Teropong.id – TATA cara dan niat qadha puasa Ramadhan sangat penting diketahui kaum Muslimin. Ini merupakan ibadah yang ditunaikan dengan tujuan mengganti utang puasa Ramadhan yang telah lalu.

Pasalnya, tidak semua orang bisa menjalankan puasa Ramadhan secara penuh karena udzur. Di antara udzur itu adalah haid, nifas, sakit, dalam perjalanan panjang, dan berbagai halangan lainnya.

Saat meng-qadha puasa Ramadhan, setiap Muslim diharuskan menggantinya sesuai jumlah puasa yang ditinggalkan. Perintah meng-qadha puasa juga telah termaktub dalam firman Allah Subhanahu wa Ta’ala berikut ini:

أَيَّامًا مَعْدُودَاتٍ ۚ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۚ وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ ۖ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَهُ ۚ وَأَنْ تَصُومُوا خَيْرٌ لَكُمْ ۖ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

“(yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barang siapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barang siapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (QS Al Baqarah Ayat 184)

Sama seperti puasa lainnya, puasa qadha juga perlu dimulai dengan niat. Sebab, niat menjadi salah satu rukun puasa yang tidak boleh terlewatkan. Berikut niat puasa qadha yang bisa kamu baca:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءِفَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ لِلهِ

TERKINI
JADWAL IMSAKIYAHN
TAUSIYAH
HIJABERS
SERBA SERBI MUSLIM
AL QUR’AN DIGITAL
KALKULATOR ZAKAT
FOTO
VIDEO
+
Tips muslim
Tata Cara dan Niat Qadha Puasa Ramadhan
Tim Okezone , Okezone Senin 17 April 2023 12:17 WIB
Ilustrasi tata cara dan niat qadha puasa Ramadhan. Foto: Daarul Quran
Ilustrasi tata cara dan niat qadha puasa Ramadhan. (Foto: Daarul Quran)

A A A
0
TOTAL SHARE
Sama seperti puasa lainnya, puasa qadha juga perlu dimulai dengan niat. Sebab, niat menjadi salah satu rukun puasa yang tidak boleh terlewatkan. Berikut niat puasa qadha yang bisa kamu baca:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءِفَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an qadha’l fardhi syahri Ramadhana lillahi ta’ala

“Aku berniat untuk meng-qadha puasa bulan Ramadhan esok hari karena Allah Subhanahu wa Ta’ala.”

Tata Cara Qadha Puasa Ramadhan

– Niat qadha puasa pada malam hari

– Menghindari hal-hal dilarang yang berpotensi membatalkan qadha puasa

– Qadha puasa berakhir saat adzan berkumandang

– Jumlah hari ganti puasa pun menyesuaikan total utang puasanya saat Ramadhan seperti yang dikutip dari okezone.com. (fsn/rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *