Cara Mengurus Surat Keterangan Belum Menikah dan ContohnyaCara Mengurus Surat Keterangan Belum Menikah dan Contohnya

Ada beberapa hal yang mungkin mengharuskan anda membuat Surat Keterangan Belum Menikah (SKBM) diantaranya ketika akan melamar pekerjaan, mengurus beasiswa, juga ketika anda mendaftarkan pernikahan ke Kantor Urusan Agama (KUA). Surat Keterangan Belum Menikah ini sebagai bukti bahwa anda masih berstatus lajang (belum pernah melakukan pernikahan). Adapun beberapa hal yang harus anda siapkan sebagai berikut:

  1. Fotocopy e-KTP pemohon
  2. Fotocopy Kartu Keluarga (KK) pemohon
  3. Fotocopy e-KTP dua orang saksi (orang tua atau wali dari pemohon)
  4. Materai 6000

Perlu dibedakan bahwa surat keterangan belum menikah merupakan surat yang berbeda dengan surat keterangan sanggup tidak menikah. Dimana surat keterangan sanggup tidak menikah menjelaskan bahwa si pembuat surat berjanji untuk tidak menikah selama jangka waktu tertentu.

Biasanya kedua surat ini dibuat dalam rangka melamar pekerjaan, terutama surat keterangan sanggup tidak menikah. Namun surat keterangan belum menikah umumnya memiliki tujuan yang lebih luas, misalnya dalam perjanjian tertentu atau sebagai salah satu persyaratan pembuatan buku / akte nikah di KUA.

Surat Keterangan Belum Menikah seringkali diminta untuk kebutuhan:

  1. Melamar Kerja
  2. Mengurus Pernikahan
  3. Beasiswa
  4. Urusan Kampus
  5. Keperluan atau perjanjian tertentu.

Contoh Surat Keterangan Belum Menikah

Format surat keterangan belum menikah yang lazim ditemukan adalah sebagai berikut:

  • ┬áTerdapat kop surat dari kelurahan.
  • Terdapat nomor surat resmi dari kelurahan tempatmu membuat surat.
  • Terdapat keterangan bahwa Lurah dari wilayah kecamatan dan kabupaten domisili tinggal memberikan keterangan.
  • Identitas lengkap dengan NIK. Khusus untuk yang satu ini terkadang menyesuaikan dengan peruntukan surat keterangan yang dibuat.
  • Keterangan peruntukan surat yang dibuat.
  • Tanggal surat, beserta nama lurah, tanda tangan, dan NIP lurah yang mengesahkan surat itu.
Contoh Surat Keterangan Belum Menikah
Contoh Surat Keterangan Belum Menikah

Langkah-langkah Pembuatan Surat Keterangan Belum Menikah

Berikut ini langkah-langkah pembuatan Surat Keterangan Belum Menikah:

  1. Pemohon membuat Surat Pernyataan Belum Menikah bermaterai 6000 yang ditandatangani oleh pemohon dilengkapi dengan tanda tangan dari kedua saksi (orang tua atau wali dari pemohon)
  2. Surat Pernyataan Belum Menikah bermaterai 6000 tersebut lalu diserahkan kepada ketua RT setempat bersama dengan beberapa dokumen yang diperlukan
  3. Setelah itu ketua RT akan memberikan formulir yang harus pemohon isi sesuai dengan data yang ada pada e-KTP dan Kartu Keluarga yang telah pemohon lampirkan
  4. Formulir itu selanjutnya akan dibubuhi cap dan tanda tangan dari ketua RT
  5. Selanjutnya anda dapat menyerahkan berkas-berkas yang telah ada ke kantor kelurahan setempat, petugas kelurahan akan memeriksa berkas-berkas tersebut
  6. Setelah itu petugas kelurahan akan membuatkan Surat Keterangan Belum Menikah dengan peruntukan yang dibutuhkan oleh pemohon, dan ditandatangani oleh Lurah.

Jangan lupa untuk membuat salinan surat ini terlebih jika anda membuat Surat Keterangan Belum Menikah untuk melamar pekerjaan karena mungkin saja anda memerlukan surat ini lebih dari satu kali. Fotocopy Surat Keterangan Belum menikah ini bisa anda bawa kembali
ke kelurahan untuk dilegalisir agar salinan surat menjadi sah. Jika anda tidak membuat salinan Surat Keterangan Belum Menikah maka anda harus mengulangi langkah pembuatan surat ini dari awal lagi, tentu saja ini akan menguras waktu anda.

Perlu diketahui bahwa pembuatan Surat Keterangan Belum Menikah ini gratis jadi jangan pernah berikan uang anda kepada petugas, namun dibeberapa daerah terdapat persyaratan dimana pemohon harus melampirkan bukti tanda lunas Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Perbedaan persyaratan tersebut kembali kepada kebijakan yang ada pada setiap daerah, persyaratan yang dilampirkan diatas adalah persyaratan pembuatan Surat Keterangan Belum Menikah secara umum.

Demikian artikel mengenai Panduan Mengurus Surat Keterangan Belum Menikah, semoga dapat bermanfaat. Terima Kasih.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *