Cara Menulis Daftar Riwayat Hidup dan Contohnya Lengkap

Daftar riwayat hidup adalah sebuah dokumen yang menggambarkan diri pribadi secara singkat, juga mengenai pendidikan, serta pengalaman seseorang dan kualitikasi lainnya.

Daftar Riwayat Hidup ini memiliki fungsi untuk menunjukkan latar belakang dan perjalanan hidup seseorang sehingga bisa dinilai bagaimana kelayakannya. Daftar Riwayat Hidup tidak hanya dibutuhkan untuk melamar suatu pekerjaan. Melainkan dapat juga digunakan untuk mendaftar beasiswa, pelatihan, dan lain sebagainya.

Unsur Penting dalam Membuat Daftar Riwayat Hidup

Dalam penulisan daftar riwayat hidup, Anda harus memasukan beberapa unsur di dalamnya. Berikut ini mengingatkan kembali mengenai unsur-unsur penting dalam pembuatan daftar riwayat hidup.

1. Data Pribadi

Isi dalam data pribadi sebuah Daftar Riwayat Hidup berupa nama lengkap, alamat, nomor telepon, e-mail, hingga suatu informasi yang mendeskripsikan diri Anda. Pentingnya data pribadi ini adalah, agar perusahaan dapat dengan mudah menghubungi Anda. Untuk itu, tuliskanlah secara rinci dan benar dalam hal data pribadi.

2. Riwayat Pendidikan

Dalam Daftar Riwayat Hidup, Anda diharuskan untuk menuliskan riwayat pendidikan, mulai dari yang terendah hingga yang tertinggi. Jangan lupa juga untuk mencantumkan nilai terakhir akademis yang diraih. Riwayat pendidikan sangatlah penting, sebab perusahaan juga akan melihat kemampuan Anda yang relevan dengan keinginan mereka.

3. Pengalaman Bekerja

Jangan lupa untuk mencantumkan pengalaman bekerja. Bagi Anda yang sudah bekerja, ini merupakan kesempatan untuk mencantumkan pengalaman kerja di dalam Daftar Riwayat Hidup. Semakin banyak pengalaman, maka Anda akan dinilai berkompeten oleh perusahaan yang baru. Tidak lupa juga untuk mencantumkan posisi dalam bekerja sbelumnya.

4. Pengalaman Organisasi dan Jabatan yang Diemban

Tidak hanya pengalaman kerja saja yang dinilai oleh perusahaan, bahkan sebuah organisasi juga menjadi nilai tambah. Perusahaan akan melihat, sejauh mana Anda mampu berinteraksi dengan orang lain, dan seberapa besar rasa solidaritas ketika melakukan pekerjaan secara tim.

5. Riwayat Pendidikan Non Formal

Siapa sangka, ternyata pendidikan non formal juga dapat menjadi nilai tambah Anda sebagai pelamar. Perusahaan akan lebih menghargai seorang pelamar yang memiliki banyak pengalaman di luar dari pendidikan formal. Sebab, semakin banyak pengalaman di luar maka semakin besar juga keahlian yang dimiliki.

6. Kemampuan atau Skill

Dalam menuliskan daftar riwayat hidup, jangan lupa untuk mencantumkan kemampuan Anda, dengan tujuan agar perusahaan mengetahui skill apa yang cocok untuk pelamar. Bahkan dari keterangan skill dapat menentukan posisi yang akan diterima.

Itulah beberapa unsur penting yang harus dicantumkan dalam daftar riwayat hidup. Sebelum memberikannya kepada perushaan yang dituju, sebaiknya diperiksa dahulu mengenai apa saja yang akan menghindari kegagalan. Banyak perusahaan yang mengabaikan Daftar Riwayat Hidup pelamar karena tidak sesuai dengan teknik penulisan. Hal seperti itu, haruslah dihindari jika tidak ingin lamaran serta Daftar Riwayat Hidup Anda berakhir di tempat sampah. Selamat mencoba!

Nah, untuk membuat Daftar Riwayat Hidup sendiri ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Setidaknya ada tiga cara yang bisa digunakan untuk membuat Daftar Riwayat Hidup yang baik. Pertama adalah membuat Daftar Riwayat Hidup secara manual memakai tulisan tangan. Ini merupakan cara yang paling banyak dipakai oleh mayoritas orang. Kedua adalah dengan menggunakan alat bantu seperti computer.

