Pengertian PemasaranPengertian Pemasaran

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pemasaran diartikan sebagai suatu proses, cara, kegiatan dalam memasarkan dagangan, dalam pengertian lainnya KBBI juga mengartikan pemasaran sebagai penyebarluasan dikalangan masyarakat pada umumnya.

Secara umum pemasaran merupakan serangkaian prinsip untuk memilih pasar sasaran atau target market, mengevaluasi kebutuhan konsumen, mengembangkan barang dan jasa, memuaskan keinginan, dan memberikan sebuah nilai kepada konsumen dari laba perusahaan.

Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli

Berikut ini pengertian pemasaran menurut beberapa ahli :

1. Menurut Tjiptono

Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial dimana individu atau kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan melalui penciptaan, penawaran, dan pertukaran segala sesuatu yang bernilai dengan orang atau kelompok lainnya.

2. Menurut H.T Gitosudarmo

Pemasaran merupakan proses agar pengusaha dapat memenuhi, mempengaruhi konsumen agar mereka tertarik, senang dan kemudian membeli dan akhirnya puas dengan produk yang di belinya.

3. Menurut William J. Stanton

Pemasaran adalah sistem secara keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis atau usaha yakni yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga barang atau jasa yang sesuai, mempromosikan barang dan jasa, dan mendistribusikan barang dan jasa kepada konsumen dan bisa memuaskan konsumen. Pemasaran merupakan kegiatan tukar menukar yang bertujuan untuk memuaskan keinginan manusia serta dalam arti bisnis. Pemasaran adalah sistem dari sebuah sistem kegiatan bisnis yang direncanakan, mempromosikan dan mendistribusikan jasa serta barang-barang pemuas keinginan besar.

4. Menurut Kotler dan Amstrong

Pemasaran adalah sebuah proses manajerial dimana orang-orang yang berada didalamnya memperoleh apa yang mereka inginkan atau yang mereka butuhkan melalui penciptaan dan pertukaran produk-produk yang ditawarkan dan nilai produknya kepada orang lain.

5. Menurut Philp Kotler

Pemasaran merupakan suatu kegiatan manusia yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan melalui proses pertukaran.

6. Menurut Philip dan Duncan

Pemasaran adalah sesuatu yang terdiri dari segala langkah yang dipakai untuk menempatkan barang yang diperjual belikan ke tangan pembeli.

7. Menurut Hasan

Pemasaran merupakan proses identifikasi, membuat, dan juga menginformasikan nilai, serta menjaga hubungan yang memuaskan konsumen untuk memaksimalkan keuntungan perusahaan.

8. Menurut Swastha dan Irawan

Pemasaran merupakan salah satu dari kegiatan pokok yang dilakukan oleh pengusaha yang mana dalam usahanya itu untuk mempertahankan kehidupanya, untuk berkembang dan juga mendapatkan untung yang besar.

9. Menurut Hair dan Mc. Daniel

Pemasaran merupakan proses perencanaan serta pelaksanaan konsepsi, penetapan harga promosi dan juga distribusi ide, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan individu dan organisasi.

10. Menurut Firdaus

Pemasaran merupakan kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang seperti halnya pengusaha untuk mempertahankan kelangsung hidupnya dan memenuhi kebutuhan serta mendapatkan keuntungan.

11. Menurut Basu dan Hani

Pemasaran meliputi beberapa proses kegiatan perencanaan dalam pengelolaan barang dan juga jasa, penetapan harga barang dan jasa tersebut hingga proses promosi maupun pendistribusian yang semuanya memiliki tujuan yakni untuk memenuhi kebutuhan dan memperoleh keuntungan dari proses pemasaran yang mereka lakukan.

Jenis – Jenis Pemasaran

Jenis - Jenis Pemasaran
Jenis – Jenis Pemasaran

Berikut ini beberapa jenis pemasaran yang umum digunakan :

1. Digital Cloud Marketing

Digital Cloud Marketing merupakan jenis pemasaran baru di era modern ini, dimana permintaan dan penawaran bertemu melalui media online untuk selanjutnya melakukan transaksi. Penjual dapat menjangkau banyak konsumen yang tersebar di seluruh penjuru dunia dengan menginput infromasi produk yang dia jual dalam media online atau dikenal dengan marketplace dan kemudian orang-orang dapat membeli produk yang di inginkan tanpa harus keluar rumah, dalam artian belanja dapat di lakukan dimana saja dan kapan saja.

2. Public Relations Marketing

Public Relations Marketing atau yang dikenal dengan sebutan pemasaran hubungan masyarakat, merupakan jenis pemasaran yang lebih dominan untuk bekerja sama dengan sebuah media informasi publik yang besar untuk bersama – sama mengenalkan dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya penggunaan produk yang di hasilkan oleh mereka. Serta tidak lupa menginformasikan akan keuntungan yang diperoleh apabila konsumen menggunakan produk – produk tersebut.

3. Relationship Marketing

Relationshop Marketing merupakan strategi pemasaran generasi 3.0 dan menjadi trobosan baru dalam menjaga kestabilan siklus usaha khususnya dibidang pemasaran. Jenis pasar yang satu ini lebih dikenal dengan pemsaran mulut kemulut dimana dipercaya dan dinilai lebih efektif dibanding jenis pemasaan lainnya.

4. Word of Mouth Marketing

Strategi pemasaran jenis ini sering menggunakan sosial media yang sedang hits saat ini, dan tidak jarang perusahaan memberikan hadiah atau imbalan kepada konsumen yang mengajak konsumen lain untuk menggunakan produk dari suatu perusahaan. Pada saat seorang konsumen suka atas produk makanan yang di sajikan cantik oleh suatu restoran, mereka akan tidak sungkan untuk mengambil gambar makanan dan meng-upload dan share dalam media sosial yang ia miliki.

5. Call to Action

Jenis pemasaran ini merupakan salah satu jenis pemasaran menggunakan media online dengan metode yang berbeda yaitu dengan penggunaan website pribadi. Seorang seller akan membuat website dan menggunah seluruh data informasi produk yang ia kejual kedalamya. kemudian sang pemilik website yang juga seller tersebut berusaha agar websitenya memiliki trafik atau pengunjung situsnya banyak. Dalam metode pemasaran jenis ini, banyak analisis yang perlu di perhatian seperti analisis keyword produk. Dan selain itu, umumnya Call To Action ini lebih fokus terhadap satu atau beberapa produk yang tidak banyak. Hal tersebut dikarenakan konsumen atau calon pembeli lebih suka untuk mencari produk berdasarkan kata kunci dengan menggunakan search enggine yang di sediakan oleh perusahaan besar google.

Fungsi Pemasaran

Fungsi Pemasaran
Fungsi Pemasaran

Berikut ini merupakan beberapa fungsi dari pemasaran :

1. Fungsi Pertukaran

Adanya pemasaran tentunya membuat konsumen dapat mengetahui dan membeli sebuah produk yang dijual oleh produsen, baik dengan cara menukar produk dengan uang ataupun menukar produk dengan produk. Produk yang telah dibeli juga bisa digunakan untuk keperluan sendiri ataupun dijual kembali untuk mendapatkan laba.

2. Fungsi Distribusi Fisik

Proses pemasaran juga dapat dilakukan dalam bentuk distribusi fisik terhadap sebuah produk, dimana distribusi dilakukan dengan cara menyimpan atau mengangkut produk tersebut. Proses pengangkutan dapat melalui jalur darat, air, dan udara. Sedangkan kegiatan penyimpanan produk berjalan dengan cara menjaga pasokan produk agar tersedia ketika dibutuhkan.

3. Fungsi Perantara

Aktivitas penyampaian produk dari produsen ke konsumen dilakukan melalui perantara marketing yang menghubungkan kegiatan pertukaran dengan distribusi fisik. Pada proses aktivitas perantara terjadi kegiatan pembiayaan, pencarian informasi, klasifikasi produk, dan lain sebagainya.

Tujuan Pemasaran

Berikut ini beberapa tujuan dari adanya pemasaran :

1. Promosi Produk atau Layanan Jasa

Tujuan pertama dari dilakukannya pemasaran tentunya untuk memperkenalkan atau promosi produk yang telah di produksi kepada para calon konsumen secara umum. Dalam melaksanakan aktifitas promosi banyak media yang dapat digunakan dan dapat di sesuaikan dengan kebutuhan serta modal yang dimiliki.

2. Realisasi Target Penjualan Produk atau Layanan Jasa

Pemasaran juga bertujuan untuk melancarkan proses penjualan produk sesuai dengan target yang telah di tentukan oleh perusahaan. Karna dengan pemasaran yang efektif tersebut akan memperoleh penjualan yang maksimal.

3. Mengetahui Kepuasan Konsumen

Kepuasan konsumen tentunya menjadi hal penting ketika kita membangun sebuah usaha, hal tersebut di karnakan kepuasan konsumen menjadi masa depan pemasaran produk atas suatu perusahan. Jika kepuasan konsumen memiliki trend yang di miliki suatu perusahaan itu buruk, sudah pasti perusahaan tersebut akan segera gulung tikar. Maka dari itu strategi pemasaran yang baik selalu berorientasi pada kepuasan konsumen.

Demikian artikel mengenai Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Jenis-Jenis Pemasaran. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *