18+ Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi

Libur panjang memang terasa membosankan jika dihabiskan hanya dirumah saja. Banyaknya waktu senggang yang ada seringkali membuat kita memutuskan untuk pergi berwisata, baik itu pergi ke luar negeri, luar kota, ataupun berwisata di kota sendiri. Padatnya aktivitas sehari-hari tentu membuat kita menjadikan waktu libur sebagai waktu bersama keluarga atau orang-orang tercinta lainnya.

Kota Pekanbaru dapat Anda jadikan sebagai kota pilihan untuk berwisata. Ibu kota dan juga kota terbesar di Provinsi Riau ini menjadi salah satu pusat ekonomi terbesar di Pulau Sumatera. Di Pekanbaru sendiri Anda dapat menemui banyak tempat-tempat bersejarah dan juga tempat bermain yang indah lainnya.

Nah, bagi Anda yang mungkin tertarik berwisata di kota Pekanbaru, berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata paling populer di Pekanbaru:

1. Masjid Agung An-Nur Provinsi Riau

Masjid yang disebut-sebut sebagai Taj Mahalnya Riau ini menjadi salah satu masjid yang seringkali memikat para wisatawan yang datang ke Riau, khususnya kota Pekanbaru. Masjid yang dibangun pada tahun 1968 ini juga menjadi salah satu masjid termegah di Indonesia.

Tak heran jika masjid ini seringkali dikunjungi para wisatawan karena bangunannya yang memiliki ciri khas arsitektur gabungan antara Melayu, Turki, Arab, dan juga India.

2. Desa Wisata Okura

Desa Wisata Okura sendiri sebenarnya merupakan salah satu pemukiman warga suku asli Melayu-Riau. Namun karena keasriannya dan tempat tinggalnya yang masih berbentuk rumah-rumah panggung di sepanjang Sungai Siak yang seringkali memikat para wisatawan.

Tempat ini akhirnya diresmikan sebagai desa wisata. Selain suasana pedesaan yang asri Anda juga dapat melakukan hal-hal menyenangkan lainnya seperti berkuda, bersepeda, atau bahkan menyusuri sungai.

3. Istana Siak Sri Indrapura

Bagi Anda yang mungkin tertarik mengetahui lebih jauh mengenai Sejarah Melayu di Riau, Istana Siak Sri Indrapura ini cocok untuk Anda jadikan pilihan.

Istana yang merupakan peninggalan Kesultanan Siak ini dikenal sebagai istana yang memiliki arsitektur indah dan juga terdapat banyak benda bersejarah peninggalan Kesultanan Siak didalamnya.

4. Candi Muara Takus

Anda mungkin sudah tidak asing lagi ketika mendengar Candi Muara Takus, satu-satunya candi yang ada di provinsi Riau ini juga seringkali dikunjungi oleh para wisatawan.

Candi yang menjadi satu-satunya jejak sejarah Budha di Riau ini menjadi peninggalan masa lampau yang berbeda dengan candi-candi lain di Pulau Jawa karena terbuat dari batu pasir, batu sungai, dan juga batu bata.

Meski jaraknya cukup jauh dari pusat kota Pekanbaru, namun tidak ada salahnya untuk kamu mengunjungi satu-satunya peninggalan sejarah Budha di provinsi Riau ini untuk sekadar ber-swafoto.

5. Asia Farm Hayday

Tempat wisata yang satu ini cocok bagi Anda yang mungkin mengajak anak-anak liburan sambil belajar. Asia Farm Hayday sendiri sebenarnya terinspirasi dari salah satu game yang ada di Play Store bernama Hayday.

Tempat wisata yang menyediakan edukasi dibidang pertanian dan peternakan ini mempersilahkan Anda untuk memberi makan hewan-hewan secara langsung dan akan mengajarkan Anda bagaimana mengolah lahan pertanian yang baik dan benar.

Selain itu Anda juga dapat menikmati tour ala Eropa dan berfoto ala Jepang dengan pemandangann yang menarik untuk Anda berfoto.

6. Teluk Jering Tambang

Teluk Jering sendiri merupakan nama dari sebuah desa yang berada di kabupaten Kampar. Yang menariknya adalah di desa ini Anda dapat menemukan pasir sungai yang berwarna putih seperti pasri pantai, tak jarang orang-orang menyebutnya sebagai Pantai Cinta.

Selain bermain pasir Anda juga dapat menemukan hamparan rumput hijau yang memanjakan mata di tempat ini.

7. Danau Buatan Khayangan

Danau yang berada di daerah Rumbai Pesisir ini sebenarnya dibuat sebagai saluran irigasi, namun keindahannya yang menarik banyak wisatawan untuk hadir ini akhirnya membuatnya dikenal sebagai destinasi wisata di kota Pekanbaru.

Selain menikmati indahnya pemandangan yang ada, Anda juga dapat menggunakan sampan ataupun speedboat untuk mengelilingi Danau Buatan ini.

8. Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim

Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim atau yang biasa disebut sebagai Tahura SSH ini merupakana kawasan hutan konservasi yang berada di kota Pekanbaru, kawasan yang juga dijadikan sebagai objek wisata alam ini dapat Anda tempuh selama 30 menit dari pusat kota Pekanbaru.

Selain melihat keasrian alam Anda juga dapat menemui beragam fasilitas umum seperti sarana ibadah, panggung kesenian, gazebo, pendopo, kantor, arena bermain anak, dan juga bumi perkemahan.

9. Perpustakaan Soeman H. S.

Perpustakaan yang disebut-sebut sebagai perpustakaan termegah di kota Pekanbaru ini tidak hanya menyediakan beragam buku bacaan tapi juga menyediakan beragam fasilitas penunjang lainnya seperti WiFi, komputer, ruangan ber-AC, dan beberapa fasilitas-fasilitas lainnya.

