Cara Mengubah Nama di Ijazah yang Tidak Sesuai dengan KTP dan Akte Lahir

Nama ijazah yang berbeda dengan KTP tentu saja akan menimbulkan masalah, salah satunya ketika akan melamar pekerjaan tentu saja perbedaan ini akan membuat perusahaan bertanya mengenai keaslian ijazah yang dilampirkan. Maka dari itu nama ijazah yang tidak sesuai ini harus segera diperbaiki. Pastikan juga tidak ada kesalahan nama baik itu di KTP, Akte Lahir, Kartu Keluarga, dan berkas penting lainnya, karena jika ada kesalahan dalam KTP, Akte Lahir, juga Kartu Keluarga tentu saja akan ada prosedur yang berbeda untuk pengubahan nama.

Prosedur Mempebaiki Nama di Ijazah

Berikut ini prosedur memperbaiki nama di ijazah yang berbeda dengan KTP dan Akte Lahir:

  1. Mendatangi Sekolah Atau Kampus yang Mengeluarkan Ijazah
    Perlu diingat bahwa perbaikan nama di ijazah tidak bisa anda lakukan sendiri dengan di coret ataupun menggunakan cairan pengkoreksi (seperti tipp-ex), perbaikan nama ini harus disertai penggantian blangko ijazah baru. Berikut ini dokumen yang harus anda bawa ke sekolah untuk mengajukan perbaikan nama:
    – KTP
    – Akte Lahir
    – Kartu Keluarga
    Pastikan nama anda pada KTP, Akte Lahir, dan Kartu Keluarga sama, jika ada perbedaan diantara ketiganya anda harus memperbaikinya di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.
  2. Ijazah Harus Disilang dengan Tinta Warna Hitam
    Ijazah yang mengalami kesalahan penulisan harus disilang dengan tinta warna hitam pada kedua sudut yang berlawanan baik pada halaman depan maupun halaman belakang blangko ijazah.
  3. Melapor pada Dinas Pendidikan Kabupaten atau Kota
    Ijazah yang salah dalam pengisiannya harus dilaporkan kepada dinas pendidikan kabupaten/kota dengan mencantumkan no seri ijazah yang salah tersebut.
  4. Melakukan Pemusnahan Ijazah
    Ijazah yang salah dalam penulisannya harus dimusnahkan dengan disertai berita acara pemusnahan ijazah yang ditandatangani oleh kepala sekolah dan disaksikan oleh pihak kepolisian Jika terjadi kesalahan penulisan ijazah setelah pemusnahan blangko ijazah salah dan tidak terpakai, maka sekolah dapat mengeluarkan ralat berupa surat keterangan yang menyatakan terjadi kesalahan dalam pengisian ijazah. Surat keterangan ditandatangani oleh kepala sekolah.
Kepala sekolah akan membantu anda untuk mengurusi pengubahan nama ini, mungkin memang cukup rumit, tapi tenang saja karena anda akan dibantu oleh berbagai pihak. Nah selanjutnya bagaimana jika anda akan menggunakan ijazah itu dalam waktu dekat dan tidak sempat untuk melakukan perbaikan nama yang prosesnya cukup panjang ini ?

  • Anda bisa mendatangi sekolah atau kampus yang mengeluarkan ijazah dan mengajukan kesalahan penulisan nama
  • Sekolah akan memeriksa data anda
  • Jika sesuai maka sekolah akan membuat surat pernyataan bermaterai yang didalamnya menjelaskan bahwa penulisan nama dalam ijazah anda salah namun ijazah yang ada adalah benar milik anda.
Meski kesalahan nama dalam ijazah dapat diperbaiki, namun lebih baik mencegah bukan ? Karena walaupun sudah ada prosedur perbaikan nama tetap saja hal itu akan menyita waktu anda, maka dari itu selalu pastikan nama anda benar dalam setiap dokumen dokumen penting yang anda miliki. Sekian artikel pengubahan nama ijazah, semoga dapat bermanfaat, tetap jaga kesehatan dimasa pandemi seperti ini. Terima kasih.