Cara ini lebih banyak diminati di era saat ini karena lebih cepat dan tidak ribet. Baik itu Daftar Riwayat Hidup dalam bentuk ketik biasa atau dengan desain tertentu sesuai dengan yang dipunyai oleh pembuatnya.

Sedangkan yang ketiga adalah dengan membuat Daftar Riwayat Hidup memakai jasa. Terdapat banyak sekali layanan jasa yang siap melayani pembuatan Daftar Riwayat Hidup secara kreatif dan unik dan tentunya dengan bentuk tampilan yang menarik.

Anda yang belum terbiasa membuat Daftar Riwayat Hidup mungkin akan mengalami kebingungan mengenai hal apa saja yang semestinya ada di dalam Daftar Riwayat Hidup dan bagaimana pula membuat bentuk Daftar Riwayat Hidup yang baik.

Oleh karena itu pada kesempatan ini akan diulas mengenai contoh Daftar Riwayat Hidup dengan berbagai kebutuhannya yang bisa dijadikan sebagai acuan atau rujukan saat Anda akan membuat Daftar Riwayat Hidup yang serupa. Semoga dengan adanya berbagai contoh Daftar Riwayat Hidup berikut ini bisa membantu Anda dalam membuat Daftar Riwayat Hidup terbaik dan menarik.

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup

Membuat Daftar Riwayat Hidup tidak bisa sembarangan. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar Daftar Riwayat Hidup benar-benar menarik dan berkualitas. Sebenarnya, cara untuk membuat Daftar Riwayat Hidup sendiri tidaklah sulit. Terlebih jika sudah memahami formatnya akan terasa sangat sederhana. Hal itu karena membuat Daftar Riwayat Hidup sendiri ibarat membyat sebuah profil singkat serta riwayat hidup pribadi.

Adapun isi dari Daftar Riwayat Hidup sendiri meliputi nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, jenis kelamin, nomor telepon, email, jenjang pendidikan sejak sekolah dasar, serta berbagai keterangan yang lain sebagai tambahan. Nah, setiap orang tentu ingin membuat Daftar Riwayat Hidup yang baik dan berkualitas.

Terlebih jika Daftar Riwayat Hidup tersebut digunakan untuk melamar kerja. Dengan Daftar Riwayat Hidup yang baik, tentu Anda akan dilirik oleh pihak perusahaan dimana Anda melamar. Untuk memudahkan, berikut ini akan diulas mengenai cara membuat Daftar Riwayat Hidup yang baik.

a. Daftar Riwayat Hidup ditulis menggunakan tinta warna biru atau hitam

Cara membuat Daftar Riwayat Hidup yang baik pertama adalah dengan menggunakan tinta yang berwarna hitam ataupun biru. Tujuan dari penggunaan bolpoint tersebut adalah untuk tanda formalitas.

Sehingga, usahakan untuk menghindari penggunaan tinta dengan warna tersebut karena Anda bisa dianggap kurang professional bahkan dipandang lebay dan kekanak-kanakan.

b. Hindari adanya coretan pada Daftar Riwayat Hidup

Cara membuat Daftar Riwayat Hidup yang baik selanjutnya adalah dengan menghindari berbagai bentuk coretan di dalamnya. Pastikan Daftar Riwayat Hidup Anda benar-benar bersih dan rapi. Dan apabila dalam proses pembuatan terdapat coretan, hindarilah menghapus menggunakann tipe x dan lain sebagainya karena ini akan menunjukkan bahwa Anda kurang professional.

Sebaiknya Anda mulai menuliskannya dari awal supaya kerapian dan kebersihannya terjaga. Dan dijamin Daftar Riwayat Hidup yang bersih dari coretan akan memberikan nilai tambah sendiri.

c. Tambahkan pengalaman kerja dan sertifikatnya

Tips membuat Daftar Riwayat Hidup yang selanjutnya adalah dengan menambahkan pengalaman kerja apabila sebelumnya Anda sudah pernah bekerja. Pengalaman kerja di sini sangat penting untuk melihat seberapa gigih Anda dalam bekerja dan bidang apa yang Anda mampu.

