16 Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Sekolah dan Kerja Lengkap 2019

0
500
contoh surat izin sakit
contoh surat izin sakit

Sakit merupakan sebuah keadaan yang tentu tidak diharapkan oleh siapapun. Namun sakit merupakan bagian dari sebuah kehidupan yang tidak dapat terhindarkan. Hampir untuk semua orang dengan beragam status baik pelajar, mahasiswa, dan karyawan dan lainnya ketika sakit melanda tak jarang harus memberikan keterangan sakit dengan sebaik mungkin.

Hal tersebut adalah bagian dari rasa bertanggung jawab atas suatu hal yang seharusnya dapat kita kerjakan atau selesaikan namun harus tertunda untuk sementara waktu karena kondisi fisik yang tidak fit. Alhasil, anda pun tentu akan membutuhkan surat sakit untuk meminta izin.

Surat sakit ini bisa anda gunakan untuk memohon izin kepada pihak terkait. Jika anda masih sekolah, maka ditujukan kepada pihak sekolah dan juga guru guru. Jika anda kuliah, maka ditujukan kepada pihak kampus atau dosen. Dan jika anda sudah bekerja, surat sakit tersebut bisa anda tujukan kepada bagian personalia ataupun kepada atasan anda.

Penggunaan berbagai contoh surat sakit tentu masih sangat sering kita temukan, bahkan kita pergunakan. Surat berjenis surat permohonan ini memang diperlukan oleh berbagai pihak untuk meminta izin kepada pihak lain. Surat ini pada umumnya dipergunakan oleh para siswa, mahasiwa, dan juga para orang orang yang sudah bekerja.

Sakit merupakan salah satu alasan yang paling sering kita temukan dan juga paling bisa diterima oleh pihak lain. Jadi, jika anda memang sedang sakit dan membutuhkan istirahat atau perawatan, maka anda bisa memberitahukan hal tersebut kepada pihak yang anda tuju dan menyebutkan alasan anda.

1. Contoh Surat Izin Sakit Sekolah

Salah satu pihak yang paling sering menggunakan surat sakit adalah para siswa/i di sekolah. Jadi, jika anda sedang sakit dan tidak bisa mengikuti pelajaran di sekolah, maka alangkah baiknya jika anda mengirimkan surat sakit sekolah. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat sakit sekolah di bawah ini.

Bandung, 17 September 2019

Perihal     : Permohonan Izin Sakit
Lampiran : 1 Lembar

Yth,
Bapak/Ibu Guru Kelas XI
SMA Negeri 108 Bandung
di Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama               :  Rizky Luhung
Siswa                :  Kelas XI SMA Negeri 108 Bandung
NISN                :  655467675
Alamat             :  Jl. Amal No. 123, Bandung

dengan ini bermaksud memberitahukan jika saya tidak bisa mengikuti pelajaran pada hari ini, Senin, 17 September 2019 dikarenakan sedang dalam kondisi sakit. Hal tersebut senada dengan surat hasil pemeriksaan dari dokter yang mengharuskan saya untuk beristirahat.

Untuk itu, saya pun bermaksud untuk meminta izin kepada Bapak/Ibu Guru Kelas XI SMA Negeri 108 Bandung. Bersama ini saya juga sudah melampirkan surat keterangan sakit dari dokter sebagai bahan pertimbangan.

Demikian surat permohonan izin sakit ini saya sampaikan, atas perhatian dan izin dari Bapak/Ibu guru, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra

2. Contoh Surat Izin Sakit Mahasiswa

Para mahasiwa/i juga seringkali menggunakan surat sakit jika sedang sakit dan tidak bisa mengikuti perkuliahan di kampus. Surat sakit mahasiswa inipun bisa anda tujukan kepada dosen yang bersangkutan, yakni dosen yang mengampu mata kuliah yang tidak bisa anda hadiri. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat sakit mahasiswa di bawah ini.

Bandung, 17 September 2019

Perihal        : Permohonan Izin Sakit
Lampiran   : 1 Lembar

Yth. Bapak Muhammad Ibrahim
Dosen Mata Kuliah Hukum Islam
Universitas Nasional Pasim

di Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama                  : Anton Syahputra
NIM                    : 547689765
Program Studi  : S-1 Hukum
Fakultas             : Fakultas Hukum

dengan ini bermaksud untuk memohon izin tidak bisa mengikuti perkuliahan Mata Kuliah Hukum Islam yang Bapak ampu pada hari ini, Senin, 17 September 2019. Hal tersebut dikarenakan saya sedang sakit dan harus beristiraha. Sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak, bersama ini saya juga sudah melampirkan surat keterangan sakit dari dokter.

Demikian permohonan izin sakit ini saya buat dengan sebenar – benarnya, atas perhatian dan izin dari Bapak, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra

3. Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Kerja

Jika anda merupakan seorang pekerja dan sedang dalam keadaan sakit, maka sebaiknya tidak perlu memaksakan diri untuk masuk kerja. Anda bisa meminta izin kepada atasan dikarenakan sedang sakit. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat sakit tidak masuk kerja di bawah ini.

Medan, 17 September 2019

Perihal      : Permohonan Izin Sakit
Lampiran  : 1 Lembar

Yth. Kepala Personalia
PT. Maju Jaya Sejahtera
di Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama          : Anton Syahputra
Jabatan       : Staff Marketing
Telp.            : 081234567890
Alamat        : Jl. Arwinda No. 123, Medan

dengan ini bermaksud untuk meminta izin kepada Bapak Kepala Personalia karena tidak bisa datang dan masuk kerja pada hari ini, Senin, 17 September 2019. Hal tersebut dikarenakan saya sedang dalam keadaan sakit dan harus beristirahat. Bersama ini saya juga sudah melampirkan surat keterangan sakit dari dokter.

Demikian surat permohonan izin sakit ini saya perbuat dengan sebenarnya, atas perhatian dan izin dari Bapak, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Anton Syahputra.

4. Contoh Surat Izin Sakit Dokter

Ketika anda sedang sakit dan memeriksakan diri ke dokter, maka anda bisa meminta surat sakit dari dokter. Surat tersebut sangat berguna untuk anda para siswa, mahasiswa, ataupun para pekerja sebagai bukti untuk meminta izin. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat contoh surat sakit dokter di bawah ini.

DINAS KESEHATAN KOTA JAKARTA
RUMAH SAKIT UMUM DAERAH JAKARTA UTARA

Jalan Tubagus Jaelani No.18
Telp. 021-123456; Fax. 021-123456

SURAT KETERANGAN SAKIT

Nomor: 123/RSUJU/09/2019

Saya yang bertanda tangan dibawah ini, Dokter Anton Syahputra, Rumah Sakit Umum Adam Malik, menerangkan bahwa:
Nama          : M Fajar
Umur          : 17 Tahun
Pekerjaan  : Pelajar
Alamat       : Jl. Arif Rahman No.105 Jakarta Utara

berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan pada hari Minggu, 16 September 2019, yang bersangkutan dinyatakan sedang dalam kondisi sakit dan membutuhkan istirahat selama 2 hari, terhitung mulai dari 17 September s/d 18 September 2019.

Demikian surat keterangan sakit ini diperbuat, untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 16 September 2019

Mengetahui,
Dokter Pemeriksa,

Anton Syahputra.

5. Contoh Surat Izin Sakit dalam Bahasa Inggris

Pada umumnya, surat sakit memang menggunakan bahasa Indonesia. Namun mungkin saja anda mendapat tugas dari guru atau dosen untuk membuat surat sakit dalam bahasa inggris. Maka dari itu, di bawah ini adalah contoh surat sakit dalam bahasa Inggris sebagai bahan referensi untuk anda.

Yogyakarta, September, 17 2019

Subject            : Permit Application
Attachment    : 1 Sheet

To :
Director of PT. Sukses Makmur
Jl. Jend. Sudirman No. 123, Yogyakarta

With Respect,

I, the undersigned below :
Name                : Anton Syahputra
Position            : Marketing Staff
Addres              : Jl. Amal No. 123, Medan

hereby intend to inform that I cannot enter work today, September, 17 2019. This is because I am sick and need rest. Therefore, I also intend to ask permission from you as long as I cannot enter work. In connection with this, I have also attached a certificate of illness from the hospital with him.

Sincerely,

Anton Syahputra.

6. Contoh Surat Sakit yang Baik dan Benar

Menulis surat sakit tentu tidaklah bisa sembarangan, karena isinya adalah berupa permohonan izin. Maka dari itu, anda harus bisa menulis surat sakit dengan sebaik mungkin dan juga bisa meyakinkan pihak yang anda tuju dengan alasan sakit. Untuk itu, anda bisa melihat contoh surat sakit yang benar di bawah ini.

Bandung, 17 September 2019

Perihal      : Permohonan Izin Sakit
Lampiran  : 1 Lembar

Kepada Yth,
Kepala Personalia
PT. Pratama Abadi
Jl. Jend. Sudirman No. 123
Bandung

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama                : Muhammad Fajar
Jabatan            : Staff Produksi
Alamat              : Jl. Amal No 123, Bandung

dengan ini bermaksud memberitahukan bahwa saya tidak bisa masuk kerja pada hari ini, Senin, 17 September 2019. Hal tersebut dikarenakan saya sedang sakit dan menurut pemeriksaan dari dokter harus menjalani istirahat di rumah.

Oleh karena itu, saya pun bermaksud  untuk meminta izin kepada Bapak Kepala Personalia atas ketidakhadiran saya. Sehubungan dengan hal tersebut, bersama ini saya juga sudah melampirkan surat keterangan sakit dari dokter.

Demikian surat permohonan izin ini saya sampaikan, atas perhatian dan izin dari Bapak, saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

Muhammad Fajar

7. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Umum

Surat tidak masuk kerja pada umumnya memiliki format yang sama dengan surat-surat izin lainnya. Meski tiap perusahaan, instansi, dan tempat kerja memiliki aturan yang berbeda-beda soal pemberian izin tidak masuk kerja, tapi rasa-rasanya surat izin tidak masuk kerja yang umum hampir sama di tiap tempatnya. Berikut adalah contoh surat izin tidak masuk kerja yang paling umum dan bisa digunakan di mana saja.

Yogyakarta, 4 Januari 2018

Hal : Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja

Yth,
Kepala Bagian Personalia
PT. Angkasa Raya Christa
Jalan Padi Kapas No. 8
Yogyakarta

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama Lengkap    : Arya Saputra
Alamat                   : Jalan Kepatihan Km 8 Pringkuning No 15 Yogyakarta
Jabatan                  : Staff Akuntansi PT. Angkasa Raya Christa

Dengan ini saya memberitahukan bahwa pada hari Selasa, 4 Januari 2018 saya tidak bisa masuk untuk bekerja seperti biasanya dikarenakan ada kepentingan keluarga yang sangat mendesak. Sehubungan dengan hal tersebut, saya bermaksud untuk memohon izin untuk tidak masuk kerja pada tanggal tersebut.

Demikian surat izin saya sampaikan dengan sebenar-benarnya. Atas perhatiannya saya  ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Arya Saputra

8. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja PNS

Menjadi seorang PNS atau Pegawai Negeri Sipil tentunya memiliki aturan tersendiri, termasuk ketika tidak bisa masuk kerja. Lain dengan perusahaan swasta, biasanya izin tidak masuk kerja untuk seorang PNS yang bekerja baik di dunia pendidikan atau kedinasan lainnya akan sedikit lebih rumit. Namun, secara keseluruhan, surat izin tidak masuk kerja yang harus ditulis seorang PNS saat ada halangan dan tidak bisa masuk kerja rata-rata hampir sama dengan surat izin tidak masuk kerja pada umumnya. Berikut adalah contoh surat izin tidak masuk kerja untuk PNS.

Jakarta, 03 September 2017

Hal             : Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja
Lampiran : 1 Lembar

Yth,
Kepala Dinas Kebudayaan Jakarta
di
Tempat

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama Lengkap             : Ahmad Hasanudin
N I P                               : 19710308 199103 2 002
Pangkat/Gol.Ruang    : Pembina  III  / a
Jabatan                          : Staff Bidang Kearsipan Dinas Kebudayaan Gunung Kidul
Alamat                           : Tirtoadi, RT 17, RW 9, Karangrejek, Wonosari, Gunung Kidul

Dengan ini saya memberitahukan bahwa pada hari Senin, 3 September 2017 hingga Selasa, 4 September 2017 saya tidak bisa masuk untuk bekerja seperti biasanya dikarenakan sakit dan diharuskan beristirahat oleh dokter selama 2 (dua) hari. Sehubungan dengan hal tersebut, saya bermaksud untuk memohon izin untuk tidak masuk kerja pada hari yang sudah disebutkan di atas. Saya juga melampirkan surat keterangan sakit dari dokter.

Demikian surat izin saya sampaikan dengan sebenar-benarnya. Atas perhatiannya saya  ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ahmad Hasanudin

9. Contoh Surat Sakit Tulisan Tangan

Kadang ada perusahaan atau instansi yang mewajibkan surat izin tidak masuk kerja ditulis dengan tulisan tangan, bukan diketik dengan komputer. Mungkin hal ini dilakukan oleh perusahaan atau instansi untuk menghindari aksi “copy-paste” surat izin atau untuk memudahkan bagian HRD menganalisis surat izin tersebut. Untuk contoh surat izin tidak masuk kerja yang ditulis dengan tulisan tangan, berikut adalah contohnya.

