12 Tempat Wisata Terbaik di Kota Medan

Medan adalah Ibu kota Provinsi Sumarea Utara, Indonesia. Medan merupakan kota tebesar ke-3 di Indonesia dan menjadi kota terbesar di luar pulau Jawa. Kota Medan biasa disebut sebagai pintu gerbang wilayah Indonesia bagian barat. Memiliki julukan sebagai kota multi etnis, Medan menjadi tempat yang tepat dan diminati banyak orang untuk berwisata. Medan menawarkan banyak destinasi wisata alam dan wisata modern. Transportasi unik seperti becak dayung dan becak motor yang tersedia di Medan juga menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan baik domestik maupun wisatawan mancanegara. Ini dia 12 tempat wisata terbaik di Kota Medan yang wajib kamu kunjungi saat berlibur nanti.

1. Danau Toba

Danau Toba
Danau Toba

Danau Toba tentu bukan tempat wisata yang asing, rasanya aneh ketika membicarakan objek wisata di kota Medan tetapi tidak membahas Danau Toba. Danau ini merupakan danau vulkanis terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara yang berada di kaldera Gunung Berapi Super. Yang memiliki panjang sekitar 100 kilometer dan lebar 30 kilometer. Danau Toba menawarkan keindahan panorama alam yang sangat menawan dan memanjakan mata.

2. Pulau Samosir

Pulau Samosir
Pulau Samosir

Tidak legkap rasanya saat berkunjung ke Danau Toba, tetapi tidak mampir ke Pulau Samosir. Pulau Samosir adalah pulau yang terletak di tengah Danau Toba dengan ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Pulau ini menyimpan beragam kekayaan Suku Batak, mulai dari baju adat, aksesoris, hingga kain adat tradisional khas Suku Batak yang tentunya menjadi daya tarik para turis. Pulau samosir dapat dicapai melalui perhubungan air dari daerah Parapat dengan feri penyebrangan dan juga dapat dicapai lewat jalan darat melalui Keluruhan Pangururan yang merupakan kecamatan di Kabupaten Samosir. Setiap turis mancanegara maupun turis asing yang berkunjung ke Pulau Samosir akan diarahkan menuju Tuktuk, karena Tuktuk adalah pusat konsentrasi turis di Pulau Samosir. Di pulau ini juga terdapat dua buah danau kecil sebagai daerah wissata yaitu Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang yang juga dijuluki “Danau di atas danau”.

3. Tjong A Fie Mansion

Tjong A Fie Mansion
Tjong A Fie Mansion

Tjong A Fie Mansion juga menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika berlibur di Medan. Tempat wisata di Medan ini merupakan sebuah museum yang dimana merupakan sebuah bangunan rumah milik saudagar Tionghoa terkemuka bernama Tjong A Fie, pedagang Hakka yang memiliki banyak tanah perkebunan di kota Medan. Ia kemudian diangkat sebagai Majoor der Chineezen di Medan dan memimpin pembangunan rel kereta api.

Pemerintah setempat meresmikan rumah ini sebagai museum yang pengelolaannya dilakukan oleh keturunan Tjong A Fie. Bangunan ini terletak di Jalan Jendral Ahmad Yani No. 105, Kesawan, Medan Barat. Rumah ini merupakan bangunan lama yang dibangun pada tahun 1895 dan selesai pada tahun 1900 dengan luasnya yang mencapai 8.000 meter persegi. Bangunan ini terdiri dari 35 ruangan. Rumah ini didesain berdasarkan konsep dari Cheong Fatt Tze Mansion yang ada di Penang, Malaysia. Rumah ini menggunakan kombinasi art deco Tiongkok dan Melayu. Tjong A Fie Mansion selalu menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi wisatawan karena sejarah bangunan tua ini memang memiliki cerita yang unik. Untuk kamu yang ingin mengunjungi museum ini cukup dengan membeli tiket Rp. 35.000 untuk dewasa dan umum, sedangkan untuk pelajar hanya seharga RP. 20.000 saja. Dengan jam operasional dari pukul 09.00 sampai pukul 17.00.

4. Istana Maimun

Istana Maimun
Istana Maimun

Bangunan ini kerap kali disebut sebagai salah satu istana paling indah yang ada di Indonesia. Keunikan dari bangunan ini adalah arsitekturnya yang menggunakan kombinasi unsur Melayu, Islam, India, Spanyol, dan Italia.

Istana dengan dominasi pemakaian warna kuning menampakkan unsur Melayu. Pemakain ornamen lampu, meja, kursi, serta pintu dorong di dalam bangunan ini merepresentasikan unsur Eropa. Bagian atap dari bangunan ini memiliki lengkungan mirip perahu terbalik seperti desain bangunan khas kawasan Timur Tengah.

Dengan perawatan yang berkala membuat kondisi bangunan serta peninggalan sejarah yang tersimpan di Istana Maimun terjaga dengan baik. Istana Maimun memilliki luas yang mencapai 2.772 meter dan terdiri atas 30 ruangan di dalamnya. Ada koleksi menarik yang dipercaya merupakan jelmaan dari Putri Mambang Khayali yang mempunyai paras cantik dari Kerajaan Deli Tua, koleksi tersebut bernama Meriam Puntung.