Bagi Anda yang mungkin memang senang membaca tempat yang satu ini sangat cocok Anda jadikan tujuan wisata. Yang menjadi daya tarik lainnya selain kemegahannya adalah karena perpustakaan yang satu ini juga selalu memiliki buku-buku edisi terbaru.

10. Museum Sang Nila Utama

Museum yang menampilkan beragam miniatur rumah adat, baju adat, batu raksasa dan juga batu siput ini dikenal sebagai museum yang menjadi salah satu tempat untuk kita mengetahui lebih jauh tentang keberagaman kekayaan budaya dan tradisi di provinsi Riau.

Museum yang memang menyediakan beragam koleksi sejarah ini cocok bagi Anda yang ingin mengajak anak-anak untuk berlibur sembari memahami kekayaan budaya dan juga tradisi di Riau.

11. Danau Lembah Sari

Danau yang satu ini menjadi salah satu danau yang seringkali dikunjungi untuk ber-swafoto, danau yang memiliki jembatan gantung yang sangat instagramable ini juga menjadi salah satu bukti bahwa masih terjaganya keasrian kota Pekanbaru.

Suasana danau yang tenang dan hijau memanjakan mata ini menjadi daya tarik utama para wisatawan untuk mengunjunginya. Selain itu, Anda juga dapat menemui beragam kuliner khas Pekanbaru di warung-warung yang berada disekitar Danau Lembah Sari.

12. Taman Kota Pekanbaru

Taman kota memanglah menjadi salah satu tempat yang cukup memiliki daya tarik wisatawan di berbagai kota. Di Pekanbaru sendiri Anda dapat menemukan taman kota yang asri, teduh, dan jauh dari keramaian kota.

Tempat yang satu ini cocok bagi Anda yang mungkin sedang ingin ketenangan melepas diri dari penatnya aktivitas sehari-hari.

13. Boombara Waterpark

Di kota Pekanbaru sebenarnya banyak sekali berbagai pilihan waterpark. Namun Boombara Waterpark merupakan wisata air terbesar yang ada di Pekanbaru.

Tempat wisata air yang memiliki luas 10 hektar ini menyediakan kolam renang yang sangat luas dilengkapi dengan taman-taman cantik yang membuat sejuk ketika Anda menepi dari kolam renang.

Selain untuk tempat berteduh, taman-taman yang berada di Boombara Waterpark ini juga cocok dijadikan tempat untuk Anda ber-swafoto.

14. Taman Agrowisata Tenayan Raya

Taman Agrowisata Tenayan Raya yang sudah ada sejak 2013 ini berada tidak jauh dari pusat kota Pekanbaru.

Tempat wisata yang satu ini cocok bagi Anda yang mungkin ingin mengajak anak-anak bermain sambil belajar tentang dunia pertanian dan juga peternakan.

Di Taman Argowisata ini Anda akan ditemani oleh mentor yang nantinya akan memberikan penjelasan mengenai pertanian dan juga peternakan. Selain itu, Anda juga dapat bermain flying fox, ATV, dan juga berenang di kolam renang yang ada di Taman Agrowisata Tenayan Raya.

15. Bukit Kapur Air Hitam

Keindahan tempat wisata yang satu ini selalu berhasil menarik perhatian para wisatawan, adanya hamparan bukit kapur berwarna putih yang terlihat megah ini membuat para wisatawan terkagum-kagum dengan pemandangan yang disuguhkan.

Tak heran jika tempat yang satu ini seringkali dijadikan sebagai tempat untuk foto pre-wedding karena keindahannya yang membuat moment pernikahan yang berharga menjadi lebih menarik.

16. Kebun Binatang Sang Kulim

Bagi Anda yang mungkin ingin berlibur ke kebun binatang, Kebun Binatang Sang Kulim ini cocok untuk Anda jadikan pilihan.

Lokasinya yang tidak jauh dari pusat kota Pekanbaru menjadi salah satu alasan yang membuat para wisatawan seringkali mendatangi tempat yang satu ini.

Selain dapat melihat berbagai jenis binatang, Anda juga dapat merasakan sensasi naik gajah di kebun binatang yang satu ini dengan hanya membayar Rp. 10.000 saja.

17. Trans Studio Mini Pekanbaru

Trans Studio memang bukanlah tempat bermain yang khusus berada di kota Pekanbaru, Anda mungkin dapat menemui Trans Studio diberbagai kota lainnya.

Namun, tidak ada salahnya untuk menjadikan tempat yang satu ini sebagai pilihan untuk berlibur bersama orang-orang tersayang.

Trans Studio Mini sendiri menjadi salah satu tempat wisata yang cukup populer di kota Pekanbaru karena memiliki berbagai macam wahana yang bisa Anda coba.

18. Pasar Bawah

Nah untuk Anda yang sudah puas berwisata di kota Pekanbaru jangan lupa untuk mengunjungi Pasar Bawah yang berada di dekat Sungai Siak.

Pasar yang satu ini menjadi pasar yang paling direkomendasikan warga Pekanbaru untuk dikunjungi para wisatawan karena menyediakan beragam oleh-oleh dan souvenir khas kota Pekanbaru, selain itu Anda juga dapat menemukan berbagai pilihan oleh-oleh Singapura dan Malaysia di tempat ini.

Pekanbaru dan berbagai peninggalan sejarahnya memanglah cukup menarik untuk dikunjungi. Selain keindahan alamnya, Anda juga dapat menemui beragam makanan khas di kota ini.

Selamat berlibur dan menikmati waktu bersama orang-orang tersayang. Demikian rekomendasi tempat wisata di kota Pekanbaru dari kami, semoga hari-hari Anda menyenangkan. Terima kasih.