Selain ditambahkan pengalaman kerja, sebaiknya Anda juga memasukkan pengalaman kursus atau pelatihan tertentu. Selain menuliskannya, jangan lupa pula untuk mencantumkan setifikat yang bersangkutan sebagai bukti bahwa Anda tidak mengada-ada. Dan tidak kalah penting lagi adalah dengan mencantumkan penghargaan atau prestasi yang diperoleh sehingga Anda bisa mendapatkan nilai ples darinya.

d. Tulis dengan bahasa yang rapi

Cara membuat Daftar Riwayat Hidup selanjutnya adalah dengan menulis memakai bahasa yang formal dan rapi. Jangan ada penulisan kata-kata yang salah, pengulangan kata dan sebagainya yang membuat Daftar Riwayat Hidup Anda menjadi tidak enak dibaca. Dengan demikian, Daftar Riwayat Hidup Anda akan menjadi Daftar Riwayat Hidup terbaik.

Contoh Daftar Riwayat Hidup

Berikut beberapa contoh daftar riwayat hidup untuk berbagai keperluan. Semoga dengan adanya contoh dibawah ini dapat membantu teman-teman dalam membuat daftar riwayat hidup.

1. Contoh Daftar Riwayat Hidup Lamaran Kerja

Dalam membuat Daftar Riwayat Hidup, pastikan Anda membuatnya dengan baik dan juga benar. Apalagi jika tujuannya untuk melamar kerja. Pastikan riwayat hidup Anda tercover di dalamnya beserta riwayat pendidikan dan hal-hal penting lainnya.

Semua data tentang Anda, khususnya pengalaman dan juga prestasi sangat penting bagi pihak HRD untuk bahan pertimbangan apakah akan menerima Anda sebagai karyawan ataulah sebaliknya. Nah, untuk lebih memudahkan Anda, berikut ulasan tentang contoh Daftar Riwayat Hidup lamaran kerja yang bisa dijadikan sebagai rujukan atau acuan.

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

DATA PRIBADI:

1. Nama Lengkap : Ghiany Fitri
2. Tempat & tanggal lahir : Bandung, 11 November 1993
3. Alamat : Ds. Sumberbening. Kec. Banjarbaru, Kab. Pontianak
4. Jenis Kelamin : Perempuan
5. Status Perkawinan : Belum Menikah
6. Agama : Islam
7. No Telp : 082724627462
8. Email : GFitri@gmail.com

PENDIDIKAN FORMAL:

1996 – 2002 : SDN Banjarbaru 3
2005 – 2005 : SMPN Banjarbaru 1
2005 – 2008 : SMAN Banjarbaru 2
2008 – 2013 : UIN Bandung

PENDIDIKAN INFORMAL :

2014 : Kursus Membatik
2015 : Kursus Menulis

PENGALAMAN KERJA :

2015-2016 : Bekerja Di Sales marketing di PT Sukses Abadi

Demikian Daftar Riwayat Hidup ini saya buat dengan cukup singkat dan apa adanya sesuai dengan daftar riwayat hidup saya. Adapun tujuan dari penulisan Daftar Riwayat Hidup ini adalah sebagai data tambahan untuk mempertimbangkan lamaran kerja yang saya ajukan. Atas perhatian dan kerja sama Bapak, kami sampaikan terima kasih.

Pontianak, 25 Juni 2018

Ghiany Fitri

Di dalam membuat surat lamaran kerja, Daftar Riwayat Hidup memang menjadi syarat wajib yang mesti dipenuhi. Anda harus menyertakan Daftar Riwayat Hidup terbaik saat melamar kerja. Tujuannya adalah pihak perusahaan bisa menilai Anda dengan mudah apakah akan diterima atau ditolak surat lamarannya. Sebagaimana telah diketahui bersama bahwa Daftar Riwayat Hidup menjadi rekam jejak perjalanan hidup seseorang hingga saat ini.

Daftar Riwayat Hidup memang sangat diperlukan, khususnya untuk keperluan melamar kerja. Pembuatan Daftar Riwayat Hidup pun tidak bisa sembarangan, Anda harus menyesuaikan dengan surat lamaran kerja yang sedang diajukan.

Misalnya saja, jika Anda kebetulan menulis surat lamaran kerja dalam format tulis tangan, maka Daftar Riwayat Hidup nya pun sebaiknya juga dibuat tulisan tangan. Misalnya Anda membuat surat lamaran kerja kreatif, sebaiknya Anda juga membuat Daftar Riwayat Hidup kreatif. Hal ini penting karena nantinya akan menunjukkan seberapa konsisten Anda dalam kehidupan dibuktikan dengan hal-hal kecil semacam itu.

