Pengertian Manajemen, Unsur - Unsur dan Fungsi ManajemenPengertian Manajemen, Unsur - Unsur dan Fungsi Manajemen

Secara etimologi, kata manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang memiliki arti “seni melaksanakan dan mengatur”. Kata manajemen dalam bahasa Italia (1561) merupakan maneggiare yang berarti “mengendalikan” bahasa Prancis lalu mengadopsi kata ini dari bahasa Inggris menjadi ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen juga dapat diartikan sebagai usaha perencanaan, koordinasi, serta pengaturan sumber daya yang ada demi mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

Selain itu manajemen juga bisa diartikan sebagai suatu ilmu pengetahuan yang sistematis untuk dapat memahami proses manusia saling bekerja sama agar mampu menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain, golongan tertentu maupun masyarakat luas. Sedangkan secara umum, pengertian manajemen adalah suatu proses di mana seseorang dapat mengatur segala sesuatu yang dikerjakan oleh individu atau kelompok. Manajemen perlu dilakukan guna mencapai tujuan atau target dari individu ataupun kelompok tersebut secara kooperatif menggunakan sumber daya yang tersedia.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Berikut ini pengertian manajemen menurut para ahli:

1. George R. Terry

Manajemen adalah proses yang khas yang terdiri dari tindakan-tindakan seperti: perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia serta sumber-sumber lain. Manajemen ialah wadah didalam ilmu pengetahuan, sehingga manajemen bisa dibuktikan secara umum kebenarannya.

2. James A.F Stoner

Manajemen merupakan proses dalam membuat suatu perencanaan, pengorganisisasian, pengendalian serta memimpin berbagai usahda dari anggota entitas atau organisasi dan juga mempergunakan semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

3. Ricky W. Griffin

Manajemen adalah sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.

4. Eiji Ogawa

Manajemen adalah perencanaan, pengimplementasian, serta pengendalian dari setiap kegiatan yang dilakukan oleh setiap perusahaan atau organisasi dengan menetapkan setiap sasaran yang disempurnakan sesuai dengan kondisi (fleksibel).

5. John D. Millet

Dalam bukunya yang berjudul Managemen In The Public Service John D. Millet berpendapat bahwa pengertian manajemen adalah proses dalam memberikan arahan pekerjaan kepada orang-orang dalam suatu organisasi guna mencapai tujuan.

6. Prajudi Atmosudirdjo

Manajemen merupakan menyelenggarakan sesuatu dengan menggerakkan orang-orang, uang, mesin-mesin, dan alat-alat sesuai dengan kebutuhan.

7. Manullang

Manajemen adalah seni dan ilmu pencatatan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, pengawasan terhadap sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

8. Luther Gulick

Pengertian manajemen adalah suatu bidang ilmu pengetahuan yang berupaya secara sistematis bertujuan untuk memahami bagaimana serta mengapa manusia bekerja sama dalam menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

9. T. Hani Handoko (2000:10)

Manajemen adalah bekerja dengan orang-orang untuk menentukan, menginterpretasikan, dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan fungsi-fungsi perencanaan, pengorganisasian, penyusunan personalia, pengarahan, kepemimpinan dan pengawasan.

10. Cyril O’donnel

Dalam bukunya yang berjudul Principles of Management, Cyril O’donnel menjelaskan bahwa definisi manajemen adalah berhubungan dengan pencapaian sesuatu tujuan yang dilakukan melalui dan dengan orang-orang lain.

Unsur – Unsur Manajemen

Unsur - Unsur Manajemen
Unsur – unsur manajemen

Dalam menjalankan fungsi manajemen tentunya kita perlu adanya sumber daya, nah sumber daya inilah yang disebut sebagai unsur manajemen, dimana unsur-unsur ini tidak dapat dipisahkan untuk mencapai suatu tujuan. Berikut ini adalah unsur-unsur manajemen:

1. Manusia

Sumber daya manusia tentunya menjadi unsur paling utama untuk menjalankan fungsi manajemen karena semua kegiatan dilaksanakan oleh manusia. Mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan tentunya dikerjakan oleh manusia. Jadi jika unsur manusia tidak terpenuhi maka tidak akan pernah ada aktivitas baik dalam organisasi ataupun perusahaan.

2. Uang

Uang menjadi alat tukar sekaligus alat ukur nilai. Besar kecilnya sebuah kegiatan dalam perusahaan dapat diukur melalui seberapa besar pengeluaran yang diperlukan untuk menanggung biaya. Tersedianya uang sebagai modal membuat manajemen lebih leluasa dalam mencapai tujuan dari perusahaan.

3. Material

Selain ketersediaan Sumber Daya Manusia yang baik, fungsi manajemen juga membutuhkan material untuk mencapai tujuan. Material ini berupa bahan baku, dapat berupa barang jadi ataupun barang setengah jadi.

4. Mesin

Dengan adanya mesin maka proses pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien sehingga mesin dan manusia tidak bisa dipisahkan selama perusahaan menjalankan kegiatannya.

5. Metode

Untuk mempermudah pekerjaan, diperlukan sebuah tata cara pelaksanaan kerja yang dikenal dengan Standar Operating Procedure atau biasa disebut SOP. Metode ini digunakan untuk pelaksanaan kerja dengan mempertimbangkan tujuan, waktu, biaya, dan fasilitas yang ada agar pelaksanaan kerja menjadi lebih efektif dan efisien.

6. Pasar

Pasar menjadi unsur penting untuk menentukan apakah produk atau jasa yang dikeluarkan oleh perusahaan diminati oleh pasar. Untuk menentukan pasar perlu dilakukan kajian secara mendalam sehingga produk tepat sasaran. Dalam usaha menguasai pasar, perusahaan perlu memiliki produk yang berkualitas yang sesuai dengan daya beli pasar.

Fungsi Manajemen

Fungsi Manajemen
Fungsi manajemen

Berikut ini merupakan fungsi manajemen:

1. Fungsi Perencanaan

Fungsi manajemen yang pertama yaitu perencanaan, perencanaan ini merupakan hal yang paling penting di dalam suatu manajemen bisnis karena memiliki fungsi menentukan tujuan perusahaan serta upaya yang harus dilakukan guna mencapai tujuan yang telah direncanakan. Dalam hal perencanaan, manajer bertindak sebagai orang yang harus mencari alternatif agar tujuan akhir, mencakup rencana jangka menengah, rencana jangka pendek, dan juga rencana jangka panjang. Selain itu, manajer juga akan merencanakan serta mengevaluasi tindakan yang telah dijalankan di dalam bisnis. Tanpa sebuah perencanaan, tentunya bisnis yang dijalankn tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. Jika hal ini terjadi bisnis yang dijalankan tentunya tidak akan berjalan sesuai apa yang diharapkan.

2. Fungsi Pengorganisasian

Fungsi manajemen yang kedua yaitu pengorganisasian. Dalam hal ini, manajemen berfungsi untuk membagi kegiatan besar kemudian dijadikan sejumlah kegiatan kecil. Umumnya, pengorganisasian ini bisa dilaksanakan dengan cara menentukan apa saja tugas yang harus dikerjakan, bagaimana cara mengerjakan, dan siapa yang harus mengerjakan. Pengorganisasian ini memiliki tujuan agar dapat mempermudah manajer dalam melakukan pengawasan agar lebih efektif. Selain itu, penentuan sumber daya untuk beragai kegiatan yang dibutuhkan juga lebih mudah dan lebih efisien. Jika pengorganisasian ini berjalan dengan baik, tujuan bisnis menjadi lebih terorganisasi dan tersetruktur.

3. Fungsi Penempatan

Fungsi manajemen yang ketiga yaitu penempatan. Pada fungsi ini, hal-hal yang termasuk sebagai sumber daya umum seperti perlengkapan, peralatan, dan inventaris tentunya akan lebih diutamakan.

4. Fungsi Pengarahan

Fungsi manajemen yang keempat yaitu sebagai pengarahan. Dalam hal ini manajemen berfungsi untuk mengupayakan agar orang atau kelompok yang ikut serta dalam bisnis dapat mencapai target dan juga sasaran yang sesuai dengan prosedur yang telah direncanakan sebelumnya. Jika masalah terjadi maka manajer akan memberi arahan agar rencana yang telah ditetapkan bisa berjalan dengan lancar. Dalam dunia bisnis, kejadian yang tidak terduga tentunya bisa terjadi kapan saja. Hal inilah yang membuat rencana yang sudah ditetapkan sebelumnya tidak bisa diwujudkan. Nah untuk meminimalisir agar kejadian yang tidak terduga tidak terjadi maka fungsi manajemen untuk pengarahan mengambil peran yang sangat penting.

5. Fungsi Pengawasan

Fungsi manajemen yang terakhir yaitu berperan sebagai pengawasan. Setelah tindakan dan rencana sudah dijalankan, selanjutnya pengawasan sangat diperlukan untuk mengevaluasi semua kinerja di dalam perusahaan. Nah, disini manajer melakukan pengawasan serta memastikan seluruh kegiatan yang telah dijalankan sudah sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Pengawasan disini berguna agar penyimpangan dan kesalahan ketika menjalankan tugas bisa dikoreksi agar dapat dijadikan pembelajaran di dalam perencanaan pada tahap selanjutnya.

Hal-hal yang harus diperhatikan ketika melakukan pengawasan antara lain:

  • Routing atau jalur dimana manajer harus menentukan jalur untuk mengurangi resiko kesalahan
  • Scheduling atau penetapan waktu dimana manajer harus mempunyai waktu yang rutin untuk menjalankan pengawasan
  • Dispatching atau perintah pelaksana dimana manajer harus mempunyai sikap agar bisa mendorong serta memerintah sumber daya untuk menyelesaikan pekerjaan agar sesuai terhadap waktu yang telah ditentukan
  • Follow Up atau tindak lanjut dimana manajer mengevaluasi serta memberikan solusi terhadap segala masalah yang terjadi agar tidak terulang kembali.

Penerapan Manajemen dalam Kehidupan Sehari-hari

Baik disadari ataupun tidak, dalam kehidupan sehari-hari kita selalu melakukan kegiatan manajemen. Banyak kebiasaan yang mungkin anda lakukan tanpa disadari disebabkan oleh terjadinya penerapan ilmu manajemen yang anda punya, contoh sederhananya adalah cara anda mengelola aktifitas anda sehari-hari seperti jam berapa anda harus bangun, berangkat ke kantor ataupun sekolah, lalu kegiatan dirumah apa yang akan anda lakukan setelah selesai beraktifitas diluar rumah semua itu tentunya anda atur dengan ilmu manajemen sebagai cara agar 24 jam waktu yang anda miliki tidak menjadi sia-sia. Selain itu mungkin anda juga melakukan manajemen berupa mengatur pemasukan dan juga pengeluaran, pasti semaksimal mungkin anda akan mengusahakan pengeluaran tidak lebih besar dari pemasukan yang anda terima.

Sekian artikel mengenai Manajemen, semoga dapat bermanfaat. Terima kasih.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *