Universitas Sari Mutiara Indonesia (USM) – Profil, Logo, Fasilitas, Fakultas dan Akreditasi

Universitas Sari Mutiara Indonesia (USM) merupakan Perguruan Tinggi yang berada di Medan, Sumatera Utara, Indonesia. Berawal dari Yayasan Sitanggang Purba yang telah berdiri sejak 28 Oktober 1970, kemudian berganti nama menjadi Yayasan Sari Mutiara pada tahun 1992. Cikal bakal Universitas Sari Mutiara Indonesia ini menjadi sebuah penambahan bidang usaha dari Yayasan Sari Mutiara untuk menyelenggarakan kegiatan yang bermanfaat dan berhubungan dengan maskud dan tujuan yayasan yang berfokus pada kesehatan dan pendidikan.

Sejarah Universitas Sari Mutiara Indonesia

Universitas Sari Mutiara Indonesia adalah perguruan tinggi swasta yang terletak di Medan. Berdiri pada tahun 1982 berdasarkan SK Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU 659.AH.01.04 Tahun 2010. Universitas Sari Mutiara Indonesia berkedudukan di Ibukota Provinsi Sumatera Utara dengan kampus terletak di Kota Pelajar Mahasiswa, Kota Medan. Saat ini USM-Indonesia memiliki ribuan orang mahasiswa yang menuntut ilmu di 20 Program Studi yang terdiri dari Program Diploma (D3), Program Sarjana (S1), Program Pascasarjana (S2) dan Profesi.

Sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi, USM Indonesia memiliki fungsi yang sangat strategis dalam meningkatkan sumber daya manusia, baik untuk berkebutuhan lokal, nasional maupun regional. Sebagai universitas yang mempunyai visi Menjadi Universitas Yang Unggul, Berkarakter Dan Berdaya Saing Global Tahun 2038.

Diawali dengan pembentukan Yayasan Sitanggang Purba oleh Ibu Bidan Sauria Sitanggang yang dibantu oleh suami tercinta Drs. W. Purba, Yayasan ini mengawali kiprahnya dalam dunia pendidikan dengan memulai pendirian Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) Sitanggang Purba. Seiring perkembangan jaman Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) Sitanggang berganti nama menjadi Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) Sari Mutiara Medan. Perjalanan panjang suka duka pengelolaan SPK Sari Mutiara menjadi modal kuat untuk lebih memotivasi sang bidan lebih serius dalam mengelola bidang pendidikan. Hasilnya dalam kurun waktu yang tidak terlalu lama SPK Sari Mutiara Medan sudah menjadi Primadona pilihan masyarakat Sumatera utara, terlihat dari jumlah mahasiswa yang setiap tahun menunjukkan peningkatan yang sangat pesat.

Setelah mengalami kemajuan yang sangat pesat SPK Sari Mutiara terkena dampak kebijakan Pemerintah Republik Indonesia yang tidak lagi membenarkan penyelenggaraan SPK Kesehatan dalam melahirkan tenaga kesehatan. Tenaga Kesehatan harus dididik dalam jenjang pendidikan yang lebih tinggi setingkat Akademi (Diploma III). Oleh karenanya sang Bidan menggagas berdirinya Pendidikan Tinggi di lingkungan Yayasan yang telah berkembang dan menyesuaikan nama yayasan menjadi Yayasan Sari Mutiara Medan (satu nama yang sangat filosofis dari pemikiran jernih sang Bidan). Dari semangat yang tinggi dan kerja keras seluruh tim Yayasan Sari Mutiara berhasil mendirikan Akademi Keperawatan (AKPER) dan Akademi Analis Kesehatan (AAK) Sari Mutiara pada tahun 1992. Yayasan Sari Mutiara dalam mengelola kedua Akademi ini dibantu oleh beberapa tokoh pendidikan dan kesehatan yang memberikan dukungannya sehingga perjalanan Akademi Keperawatan dan Akademi Analis Kesehatan ini berjalan dan berkembang dengan sangat pesat pula.

Pada tahun 1993 Yayasan Sari Mutiara mengajukan izin pengelolaaan Akademi Gizi (AKZI) Sari Mutiara Medan yang oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia meresponnya dengan segera dengan memberikan izin pengelolaan sebagaimana ketentuan yang berlaku pada saat itu.

Yayasan secara terencana dan bertahap terus melakukan pengembangan baik dalam bentuk penambahan program studi, Akademi maupun dalam peningkatan kualitas pendidikan serta melengkapi fasilitas perkuliahan seperti sarana dan prasarana, laboratorium, perpustakaan, komputer, studi lanjut Dosen dan berbagai pengembangan lainnya.