2. Daftar Riwayat Hidup Bahasa Inggris

Curriculum Vitae

Muhammad Fajar
FajarM88@gmail.com
24 years old/ East Java/ 165 cm/ 59 kg

Place and date of birth : Jakarta, 11th of Januari 1994
Nationality : Indonesia
Call phone : 085678346523
Address : St. Ahmad Yani. No. 23 Jakarta
Status : Married

Education:

University of Indonesia
SMA Negeri 02 Jakarta

Languages:

  • Listening: 250
  • Reading: 195
  • Relevant certivicate: 450

Skills   : Ability of operating Computer and internet
Hobby : reading, traveling, listening

Daftar Riwayat Hidup dalam bentuk bahasa Inggris biasanya dibutuhkan untuk mengajukan surat lamaran kerja dengan bahasa Inggris. Di Indonesia sendiri memang terdapat beberapa perusahaan yang memberikan ketentuan membuat surat lamaran dan Daftar Riwayat Hidup dalam bahasa Inggris, khususnya untuk jenis perusahaan multinasional.

Umumnya, jenis perusahaan yang memberikan ketentuan tersebut adalah perusahaan yang dimiliki oleh pihak asing atau perusahaan yang kebanyakan pekerjanya memakai bahasa Inggris. Namun, tetap ada juga perusahaan yang bukan dua-duanya namun memberikan ketentuan bagi calon pelamar kerja di perusahaan tersebut untuk menggunakan bahasa Inggris dalam membuat Daftar Riwayat Hidup.

Ada juga beberapa hotel serta restaurant yang mensyaratkan pelamarnya untuk membuat surat lamaran serta Daftar Riwayat Hidup dalam bahasa Inggris sekalipun hotel dan restaurant tersebut bukanlah milik dari perusahaan asing. Tujuannya adalah supaya ketika hotel atau restaurant tersebut mendapatkan pelanggan orang asing.

Anda bisa melayani dengan bahasa mereka. Karena itulah perusahaan tersebut mensyaratkan pekerjanya untuk memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik, salah satunya dibuktikan dengan adanya surat lamaran kerja dan juga Daftar Riwayat Hidup dalam bahasa Inggris.

Nah, untuk memudahkan Anda dalam memahami format Daftar Riwayat Hidup dalam bahasa Inggris, berikut ini adalah contoh Daftar Riwayat Hidup dalam bahasa Inggris yang bisa dijadikan sebagai rujukan.

3. Contoh Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Kerja

Daftar Riwayat Hidup adalah rekam jejak kehidupan seseorang dari berbagai sisi. Ada banyak komponen yang harus dicantumkan di dalam Daftar Riwayat Hidup. Salah satunya adalah pengalaman kerja. Pengalaman kerja sangat penting untuk dijadikan pertimbangan dalam penerimaan lamaran kerja.

Hal itu dikarenakan tidak semua orang memiliki pengalaman dan riwayat kerja yang baik, sehingga untuk melihat seberapa baik pengalaman dan riwayat kerja seseorang biasanya dilihat dari pengalaman kerjanya.

Anda yang kebetulan masih fresh graduate dan belum memiliki pengalaman kerja tidak perlu khawatir. Sangat wajar dan bisa dimaklumi jika orang baru lulus kuliah atau studi masih belum memiliki pengalaman kerja karena waktunya habis untuk serius belajar. Namun, bukan berarti Anda harus membuat Daftar Riwayat Hidup yang sembarangan.

Ada contoh Daftar Riwayat Hidup khusus untuk Anda yang belum pernah memiliki lamaran kerja. Berikut ini adalah ulasan mengenai contoh Daftar Riwayat Hidup tersebut.