Istana Maimun terletak di Jalan Sultan Ma’moen Al Rasyid No. 66. Dengan tiket masuk seharga Rp. 5.000/ orang dengan jadwal operasional yakni Senin – Minggu pukul 08.00 sampai 12.00 WIB dan akan dibuka kembali pada pukul 13.00 sampai 17.00 WIB. Khusus hari minggu terdapat pertunjukkan musik tradisonal pada pukul 10.00 sampai pukul 12.00 WIB.

5. Air Terjun Dua Warna Sibolangit

Air Terjun Dua Warna Sibolangit
Air Terjun Dua Warna Sibolangit

Destinasi wisata alam yang satu ini cocok untuk kamu yang ingin menikmati desir air terjun sekaligus menikmatinya dengan jarak yang sangat dekat. Air terjun yang terletak di Kecamatan Sibolangit ini berada pada ketinggian 1.270 meter di atas permukaan laut. Walaupun jaraknya sedikit jauh dari pusat kota Medan tetapi jauhnya perjalanan akan terbayarkan oleh indahnya pemandangan air terjun yang memiliki dua warna yakni biru dan putih keabuan. Perbedaan warna tersebut terjadi karena air yang memiliki kandungan belerang dan fosfor. Kandungan tersebut juga membuat suhu air dengan warna putih keabuan akan terasa lebih hangat, sedangankan untuk suhu air dengan warna biru mempunyai suhu yang dingin. Hanya dengan Rp. 25.000 kamu sudah dapat menikmati pemandangan air terjuan sepuasnya. Air terjun ini terletak di Bandar Baru, Sibolangit, Deli Serdang.

6. Wonders Water World

Wonders Water World
Wonders Water World

Wonder Water World tentu harus masuk dalam list pilihan tempat wisata berlibur keluarga. Tempat wisata ini dikenal sebagai waterpark terbesar berskala internasional di kota Medan, Wonder Water World menawarkan banyak wahana permainan yang sangat lengkap. Untuk kamu yang senang mencoba berbagai jenis seluncuran air, destinasi wisata air di kota Medan ini menyediakan berbagai jenis seluncuran air, mulai dari super loop, topsy turvy, tunnel twister, pipe line, dan bullet bowl yang  tentunya akan menarik dan sangat menantang untuk kamu coba.

Wonder Water World juga menyediakan kolam khusus anak kecil yang dangkal dan aman. Kolam khusus anak ini juga dilengkapi dengan wahana permainan yang cukup banyak, seperti ember tumpah, air terjun buatan, dan seluncuran air mini yang pas untuk anak-anak.

Destinasi ini berlokasi di Jalan Padang Golf CBD Polonia, Suka Damai, Medan Polonia. Kamu sudah bisa menikmati berbagai wahana air hanya dengan Rp. 100.000 (Senin – Jumat) dan seharga Rp. 120.000 (Sabtu – Minggu serta libur nasional).

7. Hillpark Sibolangit

Hillpark Sibolangit
Hillpark Sibolangit

Selain Wonder Water World, Hillpark Sibolangit juga bisa kamu jadikan opsi lain untuk destinasi liburan bersama keluarga. Hillpark Sibolangit menyediakan tiga zona wahana permainan, yakni The Heritage, The Lost City, dan Toon Town.

Area The Heritage memiliki ciri khas bangunan megah ala kerajaan lengkap dengan kastel di dalamnya. Wahana permainan yang ada di sini juga menarik, termasuk di antaranya adalah komidi putar, bumper boat, ombang-ambing, serta tidak ketinggalan adalah film berteknologi 4D.

Sementara itu The Lost City memiliki suasana seperti di zaman prasejarah lengkap dengan kerangka dinosaurus. Opsi wahana permainan di sini antara lain adalah roller coaster, ferris wheel, serta gua misteri.

Terakhir, Toon Town menawarkan area permainan dengan tema anak. Wahana permainannya pun memberi jaminan keamanan bagi si kecil, di antaranya adalah kincir mini, taksi gila, mini bom-bom, ataupun baling-baling

Lokasinya di Jalan Letjend Djamin Ginting KM 45, Sibolangit, Deli Serdang. Jaraknya cukup jauh dari pusat kota Medan, butuh waktu tempuh sekitar 60 menit dengan kendaraan roda empat. Harga tiket masuknya juga murah hanya sekitar Rp. 100.000 saja.

8. Masjid Raya Medan

Masjid Raya Medan
Masjid Raya Medan

Medan juga menawarkan beberapa destinasi wisata rohani, seperti destinasi wisata yang satu ini. Masjid Raya Medan menjadi destinasi wisata wajib berikutnya yang dapat ditelusuri di Medan.  Bangunannya pun sangat khas, dengan bentuk segi delapan dan bergaya arsitektur percampuran antara Timur Tengah, Spanyol, serta India. Pendirian Masjid Raya Medan juga menjadi salah satu bukti toleransi antar umat beragama di Medan. Konon, Tjong A Fie turut menyumbangkan dana untuk pembangunan masjid ini.