Contoh Surat Sakit Tulisan Tangan
contoh surat sakit tulisan tangan

10. Contoh Surat Sakit yang Baik dan Benar untuk Surat Izin tidak Masuk Kerja

Jakarta, 12 Maret 2018

Hal : Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja

Yth,
Kepala Bagian HRD
PT. Bintang Timur
Perumahan Avant Grande, Blok A15
Pancoran, Jakarta Selatan

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama Lengkap      : Ani Ismayani
Alamat                     : Jalan Beringin nomor 7, Pancoran, Jakarta Selatan
Jabatan                   : Staff Keuangan di PT. Bintang Timur

Dengan ini saya menginformasikan pada bagian HRD bahwa pada hari Senin, 12 Maret 2018 saya ada kepentingan mendadak (urgent) sehingga tidak bisa masuk untuk bekerja ke kantor seperti biasanya. Sehubungan dengan hal tersebut, saya bermaksud untuk memohon izin dari pihak HRD untuk tidak masuk kantor pada tanggal tersebut.

Demikian surat izin ini saya buat dan saya sampaikan dengan sebenar-benarnya. Atas perhatiannya saya  ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ani Ismayani

11. Contoh Surat Izin Cuti Kerja Karyawan Karena Sakit

Seringkali sakit yang cukup serius menjadi salah satu alasan bagi seseorang untuk mengambil jatah cuti yang lama. Tentu bukan masalah besar jika kamu memiliki koneksi dengan atasan. Namun, jika sakit yang kamu derita mengharuskanmu istirahat total dan tidak bisa bekerja sama sekali, sebaiknya kamu mempersiapkan diri untuk membuat surat izin cuti sekaligus untuk berjaga-jaga apabila harus ke rumah sakit dan opname.

Yogyakarta, 19 September 2018

Hal               : Surat Izin Cuti Kerja
Lampiran    : –

Yth,
Kepala Bagian Personalia
PT. Mentari Utara
di Tempat

Dengan Hormat,
Saya yang bertandatangan di bawah ini :
Nama                : Arani Pasha
Alamat              : Jalan Kemangi 27 Yogyakarta
Jabatan             : Staff Administrasi
Telp.                  : 0812345678

Bersama dengan surat ini, saya ingin memohon izin cuti karena tidak bisa bekerja selama 10 hari terhitung sejak hari ini dikarenakan sakit dan harus istirahat total.  Bersama surat ini saya sertakan pula surat keterangan hasil pemeriksaan kesehatan dari dokter Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta.

Demikian permohonan izin ini saya sampaikan. Atas perhatian serta kebijaksanaan Bapak/Ibu pimpinan saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Arani Pasha

12. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karyawan Pabrik

Untuk karyawan pabrik, tentunya tidak masuk kerja sehari saja sudah cukup membuat pusing pimpinan karena kapasitas produksi menjadi berkurang. Inilah mengapa cukup sulit bagi karyawan pabrik untuk mengajukan cuti atau izin tidak masuk kerja. Jika memang harus, berikut adalah contoh surat izin tidak masuk kerja untuk karyawan pabrik yang bisa dicontoh.

Sleman, 6 September 2017

Yth,
Kepala Bagian Sumber Daya Manusia (SDM)
Pratiwis Clothing
di Sleman

Hal : Surat Ijin Tidak Masuk Kerja

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama           : Sari Wijayanti
Alamat         : Jl. Joyoboyo no 2 Sleman, Yogyakarta
No. HP         : 0816291926
Jabatan        : Staff Produksi di Pratiwis Clothing

Dengan ini mengajukan permohonan ijin tidak masuk kerja mulai hari Senin, 6 September 2017 sampai dengan hari Selasa, 7 September 2017 dikarenakan sakit.

Permohonan ijin ini saya ajukan karena menurut anjuran dokter saya harus beristirahat selama 2 hari. (surat keterangan dokter dilampirkan).

Demikian permohonan ijin ini saja sampaikan. Atas perhatian dan ijin yang diberikan saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

Sari Wijayanti

13. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja untuk Guru

Bagi seorang guru, baik PNS maupun honorer, tidak masuk kerja berarti harus mempersiapkan berbagai macam tugas untuk murid selama ditinggal atau mempersiapkan guru pengganti. Selain itu, guru juga harus menulis surat izin tidak masuk kerja yang ditujukan pada kepala sekolah. Di bawah ini adalah contoh surat izin tidak masuk kerja untuk guru.

