Universitas dengan Jurusan Ekonomi Terbaik di Medan

0
29
Universitas Sumatera Utara (USU)
Universitas Sumatera Utara (USU)

Jurusan ekonomi menjadi jurusan yang banyak diminati para siswa lulusan sekolah menengah di Indonesia. Tidak hanya kampus negeri yang menawarkan jurusan ekonomi, tetapi juga kampus-kampus swasta yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, tidak terkecuali di Medan. Adanya Fakultas Ekonomi terbaik juga menjadi salah satu hal yang menambah daya tarik tersendiri, sehingga menambah peminat jurusan ekonomi semakin meningkat. Berikut daftar Universitas dengan Jurusan Ekonomi Terbaik di Medan:

1. Universitas Sumatera Utara (USU)

Universitas Sumatera Utara
Universitas Sumatera Utara

Universitas Sumatera Utara menjadi kampus favorit di Sumatera Utara, khususnya di Kota Medan. Pada awal berdiri kampus ini dikelola oleh sebuah yayasan bernama Yayasan Universitas Sumatera Utara. Sebagai universitas terkemuka di Medan, USU memiliki prestasi seperti mematenkan bahan bakar energy Bioethanol pada tahun 2009 dan berhasil meraih 2 Medali Emas dalam World Choir Games di Austria tahun 2008. USU telah terakreditasi BAN-PT dengan peringkat A berdasarkan SK Nomor 23/SK/BAN-PT/Akred/PT/II/2018.

USU memiliki beberapa fasilitas, seperti: Fasilitas Olahraga, Asrama, Layanan Bus, Perpustakaan, Pusat Bahasa, Rumah Sakit, dan Pusat Sistem Informasi yang bisa dinikmati oleh semua mahasiswa. Jika Anda berminat untuk kuliah di USU, Anda bisa datang langsung ke kampus yang beralamat di Jalan Dr. T. Mansyur No. 9, Padang Bulan, Medan Baru, Sekip, Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara. Untuk mendapatkan informasi lainnya Anda juga dapat mengunjungi website resmi USU di http://www.usu.ac.id/

2. Universitas Negeri Medan (UNIMED)

Universitas Negeri Medan (UNIMED)
Universitas Negeri Medan (UNIMED)

Pada bulan Agustus tahun 2019 Universitas Negeri Medan berhasil didaulat oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) sebagai perguruan tinggi terbaik ke-21 dari 4.244 perguruan tinggi negeri dan swasta yang ada di Indonesia. Hal tersebut sejalan dengan peringkat akreditasi yang didapatkan oleh Unimed dari BAN-PT, yakni dengan peringkat A berdasarkan SK Nomor 2988/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016 pada tanggal 28 Desember 2016. Karena hal tersebut Unimed menjadi universitas yang banyak diminati, tak terkecuali pada jurusan ekonomi yang menjadi salah satu fakultas yang juga memiliki banyak peminat. Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Universitas Negeri Medan, Anda dapat mengakses berbagai informasi melalui website resmi Unimed di http:// www.unimed.ac.id/

3. Universitas Prima Indonesia (UNPRI)

Universitas Prima Indonesia (UNPRI)
Universitas Prima Indonesia (UNPRI)

Saat ini Unpri memiliki empat lokasi kampus yang berbeda, dimana Kampus 1 beralamat di Jl. Belanga No. 1 simp. Ayahanda; Kampus 2 beralamat di Jl. Sekip simp. Sikambing; Kampus 3 beralamat di Jl. Danau Singkarak; dan Kampus 4 beralamat di Jl. Brigjend Katamso. Seluruh kampus berada di kota Medan, Sumatera Utara.

Unpri didirikan oleh dr.I.Nyoman Ehrich Lister pada tahun 2001, awalnya Unpri merupakan Akademi Keperawatan dan Akademi Kebidanan Prima Medan. Kemudian pada tahun 2002 berkembang menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Prima Husada Medan. Pada tahun 2005, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Prima Husada Medan berkembang menjadi Universitas Prima Indonesia. Secara institusi, UNPRI sudah mendapatkan akreditasi B dari BAN-PT dengan SK Nomor 3606/SK/BAN-PT/Akred/PT/X/2017. Jika Anda berminat untuk mengetahui informasi lebih lanjut Anda dapat mengaskes website resmi Universitas Prima Indonesia pada alamat http:// unprimdn.ac.id/

4. Universitas HKBP Nommensen (UHN)

Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen (UHN)
Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen (UHN)

Universitas HKBP Nommensen menjadi salah satu perguruan tinggi swasta favorit di Kota Medan. UHN didirikan pada tanggal 7 Oktober 1954. Pemakaian nama Nommensen diambil dari nama Ingwer Ludwig Nommensen, yaitu seorang penyebar agama Kristen Protestan di antara suku Batak di Sumatra Utara pada akhir abad ke-IXX. UHN telah terakreditasi dengan peringkat B berdasarkan SK Nomor 1483/SK/BAN-PT/Akred/PT/V/2017.

Jika Anda berminat, Anda dapat datang ke kampus UHN yang beralamat di Jalan Sutomo No. 4A, Perintis, Kec. Medan Timur, Kota Medan 20235 untuk mengetahui lebih banyak mengenai universitas tersebut. Atau Anda juga dapat mengakses informasi secara online melalui situs resmi Universitas HKBP Nommunesen pada laman http://uhn.ac.id/

5. Universitas Methodist Indonesia

Universitas Methodist Indonesia
Universitas Methodist Indonesia

Berdirinya Universitas Methodist Indonesia Medan (UMI) tidak terlepas dari prakarsa seorang warga jemaat Alm. Drs.F.Hutagalung yang dicetuskannya pada konferensi tahunan GMI tanggal 29 Januari 1969 yang berlangsung di Medan dari tanggal 26 sampai tanggal 31 Januari 1945. Prakarsa tersebut berhasil mendapat sambutan positif yang kemudian menjadi salah satu keputusan Komperensi GMI tersebut.

Perguruan Tinggi Methodist Indonesia Medan yang disingkat dengan PTMI menjadi awal mula adanya Universitas Methodist Indonesia, PTMI didirikan pada tanggal 1 Agustus 1965. Pendirian perguruan tinggi tersebut didasari karena semakin berkembangnya minat masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan pada jenjang Perguruan Tinggi. Setelah melihat banyaknya dukungan dari masyarakat maka pihak pengelola PTMI terus berupaya memacu pengembangan fisik berupa fasilitas pendidikan dan peningkatan status. Maka sesuai undang-undang nomor 22 tahun 1961 tentang perguruan tinggi yang dikelola pihak PTMI dengan persyaratan 2 fakultas eksakta dan 2 fakultas non eksakta maka Perguruan Tinggi Methodist Indonesia (PTMI) berubah menjadi Universitas Methodist Indonesia Medan yang disingkat dengan UMI Medan pada tanggal 4 September 1969. UMI telah terakreditasi dengan peringkat B berdasarkan SK Nomor 3767/SK/BAN-PT/Akred/PT/X/2017.

6. Universitas Medan Area (UMA)

Universitas Medan Area (UMA)
Universitas Medan Area (UMA)

“Medan Area” merupakan nama yang memiliki filosofi perjuangan rakyat Medan ketika melawan penjajah. Peristiwa perjuangan Medan Area memang diabadikan salah satunya lewat pendirian Universitas Medan Area ini. Berkat perkembangannya, Universitas Medan Area kini menjadi universitas swasta yang banyak diminati oleh calon mahasiswa khusunya di Kota Medan.

Universitas Medan Area memiliki beberapa fasilitas pendukung, seperti: Klinik Kesehatan, Asrama Mahasiswa, Masjid, Café, Wifi, Mini Market, Parkir Plus CCTV dan Gelanggang Olahraga. Universitas Medan Area telah terakreditasi dengan peringkat B berdasarkan SK Nomor 414/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018. Jika Anda tertarik untuk mengetahui informasi lebih lengkap, Anda dapat berkunjung secara langsung ke Jalan Setia Budi No. 79 B, Tj. Rejo, Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara. Anda juga dapat mengakses informasi secara online melalui website resmi di alamat http://uma.ac.id/

Jurusan Ekonomi memiliki prospek karier yang sangat beragam. Peluang kerja yang bisa diambil lulusan ekonomi juga ditentukan nilai selama kuliah, pengalaman kerja, serta kemampuan yang dimiliki. Bukan selalu tentang kampus terbaik, kemampuan yang Anda miliki menjadi salah satu faktor penting agar Anda mampu bersaing dengan lulusan jurusan ekonomi dari universitas yang lainnya. Demikian daftar Universitas dengan Jurusan Ekonomi Terbaik di Medan. Semoga informasi dalam artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here