Cara Cek Saldo JAMSOSTEK Secara Online dan Langsung

Subtitle goes here

By:

Juli 12, 2020

Shares

0.0 of 0 Users
Cara Cek Saldo JAMSOSTEK Secara Online dan Langsung

JAMSOSTEK atau Jaminan Sosial Tenaga Kerja merupakan perusahaan di bawah Badan Usaha Milik Pemerintah (BUMN) yang sudah berdiri sejak lama dengan tujuan untuk melindungi tenaga kerja seperti jaminan hari tua dan biaya pengobatan jika terjadi kecelakaan maupun meninggal dunia.

Dalam prosedur JAMSOSTEK setiap peserta yang merupakan karyawan dari suatu badan usaha di haruskan membayar iuran setiap bulannya, biasanya iuran untuk JAMSOSTEK dipotong otomatis bersamaan dengan pembayaran gaji karyawan. Perusahaan tempat dimana anda bekerja pun turut membayar iuran anda dengan kata lain sebagian dari pembayaran iuran JAMSOSTEK adalah kewajiban perusahaan dalam memenuhi hak karyawannya.

Namun atas beberapa pertimbangan pemerintah JAMSOSTEK yang sebelumnya berdiri di bawah naungan BUMN kini beralih menjadi BPJS Ketenagakerjaan yang langsung di kelola oleh pemerintah pusat.

Bagi anda yang memiliki JAMSOSTEK dan bekerja pada suatu badan usaha maka dengan melakukan prosedur tertentu yang urus oleh HRD perusahaan dengan otomatis keanggotaan anda akan beralih ke BPJS Ketengakerjaan.

Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui terkait beralihnya JAMSOSTEK menjadi BPJS Ketenagakerjaan.

  1. JAMSOSTEK memiliki program jaminan kesehatan sedangkan dalam BPJS Ketenagakerjaan program itu dihilangkan karena jaminan kesehatan merupakan program dari BPJS Kesehatan. Namun jangan khawatir karena setiap perusahaan dimana tempat anda bekerja bukan hanya berkewajiban mengeluarkan BPJS Ketenagakerjaan tapi juga BPJS Kesehatan.
  2. Jika sebelumnya JAMSOSTEK memberikan batas maksimal atas biaya pengobatan maka BPJS tidak ada batasan maksimal, BPJS akan mengcover semua biaya pengobatan hingga tuntas.
  3. BPJS mengeluarkan program JP atau Jaminan Pensiun untuk melindungi pesertanya di hari tua dengan mendapatkan uang atas iuran yang ia bayarkan setiap bulannya.

Melihat beberapa hal di atas dapat disimpulkan bahwa BPJS Ketenagakerjaan adalah bentuk peningkatan layanan jaminan hari tua bagi karyawan.

Sekarang anda sudah tahu bahwa peserta JAMSOSTEK sudah secara otomatis berpindah ke layanan BPJS maka cara cek saldo JAMSOSTEK sama dengan cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan. Di bawah ini cara yang bisa anda lakukan untuk cek saldo.

1. Cek Saldo JAMSOSTEK Melalui Kantor BPJS

Cek Saldo JAMSOSTEK Melalui Kantor BPJS

Cek Saldo JAMSOSTEK Melalui Kantor BPJS

Bagi anda yang ingin mengecek JHT (Jaminan hari tua) JAMSOSTEK bisa datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan.

Sebagaimana dijelaskan di atas JAMSOSTEK sudah berubah menjadi BPJS Ketenagakerjaan maka jika kartu yang anda pegang masih berupa JAMSOSTEK hal tersebut tidak masalah. Datanglah ke kantor BPJS Ketenagakerjaan customer service akan melayani anda dan memberikan informasi mengenai saldo JAMSOSTEK beserta rinciannya.

Jangan lupa, biasakan untuk selalu membawa identitas diri yakni KTP karena biasanya CS akan mengcopy KTP anda sebagai dokumen.

Lain halnya ketika anda ingin mencairkan JAMSOSTEK, dokumen yang harus anda bawa adalah; KTP, KK, Surat keterangan kerja dan Buku rekening.

2. Cek Saldo JAMSOSTEK Melalui Website

Cek Saldo JAMSOSTEK Melalui Website

Cek Saldo JAMSOSTEK Melalui Website

Untuk menghemat waktu anda bisa cek saldo JAMSOSTEK melalui website resmi BPJS Ketenagakerjaan, caranya sebagai berikut:

  • Masuk situs BPJS Ketenagakerjaan dengan klik link https://sso.bpjsketenagkerjaan.go.id
  • Jika anda baru pertama kali mengunjungi situs online BPJS Ketenagakerjaan maka lakukan pendaftaran terlebih dahulu dan pilih menu daftar pengguna
  • Isilah semua form yang terdapat pada halaman pendaftaran kemudian kirim
  • Jika pendaftaran anda sudah berhasil buka https://sso.bpjsketenagkerjaan.go.id atau kembali pada halaman pertama laman
  • Masukan e-mail dan password yang anda daftarkan
  • Masukan captcha sebagai kode pengaman kemudian login
  • Pilih menu Cek Saldo JHT
  • Saldo JAMSOSTEK anda akan muncul pada layar PC lengkap dengan rinciannya.

3. Cek Saldo JAMSOSTEK Melalui SMS

Cek Saldo JAMSOSTEK Melalui SMS

Cek Saldo JAMSOSTEK Melalui SMS

Jika cara yang kedua mengharuskan anda terhubung dengan jaringan internet untuk bisa mengaksesnya lain halnya dengan cara cek saldo JAMSOSTEK via SMS, pastikan anda memiliki pulsa yang cukup untuk menggunakan layanan ini.

Daftarkan diri anda sebagai peserta JAMSOSTEK terlebih dahulu dengan cara ketik pesan dengan format Daftar (spasi) SALDO #No.KTP #TGL.LAHIR(HH-BB-TTTT) #No.PESERTA #e-MAIL

Kirim pesan tersebut ke nomor 2757.

Anda akan mendapat balasan jika pendaftaran anda sudah berhasil. Barulah setelah itu anda bisa mengecek saldo JAMSOSTEK (JHT) dengan kembali mengirim pesan ke nomor 2757 dengan format pesan SALDO (spasi) No.PESERTA tunggulan hingga anda mendapatkan pesan berupa informasi saldo JHT dari JAMSOSTEK anda.

4. Cek Saldo JAMSOSTEK Melalui Aplikasi BPJSTKU

Cek Saldo JAMSOSTEK Melalui Aplikasi BPJSTKU

Cek Saldo JAMSOSTEK Melalui Aplikasi BPJSTKU

Kini peserta JAMSOSTEK atau BPJS Ketenagakerjaan semakin dipermudah dalam mengecek saldo milik mereka dengan adanya aplikasi BPJSTKU yang secara resmi dikeluarkan oleh pihak BPJS Ketenagaakerjaan. Berikut cara untuk menggunakan BPJSTKU:

  • Download aplikasi BPJSTKU melalui playstore dan instal aplikasi tersebut di smartphone anda
  • Lakukan pendaftaran sesuai petunjuk pada halaman pertama saat aplikasi BPJSTKU dibuka
  • Jika data diri yang anda masukan valid anda sudah bisa login
  • Setelah berhasil login pilih menu Cek Saldo JHT
  • Saldo anda akan muncul dalam aplikasi BPJSTKU.

Itulah cara-cara yang bisa anda lakukan untuk cek saldo JAMSOSTEK yang kini sudah beralih menjadi BPJS Ketenagakerjaan. Jadi, jangan sampai keliru dan bingung lagi apakah JAMSOSTEK dan BPJS Ketenagakerjaan memiliki prosedur cek saldo yang berbeda atau tidak karena keduanya merupakan hal yang sama.

0 Comment

Leave a Comment