Pengertian IklanPengertian Iklan

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) iklan merupakan sebuah berita atau pesan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan. Secara umum pengertian iklan adalah suatu bentuk informasi yang dilakukan baik oleh seseorang, instansi, ataupun perusahaaan yang didalamnya terdapat pesan menarik mengenai barang atau jasa yang ditujukan kepada khalayak ramai. Biasanya iklan terdapat pada berbagai media baik online maupun offline seperti koran, majalah, televisi, situs berita, blog, media sosial, tempat-tempat umum, dan media-media lain yang dilihat oleh banyak orang.

Pengertian Iklan Menurut Para Ahli

Berikut ini pengertian iklan menurut beberapa ahli :

1. Menurut Rachmat Kriyantono

Iklan adalah segala bentuk pesan tentang suatu produk yang disampaikan melalui suatu media, dibiayai oleh pemrakarsa yang dikenal serta  ditujukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat.

2. Menurut Courtland L. Bovee

Iklan merupakan suatu komunikasi non-personal yang biasanya berbayar dan sifatnya persuasif tentang suatu produk, jasa, atau ide dari sponsor yang dimuat melalui berbagai media.

3. Menurut Durianto

Iklan merupakan proses komunikasi yang tujuannya untuk membujuk atau menggiring orang agar mengambil tindakan yang menguntungkan bagi pihak pembuat iklan.

4. Menurut Suhandang

Iklan merupakan salah satu jenis teknik komunikasi massa dengan membayar ruangan atau waktu untuk menyiarkan informasi tentang barang dan jasa yang ditawarkan oleh si pemasang iklan.

5. Menurut Arens

Iklan merupakan struktur dan komposisi komunikasi informasi yang bersifat non-personal, pada umumnya dilakukan dengan cara berbayar yang dicirikan dengan persuasif, berisi tentang produk barang, jasa, dan ide yang diidentifikasikan sebagai sponsor melalui beragam media.

6. Menurut Gilson dan Berkman

Iklan adalah media komunikasi persuasif yang dirancang sedemikian rupa untuk menghasilkan respon dan membantu tercapainya objektifitas atau tujuan pemasaran.

7. Menurut Russel dan Lane

Iklan adalah suatu pesan yang dibayar oleh sponsor dan disampaikan melalui beberapa media komunikasi massa.

8. Menurut Wright

Iklan merupakan sebuah proses komunikasi yang memiliki kekuatan yang sangat penting sebagai alat pemasaran yang sangat membantu dalam menjual barang, memberikan layanan dan gagasan melalui saluran tertentu dalam bentuk informasi persuasif.

9. Menurut Wells

Iklan merupakan salah satu bentuk komunikasi non-personal yang dibayar oleh pihak sponsor dengan menggunakan media massa dan bertujuan untuk membujuk dan mempengaruhi audience.

10. Menurut Lee

Iklan adalah sebuah komunikasi komersil dan non-personal tentang sebuah organisasi dan produk-produknya yang ditransmisikan ke khalayak ramai dengan target melalui media yang bersifat massal seperti televisi, radio, koran, majalah, direct mail, reklame luar ruang, atau kendaraan umum.

11. Menurut Martutik

Iklan merupakan alat untuk memancing perhatian kepada calon konsumen dengan membangkitkan rasa keingintahuan konsumen melalui kata-kata dan gambar-gambar

12. Menurut Rhenald Kasali

Iklan merupakan sebuah pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat melalui media.

13. Menurut Kotler

Iklan merupakan bentuk penyajian dan promosi tentang ide, barang atau jasa secara non-personal oleh suatu sponsor tertentu yang memerlukan pembayaran.

Unsur – Unsur Iklan

Unsur - Unsur Iklan
Unsur – Unsur Iklan

Berikut ini unsur-unsur dari sebuah iklan :

  1. Nama produk, sebagai identitas dari produk yang ditawarkan dengan tujuan untuk dikenal khalayak ramai.
  2. Gambar, hal ini tentunya agar iklan tidak terkesan membosankan dan tentunya membuat iklan menjadi lebih menarik.
  3. Keunggulan produk, hal ini harus dijelaskan dan ditonjolkan untuk menjadi nilai tambah dan alasan kenapa target konsumen harus membeli produk yang anda tawarkan.
  4. Kalimat deskriptif, untuk menjelaskan spesifikasi dari produk dengan kalimat yang menarik dan mudah dipahami audience.
  5. Kalimat persuasif, kalimat ini efektif untuk membuat orang lain terbujuk dengan kata-kata singkat atau biasanya berbentuk slogan.
  6. Memiliki sasaran, agar iklan yang dibuat menjadi jelas, terarah, dan menarik untuk target konsumen.

Ciri – Ciri Iklan

Ciri - Ciri Iklan
Ciri – Ciri Iklan

Berikut ini yang menjadi ciri-ciri dari sebuah iklan :

  1. Menggunakan pilihan kata yang tepat, menarik, logis, sopan, dan dapat diterima oleh audience.
  2. Menjelaskan produk yang diiklankan lengkap dengan keunggulan produk tersebut.
  3. Menonjolkan informasi utama dengan membuat ukuran dari tulisan tersebut lebih besar atau menggunakan warna yang mencolok agar berbeda dengan yang lainnya.
  4. Pesan disampaikan secara komunikatif dan informatif agar tersampaikan dengan baik kepada audience.
  5. Menggunakan kata-kata persuasif sebagai cara membujuk audience.
  6. Iklan dibuat sesuai dengan sasaran.
  7. Memadukan unsur kata dan gambar agar tidak terlihat membosankan.
  8. Bersifat obyektif dan jujur.
  9. Iklan yang baik tidak boleh menyinggung, merendahkan, dan menyerang produk lain.
  10. Iklan harus menarik perhatian agar membuat audience terus mengingat iklan tersebut.

Fungsi Iklan

Fungsi Iklan
Fungsi Iklan

Berikut ini beberapa fungsi dari sebuah iklan :

  1. Memberikan informasi secara lengkap mulai dari harga, tempat penjualan produk, dan cara kerja produk.
  2. Membujuk agar masyarakat tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan.
  3. Mengingatkan masyarakat bahwa barang atau jasa yang ditawarkan masih tersedia.
  4. Memberikan nilai tambah dimana masyarakat menjadi tau keunggulan dari produk atau jasa yang ditawarkan.

Demikian artikel mengenai Iklan, semoga bermanfaat. Terima kasih.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *