Contoh Poster Protokol Kesehatan Covid-19 di Sekolah

Semenjak Covid-19 ini Kesehatan menjadi concern banyak orang termasuk dalam urusan memulai Tahun Ajaran 2020/2021, dimana akan dimulai saat pandemi masih belum berakhir. Maka pembuatan poster mengenai protokol kesehatan di sekolah dirasa menjadi hal yang perlu dilakukan. Karena poster adalah suatu media publikasi yang memadukan antara tulisan dan gambar dimana di dalamnya memuat sebuah informasi. Biasanya orang akan lebih tertarik untuk membaca dibandingkan dengan sebuah media yang hanya menampilkan tulisan saja.

Poster harus dipasang di tempat yang ramai dan strategis agar informasi yang ingin disampaikan dapat diketahui oleh banyak orang. Karena pembuatan poster ini merupakan bentuk publikasi agar dibaca oleh masyarakat luas dan mau mengikuti ajakan dari isi poster tersebut. Perbedaan poster dengan media publikasi lain utamanya adalah perihal ukuran serta cara penyampaian pesannya. Poster tidak membutuhkan kalimat-kalimat terperinci, namun hanya menggunakan kalimat sederhana yang mudah diingat, maka poster diharapkan dapat menjadi media yang tepat dalam menyampaikan Protokol Kesehatan di Sekolah ini.

Poster yang pas dalam masa pandemi ini diantaranya adalah poster tentang cuci tangan menggunakan sabun, serta penggunaan masker. Dimana kedua hal tersebut adalah hal sederhana yang bisa dilakukan oleh setiap orang. Karena segala bentuk hal baik harus dimulai dari diri sendiri. Selain itu kedua hal tersebut memang menjadi hal yang krusial saat proses belajar mengajar di madrasah berlangsung saat pandemi covid-19 ini. Pihak madrasah harus senantiasa memperingatkan siswa-siswinya untuk mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan termasuk tata cara mencuci tangan dengan memakai sabun dan air mengalir secara benar.

Sehingga bagi madrasah yang memberlakukan pembelajaran secara tatap muka akan dapat resiko penyebaran virus covid-19 di lingkungan madrasah dapat diminimalisir. Jangan sampai kegiatan belajar mengajar justru malah membuat angka pasien positif corona menjadi semakin meningkat.

Poster Protokol Kesehatan

Terkait protokol kesehatan di sekolah, dalam hal ini Madrasah. Membuat poster tentang menciptakan kebiasaan baru yang mencakup empat hal, yakni sebagai berikut:

  1. Memaki masker kain atau faceshild
    Selalu memakai masker kain dan atau faceshield adalah langkah pertama untuk mencegah penularan virus.
  2. Mencuci tangan memakai sabun
    Membiasakan mencuci tangan memakai sabun dan air mengalir setiap kali masuk ke lingkungan sekolah atau kelas dan setiap pulang (meninggalkan) madrasah.
  3. Physical Distancing
    Ketiga anjuran melakukan jaga jarak sedikitnya 1,5 meter.
  4. Membawa barang perlengkapan sendiri
    Peringatan untuk membawa barang dan perlengkapan sendiri dan tidak meminjam kepada temannya. Baik untuk perlengkapan sekolah (buku, pensil, dll), maupun perlengkapan lain seperti tempat minum dan makanan, dan alat shalat.
Poster Protokol Kesehatan (sumber: Ayo Madrasah)

Poster Memakai Masker

Masker menjadi salah satu hal yang saat ini wajib digunakan saat berada di luar rumah. Maka poster wajib memakain masker menjadi salah satu Poster Protokol Kesahatan di Sekolah yang harus ada.

Poster Memakai Masker (sumber: kpu.blorakab.go.id)

Poster Mencuci Tangan dengan Sabun dan Air Mengalir

Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir selama 60 detik ini akan dapat membunuh kuman dan virus. Sehingga budaya mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir harus diterapkan secara ketat di lingkungan sekolah dan madrasah. Dan Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir ini sebenarnya merupakan bagian dari Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Poster Mencuci Tangan dengan Sabun dan Air Mengalir (sumber: mirroradvertising.id)

Demikian artikel mengenai Contoh Poster Protokol Kesehatan di Sekolah. Jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat. Semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat. Terima kasih.