Tempat Wisata di Kabupaten Serang, Banten yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Serang merupakan satu kabupaten yang ada di Provinsi Banten, dengan pusat pemerintahannya yang masih berada di Kota Serang. Kabupaten Serang memiliki sejuta pesonan dan panorama alam yang menkjubkan, bahkan beberapa diantaranya masih menjadi sebuah keindahan alam yang tersembunyi sehingga masih jarang terjamah oleh manusia, yang menjadikan tempat tersebut masih sangat asri.

1. Wisata Alam Gunung Pinang

Lokasi : Petajen, Kec. Kramatwatu, Kab. Serang, Banten.

Wisata Alam Gunung Pinang memiliki keindahan panorama yang akan membuat Anda sangat betah, ditambah akses menuju Gunung Pinang yang terbilang dekat dengan Kota Serang membuat Anda dengan mudah untuk mengunjungi destinasi wisata yang satu ini. Dengan pepohonan rindang yang ada di Wisata Alam Gunung Pinang membuat udara di sini sangat sejuk dan juga segar.

2. Danau Tasikardi

Lokasi : Jl. Banten Lama, Pegadingan, Kec. Kramatwatu, Kab. Serang, Banten.

Salah satu wisata sejarah yang ada di Kabupaten Serang adalah Danau Tasikardi. Di sini Anda akan menemukan berabgai peninggalan kerajaan Banten yang penuh dengan legenda.

Berdasarkan cerita masyarakat, danau ini dibuat ketika masuk pada masa pemerintahan panembahan Maulana Yusuf yang merupakan Sultan Kedua dari Kesultananan Banten yang dasar danau ini merupakan ubin batu bata.

3. Pulau Lima

Lokasi : Pulau Lima, Kec. Kasemen, Kab. Serang, Banten.

Pulau Lima ini dapat Anda akses dari pelabuhan Karangwatu dengan jarak tempuh kurang lebih 20 menit perjalanan laut. Destinasi wisata yang satu ini merupakan rekomendasi terbaik, menjadi kawasan yang sedang dikembangkan oleh pemerintah setempat membuat tempat ini seringkali memberikan berbagai penawaran promo yang menarik. Anda dapat melakukan berbagai aktivitas air, seperti camping, snorkeling, banana boat dan lainnya.

4. Pantai Anyer

Lokasi : Jl. Raya Anyer-Sirih, Sindanglaya, Kab. Serang, Banten.

Pantai selalu berhasil menyuguhkan pemandangan yang memanjakan mata, termasuk pesona Pantai Anyer yang menyuguhkan pemandangan hamparan pasir putih, laut biru, dan hamparan pohon kelapa yang sangat membuat siapapun yang berkunjung akan sangat betah.

5. Taman Wisata Batu Gede Sayar

Lokasi : Sayar, Kec. Taktakan, Kab. Serang, Banten.

Taman Wisata Batu Gede Sayar akan membuat Anda dapat menikmati suasana perbukitan hijaun nan asri yang sangat meneduhkan mata. Jika Anda suka mendaki, destinasi wisata Taman Wisata Batu Gede Sayar ini dapat Anda jadikan pilihan. Meski memang pendakian di tempat ini bukanlah pendakian yang sangat melelahkan, namun tetap saja akan menyuguhkan pemandangan yang sangat indah.

6. Rumah Hutan Serang

Lokasi : Cidampit, Bojong, Kec. Cilowong, Kab. Serang, Banten.

Rumah Hutan Serang memberikan suasana khas jaman dulu, dari mulai bangunan rumahnya hingga suasana alam di sekitarnya. Rumah Hutan Serang sangat cocok dijadikan sebagai destinasi wista keluarga yang sangat nyaman.

7. Pantai Sambolo

Lokasi : Jl. Raya Anyer, Bandulu, Kab. Serang, Banten.

Pantai Sambolo menyuguhkan panorama alam yang sangat indah. Pantai Sambolo menjadi salah satu pantai terbaik yang masih sangat terjaga kebersihan dan keasriannya.

Anda dapat melakukan beragam aktivitas air, seperti ATV, speed boat, parasailing hingga jet ski. Untuk menikmati berbagia permainan yang ada, Anda harus membayar tiket dengan harga terjangkau.

8. Napak Tilas Kerajaan Islam

Lokasi : Kec. Kasemen, Kab. Serang, Banten.

Napak Tilas Kerajaan Islam merupakan bagian dari Kesultanan Banten yang sangat terkenal. Di sini terdapat peninggalan kerajaan yang sampai saat ini bisa dijumpai.

Napak Tilas Kerajaan Islam ini dimulai dari Museum Kepurbakalaan, Keraton Kaibon dan masih banyak lagi. Dengan mengunjungi tempat ini, tidak hanya membuat Anda mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan, tetapi juga membuat Anda memiliki pengetahuan yang baru.

9. Curug Bumi

Lokasi : Cibojong, Padarincang, Kab. Serang, Banten.

Curug Bumi menawarkan pemandangan berupa curug berukuran kecil sekitar 3 hingga 5 meter yang bersebelahan. Air yang begitu jernih dengan pepohonan di sekitarnya, memberikan kesejukan dan kedamaian untuk siapapun yang mengunjunginya.