Daftar Riwayat Hidup

Nama Lengkap : Alifa Nur Fahma
Tempat & tanggal lahir : Bandung, 29 Oktober 1995
Alamat : Jl. Mawar Baru, No, 80 Kota Bandung
Jenis Kelamin : Perempuan
Status Perkawinan : Belum Menikah
Agama : Islam
No Telp : 0873627318378
Email : Fahma.nur11@gmail.com

Pendidikan Formal
1998 – 2004 : Sekolah Dasar Negeri 02 Bandung
2004 – 2007 : SMP Negeri 1 Bandung
2007 – 2010 : SMA Negeri 1 Bandung
2011 – 2015 : Universitas Islam Negeri Walisongo Bandung

Demikianlah daftar riwayat hidup yang saya buat sebagaimana adanya dengan bentuk yang singkat. Data diri ini bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan atas lamaran kerja yang saya ajukan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Bandung, 20 Juni 2018

Alifa Nur Fahma

4. Contoh Daftar Riwayat Hidup Kreatif

Salah satu yang berpengaruh di dalam Daftar Riwayat Hidup adalah tampilannya. Semakin baik tampilan Daftar Riwayat Hidup, maka akan semakin baik pula penilaian orang atas Daftar Riwayat Hidup Anda. Terlebih jika di dalamnya Anda memiliki banyak prestasi dan kelebihan. Untuk itu, diperlukanlah yang namanya Daftar Riwayat Hidup kreatif. Daftar Riwayat Hidup kreatif adalah suatu upaya agar bagaimana sebuah Daftar Riwayat Hidup memiliki tampilan yang unuk dan menarik.

Penting untuk diketahui bahwa kebetulan saat ini ada beberapa situs dimana Anda bisa membuat Daftar Riwayat Hidup yang menarik secara gratis. Ini bisa Anda manfaatkan untuk memperbaiki tampilan Daftar Riwayat Hidup Anda supaya menjadi maksimal.

Di dalam membuat sebuah Daftar Riwayat Hidup kreatif, yang paling diperlukan adalah kemampuan seseorang di dalam bidang desain. Yakni tentang bagaimana salah seorang pelamar bisa membuat desain Daftar Riwayat Hidup terbaik untuk menarik hari HRD.

Akan tetapi, banyak orang yang tidak memiliki keahlian di bidang desain sehingga mereka terkendala untuk membuat Daftar Riwayat Hidup kreatif. Dalam hal ini Anda tidak perlu khawatir karena kini ada beberapa situs membuat Daftar Riwayat Hidup menarik sebagaimana yang telah disebutkan di atas.

Pada dasarnya, antara Daftar Riwayat Hidup biasa dengan Daftar Riwayat Hidup kreatif adalah sama saja. Yang membedakan antara keduanya adalah Daftar Riwayat Hidup kreatif memiliki desain dan tatanan khusus sehingga ia lebih menarik.

Berbeda dengan Daftar Riwayat Hidup biasa yang bentuknya lebih terkesan formal dan bersih. Namun, di era yang serta modern dan digital ini, harus diakui bahwa Daftar Riwayat Hidup dengan tampilan yang kreatif lebih menarik dan lebih dicari dibandingkan dengan jenis Daftar Riwayat Hidup yang biasa-biasa saja. Untuk itu, sebaiknya Anda benar-benar membuat Daftar Riwayat Hidup yang terbaik dan menarik dengan desain yang kekinian.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Kreatif

sumber : klikpengertian

5. Contoh Daftar Riwayat Hidup Lewat Email

Ada banyak cara dan ketentuan melamar kerja yang ditetapkan oleh masing-masing perusahaan. Salah satunya adalah dengan melamar kerja melalui email. Yang dimaksud dengan Daftar Riwayat Hidup lewat email di sini adalah dokumen Daftar Riwayat Hidup yang Anda buat nantinya akan dibuat seperti bentuk dokumen untuk kemudian dikirimkan melalui email.

Adapun cara untuk mengirimkan surat lamaran beserta Daftar Riwayat Hidup melalui email adalah sama saja sebagaimana Anda mengirimkan email biasa. Yang membedakan adalah format yang dikirim dibuat dalam bentuk dokumen.

Apabila Anda sudah terbiasa berkirim surat dan lain sebagai melalui email, tentu Daftar Riwayat Hidup dan surat lamaran kerja ini bisa Anda kirimkan dengan mudah. Namun jika kebetulan Anda belum terbiasa berkirim sesuai melalui email tidak perlu khawatir karena pada kesempatan ini akan diulas mengenai langkahnya dari awal.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuat email bagi yang belum memiliki email. Jika sudah Anda tinggal membuka email tersebut. Namun, Anda yang belum mendaftarkan diri segera buatlah email dengan mengikuti langkah serta petunjuk yang diberikan.

Saat mendaftar email, Anda akan dimintai nomer telefon pribadi yang masih aktif. Dari nomer yang Anda input tersebut, nantinya pihak Google akan mengirimkan kode untuk verifikasi kepada nomer Anda. Fungsi dari kode verifikasi sendiri adalah untuk proses aktivasi email yang Anda daftarkan tersebut.

Setelah email baru Anda aktif dan bisa digunakan, ikutilah langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuklah atau proses log in email
  2. Klik lah bagian “Tulis”
  3. Setelah itu, masukkan alamat email tujuan di kolom kepada
  4. Sedangkan untuk kolom perihal, Anda bisa menuliskan Surat Lamaran Kerja
  5. Kemudian masukkan surat lamaran dan juga Daftar Riwayat Hidup dalam format doc. Kepada kolom isi pesan dengan memilih tombol lampirkan file
  6. Sesudah seluruh file yang diminta untuk melamar masuk ke email, Anda hanya perlu menekan “kirim”

Mengirim surat lamaran kerja beserta Daftar Riwayat Hidup melalui email ini memang memiliki kesan yang lebih mudah dan praktis dibandingkan Anda harus jauh-jauh datang ke kantor tujuan Anda. Selain menghemat waktu, ini juga akan lebih menghemat biaya. Dengan begitu, Anda pun tidak perlu membuang banyak uang dan tenaga untuk proses melamar kerja.

6. Contoh Daftar Riwayat Hidup Lengkap

Daftar Riwayat Hidup lengkap adalah sejenis Daftar Riwayat Hidup yang di dalamnya memberikan informasi data diri dan berbagai hal yang berkaitan dengannya secara lengkap. Untuk Daftar Riwayat Hidup lengkap ini bisa Anda gunakan untuk berbagai hal secara umum.

Tidak sebatas melamar pekerjaan semata. Format serta isi yang ada di dalamnya juga mudah dan sama sehingga bisa dipakai berkali-kali tanpa harus membuat Daftar Riwayat Hidup lagi. Berikut ini adalah contoh dari Daftar Riwayat Hidup lengkap yang bisa dijadikan sebagai rujukan.

Daftar Riwayat Hidup

  1. Nama Lengkap : Muhammad Nasrul
  2. Tempat & tanggal lahir : Blitar, 11 Januari 1993
  3. Alamat : Jl. Melati No. 89 Kota Blitar
  4. Jenis Kelamin : Laki-laki
  5. Status Perkawinan : Menikah
  6. Agama : Islam
  7. No Telp : 085673627312
  8. Email : Nasrul.muha34@gmail.com

Pendidikan Formal:
1999 – 2005    : MI Perwanida Blitar
2005 – 2008    : SMPN 1 Kota Blitar
2008 – 2011    : SMAN 1 Kota Blitar
2011 – 20015  : Perguruan Tinggi STIKIP PGRI Blitar

Demikian daftar riwayat hidup ini saya buat sebagaimana mestinya dengan bentuk yang singkat. Pembuatan Daftar Riwayat Hidup ini bertujuan untuk memudahkan dalam melakukan berbagai pertimbangan atas diri saya sehingga lamaran saya dapat diterima. Atas perhatian dan kerja samanya, saya ucapkan banyak terima kasih.

Blitar, 20 Juni 2018

Muhammad Nasrul

7. Contoh Daftar Riwayat Hidup secara Umum

Daftar riwayat hidup memang mempunyai banyak manfaat dan fungsi. Di antaranya adalah untuk melamar suatu pekerjaan. Dan dari berbagai contoh daftar riwayat hidup sendiri, yang paling banyak dicari adalah daftar riwayat hidup untuk mencari pekerjaan. Berikut adalah contoh dari daftar riwayat hidup yang bisa dijadikan sebagai acuan.

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

  1. Nama Lengkap : Ahmad Fahri
  2. Tempat & tanggal lahir : Tegal, 11 Maret 1992
  3. Alamat : Jl. Melati No. 12 Tegal Jawa Tengah
  4. Jenis Kelamin : Laki-laki
  5. Status Perkawinan : Belum Menikah
  6. Agama : Islam
  7. No Telp : 0857-5262-xxxx
  8. Email : Fahri.18@gmail.com

Pendidikan Formal:
1999 – 2005 : SD Negeri 1 Tegal
2005 – 2008 : SMP Negeri 1 Tegal
2008 – 2011 : SMA Negeri 1 Tegal
2011 – 2015 : UNNES Semarang

Pendidikan Informal:
2015 : Kursus Bahasa Inggris
2015 : Kursus Bahasa Belanda

Pengalaman Kerja:
2015-2016 : Bekerja Di Customer di PT Jaya Abadi

Demikian daftar riwayat hidup saya yang dibuat dengan sebenar-benarnya untuk kemudian bisa dijadikan sebagai data tambahan dan pertimbangan atas lamaran yang saya buat. Atas perhatian dan waktunya saya sampaikan terima kasih.