Dengan kesuksesan dalam penyelenggaraan berbagai Akademi yang ada maka Yayasan bersikukuh untuk mengembangkannya menjadi sebuah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan. Hal ini menjadi prioritas kerja utama yayasan. Pada tahun 2000 melalui Departemen Pendidikan Nasional mendapatkan izin untuk menyelenggarakan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Mutiara Indonesia Medan. Dengan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mutiara Indonesia yang merupakan gabungan beberapa Akademi bidang Kesehatan yang ada.

Jenjang pendidikan Strata 1 yang diselenggarakan Yayasan Sari Mutiara Medan terus dikembangkan dan dilengkapi dengan pengajuan izin penyelenggaraan Program Pasca Sarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat. Pada tahun 2011, Kementerian Pendidikan Nasional telah mengabulkan permohonan izin penyelenggaraan Program Strata 2 (Magister Kesehatan) STIKes Mutiara Indonesia, sebuah jenjang program studi yang sangat membanggakan bagi sebuah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan. Sampai pada Tahun 2012 STIKes Mutiara Indonesia.

Selain itu sejak tahun 2001, Yayasan Sari Mutiara Medan juga dipercayakan Pemerintah RI melalui Departemen Pendidikan Nasional untuk menyelenggarakan Akademi Kebidanan (AKBID) Sari Mutiara Medan yang pengelolaannya terpisah dari STIKes Mutiara Indonesia, yang juga peminatnya cukup banyak dan berjalan dengan baik.

Pada tanggal 10 Januari 2013 Yayasan Sari Mutiara Medan dipercaya pemerintah RI melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia lewat Surat Keputusan KEMENDIKBUD nomor 10/ E/ O/ 2013 tanggal 10 Januari 2013 tentang izin menyelenggarakan UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA yang secara resmi berdiri

Visi dan Misi Universitas Sari Mutiara Indonesia

Universitas Sari Mutiara Indonesia (USM) memiliki visi dan misi sebagai berikut.

Visi:

Menjadi Universitas Yang Unggul, Berkarakter Dan Berdaya Saing Global Tahun 2038

Misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas, berbudaya, berkarakter dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa;
  2. Melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kesejahteraan umat manusia;
  3. Menyelenggarakan tata kelola organisasi universitas secara transparan, adil, bertanggung jawab dan kredibel;
  4. Menyelenggarakan kerjasama dengan pelbagai institusi, baik di dalam maupun di luar negeri.
Tujuan:

  1. Menghasilkan lulusan yang unggul, berbudaya, berkarakter, serta berdaya saing global;
  2. Menghasilkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang dipublikasikan melalui jurnal nasional terakreditasi dan/atau internasional yang bereputasi;
  3. Terlaksananya tata kelola perguruan tinggi yang transparan, adil, bertanggung jawab dan kredibel;
  4. Terjalinnya hubungan kerjasama yang produktif dan saling menguntungkan dengan berbagai pihak, baik dalam maupun luar negeri dalam pelaksanaan kegiatan tridharma perguruan tinggi.

Fakultas dan Program Studi Universitas Sari Mutiara Indonesia

Berikut adalah Fakultas dan Program Studi yang terdapat di Universitas Sari Mutiara Indonesia:

Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKes)

  • Ilmu Kesehatan Masyarakat S2
  • S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat S1
  • Ners (Profesi)
  • Keperawatan S1
  • Keperawatan D3
  • Kebidanan D3
  • Analis Kesehatan D3
  • Teknik Elektro Medik D3
  • Psikologi S1
Fakultas MIPA

  • Kimia S1
  • Farmasi S1
  • Analisa Farmasi & Makanan D3
Fakultas Ekonomi

  • Akuntansi S1
  • Manajemen S1
  • Fakultas Ilmu Komunikasi
  • Ilmu Komunikasi S1
  • Perpustakaan S1
  • Fakultas Hukum
  • Ilmu Hukum S1

Akreditasi Universitas Sari Mutiara Indonesia

Secara institusi Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan telah mendapatkan akreditasi dengan peringkat “B” berdasarkan surat keputusan nomor 271/SK/BAN- PT/Akred/PT/IV/2019 dari BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi).

Kontak Universitas Sari Mutiara Indonesia

Dapatkan informasi lebih lengkap mengenai Universitas Sari Mutiara Indonesia dengan mungunjungi alamat dan menghubungi melalui kontak berikut:

  • Alamat : Jalan Kapten Muslim No. 79 Medan, Sumatera Utara, Indonesia.
  • Telephone : 061-8466079 / 1254 954 7854
  • Website : info@sari-mutiara.ac.id
Demikian artikel mengenai Profil Universitas Sari Mutiara Indonesia (USM). Semoga informasi yang dimuat dalam artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.