadikan peningkatan skill karyawan sebagai concern maka Universitas ini sangat tepat untuk kamu jadikan tempat mengenyam pendidikan agar dapat meraih jenjang karir yang lebih tinggi dari sebelumnya.

6. Universitas Potensi Utama

Universitas Potensi Utama
Universitas Potensi Utama

Universitas Potensi Utama didirikan sejak tahun 2003, dan hingga sekarang masih terus menghadirkan lulusan yang berkualitas. Universitas Potensi Utama menjadi kampus yang menyenangkan bagi kamu sebagai karyawan yang ingin berkuliah sambil kerja di Kota Medan. Ada beberapa jurusan yang di sediakan Universitas Potensi Utama bagi karyawan. Dengan mengambil kelas malam, karyawan dapat memilih program studi yang dapat disesuai berdasarkan minat juga kebutuhan mu. Program studi tersebut terbagi atas 6 fakultas, yaitu : Fakultas Teknik & Ilmu Komputer, Fakultas Seni & Desain, Fakultas Psikologi, Fakultas Politik & kependidikan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, serta Fakultas Hukum.

7. STBA-PIA Medan

STBA-PIA Medan
STBA-PIA Medan

Bahasa adalah salah satu senjata yang penting dalam semua hal. Karena bahasa merupakan bagian utama dari komunikasi. Begitu pula skill atau kemampuan berbahasa asing menjadi hal yang sangat penting pada era global ini, dimana berbahasa asing dapat menjadi nilai tambah yang patut diperhitungkan ketika kamu melamar kerja.

Sekolah Tinggi Bahasa Asing Persahabatan Internasional Asia atau di singkat dengan STBA-PIA Medan adalah salah satu kampus khusus bagi kamu yang ingin kuliah dengan concern bahasa asing. Kampus ini didirikan atas kerja sama dan pembiayaan dari kampus-kampus dan negara-negara di Asia. Ada 2 program studi yang bisa kamu pilih di STBA-PIA Medan ini yaitu : Chinese Literature dan English Literature.

Website: stbapia.ac.id

8. Universitas Tjut Nyak Dhien Medan

Universitas Tjut Nyak Dhien Medan
Universitas Tjut Nyak Dhien Medan

Biaya kuliah di Universitas Tjut Nyak Dhien Medan ini dibuat sedemikian rupa agar terjangkau mahasiswa/i, dikarenakan di samping dimudahkan berupa subsidi, demikian juga dgn disediakannya bantuan untuk keringanan beban dana/biaya pendidikan, sehingga bisa mengangsur setiap bulannya dengan nominal yang disesuaikan dengan finansial dari setiap mahasiswa/i.

Sebagaimana UU-RI No.20 Th.2003 tentang Sisdiknas bahwa “Pendidikan Tinggi diselenggarakan dng Sistem Terbuka”. Dan pada Penjelasan Undang-Undang tsb ditulis : “Pendidikan yang diselenggarakan dgn fleksibilitas pilihan dan waktu penyelesaianprogram lintas satuan dan jalur pendidikan (multi entry-multi exit system). Peserta didik dapat belajar sambil bekerja, atau mengambil program-program pendidikan …. dst.” maka Universitas Tjut Nyak Dhien Medan ini akan menjadi solusi dan jawaban atas segala persoalan yang menghambat seseorang dalam mengenyam pendidikan di perguruan tinggi.

Dengan segala kemudahan yang diberikan oleh Universitas Tjut Nyak Dhien Medan, kamu dapat memasukan Universitas ini ke dalam daftar Universitas yang bisa kamu pertimbangkan.

9. STMIK-STIE Mikroskil

STMIK-STIE Mikroskil
STMIK-STIE Mikroskil

STMIK-STIE Mikroskil dengan mengusung kurikulum internasional yang telah di modifikasi, menjadikan kampus ini berbeda dari pada kampus lainnya. STMIK-STIE Mikroskil mendapatkan predikat sebagai kampus IT terbaik di pulau Sumatera dan telah di anggap sebagai “Binus”-nya Kota Medan.

Predikat Kampus IT terbaik di Sumatera bukan tanpa sebab, hal ini di karenakan tingkat kesuksesan alumninya yang tinggi dan mahasiswanya yang tidak terkalahkan dalam kompetisi programming/IT tingkat regional pulau Sumatera dan selalu menjadi perwakilan Indonesia di regional Asia Tenggara. Biaya perkulian di STMIK-STIE Mikroskil ini memang menjadi yang paling mahal diantara Universitas yang telah disebutkan sebelumnya, namun tetap bisa dikatakan murah jika kita membandingkannya dari kualitas dan prestasi yang telah diraih oleh STMIK-STIE Mikroskil. Adapun fakultas yang terdapat di STMIK-STIE Mikroskil, yaitu: Fakultas Teknik dan Fakultas Ekonomi.

10. Universitas Pelita Harapan (UPH) Medan

Universitas Pelita Harapan (UPH) Medan
Universitas Pelita Harapan (UPH) Medan

Setelah STMIK-STIE MIKROSKIL, Universitas Pelita Harapan (UPH) Medan menjadi Universitas yang patut kamu pertimbangkan sebagai salah satu kampus swasta terbaik di indonesia. UPH tidak hanya ada di Kota Medan saja, tapi di beberapa daerah di Indonesia. Bagi kamu yang memiliki uang cukup untuk kuliah di sana, tidak ada salahnya mendaftar sebagai mahasiswa di UPH Medan. Karena kualitasnya yang tidak usah diragukan lagi. Adapun fakultas yang dapat kamu pilih di Universitas Pelita Harapan (UPH) Medan, yaitu: Fakultas Ilmu Bisnis (Business School), Fakultas Hukum (Law), dan Fakultas Ilmu Komputer (Computer Since).

Nah itu dia 10 Universitas dengan biaya kuliah murah di Medan. Kamu dapat memilih sesuai minat dan finansial, untuk kamu yang bekerja beberapa Universitas di atas juga menyediakan kelas khusus karyawan. Jangan menjadikan finansial dan keterbatasan waktu sebagai penghalang untuk kamu menuntut ilmu. Jika kamu bersungguh-sungguh dan menjadi mahasiswa/i berprestasi kamu juga bisa mendapatkan keringanan biaya dalam berkuliah. Jadilah mahasiswa/i unggul untuk mengharumkan nama Indonesia atau hanya sekedar membuat orangtua mu bangga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here