Tegal, 20 Juni 2018

Ahmad Fahri

8. Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan

Sebenarnya, daftar riwayat hidup tulis tangan ini tidaklah jauh berbeda dengan jenis Daftar Riwayat Hidup yang lain. Format serta isinya tetap sama. Namun hanya berbeda dari sisi medianya. Daftar riwayat hidup tulis tangan memakai kertas folio dan bolpoint. Berikut ini adalah contoh untuk membuat adaftar riwayat hidup tulis tangan terbaik yang bisa dijadikan sebagai rujukan.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan

9. Contoh Daftar Riwayat Hidup untuk Guru

Profesi sebagai pengajar atau guru ini dapat kamu raih dengan background pendidikan yang baik. Jadikan Daftar Riwayat Hidup yang dibuat memuat informasi mengenai riwayat pendidikan yang relevan dengan posisi yang dilamar.

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Nama Lengkap : Zenitha Nissa
Tempat & tanggal lahir : Bandung, 23 Juni 1992
Alamat : Jl. Melati No. 12 Tegal Jawa Barat
Jenis Kelamin : Perempuan
Status Perkawinan : Belum Menikah
Agama : Islam
No Telp : 0857-5262-xxxx
Email : Zenitha@gmail.com

Pendidikan Formal:
1998 – 2004 : SD Negeri 1 Bandung
2004 – 2007 : SMP Negeri 1 Bandung
2007 – 2010 : SMK Negeri 1 Bandung
2010 – 2014 : Universitas Pendidikan Indonesia Bandung

Pendidikan Informal:
2015 : Kursus Bahasa Inggris

Pengalaman Kerja:
2015-2017 : Bekerja sebagai Guru Bahasa Inggris di SMK Negeri 1 Bandung

Demikian daftar riwayat hidup saya yang dibuat dengan sebenar-benarnya untuk kemudian bisa dijadikan sebagai data tambahan dan pertimbangan atas lamaran yang saya buat. Atas perhatian dan waktunya saya sampaikan terima kasih.

Bandung, 20 Juni 2018

Zenitha Nissa

10. Contoh Daftar Riwayat Hidup untuk Magang

Daftar Riwayat Hidup untuk anda yang magang tentu tidak perlu pengalaman khusus yang terlalu mendalam. Namun bukan berarti dapat dibuat secara asal-asalan. Kamu tetap harus memperhatikan kerapihan walaupun tampilannya sederhana. Berikut contohnya:

Daftar Riwayat Hidup

1. Nama Lengkap : Desti Anggrian
2. Tempat & tanggal lahir : Malang, 20 Agustus 1995
3. Alamat : Jl. Mawar Baru, No, 80 Kota Malang
4. Jenis Kelamin : Perempuan
5. Status Perkawinan : Belum Menikah
6. Agama : Islam
7. No Telp : 081234567890
8. Email : FaDesti8@gmail.com

Pendidikan Formal
2001 – 2007 : Sekolah Dasar Negeri Kabar Baik Malang
2007 – 2010 : SMP Negeri 1 Malang
2010 – 2013 : SMA Negeri 1 Malang

Demikianlah daftar riwayat hidup yang saya buat sebagaimana adanya dengan bentuk yang singkat. Data diri ini bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan atas lamaran kerja yang saya ajukan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Malang, 20 Mei 2013

Desti Anggrian

Demikianlah beberapa contoh Daftar Riwayat Hidup dengan berbagai kebutuhan dan bentuk yang bisa dijadikan sebagai rujukan atau acuan saat Anda membuat Daftar Riwayat Hidup. Dengan mengetahui contoh-contoh berikut cara terbaik untuk membuatnya, Anda tentu bisa dengan mudah membuat Daftar Riwayat Hidup yang baik dan memudahkan Anda untuk mendaftar ke instansi atau perusahaan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.