Pengertian Kurikulum, Fungsi, Manfaat dan Komponen Kurikulum

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kurikulum diartikan sebagai suatu perangkat mata pelajaran yang diajarkan pada lembaga pendidikan. Kata “kurikulum” sendiri berasal dari bahasa Yunani curir dan currere yang merupakan sebuah istilah bagi tempat berpacu, dengan kara lain kurikulum dapat diartikan sebagai sebuah rute yang harus dipatuhi dan dilalui oleh para kompetitor dalam sebuah perlombaan. Pada Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah RI No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan dijelaskan bahwa pengertian dari kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Secara umum kurikulum diartikan sebagai suatu program pendidikan yang berisikan berbagai bahan ajar dan pengalaman belajar yang diprogramkan, direncanakan, dan dirancangkan secara sistemik atas dasar norma-norma berlaku yang dijadikan pedoman dalam proses pembelajaran bagi tenaga kependidikan dan peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan.

Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli

Berikut ini pengertian kurikulum menurut beberapa ahli :

1. Menurut Daniel Tanner dan Laurel Tanner

Kurikulum merupakan suatu pengalaman pembelajaran yang terarah, terencana secara sistematis juga tersusun melalui proses rekontruksi pengetahuan dan pengalaman serta berada dibawah pengawasan lembaga pendidikan sehingga para peserta didik  memiliki motivasi dan minat belajar yang tinggi.

2. Menurut Dr. H. Nana Sudjana

Kurikulum merupakan niat dan harapan yang dituangkan kedalam bentuk rencana maupun program pendidikan yang dilaksanakan oleh para pendidik di sekolah. Kurikulum sebagai niat dan rencana, sedangkan pelaksaannya adalah proses belajar mengajar. Yang terlibat didalam proses tersebut yaitu pendidik dan peserta didik.

3. Menurut Crow and Crow

Kurikulum adalah suatu rancangan dalam pengajaran yang tersusun secara sistematis untuk menyelesaikan program dalam memperoleh ijazah.

4. Menurut  Harsono

Kurikulum suatu gagasan pendidikan yang diekpresikan melalui praktik. Pengertian kurikulum saat ini semakin berkembang, sehingga yang dimaksud dengan kurikulum itu tidak hanya sebagai gagasan pendidikan, namun seluruh program pembelajaran yang terencana dari institusi pendidikan nasional.

5. Menurut Kerr, J.

Kurikulum merupakan seluruh pembelajaran yang dirancang dan dilakukakan secara individu maupun kelompok, baik didalam sekolah maupun diluar sekolah.

6. Menurut Neagley dan Evans

Kurikulum adalah sebuah pengalaman yang telah dirancang dari pihak sekolah untuk membantu peserta didik dalam mencapai hasil belajar yang baik.

7. Menurut Hilda Taba

Kurikulum merupakan a plan of learning yang artinya bahwa kurikulum merupakan sesuatu yang direncanakan untuk dipelajari oleh peserta didik.

8. Menurut Grayson

Menjelaskan kurikulum sebagai suatu perencanaan dalam memperoleh pengeluaran yang diharapkan dari suatu pembelajaran yang telah diajarkan.

9. Menurut George A. Beaucham

Kurikulum diartikan sebagai dokumen tertulis yang berisikan seluruh mata pelajaran yang akan diajarkan kepada peserta didik melalui pilihan berbagai disiplin ilmu dan rumusan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

10. Menurut Good V.Carter

Kurikulum merupakan sekumpulan kursus ataupun urutan pembelajaran yang sistematik.

11. Menurut Inlow

Kurikulum merupakan suatu usaha menyeluruh yang dirancang secara khusus guna untuk membimbing peserta didik dalam memperoleh hasil belajar dari pembelajaran yang sudah ditetapkan.

12. Menurut David Praff

Kurikulum merupakan seperangkat organisasi dari pendidikan formal atau pusat-pusat pelatihan pembelajaran.

13. Menurut Donald E. Orlasky, Othanel Smith dan Peter F. Olivva

Kurikulum adalah suatu bentuk perencanaan maupun program dari pengalaman peserta didik yang diarahkan dan dikembangkan di sekolah.

14. Menurut Prof. Dr. S. Nasution, M. A.

Kurikulum merupakan suatu rencana yang disusun untuk melancarkan proses kegiatan belajar mengajar di bawah naungan, bimbingan dan tanggunga jawab sekolah / lembaga pendidikan.

15. Menurut Prof. Drs. H. Darkir

Kurikulum merupakan alat dalam mencapai tujuan pendidikan. Jadi, kurikulum ialah program pendidikan dan bukan program pengajaran, sehingga program itu direncanakan dan dirancang sebagai bahan ajar dan juga pengalaman belajar.

16. Menurut William B. Ragam dan Robert S. Flaming

Kurikulum merupakan keseluruhan pengalaman peserta didik yang menjadi tanggung jawab pihak sekolah atau lembaga.

Fungsi Kurikulum

Fungsi Kurikulum

Berikut ini beberapa fungsi dari dibuatnya sebuah kurikulum :

  1. Fungsi Penyesuaian
    Kurikulum memiliki sifat mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi dalam lingkungan yang cenderung dinamis.
  2. Fungsi Integrasi
    Kurikulum mampu menjadi alat pendidikan yang dapat membentuk pribadi-pribadi yang utuh serta berintegritas di masyarakat.
  3. Fungsi Diferensiasi
    Kurikulum merupakan alat pendidikan yang memperhatikan pelayanan kepada setiap peserta didik yang mana mereka memiliki perbedaan masing-masing yang patut untuk dihargai.
  4. Fungsi Persiapan
    Kurikulum juga tentunya membantu mempersiapkan peserta didik untuk dapat menuju ke jenjang pendidikan berikutnya, serta siap untuk hidup bermasyarakat apabila peserta didik tersebut tidak melanjutkan pendidikannya.
  5. Fungsi Pemilihan
    Kurikulum memfasilitasi para peserta didik dengan cara memberi mereka kesempatan untuk memilih program belajar yang sesuai dengan minat serta bakatnya.
  6. Fungsi Diagnostik
    Kurikulum berfungsi untuk memahami dan mengarahkan potensi dari seorang peserta didik agar dia dapat menggali terus potensinya dan memperbaiki kelemahannya.

Manfaat Kurikulum

Manfaat Kurikulum

Berikut ini beberapa manfaat dari kurikulum :

1. Manfaat Kurikulum Bagi Sekolah

Berikut ini manfaat kurikulum bagi sekolah :

  • Kurikulum akan mendorong sekolah untuk menyukseskan penyelenggaraan pendidikan.
  • Kurikulum akan membuka peluang bagi pihak sekolah untuk mengembangkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan.
  • Kurikulum dapat digunakan sebagai alat dalam upaya pencapaian tujuan program pendidikan.

2. Manfaat Kurikulum Bagi Guru

Berikut ini manfaat kurikulum bagi guru :

  • Kurikulum dapat digunakan sebagai pedoman untuk merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi hasil kegiatan pembelajaran.
  • Kurikulum dapat membantu memberikan pemahaman kepada tenaga pengajar dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya.
  • Kurikulum dapat mendorong tenaga pengajar untuk lebih kreatif dalam proses belajar-mengajar.
  • Kurikulum dapat membantu menunjang pengajaran agar lebih baik.

3. Manfaat Kurikulum Bagi Masyarakat

Berikut ini manfaat kurikulum bagi masyarakat :

  • Kurikulum dapat dijadikan pedoman atau standar bagi orang tua dalam membimbing proses belajar anaknya.
  • Kurikulum memungkinkan masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam mengembangkan dan menyempurnakan program pendidikan, yaitu melalui kritik dan saran membangun.

Komponen Kurikulum

Berikut ini 4 (empat) komponen pembentuk kurikulum :

  1. Tujuan
    Komponen tujuan berhubungan dengan hasil yang diharapkan dari proses pembelajaran. Seperti kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, dan keterampilan.
  2. Materi
    Komponen materi berhubungan dengan segala aspek, termasuk materi pelajaran atau kegiatan peserta didik yang terarah sesuai dengan tujuan pendidikan.
  3. Strategi Pelaksanaan
    Komponen strategi berhubungan dengan metode, pendekatan, serta peralatan yang digunakan dalam proses pelaksanaan kurikulum agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.
  4. Evaluasi
    Komponen evaluasi berhubungan dengan proses penilaian terhadap tingkat ketercapaian tujuan dan efektivitas suatu kurikulum dalam proses pembelajaran. Dengan adanya evaluasi, maka dapat ditentukan apakah suatu kurikulum dapat dipertahankan atau tidak, atau diperbaiki agar menjadi kurikulum yang lebih baik lagi.

Demikian artikel mengenai Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Komponen Kurikulum. Semoga bermanfaat. Terima kasih.