Kepada Yth.
Kepala Sekolah
SMP Negeri 2 Karangtengah
di Cianjur

Perihal : Surat Ijin tidak masuk kerja

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama              : Rivan Zulfikar, S. Pd.
Alamat            : Jl. Baros No.10 Karangtengah
Jabatan           : Guru Bahasa Inggris

Memohon izin untuk tidak masuk kerja/ tidak mengajar selama 2 hari terhitung mulai tanggal 2 Agustus 2011 dikarenakan kondisi badan yang tidak sehat (sakit). Terkait kondisi saya tersebut, saya melampirkan keterangan dari dokter. Besar harapan saya untuk bisa diberikan ijin dari pihak sekolah.

Demikian surat permohonan ijin saya, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Malang, 2 Agustus 2011
Hormat saya,

Rivan Zulfikar

14. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja untuk Staff Tata Usaha

Kepada Yth.
Kepala Tata Usaha
SMA Negeri 81 Jakarta
di Tempat

Perihal : Surat Ijin tidak masuk kerja

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama           : Yuyun Yungingsih
Alamat         : Jl. Jend Ahmad Yani No.118 Jakarta
Jabatan        : Staff Tata Usaha

Memohon izin untuk tidak masuk kerja selama 2 hari terhitung mulai tanggal 8 November 2018 dikarenakan kondisi badan yang tidak sehat (sakit). Terkait kondisi saya tersebut, saya melampirkan keterangan dari dokter. Besar harapan saya untuk bisa diberikan ijin dari pihak sekolah.

Demikian surat permohonan ijin saya, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Jakarta, 8 November 2018
Hormat saya,

Yuyun Yuningsih

15. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Karyawan Swasta

Untuk karyawan swasta pada umumnya, surat izin tidak masuk kerja biasanya ditujukan pada pihak HRD perusahaan, TL (team leader), atau PIC. Untuk mempermudah karyawan swasta dalam menulis surat izin tidak masuk kerja, berikut ini adalah contoh surat izin tidak masuk kerja paling umum yang biasanya digunakan oleh karyawan swasta untuk meminta izin pada atasan saat ada berbagai keperluan dan terpaksa tidak masuk kerja.

Bandung, 3 Juli 2017

Hal : Surat Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja

Yth,
Team Leader (TL) Staff Marketing
PT. Andini Sari Jaya
Jalan Ketupat no. 17, Cibaduyut, Bandung

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama Lengkap  : Kaka Sulaiman
Alamat                : Perumahan Gading Jaya, No. J18, Bandung
Jabatan               : Staff Marketing di PT. Andini Sari Jaya

Dengan hormat memberitahukan pada TL bahwa pada hari Kamis, 3 Juli 2017 saya tidak bisa masuk kantor untuk bekerja seperti biasanya dikarenakan kondisi kesehatan yang tidak sedang tidak baik (sakit). Sehubungan dengan hal tersebut, saya bermaksud untuk memohon izin dari pihak TL untuk tidak masuk kantor pada tanggal tersebut.

Demikian surat izin ini disampaikan dengan sebenar-benarnya dan dengan penuh tanggung jawab. Atas perhatiannya saya  ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Kaka Sulaiman

16. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja karena Anak Sakit

Banyak karyawan yang sudah berkeluarga dan terpaksa tidak bisa bekerja karena anaknya sakit. Alasan anak sakit menjadi alasan yang wajar dan biasanya dimaklumi oleh para HRD atau atasan di perusahaan. Untuk contoh surat izin tidak masuk kerja karena alasan anak sakit, kamu bisa dapatkan di bawah ini.

Yogyakarta, 1 April 2018

Yth,
Kepala Staff HRD / SDM
PT. Smakzie Utama

di Yogyakarta

Hal : Surat Permohononan Ijin Tidak Masuk Kerja

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama           : Fawija Tritunggal
Alamat         : Jl. Bojongherang No.11, Yogyakarta
Jabatan        : Desainer Grafis di PT. Smakzie Utama

Dengan ini mengajukan permohonan ijin tidak masuk kerja untuk hari ini Rabu, 1 April 2018 dikarenakan anak kandung saya sakit.

Permohonan ijin ini saya ajukan karena anak saya dirawat di rumah sakit dan tidak ada yang menunggui. Apabila diperlukan, saya akan melampirkan surat keterangan dokter atau surat keterangan dari rumah sakit perihal keadaan anak saya.

Demikian permohonan ijin ini saja sampaikan. Atas perhatian dan ijin yang diberikan saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

Fawija Tritunggal

Itu dia contoh surat sakit yang dapat anda gunakan sesuai dengan keperluan anda. Walaupun sakit adalah alasan yang paling dapat diterima, jangan sesekali menjadikan sakit sebagai alasan yang tidak benar adanya. Karena kejujuran merupakan suatu modal utama dari sebuah kehidupan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here