9. Masjid Al-Osmani

Masjid Al-Osmani
Masjid Al-Osmani

Selain Masjid Raya Medan terdapat Masjid yang tidak kalah menarik, yakni Masjid Al-Osmani yang juga kerap disebut dengan nama Masjid Labuhan ini dikenal sebagai masjid tertua yang ada di Kota Medan.

Bangunan masjid dengan perpaduan unsur Tiongkok, Spanyol, Melayu, India, serta Timur Tengah menjadikan desain masjid ini sangat indah. Bagian pintu yang dilengkapi dengan ornamen khas Tiongkok, ukIran pada dinding memiliki ciri khas India, desain arsitektur bangunan terlihat menggunakan nuansa Eropa, sementara ornamennya kental dengan unsur Timur Tengah.

Uns Melayu juga sangat terlihat dari pemakaian cat warna kuning yang menjadi warna kebanggaan Suku Melayu yang merepresentasikan kemegahan serta kemuliaan, kemudian dipadukan dengan warna hijau sebagai representasi unsur keislaman.

10. Kuil Shri Mariamman

Kuil Shri Mariamman
Kuil Shri Mariamman

Karena keragaaman etnisnya, Medan juga menawarkan pilihan destinasi wisata berupa kuil ini. Kuil ini berada di kawasan Kampung Keling yang menjadi tempat tinggal mayoritas warga keturunan India. Selain itu, kuil ini juga dikenal sebagai kuil Hindu tertua yang ada di Kota Medan.

Karena berada di lingkungan tempat tinggal mayoritas warga keturunan India, tidak heran kalau desain arsitektur kuil ini juga memiliki unsur India. Hal itu terbukti dengan keberadaan pintu gerbang yang memiliki bentuk seperti menara bertingkat. Menara seperti ini biasanya dijumpai di kuil-kuil yang ada di negara tersebut.

Tercatat, kuil ini didirikan pada tahun 1876 dan merupakan Kuil Shri Mariamman ketiga yang ada di Asia Tenggara. Selain di Medan, ada pula Kuil Shri Mariamman masing-masing di Singapura dan Penang, Malaysia. Kuil di kedua tempat itu dibangun masing-masing pada tahun 1843 dan 1883.

11. Vihara Gunung Timur

Vihara Gunung Timur
Vihara Gunung Timur

Vihara Gunung Timur merupakan tempat ibadah warga Tionghoa. Vihara ini telah ada di Kota Medan sejak tahun 1960-an dengan luas mencapai 5.000 meter persegi.

Vihara Gunung Timur ini dipercaya memiliki fengshui yang bagus, sengaja dibuat menghadap ke arah Sungai Babura. Penentuan tersebut dipercaya bisa membawa bangunan ini mampu menghadirkan kemakmuran. Para wisatawan bisa datang ke tempat ini secara gratis. Namun, perlu diperhatikan agar kedatangan tersebut tidak mengganggu pengunjung vihara yang tengah beribadah.

Lokasinya berada di Jalan Hang Tuah nomor 16, Medan. Tak jauh dari tempat ini, Anda juga dapat menyaksikan keberadaan Kuil Shri Mariamman yang berjarak sekitar 1 km. Selain itu, Masjid Raya Medan juga dapat dengan mudah dijangkau dari lokasi ini.

12. Pasar Belawan

Pasar Belawan
Pasar Belawan

Destinasi wisata yang terakhir ini akan memanjakan mata para pecinta wisata belanja. Pasar yang satu ini terkenal sebagai pusat penjualan berbagai kerajinan keramik. Kerajinan keramik di sini pun bisa ditemukan dalam berbagai bentuk dan harga.

Pasar Belawan berlokasi di antara Jalan Veteran dengan Jalan Simalungun. Pasar ini pun selalu ramai oleh para pengunjung, tidak hanya wisatawan pasar ini juga menjadi tempat favorit masyarakat Medan. Karena memang kerajinan keramik di sini sangat cantik dan beragam.

Nah itu dia beberapa rekomendasi tempat wisata terbaik yang bisa kamu kunjungi saat berlibur di Kota Medan. Tempat wisata yang beragam ini bisa disesuaikan dengan keinginan dan dengan siapa kamu akan berlibur. Siapa bilang tempat wisata di Indonesia tidak menarik? Banyak tempat loh yang menawarkan berbagai keindahan alam Indonesia yang asri, tidak perlu jauh-jauh ke luar Negeri. Jaga semua asset bangsa sebelum dicuri. Cara sederhanya, yakni dengan memberitahu dunia bahwa Indonesia mempunyai banyak hal indah yang tidak bisa ditemui pada belahan dunia manapun. Jadi tunggu apa lagi, ayo buat rencana liburan panjangmu untuk mengeksplor ragam keindahan Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *