Cara Sinkronisasi Siswa di Emis dan Sispena dengan Cepat dan Mudah

Melakukan Sinkronisasi Data Siswa menjadi hal yang penting dilakukan, karena jika tidak dilakukan sinkronisasi maka data siswa yang muncul adalah data siswa pada tahun sebelumnya (tahun lalu). Namun ternyata, banyak user yang mengeluhkan tidak bisa melakukan sinkronisasi jumlah siswa dan rombel di sispena? Padahal detail siswa di emis sudah terisi komplit. Sebelum dilakukan sinkronisasi, yang tertera adalah siswa tahun yang lalu. Lalu setelah disinkronkan, kemudian proses sinkronisasi berhasil, tetapi data siswa dan rombel menjadi kosong.

Setelah ditelusuri lebih jauh, ternyata hal tersebut terjadi bukan karena aplikasinya yang bermasalah. Melainkan karena adanya data yang belum terisi dengan lengkap pada emis madrasah. Hal tersebut tentu menjadi hal yang seharusnya pantang untuk dilewatkan, karena kelengkapan data menjadi target sinkronisasi antara emis dan sispena terkait dengan siswa dan rombongan belajar.

Menu tersebut adalah “Data Rombongan Belajar” yang terdapat di menu Sarana Prasarana di emis madrasah.

Melakukan Sinkronisasi Siswa dan Rombel

Sebelum memulai proses sinkroniasi jumlah siswa dan rombongan belajar antar emis dan sispena, Anda harus melengkapi “Data Rombongan Belajar” terlebih dahulu. Adapun langkah-langkah untuk melengkapi data rombongan belajar di emis sebagai berikut:

  1. Buka layanan dan loginlah ke emis madrasah di alamat http://emispendis.kemenag.go.id/emis_madrasah
  2. Klik menu Sarana Prasarana yang terdapat pada bilih menu sebelah kiri
  3. Klik submenu “Rincian Data Ruangan”
  4. Selanutnya, akan muncul data berbagai jenis ruangan mulai ruang kelas hingga ruang lain-lainnya.
  5. Jika belum ada, atau rombel yang dituju tidak ada, silakan lakukan penambahan ruangan baru dengan cara gklik “Tambah Data” lalu isikan data-data yang diperlukan.
  6. Jika ruangan kelas yang dimaksud sudah ada, klik tanda segitiga di tombol “Aksi”.
  7. Selanjutnya akan muncul beberapa pilihan menu, pilih “Rombongan Belajar”.
  8. Jika sudah muncul “Data Rombongan Belajar”, klik tombol “Tambah Data”.
  9. Selanjutnya akan muncul kotak “Data Rombongan Belajar”, kemudian isikan jumlah siswa laki-laki dan perempuan. Lalu Klik Simpan.
  10. Klik submenu “Rincian Data Ruangan” sebagaimana langkah nomor tiga di atas untuk kembali ke daftar ruangan.
  11. Ulangi hingga semua rombel terisi jumlah siswa yang sesuai dengan siswa tahun pelajaran berjalan saat ini.

Dalam beberapa kasus, ketika akan mengisi “Data Rombongan Belajar” (langkah ke-9 di atas), sudah terisikan jumlah siswa putra dan putri namun pada kolom kelas tidak tertera nama kelasnya. Kondisi seperti ini pun akan mengakibatkan jumlah siswa tidak akan terbaca oleh Sispena (tidak berhasil disinkronkan). Untuk mengatasinya, silakan lakukan penambahan data baru (klik tombol Tambah Data).

Jika “Data Rombongan Belajar” sudah terisi jumlah siswa, maka langkah selanjutnya adalah melakukan sinkronisasi dengan sispena. Dengan cara sebagai berikut:

  1. Buka dan login ke laman Sispena di alamat https://bansm.kemdikbud.go.id/sispena
  2. Klik menu “Data Isian Akreditasi (DIA)” yang ada di deretan menu sebelah kiri.
  3. Klik tombol “Pemutakhiran Data” hingga muncul deretan menu
  4. Klik “Siswa”
  5. Klik tombol “Ambil data Dapodik/Emis”
  6. Tunggu hingga proses selesai dengan memunculkan pesan “Data Dapodik Siswa berhasil disimpan”
  7. Pada kolom “rombongan belajar” dan “siswa tingkat” akan terisi jumlah rombel di tiap tingkat dan jumlah siswa di setiap tingkat/kelas.

Sinkronisasi jumlah siswa di emis dan sispena ini dilakukan agar jumlah siswa dan rombongan belajar yang diisikan di emis madrasah dapat terbaca juga di layanan sispena. Dengan hal tersebut, tentu akan sangat membantu madrasah yang akan mengikuti akreditasi sekolah/madrasah bisa mengisi Data Isian Akreditasi (DIA) dengan baik.

Demikian arikel mengenai Cara Sinkronisasi Siswa di Emis dan Sispena. Semoga informasi yang dimuat dalam artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.