Pengertian Website, Jenis – Jenis, Unsur dan Manfaat Website

Website atau dalam bahasa Indonesia disebut situs web merupakan lokasi pusat dari kumpulan berbagai halaman web yang diakses melalui internet dimana setiap orang dapat menggunakannya selama terhubung dengan jaringan internet. Website juga dapat diartikan sebagai kumpulan dari banyak halaman situs yang dirangkum dalam domain maupun subdomain berupa World Wide Web yang biasa kita kenal sebagai WWW dalam internet. Halaman pada website ini berupa dokumen dengan format Hypertext Markup Languange (HTML) yang diakses melalui Hypertext Transfer Protocol (HTTP) yang menyampaikan berbagai informasi dari server website yang selanjutnya ditampilkan kepada pengguna melalui web browser.

Pengertian Website Menurut Para Ahli

Berikut ini pengertian website menurut beberapa ahli :

1. Menurut Abdullah

Website adalah kumpulan-kumpulan halaman yang terdiri dari beberapa laman yang di dalamnya berisi informasi dalam bentuk data digital baik itu berupa gambar, video, audio, teks dan animasi lainnya yang disediakan melalui jalur koneksi internet.

2. Menurut Gregorius

Website adalah kumpulan halaman web yang saling terhubung dan file-filenya juga saling terkait. Adapun web ini terdiri dari beberapa unsur yakni diantaranya page atau halaman, dan kumpulan halaman yang dinamakan homepage.

3. Menurut Jasmadi

Website merupakan sekumpulan halaman web beserta file-file pendukungnya, seperti gambar, video, teks dan file digital lainnya yang diletakkan di web server yang biasanya diakses melalui internet.

4. Menurut Hakim Lukmanul

Website merupakan salah satu dari sekian fasilitas internet yang menghubungkan dokumen dalam lingkup lokal dan juga jarak jauh. Adapaun dokumen pada website disebut dengan web page dan link dalam website memungkinkan pengguna bisa berpindah dari satu page ke page lain (hypertext), baik diantara page yang disimpan dalam server yang sama maupun server diseluruh dunia.

5. Menurut Yuherfizar

Website merupakan metode untuk menampilkan informasi di internet, berupa gambar, video, teks dan suara maupun interaktif yang menghubungkan dokumen satu dengan dokumen lainnya yang bisa diakses melalui browser.

6. Menurut Feri Indrayudha

Website merupakan sebuah program yang di dalamnya memuat video, film, gambar, suara maupun musik yang ditampilkan di internet.

7. Menurut Boone

Website merupakan kumpulan grafis yang kaya akan sumber daya mana saling berhubungan satu sama lain di internet.

8. Menurut Jasmadi

Website merupakan kumpulan halaman web beserta file-file pendukungnya, seperti gambar, video, dan file digital lainnya yang diletakkan di host atau web server yang umumnya diakses melalui internet.

9. Menurut A. Taufiq Hidayatullah

Website merupakan bagian yang paling terlihat sebagai jaringan terbesar di dunia, yakni internet.

10. Menurut Sukarno dan Hianoto

Website merupakan aset bagi pemiliknya sama seperti halnya rumah, yang mana saat ini mulai lumrah di perjual belikan.

11. Menurut Hidayat

Website merupakan  keseluruhan halaman-halaman web yang berada dalam  domain yang di dalamnya mengandung informasi.

12. Menurut Sibero

Website merupakan suatu sistem yang berkaitan dengan dokumen yang digunakan sebagai media untuk menampilkan gambar, video, teks, suara serta multimedia dan lainnya pada jaringan internet.

13. Menurut Arief

Website merupakan kumpulan dari halaman web yang telah dipublikasikan di jaringan internet dan memiliki URL (Uniform Resource Locator) yang bisa diakses oleh semua pengguna internet dengan cara mengetik alamatnya.

14. Menurut Bekti

Website adalah beberapa kumpulan halaman yang dipakai untuk menampilkan informasi berupa teks, gambar diam atau gerak, animasi, suara, dan atau bahkan penggabungan dari semuanya.

Jenis – Jenis Website

Jenis – Jenis Website

1. Website Perorangan/Pribadi

Website pribadi bisa berisi apa saja yang Anda suka, tidak mengatasnamakan perusahaan, organisasi tapi nama Anda sendiri. Siapa bilang website pribadi tidak bisa menghasilkan uang? Website pribadi juga bisa menguntungkan, asal dikelola dengan baik dan benar.

Nah, berbagai cara bisa dilakukan untuk membuat website pribadi. Yang paling mudah dan murah adalah dari blogspot atau wordpress gratis. Misalnya www.namamu.blogspot.com

Namun untuk konten yang lebih serius dan menjurus pada keuntungan, maka tidak disarankan membuat website gratis karena resources nya terbatas. Selain itu, untuk alamat dari website Anda akan sulit bersaing di mesin pencari. Oleh karena itu kami menyarankan Anda untuk membuat website melalui layanan penyedia domain dan hosting.

2. Website Toko Online

Toko Online juga bukan lagi hal asing pada zaman sekarang ini. Hampir setiap orang dari berbagai daerah gemar mengunjungi toko-toko online.

3. Blog

Ingat Raditya Dika? Ya, sutradara, aktor, komika sekaligus penulis itu dulunya hanyalah penulis blog. Ia menuliskan pengalaman-pengalaman selama kuliah di luar negeri di blog pribadinya.

Karena blognya ramai pembaca, akhirnya tulisannya diangkat dan dijadikan buku, lalu difilmkan, kemudian dia jadi artis! Sampai sekarang blog masih banyak digunakan orang. Anda bisa masuk dari blogger.com untuk membuat blog yang simpel dan gratis.

Unsur dalam Website

Unsur dalam Website

Dalam website terdapat 3 unsur penting dan harus ada. Tanpa ada mereka, maka website Anda tidak akan bisa diakses oleh pengguna. Adapun tiga unsur tersebut adalah:

1. Domain

Domain ini bisa dibilang merk website Anda.Jadi nama domain yang unik dan mudah diingat akan membantu website Anda untuk dilihat orang. Namun tak jarang juga orang membuat nama yang rumit untuk websitenya. Alhasil, websitenya sulit untuk diingat.

2. Hosting

Hosting merupakan unsur yang berperan untuk menyimpan semua database (script, gambar, video, teks dan lain sebagainya). Nah, hosting ini bermacam kapasitasnya, maka pilihlah sesuai dengan kebutuhan website Anda.

3. Konten

Konten adalah isi dari website. Ketika Anda membuat sutu website, maka Anda harus menentukan akan Anda apakan website itu, apa isinya dan apa tujuannya? Apakah untuk website berita online, hiburan, tulisan curhat dan lainnya. Website ngasal tanpa tujuan tidak akan membawa keuntungan bagi Anda.

Manfaat Website

Manfaat Website

Berikut ini manfaat website dalam kehidupan sehari-hari :

1. Memberikan Informasi Secara Real-Time

Informasi merupakan sebuah hal yang sangat penting demi pemahaman dan perkembangan pengetahuan manusia, adanya website tentunya membantu tersebarnya informasi secara cepat dengan jangkauan yang luas.

2. Forum Jual Beli Online

Hampir seluruh orang didunia saat ini mungkin pernah berbelanja online, atau mungkin anda salah satu orang yang memiliki toko online ? Ya, ini juga menjadi salah satu manfaat adanya website. Saat ini maraknya forum jual beli pada website memudahkan kita untuk dapat membeli dan berjualan tanpa bertatap muka dengan pihak yang bersangkutan, hal ini mendukung kita berbelanja dimana saja dan kapan saja.

3. Forum Belajar Online

Selain jual beli online, belajar online juga sedang menjadi trend baru-baru ini. Forum belajar online melalui sebuah website sama halnya seperti forum jual beli, dimana kini siswa bisa belajar dimana saja dan kapan saja. Tentunya orang tua tidak lagi khawatir dengan keberadaan anaknya karena anak dapat melakukan pembelajaran di rumah diawasi oleh orang tua.

4. Memberikan Pelayanan

Dapat kita ketahui bahwa saat ini banyak website yang dibuat sebagai penyedia jasa dimana website tersebut dirangcang untuk menangani berbagai keluhan atau aduan terkait hal-hal yang memang ingin diketahui oleh masyarakat luas.

5. Informasi Pekerjaan

Saat ini terdapat beberapa website yang sengaja dibuat untuk membagikan informasi mengenai lowongan pekerjaan yang tersedia saat itu juga, hal ini tentunya mempermudah para pencari kerja untuk mendapat lowongan kerja yang sesuai dengan kualifikasi diri yang dimilikinya.

6. Sarana Promosi dan Pengenalan Profil

Banyak website yang menjadi media promosi dan pengenalan profil, salah satunya adalah website perguruan tinggi. Saat ini hampir seluruh perguruan tinggi membuat website selain untuk mengenalkan profil perguruan tinggi, website ini juga dijadikan sebagai ajang promosi bagi para calon mahasiswa yang mungkin sedang bingung melanjutkan pendidikan.

7. Sarana Hiburan

Selain untuk hal-hal penting website juga bisa dibuat menjadi sarana hiburan untuk melepas penat setelah lelah berkegiatan. Hal ini yang membuat orang semakin betah mengakses internet, karena sarana hiburan yang dihadirkan melalui website tentunya membuat orang-orang dengan mudah mendapat hiburan tanpa harus bepergian ketempat hiburan. Selain hemat biaya hal ini juga menghemat waktu dimana dapat dilakukan dirumah sambil santai beristirahat.

8. Memberikan Sumber Penghasilan dari Iklan

Taukah kalian bahwa website juga menyediakan layanan iklan ? Jadi jika kamu akan membuat atau mungkin sudah memiliki website maka website yang kamu miliki dapat menjadi sumber penghasilanmu dengan cara memasang iklan pada halaman website yang kamu buat.

Demikian artikel mengenai Website, semoga bermanfaat. Terima kasih.