Namun medan jalan menuju curug ini cukup sulit, sehingga Anda harus sangat berhati-hati. Di sini Anda bisa menikmati permainan chiff diving dari tebing di ketinggian.

10. Situ Rawa Arum

Lokasi : Jl. Kp. Tegal Wangi No.62, Rawa Arum, Kec. Gerogol, Cilegon, Banten.

Situ Rawa Arum menyuguhkan pemandangan berupa danau yang cantik dengan dikelilingi oleh pepohonan serta beberapa bunga teratai yang mengapung, dan juga bukit hijau yang semakin membuat pemandangan di Situ Rawa Arum menjadi sangat indah dan menduhkan pandangan.

11. Gunung Api Krakatau

Lokasi : Pulau Anak Krakatau, Kab. Serang, Banten.

Sepertinya siapapun pasti mengetahui Gunung yang satu ini, ya Gunung Api Krakatau yang beberapa waktu pernah mengalami erupsi ini. Meski terdengar menyeramkan, namun Gunung Api Krakatau memiliki panorama alam yang sangat indah.

Gunung ini panorama alam yang unik dan indah. Tak sedikit yang menjadikan tempat ini sebagai objek foto ketika berkunjung.

12. Goa Cilayang

Lokasi : Cilayang, Kec. Cikeusal, Kab. Serang, Banten.

Sebagian orang menganggap goa ini sebagai tempat keramat, mungkin destinasi wisata ini hanya cocok untuk Anda yang suka tantangan. Pemandangan di dalam goa ini juga cukup eksotis dengan adanya stalaktit dan stalakmit, yang juga dihuni oleh banyak kelelawar di dalamnya.

13. Cagar Alam Pulau Dua

Lokasi : Sawah Luhur, Kec. Kasemen, Kab. Serang, Banten.

Tempat wisata ini memiliki kondisi yang berupa dataran tidak terpisah. Cagar Alam Pulau Dua ini juga disebut dengan Pulau Burung. Destinasi wisata yang satu ini menyuguhkan panorama alam yang sangat eksotis.

Dulu, pulau ini adalah pulau yang terpisah dari Pulau Jawa karena adanya selat dengan lebar 500 meter. Lokasinya berada di Sawah Luhur Kecamatan Kasemen.

14. Hutan Kayu Putih Kragilan

Lokasi : Tegalmaja, Kec. Kragilan, Kab. Serang, Banten.

Suasana alam di Hutan Kayu Putih Kragilan ini begitu segar dan membuat siapa saja menjadi betah. Kawasan Hutan Kayu ini memang terdiri dari pohon yang masih tumbuh subur ini biasanya disebut sebagai Hutan Kayu Putih oleh masyarakat sekitar. Dengan harga tiket yang terjangkau menjadikan destinasi wisata ini banyak diminati sebagai tempat rekreasi keluarga.

15. Pantai Marbella

Lokasi : Jl. Raya Anyer-Sirih, Bandulu, Anyar, Serang, Banten.

Pantai lainnya yang dapat Anda kunjungi di Kabupaten Serang, yakni Pantai Marbella. Pantai selalu berhasil menyuguhkan panorama alam yang sangat menakjubkan dan membuat betah siapapun yang mengunjunginya.

16. Pantai Karang Bolong

Lokasi : Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Banten.

Di Pantai Karang Bolong ini Anda dapat menikmati deburan ombak serta pasir putih yang indah, juga pemandangan dinding batu karang besar dengan lubang ditengahnya yang membuat pemandangan di pantai ini menjadi lebih menarik lagi.

17. Curug Betung

Lokasi : Kubang Baros, Kec. Cinangka, Kab. Serang, Banten.

Curug ini memang hanya memiliki ketinggian 1,5 meter saja, namun tetap memyuguhkan pemandangan yang menyejukkan mata. Untuk dapat menikmati pemandangan di curug ini Anda harus menempuh perjalanan melewati hutan dengan pepohonan yang rindang. Anda juga akan disuguhi aliran air sungai pedesaan yang begitu jernih selama dalam perjalanan menuju curug.

18. Taman Nasional Ujung Kulon

Lokasi : Kec. Sumur dan Kec. Cimanggu, Kab. Pandeglang, Banten.

Destinasi wisata yang satu ini tentu menjadi salah satu taman nasional yang tidak asing Anda dengar bukan? Taman Nasional Ujung Kulon yang merupakan tempat penangkaran untuk spesies Badak Jawa, selalu berhasil membuat banyak orang berkunjung karena ingin melihat rupa dari Badak Jawa tersebut.

Dengan lahan seluas hampir 123.000 hektare penangkaran ini menampung Badak Jawa sebanyak 67 ekor. Dan karena merupakan tempat konservasi untuk badak jawa tempat ini sangat dijaga keamanannya oleh pemerintah setempat.

Indonesia sangat kaya akan keindahan alam dan budayanya, yuk sama-sama menjaga kelestariannya. Dan alam adalah sebuah bentuk dari kebesaran Tuhan, jangan lupa untuk selalu bersyukur atas segala bentuk karunianya. Selamat mengunjungi destinasi wisata yang telah kami rekomendasikan.